Membangun Backlink Berkualitas Di Website Anda

Backlink jadi unsur penting untuk tiap kampanya SEO yang sukses. Backlink dibuat ketika website eksternal memberi tautan ke web Anda. Link ini jadi bagian dari urutan peringkat. Sebelum masuk ke strategi membangun link, Anda perlu pastikan situs Anda siap untuk backlink. Baca di sini untuk tambahan informasi tentang backlink. Panduan berikut akan mengajarkan Anda bagaimana membangun backlink.

Membangun Lebih Sedikit Backlink Tapi Dengan Hasil Lebih Baik

Dua fakta sebenarnya tentang akuisisi link; mahal dan makan waktu. Untuk mengatasi dua masalah ini yang perlu Anda lakukan:

  • Anda memiliki situs yang teroptimasi secara teknis
  • Anda memiliki arsitektur situs yang kuat
  • Anda harus memiliki konten yang berkualitas

Perbaiki semua kesalahan teknis sebelum melakukan akuisisi link. Kesalahan teknis merusak pengalaman pengguna. Ketika pengalaman pengguna terganggu, Google membatasi pertumbuhan traffic organik Anda. Hal pertama yang Anda perlu lakukan adalah menghindari speeding pada proses ini. SEO ibarat puzzle. Anda tidak bisa melengkapi puzzle tanpa memiliki semua bagiannya. Memastikan situs Anda secara teknis teroptimasi jadi bagian penting dari puzzle SEO.

Berikut masalah teknis yang perlu Anda temukan:

Anda bisa gunakan Screaming Frog SEO Spider untuk menemukan sebagian besar masalah ini seperti 302 redirects, redirect chains, 404 errors, canonical errors, META data duplikat, dan penggunaan direktif yang tidak tepat.

Buat Arsitektur Situs Yang Kuat

Arsitektur situs adalah bagaimana equitas link terdistribusi di situs Anda. Semakin baik arsitektur situs, semakin sedikit backlink yang Anda butuhkan. Bila menerapkan pendekatan content-driven SEO, Anda bisa gunakan reverse silo. Reverse silo yang baik akan menjadi cara paling alami untuk membangun otoritas situs.

Hasilkan Konten Bermutu

Konten jadi bagian paling penting dari puzzle SEO. Strategi konten bisa meningkatkan atau merusak kampanye SEO. Tak masalah berapa banyak backlink SEO yang Anda peroleh. Tak masalah seberapa baik Anda mengoptimasi SEO. Kampanya SEO perlahan akan gagal bila Anda tidak mengurus konten dengan serius. Baca juga artikel kami tentang konten yang berpengaruh buruk pada SEO.

Konten sangat penting. Anda tak perlu menjadi perfeksionis, tapi jangan membuat konten sampah. Seperti sampah dalam arti sebenarnya, konten sampah akan dikirim ke pembuangan dan tidak akan bisa dilihat siapapun. Konten Anda akan menentukan keberhasilan kampanye SEO Anda.

Menciptakan Backlink  Yang Tidak Bisa Rusak

Bila Anda mengikuti 5 aturan ini, Anda akan melihat traffic organik situs naik setiap bulan.

Menjaga relevansi

Relevansi jadi kriteria paling penting untuk akuisisi link yang efektif. Relevansi menurut Google berdasarkan 3 hal:

  • Tema konten secara umum dari domain linking
  • Konten pada halaman linking
  • Relevansi backlink ke domain

Berteman Dengan Situs Otoritas

Semakin kuat situsnya, akan semakin baik hasilnya. Karena Google tidak lagi update PageRank, Anda harus mengandalkan metric dari pihak ketiga. Tak ada tool yang sempurna, tapi masih bisa membantu Anda. Anda bisa menganalisa kesempatan dengan menggunakan semua pilihan yang tersedia. Tools yang digunakan untuk analisa link antara lain:

Fokus Pada Website Yang Riil

Mendapat backlink dari situs dengan traffic yang riil menjadi cara lain untuk mensolidkan web Anda. Ini jadi backlink paling sulit untuk didapat tapi juga paling bernilai. Karena Anda tidak tahu data traffic yang pasti dari sebuah situs tanpa mendapat analytics mereka, Anda perlu menggunakan SEM Rush.

Distribusi Anchor Text Dengan Cermat

Distribusi backlink anchor text yang sembarangan bisa merugikan Anda. Pertama, distribusi anchor text yang salah akan menghambat situs dari ranking. Dan anchor text yang agresif membuat Anda terkena penalti. Mayoritas anchor text Anda harus branded atau naked link anchor.

Pastikan Backlink Anda Berada Di Lingkungan Yang Bersih

Fokuskan usaha Anda untuk mendapat backlink dari situs yang memiliki standar tinggi. Bila mereka memberi tautan ke industri yang bersifat scam,  tentunya Anda tidak menginginkan link Anda ada di sana. Pelajari tiap web yang prospektif dan cari tahu apakah outbound link mereka relevan dan apakah outbound link menuju situs yang dipercaya.

Backlink Yang Tidak Boleh Ada Di Situs Anda

Ada backlink tertentu yang tidak boleh menyentuh situs Anda. Bila Anda memutuskan untuk menggunakan backlink ini, maka resiko penalti semakin besar. Selain itu, harus selalu ada relevansi di situs Anda. Hampir semua link harus relevan tapi ada beberapa situasi dimana relevansi yang murni kadang tidak jadi keharusan.

Anda bisa pergi ke forum SEO manapun dan membeli backlink di jaringan publik. Network ini sering mengiklankan layanan mereka sebagai “private blog networks,” tapi ini bohong. Setelah Anda mengiklankan network, sifatnya tidak lagi private. Google menghancurkan tiap website yang menggunakan network ini. Mudah saja bagi Google menemukan network ini karena:

  • Ada jumlah outbound link yang berlebihan (biasanya 25-50) pada homepage. Homepage pada website yang real tidak akan mencapai jumlah ini.
  • Outbound link  tidak saling relevan. Ada link yang masuk ke situs judi, situs SEO, situs fitnes, dan lain-lain yang tidak masuk akal.
  • Konten untuk tiap post tipis (hanya 250 hingga 300 kata). Algoritma pada Google Panda tidak menyukai konten semacam ini.
  • Anda bisa lari, tapi tidak bisa bersembunyi. Beberapa network berusaha memblokir penelusuran Ahrefs dan Majestic. Sebaliknya, network yang tidak memblokir penelusuran kemungkinan dilaporkan ke Google karena kompetitor yang marah.

Backlink Pada Sidebar Dan Footer

Backlink pada sidebar dan footer bisa berfungsi tapi juga beresiko. Standalone links seperti backlink berbayar. Vendor yang menjual backlink ini juga menjualnya ke web lain. Kebanyakan web tidak relevan untuk Anda dan Anda tidak ingin link Anda berada di link yang tidak relevan. Backlink sidebar dan footer bisa menghancurkan situs bila Anda menggunakan anchor text kata kunci karena akan merusak profil anchor text.

Automated Backlink

Aturan umumnya, Anda perlu menghindari automated link building tool. Beberapa software ini mencakup GSA, Ultimate Demon, dan SENuke.

Cara Membangun Otoritas Situs

Semakin tinggi otoritas situs Anda, semakin besar kemungkinan untuk masuk peringkat di mesin pencarian.

Perbaiki Link Eksternal Yang Rusak

Ingat, tiap link eksternal yang Anda tempatkan di situs bisa membocorkan otoritas. Itu sebabnya penting untuk meng-audit situs Anda untuk menemukan external link yang rusak. Ini berlaku baik pada link eksternal di konten maupun pada bagian komentar.

Untuk menemukan broken link gunakan satu atau semua tool berikut:

  • Screaming Frog SEO Spider
  • Siteliner
  • Google Search Console
  • Ahrefs

 Reklamasi Link 404

Reklamasi link 404 masuk daftar atas karena ini yang paling mudah. Untuk menemukan semua 404 error pada situs, gunakan Google Search Console atau Screaming Frog. Bila menemukan 404 error, jalankan halaman dengan bulk check pada Ahrefs atau Majestic.

Temukan Dan Perbaiki Redirect Chain

Kadang solusi yang paling jelas tepat ada di depan Anda. Redirect chain jadi masalah sederhana lain untuk bisa meningkatkan otoritas situs. Dengan memperbaiki redirect chain Anda akan mengirim equitas link langsung ke halamannnya. Ini lebih efektif dibanding membuat equity link melewati buffer. Gunakan Screaming Frog SEO Spider untuk menemukan redirect chain.

Ganti 302 Menjadi 301

302 rediret memblokir aliran otoritas dan bisa mencuri otoritas dari situs Anda. Identifikasi semua 302 redirect pada on site dan off site, lalu ganti menjadi 301. Sekali lagi gunakan Screaming Frog untuk menemukan 302.

Sekarang Anda tahu cara meningkatkan otoritas situs tanpa membangun backlink baru. Backlink berkualitas memang sulit didapat. Tapi ada cara cerdas untuk membangun backlink dan membuat web otoritas memberi tautan ke bisnis online Anda. Berikut beberapa caranya:

Metode Membangun Broken Link

Metode ini  berhasil menciptakan backlink satu arah. Teknik ini dilakukan dengan menghubungi webmaster untuk melaporkan broken link pada websitenya. Di waktu bersamaan, Anda merekomendasikan web lain untuk menggantikan link tersebut. Dan tentu Anda menyebutkan website Anda sendiri. Karena Anda membantu webmaster dengan melaporkan broken link, kemungkinan backlink ke website Anda menjadi tinggi. Jadi untuk menggunakan metode ini, cari website yang relevan dengan niche Anda.

Backlink Melalui Infografik

Infografik jadi metode paling populer untuk membawa traffic ke web dan memperoleh backlink yang berharga. Infografik juga bagus karena mudah untuk dipahami dan dibagikan. Semua orang suka data visual bukan? Itu yang menyebabkan permintaan infografik meningkat.

Pilih infografik dengan hati-hati. Masing-masing infografik harus menyertakan cerita unik dan menarik untuk audiens Anda. Untuk menentukan pilihan, ikuti tren topik terbaru dan lihat apa yang orang cari, lalu ciptakan infografik menggunakan data statistik.

Manfaatkan Artikel Tamu

Guest blogging bisa jadi cara efektif untuk mendapat audiens baru. Dengan menerbitkan artikel pada website populer lain, konten Anda jadi berada di dapan mata pembaca baru. Kadang, bukan hanya masalah backlink, tapi tentang meningkatkan reputasi online atau pengikut media sosial Anda. Guest blogging membantu Anda memperluas audiens. Bahkan Google menerima kontribusi tamu di blog Google Analytics.

Mengamati Yang Dilakukan Kompetitor

Bila Anda ingin mendapat lebih banyak traffic organic, ketahui strategi marketing online  yang dijalankan kompetitor. Anda harus mengamati kompetitor di media sosial dan mencari teknik link building mereka, serta metode konten marketingnya. Baca informasi kami tentang strategi marketing untuk meningkatkan traffic.

Bangun Link Internal

Link internal jadi faktor kunci menjalankan blog yang sukses. Dengan struktur linking internal yang bagus, Anda bisa membantu pengguna dengan mudah menavigasi website dan meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan.

Ada tool yang bisa secara otomatis menciptakan link internal ke blog Anda, khususnya bila Anda menggunakan WordPress, tapi Anda perlu menggunakannya secara manual. Matt Cutts dari microsoft merekomendasikan para webmaster tentang jumlah internal link per halaman di bawah 100, baik untuk kepentingan kegunaan maupun SEO.

Mempromosikan Konten

Konten yang bagus tidak akan menghasilkan backlink kecuali Anda tahu bagaimana mempromosikannya dengan benar. Anda perlu mengirim email outreach untuk mempromosikan artikel terbaik Anda.

Satu strategi terbaik melakukan ini adalah menghubungi blogger atau website yang melakukan pertemuan mingguan atau bulanan. Anda bisa gunakan Google, pastikan Anda memilih sesuai urutan untuk melihat hasil pencarian hanya dari minggu atau bulan terakhir. Anda bisa baca informasi kami tentang cara membuat konten berkualitas dan fakta tentang SEO.

Menulis Testimoni

Metode mudah untuk memperoleh backlink berkualitas adalah menulis testimoni pada web yang Anda gunakan. Anda hanya akan menghabiskan waktu beberapa menit, dan Anda bisa memperoleh link dari homepage web otoritas. Selama Anda jadi pelanggan produk mereka, ada kemungkinan besar Anda mendapat link sebagai ganti dari testimoni Anda.

Memperoleh backlink berkualitas kadang jadi tantangan tersendiri,  tapi Anda bisa dengan mudah menemukan kesempatan membangun link dengan menggunakan metode yang tepat. Yang juga perlu diingat, mempertahankan backlink sama penting dengan membangunnya. Jadi tetap jaga backlink yang Anda peroleh dengan meggunakan tool seperti Monitor Backlinks, Ahrefs atau Majestic.

1,649 total views, 6 views today

  • Tomi Ardiansyah

    Artikel yang sangat detail dan membantu. Terus berkarya gan

  • Betul Pak. Pasti akan berpengaruh. Karena algortima Google membagi penalti kepada kedua website. Jadi sebaiknya berhati-hati menaruh backlink. Lalu, hindari penanaman backlink pada kolom komentar, karena akan mempengaruhi ranking website Bapak sendiri. Oleh karena itu, kami hapus yah link yang Bapak di komentar ini. Terima kasih.

    • Oke mas, makasih ilmunya.
      Hal yang sama tidak akan saya ulangi lagi..

  • Ikut apa nih Pak?