Mari Mengenal Fitur-fitur dari cPanel!

cpanelSekalipun Anda menggunakan layanan hosting murah namun penyedia layanan umumnya telah menyediakan berbagai fitur canggih untuk memudahkan segala keperluan hosting. Salah satunya adalah control panel cPanel. Jika Anda baru pertama kali menggunakan layanan hosting murah Indonesia, mungkin Anda masih merasa asing dengan tools yang satu ini. Untuk itu, simak penjelasan mengenai sejumlah fitur yang ada dalam cPanel.

File Manager

Bagi pengguna PC berbasis Windows, pasti sangat familiar dengan Windows Explorer. Di dalam cPanel terdapat sebuah fitur File Manager yang mempunyai fungsi menyerupai Windows Explorer. File Manager di dalam cPanel ini dapat dipakai untuk mengelola semua direktori dan file milik Anda.

Bandwidth

Selanjutnya terdapat fitur bernama Bandwidth. Cara kerja fitur ini adalah untuk mengecek penggunaan Bandwidth dan mencakup berbagai aktivitas, mulai dari FTP, POP dan HTTP. Melalui fitur Bandwidth yang disematkan di dalam cPanel, sekarang Anda dapat lebih mudah mengatur dan mengelola kebutuhan hosting website.

Disk Space Usage

Dalam cPanel yang Anda dapatkan dari layanan hosting murah terdapat pula fitur Disk Space Usage. Fitur ini menyediakan cara praktis untuk melihat besaran disk space yang telah dipakai oleh tiap folder. Dengan demikian, Anda dapat memantau secara langsung setiap kapasitas yang masih tersedia dan melihat apa saja yang menyebabkan space database Anda habis.

Backups

Sekalipun penyedia hosting murah Indonesia telah memiliki layanan backup sendiri, namun tidak ada salahnya menggunakan fitur ini. Backups dari cPanel akan memungkinkan membuat semua data Anda menjadi lebih aman. Fitur backup ini dapat diatur sesuai kebutuhan website Anda dengan mudah.

FTP Accounts

Dengan fitur ini Anda dapat membuat akun FTP dan membatasi aktivitas agar hanya dapat download dan upload data dari direktori tertentu. Untuk menggunakan FTP, diperlukan sejumlah aplikasi pihak ketiga, seperti CuteFTP atau FileZilla.

TP Session Control

Ada pula fitur TP Session Control. Fitur ini dapat difungsikan untuk melihat siapa saja yang tengah login melalui FTP ke dalam situs Anda. Jika orang tersebut tidak melakukan izin untuk mengaksesnya, Anda dapat menghentikannya dengan langkah mudah.

MySQL Databases

Sedangkan fitur MySQL Databases memungkinkan Anda untuk membuat database, user,  dan mengatur hak akses. Sesuai dengan namanya, layanan ini telah didukung oleh MySQL.

Remote MySQL

Fitur utama lainnya adalah Remote MySQL. Melalui fitur ini Anda dapat langsung mengakses database tanpa harus login ke dalam cPanel. Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan program pihak ketiga, seperti MySQL, HeidiSQL dan Navicat.

Selain penjelasan fitur cPanel diatas, masih banyak sekali fitur lain yang dapat Anda gunakan. Dengan mengetahui fungsi dari fitur-fitur tersebut, Anda yang saat ini tengah menggunakan layanan hosting murah di Indonesia akan semakin optimal dalam mengatur website.

4,375 total views, 4 views today