Menarik Pembaca Dan Membuat Mereka Betah Di Blog Anda

Ada satu masalah yang umum dialami blogger pemula, yakni sepi pembaca. Bisa dipahami kenapa menarik pembaca terasa menjadi tugas berat bila Anda membandingkan blog Anda yang seumur jagung dengan website yang sudah lama berdiri. Tapi ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menarik pembaca dan mengalirkan traffic ke blog. Anda hanya butuh sedikit kerja keras selama beberapa minggu pertama tapi ini membuka jalan untuk semua postingn Anda di masa mendatang.

Agar Blog Anda Ramai Pembaca

Untuk Anda yang sedang berusaha mengatasi masalah populasi blog yang kosong, berikut beberapa langkah yang bisa Anda lakukan:

Fokus pada SEO Anda

Search Engine Optimization menjadi satu dari sekian banyak istilah yang lumrah bagi para blogger. Dengan mengoptimasi blog melalui mesin pencari seperti Google, Bing, dan sebagainya, Anda secara efektif membiarkan internet menemukan Anda. Meski pembaca baru bisa menemukan Anda melalui sarana lain seperti melalui berita dari mulut ke mulut, sering kali, mesin pencari lebih memungkinkan untuk menjadi teman Anda dalam mencari audiens yang besar.

Buat tautan balik ke blog Anda beberapa kali. Yang Anda inginkan adalah meningkatkan kemungkinan siapa saja menemukan Anda setelah memastikan identitas blog terlihat di tempat audiens potensial berada.

Tinggalkan tautan website Anda di situs sosial yang populer untuk mengundang komunitas ke blog Anda. Meski tak semua tautan Anda akan mendapat rating atau respon bagus seperti yang Anda harapkan. Tapi Anda telah meningkatkan visibilitas untuk konten Anda.

Google Analytics

Menambahkan Google Analytics ke blog akan membantu Anda memahami lebih banyak tentang traffic situs Anda. Analytics bisa memberitahu Anda ketika situs menerima traffic paling banyak, seberapa sering orang mengunjunginya, berapa lama waktu yang mereka habiskan di web, dan kemungkinan mereka pergi dari website bila konten Anda tidak cukup menarik.

Mempelajari berbagai metrik ini akan membantu Anda menghias blog menjadi format yang menarik yang membuat pembaca betah untuk waktu lebih lama. Anda juga perlu memonitor analytics untuk menemukan siapa yang membuat tautan ke blog Anda, dan dimana kebanyakan traffic Anda berasal. Misalnya, Anda bisa ketahui kalau kebanyakan audiens Anda datang dari Twitter. Karenanya Anda bisa membuat notifikasi untuk para follower di Twitter tiap kali Anda menerbitkan  blog post baru untuk memanfaatkan sumber traffic ini.

Social Networking

Menggunakan Google+ jadi satu cara paling mudah dan cepat untuk mengoptimasi blog untuk pencarian. Sign in di layanan ini membuat Anda bisa mengedit link ke profil yang Google asosiasikan sebagai brand atau identitas online Anda, yang secara efektif membuat Anda masuk peringkat pencarian ketika pembaca potensial mencari Anda.

Selain Google+, Twitter jadi tool menakjubkan lainnya dimana Anda bisa melakukan promosi dan link blog Anda terlihat oleh beberapa ribu pembaca potensial. Edit link blog Anda ke profil di Twitter atau lakukan tweet tiap kali ada postingan baru untuk mengingatkan follower tentang konten baru Anda, lalu beri tautan follower langsung ke postingan baru tersebut. Anda juga bisa menggunakan Twitter sebagai feedback terpisah yang membuat Anda bisa lebih dekat dengan pembaca secara real time.

Anda bisa lakukan hal yang sama pada Facebook, Tumblr, atau situs lain. Bahkan signature email Anda perlu mengandung tautan ke blog Anda. Dengan secara konstan memberi tautan balik ke blog dan mendekati follower di berbagai platform sosial, Anda tidak hanya meningkatkan kemungkinan situs Anda dipilih oleh mesin pencari, tapi juga membuat blog Anda lebih terlihat bagi pembaca potensial.

Mungkin terkesan memaksakan untuk mempromosikan postingan Anda ke teman, tapi bagi kebanyakan blogger baru, teman dan keluarga jadi penyebar berita alami untuk apa yang Anda kerjakan dan sebenarnya mereka jadi tool permulaan untuk menyebarkan pada dunia tentang blog Anda. Selalu promosikan blog Anda dimanapun ada kesempatan. Ketahui strategi marketing untuk traffic blog.

Komunitas Online

Dengan asumsi blog Anda memiliki niche spesifik, Anda lebih mungkin mendapat pengikut setia dengan networking bersama mereka yang memiliki minat serupa. Komunitas dan forum online, misalny, jadi cara bagus untuk memperkenalkan diri Anda.

Tinggalkan tautan ke blog Anda dan buat tautan balik ke berbagai  area yang Anda tahu secara online untuk mendapat kredibilitas internet. Dengan membuat diri Anda lebih “available” dan mudah diketahui, Anda  berarti menawarkan bentuk transparansi ke banyak pembaca baru. Pembaca akan lebih mungkin menganggap kerja Anda menarik dan relevan, ketika mereka menghubungkannya dengan suara Anda sebagai penulis atau pembuat konten.

Anda bisa libatkan diri di semua komunitas yang Anda anggap relevan dengan blog Anda, dan buat tautan balik ke kategori di dalam blog bergantung komunitas yang berpartisipasi di  dalamnya.

Bila blog personal Anda terdiri dari topik campuran, dengan masing-masing pembaca pada tiap kategori. Dengan mengelompokkan postingan menjadi bagian-bagian seperti teknologi, video games, belanja, dan sebagainya, pembaca Anda tahu persis dimana memperoleh konten yang mereka inginkan.

Ketika berpartisipasi di forum video games, link Anda pada forum itu akan megarahkan pembaca baru ke bagian video games di website Anda, bukan pada bagian belanja. Dengan cara ini, secara efektif Anda menargetkan komunitas yang tepat dengan mengarahkan pembaca ke konten yang Anda harap mereka sukai.

Bila mereka merasa konten Anda menarik, ada kemungkinan mereka mulai browsing area lain dari website Anda dan menemukan ada bagian yang lebih menarik selain bagian video games, lalu mereka mulai menelusui konten Anda lainnya. Dengan cara ini Anda perlahan memperkenalkan pembaca baru ke hasil kerja Anda dengan cara yang halus.

Patuhi Jadwal Posting

Salah-satu hal pertama yang orang cari ketika mengunjungi blog  untuk pertama kali adalah tanggal terbit postingan terbaru. Bila postingan terakhir sekitar 2 bulan lalu, pembaca tidak akan kembali memeriksa konten baru. Meski bila Anda membatasi satu postingan tiap minggu atau dua kali dalam sebulan, buat jadwal teratur untuk menunjukkan Anda berkomitmen pada apa yang Anda lakukan. Setelah orang tahu blog Anda adalah sumber topik tertentu yang diupdate secara teratur, mereka akan terus kembali bila mereka menyukai apa yang mereka baca.

Kontes

Kontes jadi cara mudah untuk menarik perhatian pembaca baru. Anda mungkin tidak mendapat pembaca berkualitas dengan mengadakan kontes, tapi Anda akan mengalami peningkatan traffic sementara serta menerima visibilitas lebih banyak.

Meski kunjungan baru dari mereka yang tertarik dengan kontes Anda mungkin tidak selalu datang kembali ke blog Anda untuk membaca postingan Anda, setidaknya Anda telah mencatat kehadiran Anda sebagai sumber konten baru di pikiran mereka.

Yang menyenangkan, mereka yang masuk ke kontes mungkin tertarik pada materi blog Anda dan meluangkan waktu untuk browsing seluruh situs Anda. Dari sini, hanya soal waktu mengubah mereka dari orang yang hanya sekedar browsing, menjadi orang yang tetap konsisten datang ke blog Anda.

Ciptakan Rasa Memiliki

Bicaralah langsung pada pembaca Anda. Mereka ingin dianggap sebagai bagian dari blog Anda, dan dengan berbicara langsung ke mereka dalam tulisan, Anda membangun kesetiaan dan familiaritas. Dengan melibatkan pembaca ke hasil kerja Anda dan mengarahkan mereka ke komentar atau lelucon lama yang hanya dipahami oleh kebanyakan follower setia, blog Anda akan memiliki audiens dan komunitas yang mapan.

Meski hal ini bisa berpotensi membuat pembaca baru pergi, juga mendorong audiens yang ada untuk tetap setia. Eksklusifitas Anda sering kali mendorong pembaca baru untuk bertahan lebih lama dan memupuk rasa kesetiaan yang sama yang telah Anda bentuk dengan audiens lama. Baca artikel kami tentang cara mempromosikan blog.

Komentar

Ketika mengatur blog baru maupun lama, memahami feedback pembaca penting untuk kesuksesan blogging. Cara ini membantu mendekati pembaca dan memberi mereka media untuk bisa berinteraksi dengan penulis atau otak di balik postingan yang mereka komentari. Juga memberi kesan Anda ingin mendengar apa yang mereka katakan dan memang seharusnya begitu, bila Anda ingin memperoleh pembaca yang setia.

Dengan berbicara pada pembaca melalui komentar dan feedback, Anda membangun rasa komunitas dimana audiens Anda merasa jadi bagian dari blog Anda. Libatkan pembaca sedalam mungkin dalam mengarahkan blog Anda karena feedback mereka penting untuk kemajuan Anda.

Tentu ini tidak berarti Anda membiarkan pembaca benar-benar mengontrol cara Anda memposting atau bagaimana Anda melakukannya. Lagi pula, ini blog Anda, dan penting untuk menjaga identitas Anda sendiri dan menyuarakannya ketika menciptakan konten.

Anda juga perlu meninggalkan komentar pada blog industri profesional lain atau setidaknya pada blog dengan niche yang sama. Kenali komunitas blogger yang telah mapan dan cari tahu apa yang membuat pembaca mereka betah lalu ambil apa yang sudah Anda pelajari dan aplikasikan ke blog Anda sendiri.

Konten Yang Mudah Dibagikan

Bila Anda membuat tugas ini mudah, kemungkinan orang akan melakukannya. Hal yang sama berlaku pada konten blog. Bila Anda ingin orang membagikan konten di jaringan mereka, buat agar mereka mudah melakukannya melalui tombol sharing. Anda bisa akhiri postingan blog dengan tombol sharing. Dengan begitu, ketika orang membaca konten, langkah selanjutnay adalah membagikannya.

Tombol share memungkinkan pembaca membagikan konten blog dengan hanya mengklik tombol tersebut. Menambahkan tombol seperti ini untuk media sosial dan email bisa meningkatkan traffic ke blog Anda. Ketahui kesalahan yang harus dihindari blogger pemula.

Kualitas Konten Jadi Kuncinya

Tak peduli berapa banyak mata tertuju ke blog Anda, pembaca potensial jangka panjang akan hilang bila Anda kekurangan konten yang berkualitas. Selalu gunakan konten berkualitas, baik berupa gambar, tulisan, atau ilustrasi.

Ketika menulis, lakukan editing berulang kali hingga Anda merasa kerja Anda sudah sempurna, sudah dipercantik, dan dipresentasikan dengan cara yang sangat manis. Konten berkualitas tak akan lekang oleh waktu dan berkesan.

Ukur diri Anda terhadap para kompetitor. Bila Anda melihat sesuatu yang unik dan orisinil yang kompetitor Anda miliki dan mendapat feedback bagus, Anda bisa lakukan hal sama tapi dengan cara yang jauh lebih baik. Blogger dan pengusaha secara konstan mengulangi ide bagus lain dan menyulingnya hingga tercipta produk yang sempurna. Lakukan hal yang sama pada konten blog untuk membuatnya menarik bagi pembaca dan membuat mereka betah di blog Anda.

6,750 total views, 4 views today