Membuat Jejaring Sosial WordPress dengan Plugin BuddyPress

Buddypress
Berkat hadirnya layanan hosting Indonesia, kebutuhan untuk membangun website dapat terpenuhi dengan baik, terlebih saat ini banyak sekali CMS yang dapat digunakan, salah satunya WordPress. Jika sahabat Dewaweb sebagai pengguna hosting murah memakai WordPress sebagai CMS, Anda ternyata dapat membuat situs jejaring sosial dengan mudah memakai plugin BuddyPress.

BuddyPress

Seperti yang sudah diketahui, WordPress merupakan CMS yang sangat cocok untuk dipakai membuat blog. Akan tetapi, jika pengguna hosting Indonesia ingin membangun website jejaring sosial, sahabat Dewaweb sebaiknya membuatnya menggunakan plugin BuddyPress karena plugins WordPress ini sangat pas memenuhi kebutuhan Anda tersebut.

Plugin ini merupakan salah satu yang terbaik, dimana developer cukup rutin melakukan update, terlihat dari update terakhir versi 2.3.2.1 yang rilis 18 Juni lalu. Dapat diakses melalui buddypress.org, Anda dapat mendownloadnya secara gratis, dan sebaiknya pengguna hosting murah pun menyiapkan themes yang dapat dilihat pada halaman Theme Development, karena bundle plugins ini tidak disertai themes dan harus didownload secara terpisah.

Fitur dan Keunggulan BuddyPress

Plugin yang tersedia untuk pengguna WordPress ini hadir dengan sejumlah fitur standar, seperti user profile, activity stream, dan user group. Namun, yang menjadikan BuddyPress lebih istimewa yaitu ditambahkannya sejumlah fitur penting untuk membuat situs jejaring sosial, seperti extended profile yang dapat difungsikan untuk membuat tambahan field profile, private messaging yang memungkinkan semua anggota dapat mengirimkan pesan di lingkungan internal seperti perusahaan atau kampus, serta kemampuan untuk membuat setiap member dapat terhubung secara langsung dengan member lainnya.

Fitur utama lain yang dapat digunakan pengguna hosting Indonesia adalah Groups yang memungkinkan semua member dapat membuat sebuah grup dan melakukan diskusi secara live, The Wire yang menunjang seorang anggota untuk mem-posting bagian tertentu dari sebuah konten, serta fitur Activity Streams untuk memfasilitasi penggunanya untuk melihat aktivitas online-nya, seperti blog post, wire post, blog comment, dan new friendship.

Melalui hadirnya plugin BuddyPress yang dapat dipasangkan pada WordPress, sekarang semua orang dapat membuat situs jejaring sosial dengan cara yang mudah. Plugin ini juga hadir dengan tampilan yang sangat simpel dan cukup mudah saat dilakukan pemasangan. Selain menggunakan BuddyPress, gunakan pula layanan hosting murah di Indonesia agar pengeluaran sahabat Dewaweb menjadi lebih efisien!

  • afrid fransisco

    tapi kan facebook raja jejaring sosial. katanya ada 1 miliar orang perhari yg akses facebook. wah wah.., ternyata kita juga bisa buat jejaring sosial dgn plugin ini. 😉

  • Tutornya dong

    • Dewaweb Cipta

      Nanti kami usahakan ya pak. Tutorial buddypress agaknya akan cukup panjang, jadi mungkin artikel postingannya akan kami buat bersambung. Harap bersabar ya pak

      • andika

        ditunggu yakkk, sekalian tutorial bikin forum macem kaskus gituuuu 😀

  • Halo, ini salah satu contoh social media menggunakan buddypress dari saya http://seremonia.me

  • wahyu hidayat

    maaf gan mengganggu aktifitasnya
    saya ada pertanyaan mengenai cara pasang plugin buddypress , apakah buddypress bisa di pasang di wordpress.com ?
    http://www[dot]carabisnisonline1[dot]com

    • Dewaweb Joe

      Tidak bisa pak. BuddyPress hanya bisa diinstal di wordpress.org atau self-hosted wordpress website. Semoga membantu.

  • Ke depannya, jika memang menggunakan WordPress, bisa dicoba Kang. 🙂

  • Dennis Setiawan Damanik

    Dear Kang Dewaweb,

    Mohon tutorialnya ya kang, ane sudah ada website organisasi gitu, biar ga monoton pengen di pasang jejaring sosial kaya gini, supaya website aktif terus, di tunggu ya kang tutornya. thanks kang