Media Sosial : Marketing Bisnis Terbaik?

Konsistensi adalah hal yang sangat penting, dalam bidang apapun, hal itu juga mutlak dimiliki oleh setiap pelaku bisnis. Dalam upaya percepatan bisnis menggunakan media sosial, konsistensi dalam postingan media sosial, lambat laun akan berdampak sangat positif bagi bisnis yang dijalankan.

Pasar akan menjadikan media sosial tersebut sebagai salah satu sumber informasi dan rujukan bisnis terpercaya. Ketika mereka sudah menjadikan media sosial tersebut sebagai salah satu panutan dalam bisnis, maka tinggal selangkah lagi menggerakkan mereka untuk menjadi pelanggan atau pengguna produk/layanan Anda.

Penggambaran yang tepat mungkin seperti menunggu majalah kesayangan yang terbit dalam jangka waktu tertentu, misalnya majalah kesayangan Anda terbit dwi bulanan. Apa yang Anda rasakan? Tentunya perasaan tidak sabar menantikan edisi selanjutnya, cerita apa yang akan ada di dalam edisi terbaru, artikel apa yang akan dikupas, berita apa yang akan ditampilkan.

Namun sebesar apapun rasa penasaran Anda membuncah, Anda tetap bersabar menunggunya, karena Anda menyadari jika memang sudah waktunya terbit, majalah itu akan sampai juga ke tangan Anda.

Bayangkan jika media sosial bisnis Anda layaknya majalah favorit tersebut. Banyak orang menantikan konten yang Anda buat, banyak orang yang penasaran dengan postingan media sosial bisnis Anda selanjutnya.

Pada era baru media sosial seperti sekarang ini, tidak cukup hanya membuat konten yang baik, namun juga wajib membagikannya di media sosial. Intinya adalah, Anda harus mengoptimalkan semua platform media sosial yang ada. Simak cara menulis konten yang menarik dan berkualitas.

Platform Media Sosial Untuk Bisnis Anda

Memang tidak semua media sosial layak digunakan untuk bisnis atau marketing suatu produk atau jasa, namun tidak ada salahnya mencoba semua platform media sosial, sampai Anda menemukan platform yang cocok.

Berikut akan kami kupas mendalam satu – persatu media sosial yang sedang happening, atau banyak digunakan oleh para pebisnis, baik level startup, maupun pengusaha yang sudah mapan dalam menjalankan bisnisnya.

Google+

Google+ merupakan platform media sosial yang diciptakan oleh Google, sebagai salah satu bagian dari grup raksasa Google, sudah tentu postingan Anda akan muncul di dalam mesin pencari milik Google. Sedikit tips, jika ingin meraih audiens yang lebih luas, gunakan tagar (#) di setiap postingan yang dibuat. Cara kerjanya, jika pengguna mencari sesuatu yang berkaitan dengan tagar yang diposting, maka mereka akan diarahkan menuju laman Anda. Menarik bukan?

Instagram

Instagram adalah tempat berbagi unggahan foto dan video kepada para pengikut atau followers kita di Instagram.

Platform ini memungkinkan kita memanjakan visual para penikmat konten dan pengikut kita melalui foto atau video yang dapat kita sinergikan dengan kata-kata yang mendukung unggahan tersebut.

Selalu buat konten promosi bisnis yang menarik dan kreatif. Selalu ingat untuk menggunakan tagar, dengan cara kerja yang mirip seperti tagar pada Google+, akan membuat kita meraih semakin banyak pengikut.

Linkedin

Linkedin utamanya digunakan oleh jaringan bisnis profesional, platform media sosial  ini memungkinkan para penggunanya untuk berbagi tautan dan informasi kepada rekan profesionalnya.

Walaupun memang Linkedin termasuk susah untuk memasarkan suatu produk atau layanan tertentu, namun Linkedin sangat bagus jika kita ingin melebarkan sayap atau networking bisnis kita, karena platform ini memungkinkan kita untuk dapat mengenal para pebisnis lain yang berkecimpung dalam dunia usaha yang sama.

Twitter

Twitter adalah salah satu platform media sosial yang sangat terbuka, layaknya sebuah blog namun terbatas hanya 140 karakter. Walaupun utamanya postingan di Twitter berupa teks, namun tidak menutup kemungkinan untuk membagikan foto dan video.

Kelebihan dari Twitter adalah Anda dapat berinteraksi secara langsung dengan pengguna lainnya, dan dapat menautkan setiap postingan dengan platform media sosial lain yang berkaitan dengan bisnis Anda.

Sedikit tips untuk menghasilkan konten yang berkualitas adalah, buat tagar yang menarik, caption yang sederhana namun mengundang rasa penasaran orang. Hal ini akan sangat berguna apabila dijadikan acuan dalam mengembangkan konten marketing kita di Twitter.

Facebook

Facebook adalah tempat membagikan bermacam hal tentang kehidupan, tautan berita, foto, dan video. Optimalkan Facebook sebagai tempat berinteraksi dengan para pelanggan. Facebook juga memungkinkan kita untuk membuat “Facebook Fanpage” yang biasanya tempat untuk berbagi segala hal yang berkaitan dengan bisnis.

Sebenarnya banyak orang yang beranggapan bahwa Facebook Fanpage lebih dikhususkan untuk membangun citra suatu perusahaan dibandingkan citra dari produk atau jasa yang dihasilkan, namun pendapat ini sedikit buyar dengan hadirnya Facebook Ads.

Facebook ads merupakan solusi untuk Anda yang ingin mempromosikan tentang suatu produk atau jasa yang telah Anda buat, menyebarluaskan propaganda Anda, bahkan target berdasarkan usia, demografis, dan kriteria lain dapat dengan mudah Anda masukkan ke dalam target marketing Facebook Ads Anda, hal ini untuk mencegah iklan yang Anda tayangkan salah sasaran. Berikut ini adalah artikel cara menghasilkan uang dari Facebook.

Tumblr

Tumblr adalah sebuah platform media sosial  tempat berbagi segala sesuatu, mulai dari foto, tulisan, video, dan musik. Pengguna bisa membuat laman, memposting ulang blog atau karya milik orang lain ke dalam laman pribadi, pengguna dapat menggabungkan semua konten itu dengan konten miliknya sendiri.

Youtube

Youtube adalah platform khusus untuk berbagi video. Youtube sangat menarik, jika digunakan sebagai tambahan untuk memperkenalkan tentang bisnis dan produk/layanan, ceritakan tentang kelebihan bisnis dan produk/layanan tersebut. Gunakan tagar untuk menjangkau lebih banyak lagi pelanggan dan memperluas pangsa pasar. Simak pula panduan dan tips membuat vlog untuk pemula.

Jika Anda tergolong baru dalam hal menjajaki media sosial  dalam usaha mempercepat perkembangan bisnis, memposting banyak hal dalam satu waktu di semua platform media sosial  yang Anda miliki, mungkin akan sangat melelahkan dan menyita waktu. Anda membutuhkan sesuatu yang dapat membantu untuk memposting sekaligus di sekian banyak media sosial bisnis Anda, dengan jadwal yang rapi dan terkoordinir dengan baik. Ada beberapa situs web yang dapat membantu Anda mewujudkan hal tersebut, antara lain Hootsuite.com dan CoSchedule.com.

Anda bisa mengaitkan akun media sosial bisnis Anda dengan aplikasi tersebut, serta dapat mengatur jadwal postingan Anda. Hootsuite sangat optimal jika disandingkan dengan Twitter, sedangkan CoSchedule memberikan Anda banyak kemudahan dalam mengatur semua jadwal postingan media sosial. Manfaatkan layanan uji coba gratis di kedua aplikasi tersebut, yang akan sangat membantu Anda menemukan platform mana yang cocok dengan Anda. Yang mampu memenuhi harapan dan target pencapaian bisnis Anda.
Kunci memanfaatkan media sosial untuk bisnis:
– Konsisten
– Pilih platform media sosial yang dirasa paling cocok
– Optimalkan tools untuk mengatur jadwal postingan sosial media Anda

Email

Salah satu sumber pemasaran yang dapat diolah secara maksimal adalah daftar email yang kuat. Jika Anda adalah pemilik bisnis, maka Anda harus mencari cara agar dapat selalu terhubung dengan pelanggan Anda. Maka dari itu, email menjadi salah-satu sarana utama untuk berkomunikasi, tangkap peluang dan kesempatan ini. Ketika mulai menjalankan bisnis, kebanyakan dari pelaku bisnis biasanya tidak fokus dan serius mengolah daftar email para pelanggannya, ketidakseriusan tergambar dari konten seadanya yang dikirimkan kepada para pelanggan, besar kemungkinan surel tersebut tidak pernah terbaca oleh para klien atau pelanggan, tenggelam oleh tumpukan email yang masuk setiap harinya.

Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Yale, menunjukkan bahwa 85% pengguna di 24 negara (khususnya di negara maju), menggunakan internet untuk email, dan 6 dari 10 orang tersebut, atau sekitar 62% merupakan pengguna media sosial yang aktif. Data ini masih sangat relevan dalam kurun waktu 3 tahun mendatang, data ini seakan mentasbihkan bahwa, pemasaran bisnis melalui media sosial tidaklah cukup, pemasaran melalui email masih merupakan cara yang paling efektif dan efisien.

Konten

Sekarang bayangkan para pelanggan atau pembaca yang sudah dikirimkan email, mengunjungi situs web. Apa yang harus dilakukan untuk membuat mereka tetap bertahan, atau bahkan menjadi pengunjung setia situs web tersebut? Ya. Situs web wajib menyajikan konten berkualitas, mampu menarik perhatian, hingga membuat mereka tidak bergeming. Berikan pengalaman visual yang luar biasa untuk mereka, sampaikan pesan yang menarik, kembangkan bisnis sebaik mungkin melalui konten yang memukau. Simak kembali cara menulis konten yang berkualitas dan menarik.

Kejutan Gratis

Sesuatu yang diberikan gratis sangat disukai oleh banyak orang, lumrah saja memang. Ketika para pelanggan mendaftarkan email mereka dalam situs web yang telah kita buat, wajar rasanya jika kita memberikan sesuatu balasan/reward, sebagai bentuk penghargaan untuk mereka. Berikan hadiah gratis, atau kupon/voucher yang bisa mereka gunakan. Seperti Dewaweb yang membagikan hadiah menarik di bulan kasih sayang ini.
Sosial media adalah peluang dan kesempatan yang harus dimanfaatkan sebaik mungkin, demi tercapainya target bisnis dan meluasnya pangsa pasar. Tentunya tanpa mengabaikan inovasi produk serta teknik pengaplikasian yang tepat.

Pergunakan media sosial sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan jumlah penjualan dan pencapaian bisnis yang jauh lebih baik. Apalagi jika mampu mengimplementasikan strategi social media engagement. Walaupun riset dan penelitian menegaskan bahwa sosial media masih berada dibawah pemasaran melalui email dalam hal efektivitas, namun tak ada salahnya kita menggunakan seluruh kanal yang ada, demi kemajuan dan kelangsungan bisnis yang sedang kita rintis.

6,304 total views, 8 views today

Posted in: