Link Building dan Tier Backlink

Link Building dan Backlink Tier - Dewaweb

Link building merupakan hal yang paling sering disarankan oleh para pakar dalam melakukan proses SEO. Di antara banyak panduan lainnya, panduan yang kami berikan dapat kami jamin yang terlengkap dan bisa diaplikasikan dengan mudah.

Sebelum mengetahui lebih lanjut soal cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk link building, Anda perlu mengetahui apa tepatnya link building itu sendiri. Link building adalah suatu proses untuk mendapat backlink dari website lain menuju ke website Anda sendiri.

Jika Anda ingin mendapat banyak web visitor atau pengunjung bagi website Anda, maka salah satu caranya adalah mengusahakan agar konten di website Anda muncul di halaman pertama dari hasil pencarian mesin penelusur semacam Google.

Result Page Google Dewaweb

Lalu, bagaimana agar konten-konten Anda ditampilkan Google di halaman pertama? Tentunya dengan melaksanakan SEO. Apa saja praktik nyatanya? Mengupayakan agar Anda mendapat backlink adalah salah satunya. Apa itu backlink? Simak penjelasan berikut!

Definisi Backlink

Backlink biasa juga dikenal sebagai inbound link. Inbound link ini berarti link yang masuk ke suatu website. Secara teknis, backlink adalah link apapun yang diterima oleh website dari sebuah node web. Node web sendiri merupakan halaman website, direktori, atau domain tingkat atas lain.

Awalnya, inbound link ini penting bagi dasar navigasi dari web. Kini, inbound link penting bagi penentuan peringkat di mesin penelusuran terkait dengan proses SEO. Jumlah backlink atau inbound link ini menjadi indikator popularitas sebuah website di internet. Hal ini juga digunakan oleh mesin penelusur semacam Google untuk menentukan ranking dari sebuah page yang ada di website Anda.

Cara Membangun Backlink

Ada banyak cara untuk membangun backlink yang berkualitas bagi website Anda. Berikut, kami akan memberikan beberapa cara yang bisa Anda praktikkan segera agar website traffic Anda meningkat!

  • Perbaiki semua kesalahan teknis di website Anda!

Error 404 Warning from Google

 

Error-error teknis yang biasa terjadi bisa membuat user experience Anda buruk. Nah, jika terjadi seperti itu Google akan membatasi pertumbuhan organic traffic Anda. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menghindarinya agar backlink Anda bisa berfungsi maksimal. Bayangkan jika Anda sudah berhasil meraih pengunjung dari backlink yang mereka klik di website lain, namun mereka mengalami kendala dalam mengakses page di website Anda. Beberapa isu teknis yang biasa dialami adalah kecepatan loading, tampilan yang kacau karena website tidak mobile friendly, konten yang ganda, dan 404 error. Sebenarnya jika Anda menggunakan provider hosting yang bersertifikat atau yang sudah resmi terjamin kualitasnya, hal-hal seperti itu kemungkinan besar tak akan terjadi. Karena hosting yang bagus adalah yang mampu menjamin kecepatan loading Anda, serta tidak menimbulkan crash saat ada kepadatan pengunjung di website Anda. Mengenai tampilan yang kacau, Anda bisa memanfaatkan banyaknya web theme yang kini sudah bersifat mobile-friendly dan ringan.

  • Kembangkan site architecture yang kuat!

Site architecture yang kuat sangat berdampak positif pada bagaimana link equity Anda didistribusikan ke website Anda. Semakin baik site architecture Anda, sebenarnya makin sedikit pula backlink yang Anda butuhkan. Hal ini biasa disebut sebagai “reverse silo”.

Infografik Reverse Silo Dewaweb

Bagaimana cara kerjanya? Posisikan bagian-bagian backlink Anda dengan strategis sesuai prioritas yang mana yang lebih besar kemungkinannya untuk diakses orang. Misal, dibandingkan klik category page, pengunjung website akan lebih tertarik klik judul atau gambar post-nya langsung. Maka tempatkan latest post atau other post Anda di tempat-tempat yang mudah dilihat dan diakses pengunjung website Anda.

  • Hasilkan konten yang berkualitas!

Bagaimana Anda mendefinisikan konten yang berkualitas? Tentunya syarat pertama harus dipenuhi adalah konten yang mendalam dan unik soal suatu topik . Misalkan, Anda ingin membuat review mengenai suatu film pada blog post Anda. Jika Anda hanya mengulas film tersebut secara garis besar atau seperti pada ulasan umumnya, konten Anda pasti singkat, tidak bernilai dan tidak unik. Cobalah untuk menambahkan nilai personal pada konten Anda dan dukung dengan banyak multimedia yang menarik untuk dibaca. Anda bisa membagi pembahasan ulasan film tersebut menjadi beberapa bagian mendetail semacam “Efek CGI pada Film”, “Kemampuan Akting Para Aktor”, dan “Plot Film”. Seperti yang kerap kali kami lakukan pada blog kami. Kami yang sering membahas hal-hal teknis mengenai IT, biasa memasukkan infografik maupun gambar untuk melengkapi konten kami. Selain itu, kami juga sering membuat panduan lengkap soal suatu topik yang didasarkan pada data-data statistik terpercaya dan pengalaman sendiri untuk menjadikan konten kami berkualitas seperti artikel yang sedang Anda baca satu ini.

  • Jadikan authority site teman Anda!

Website-website yang sudah populer di mesin pencarian, website yang memiliki domain authority tinggi harus Anda jadikan teman. Membangun koneksi dengan high authority site bisa jadi sangat menguntungkan bagi website Anda. Nilai authority mereka bisa turut mendongkrak nilai authority website Anda lewat backlink-backlink yang ada. Bagaimana caranya? Cobalah untuk meminta mereka membuat link ke page atau konten-konten yang ada di website Anda atau sebaliknya. Sebenarnya, dengan membuat konten yang berkualitas saja, website atau orang lain akan secara natural ingin membuat link ke website Anda. Mengapa? Karena orang tentunya mengutip atau menyarankan hal-hal yang bagus dan berkualitas kepada orang-orang lainnya.

  • Pastikan backlink Anda datang dari website yang bersih!

Poin terakhir ini tak kalah penting. Anda perlu meninjau kembali apakah website yang menghasilkan backlink pada Anda memiliki riwayat website yang baik atau bersih. Sebab, website yang kerap kena penalti dari mesin penelusur semacam Google bisa turut menurunkan peringkat Anda di mesin penelusuran. Jadi, bagaimana bila ada website buruk yang membuat backlink terhadap website Anda? Cobalah mencari cara untuk mengontak mereka dan memohon dengan baik-baik agar mereka meniadakan link tersebut. Biasanya, pengelola website melakukannya dengan email. Soal website yang bersih itu sendiri, sebenarnya bisa dilihat dari mana saja? Biasanya berupa website yang konten-kontennya memuat link-link buruk semacam click bait. Website di mana pengunjung akan segera keluar dari page sesaat setelah mereka mengetahui mereka ditipu atau dipancing, sehingga bounce rate-nya tinggi. Bounce rate yang dimaksud diukur dari waktu singkatnya sebuah seorang web visitor tetap pada suatu page (mengakses page tersebut). Selain itu, Anda juga bisa mencari faktor lain apa saja yang biasa menjadikan sebuah website dikenakan penalti oleh mesin penelusur semacam Google. Bila suatu website memenuhi faktor-faktor penalti tersebut, maka website tersebut tidak datang dari lingkungan yang bersih dan Anda perlu segera memberhentikan adanya link ke website tersebut. Koneksi Anda layaknya pada kehidupan sosial di dunia nyata Anda, di mana Anda didukung oleh relasi-relasi yang membangun demi reputasi dan kesuksesan Anda sendiri.

Backlink Tier

Tiered link building sempat populer sebagai suatu cara untuk menghasilkan link pada website yang menaikkan peringkat page di Google. Link building yang satu itu juga dianggap sebagai strategi yang bagus untuk mengarahkan link dan memanipulasi halaman hasil pencarian (SERP) yang diharapkan dapat meningkatkan click through rate (CTR) dan pengunjung yang bersifat organik (organic visitor).

Sebenarnya, tiered link building ini dikenal orang-orang sebagai black hat SEO. Black hat SEO yang dimaksud adalah suatu upaya SEO yang dilarang oleh mesin penelusur semacam Google. Mengapa? Karena cara-cara yang dilakukan tersebut bersifat curang atau menipu. Mengapa disebut curang dan menipu? Karena bisa mengarahkan pengguna internet ke link yang tidak natural atau manipulatif.

Namun, Anda bisa mengupayakan tiered link building yang tidak tergolong black hat SEO. Hal ini bisa menghindarkan dampak negatif terhadap website Anda dan perlakuannya tetap tergolong white hat SEO. Bagaimana caranya? Cek penjelasan berikut ini!

  • Membuat Konten dari Kontributor Tamu (Tier One)

Mengajak orang atau website lain untuk membuat konten yang bisa di-link ke page di website Anda adalah salah satu cara yang penting untuk membangun link berkualitas. Namun, Anda diharapkan tidak sembarang memilih website mana yang melakukan link terhadap website Anda. Sebaiknya, website tersebut adalah website yang memiliki domain authority tinggi sehingga bisa turut memengaruhi tingkat domain authority Anda juga. Bagaimana cara mengetahui domain authority website yang tinggi? Sederhananya, cari website yang populer di hasil pencarian. Bila Anda ingin lebih memastikannya, ada beberapa tools yang bisa Anda gunakan di mana Anda tinggal memasukkan alamat website pada kolom yang tersedia. Salah satu checker tool itu adalah MOZ Open Site Explorer .

MOZ Open Site Explorer Homepage

  • Berkomentar di Blog dan Forum (Tier Two)

Dengan aktif berkomentar pada blog-blog lain atau pada forum-forum yang relevan dengan website Anda, Anda dapat membangun link yang bisa menghasilkan keuntungan bagi website Anda. Selain itu, Anda juga bisa menyalurkan nilai authority ke website Anda. Hal ini, sekali lagi, dilakukan agar website Anda bisa mendapat ranking bagus di mesin pencarian semacam Google. Anda bisa mulai melakukannya dengan terlebih dahulu mencari topik yang terkait dengan post Anda. Hal ini yang perlu Anda lakukan agar Anda terhindar dari masalah link yang tidak relevan. Sebab link yang tidak relevan bisa dikenakan penalti oleh Google. Sejak kita sepakat di awal pembahasan untuk melakukan tiered link building yang bersifat white hat SEO, maka Anda perlu melakukan hal ini, jangan link ke website yang tidak relevan.

  • Membuat Profile Link (Tier Two)

Membuat profile link adalah cara bagus untuk membantu orang-orang menemukan website Anda. Profile link ini juga bisa meningkatkan popularitas website Anda secara online. Anda bisa memasukkan link website Anda di semua media sosial dan status atau profile di aplikasi chatting Anda. Dengan memanfaatkan kolom author di website di mana Anda berkontribusi, Anda juga bisa membuat profile link. Misal, Anda menulis untuk platform menulis besar yaitu website lain, di kolom bio coba masukkan alamat website Anda secara natural dengan kalimat semacam “(nama Anda) juga aktif menulis soal musik dan film di (nama website yang dimasukkan attached link ke alamat website Anda)”. Ada banyak website pembuat profile yang bisa Anda kunjungi, salah satunya adalah AboutMe . Anda mungkin perlu mengunjunginya untuk membantu Anda membuat profile link.

Link Building Tools

Ada banyak software atau online tools yang dapat mempermudah pekerjaan Anda dalam membangun backlink. Berikut kami akan memberikan dua yang terbaik:

Ahrefs Column

Kami telah menguji penggunaan Ahrefs, tool satu ini sangat membantu dalam mempermudah proses link building yang tentunya bertujuan sama dengan proses SEO. Anda pasti menginginkan konten-konten di website Anda mendapat peringkat yang baik di halaman pencarian Google seperti yang telah kami sampaikan sebelumnya. Ahrefs memungkinkan Anda untuk mengecek backlink profile dari kompetitor Anda. Tak hanya itu, Anda juga dapat meninjau top pages mereka dan perkembangan link mereka. Anda tinggal memasukkan alamat website dari kompetitor Anda dan grafik dapat langsung ditunjukkan. Tool ini benar-benar dapat mempermudah pekerjaan Anda. Sebenarnya, tool ini memang telah banyak digunakan dan disarankan oleh para pakar SEO di dunia dan sudah lama dipakai sejak internet mulai banyak digunakan. Ahrefs tersedia gratis untuk 30 hari percobaan dan bila dibandingkan tool sejenis lainnya, harganya tidak terlalu mahal. Bila Anda serius ingin mengembangkan website Anda, Anda perlu berinvestasi tool profesional satu ini.

SEMrush Column

SEMrush adalah seperangkat tool yang all-in-one. Tagline yang disampaikan di homepage mereka memang akurat, tool ini tergolong lengkap. SEMrush tak hanya dapat menolong Anda untuk melakukan task dari hari ke hari, tetapi juga menyediakan analisis mendalam yang sangat jelas dan mudah untuk dimengerti. Dengan begitu, Anda dapat menggunakan data yang ada untuk membuat stategi bagi digital marketing Anda dan hasilnya dapat membuat performa website Anda meningkat secara signifikan. Pendapat serupa juga disampaikan oleh seorang teknisi SEO dari Ebay bernama Umit Yilmaz yang telah menguji penggunaan SEMrush. Tool ini dianggap lengkap karena ada pula tools khusus konten dan PR yang memungkinkan Anda untuk mengawasi interaksi yang terjadi di sosial media, mengikuti tren industri yang ada, dan menampilkan audit terhadap backlink Anda. Intinya, SEMrush bisa memberikan audit lengkap bagi SEO Anda. Harga tool satu ini adalah 99 Dollar Amerika per bulan. Ada jaminan uang kembali bila Anda mendapati tool ini bermasalah atau tidak membantu. Bagi kami, layanan seperti ini baik dan tidak berisiko sehingga patut untuk Anda coba.

Simpulan

Melalui artikel ini, Anda telah mendapatkan informasi lengkap soal link building sehingga Anda bisa meningkatkan website traffic Anda. Tidak hanya mengetahui cara-cara yang jitu untuk menghasilkan backlink, Anda juga memahami bagaimana teknis yang terjadi pada backlink dan apa pentingnya proses tersebut. Selain itu, di akhir artikel, kami juga memberikan tinjauan kami terhadap dua online tools yang bisa membantu Anda dalam link building sebagai salah satu proses SEO agar performa website Anda maksimal.

Proses SEO memang perlu dilakukan secara konsisten dan hasilnya tak bisa didapat dalam semalam. Namun, Anda dapat memulainya dari sekarang. Baca juga artikel-artikel terkait SEO kami yang lainnya. Untuk mengetahui lebih dalam soal bagaimana bentuk web page yang optimal bagi SEO, baca panduan anatomi on page SEO yang kami buat sebelumnya. Bagi Anda yang bergerak di bidang e-commerce, Anda mungkin tertarik untuk mengetahui tips SEO khusus e-commerce . Semoga membantu!

Kamu ingin mendapatkan konten edukasi secara rutin dan gratis ? Yuk isi form dibawah 🙂

* indicates required
Jenis Konten Edukasi yang diinginkan
Posted in: