Mari Mengenal Jenis-jenis SSL (Secure Sockets Layer)

ssl certification typesKeamanan sebuah website tentu menjadi salah satu perhatian utama sahabat Dewaweb sekalian. Nah, bagi pengguna web hosting Indonesia  yang ingin meningkatkan keamanan website, alangkah baiknya sudah memasang SSL. Tetapi, sebelum menggunakan SSL melalui layanan hosting murah Indonesia, ada baiknya pula Anda mengenal beberapa jenis SSL, jadi Anda bisa lebih mudah mengimplementasikannya ke dalam website.

 

Domain Validation (DV) SSL Certificate

Domain Validation SSL merupakan SSL yang dinilai paling murah dan mudah, karena hanya divalidasi melalui email saja. Sejumlah persyaratan harus dimiliki oleh pengguna web hosting Indonesia jika ingin menerapkan Domain Validated SSL Certificate, diantaranya Anda diharuskan memiliki email yang sama dengan data domain pada WHOIS.

 

Organization Validation (OV) SSL Certificate

Selanjutnya, ada pula SSL jenis Organization Validation atau OV. SSL ini dipakai untuk validasi organisasi, atau badan usaha yang berada di belakang nama domain yang didaftarkan. Agar proses verifikasi OV berjalan dengan lancar, pengguna hosting murah Indonesia harus memiliki sejumlah persyaratan, seperti mempersiapkan beberapa dokumen pendukung yang mengakui legalitas usaha atau organisasi Anda, sesuai dengan hukum negara.

 

Extended Validation (EV) SSL Certificate

Jenis SSL terakhir yang perlu diketahui pengguna web hosting Indonesia adalah Extended Validation (EV) SSL Certificate, merupakan standar validasi tertinggi terhadap sebuah organisasi atau perusahaan. SSL jenis ini dikategorikan sebagai yang paling premium, karena dinilai memberikan nilai prestise tersendiri pada sebuah website.

Ciri sebuah situs yang menerapkan Extended Validation (EV) SSL Certificate adalah terdapat green bar yang disertai nama sebuah perusahaan di dalamnya. Kemudian, sertifikasi ini pun mendukung semua jenis browser dan memakai standar keamanan paling tinggi saat ini.

dewaweb-greenbar

Untuk menggunakan Extended Validation (EV) SSL Certificate, terdapat sejumlah persyaratan yang harus dipatuhi, diantaranya adalah perusahaan tersebut harus berjalan setidaknya 2 tahun, memiliki dokumen perusahaan lengkap, alamat perusahaan jelas dan terverifikasi, dan data pendukung seperti tagihan listrik terakhir perusahaan, KTP atau Paspor pemilik perusahaan, dan informasi WHOIS yang sama dengan nama perusahaan.

Dari ketiga jenis SSL di atas, tentunya Anda dapat memilih dan menyesuaikannya dengan website Anda. Namun, diharapkan Anda memasang SSL dengan keamanan tertinggi, agar keamanan situs Anda lebih tangguh dan memberikan perlindungan kepada pengunjung. Jangan lupa, sahabat Dewaweb pun sebaiknya memasang SSL melalui layanan web hosting murah Indonesia yang terjamin pelayanannya, seperti Dewaweb!

 

4,535 total views, 10 views today