Menemukan Keunikan Untuk Memenangkan Persaingan Usaha

Persaingan usaha kian hari semakin ketat, berbagai inovasi dan keunikan coba ditonjolkan para pelaku usaha, baik itu yang berskala kecil, menengah, atau besar. Baik yang sudah berkecimpung lama, atau startup, semua seakan berlomba untuk tampil beda. Tak ada batasan pasti, selama ide masih bergulir, maka selama itu pula akan banyak inovasi dari produk dan layanan.

Tak dapat dipungkiri, bahwa diferensiasi produk, atau keunikan adalah kunci dalam memenangkan persaingan usaha. Apabila sudah banyak usaha sejenis, maka suatu hal yang dapat menjadi kunci sukses adalah apabila usaha kita berbeda jika dibandingkan dengan usaha-usaha lainnya.

Apabila produk atau layanan kita memiliki ciri khas, maka dapat dipastikan, para konsumen atau pelanggan kita, dapat dengan mudah mengenali produk atau layanan kita, dapat dengan mudah untuk kita menanamkan dalam benak mereka, tentang produk dan layanan kita.

Dapat dibayangkan, apabila produk kita tidak jauh berbeda dengan produk atau layanan yang sudah ada, pasaran, dan tidak mempunyai ciri khas. Akan banyak dari para pelanggan atau konsumen yang mungkin tidak dapat membedakan produk atau layanan kita, bahkan lebih buruknya, produk dan layanan kita tidak akan dikenali oleh banyak orang.

Bagaimana mungkin produk atau layanan kita dapat dikenali oleh masyarakat luas, sedangkan masyarakat tersebut tidak mampu mengenali perbedaan produk atau layanan kita dengan produk atau layanan sejenis.

Jika produk lainnya sudah dianggap standar oleh para konsumen, dengan menciptakan diferensiasi maka produk atau layanan kita akan terlihat lebih unggul dibandingkan produk atau layanan lainnya yang sudah banyak beredar di pasaran.

Pada dasarnya segala sesuatu yang unik dan berbeda, tentu akan memberikan daya tarik tersendiri bagi para konsumen. Sehingga mereka lebih mudah mengenali dan mengingat produk atau layanan tersebut, dibandingkan produk atau layanan lainnya yang sudah umum di pasaran.

Sebuah produk atau layanan yang memiliki keunikan khusus, biasanya akan diburu konsumen dengan harga tinggi. Maka tidak heran bila harga jual produk atau layanan yang unik bisa lebih tinggi dibandingkan dengan harga produk atau layanan lainnya yang sudah banyak beredar di pasaran.

Semakin unik produk atau layanan yang kita tawarkan, maka akan semakin memudahkan konsumen dalam mengenali produk atau layanan tersebut. Dan semakin banyak konsumen yang mengenali produk kita, maka semakin besar pula peluang kita untuk menanamkan imej produk atau layanan yang kita tawarkan di benak para konsumen. Simak pula cara tepat dalam memilih produk untuk dijual online.

Berikut ini akan kami tampilkan beberapa cara agar bisa tampil unik, berbeda, dan mememenangkan persaingan usaha dengan keunikan tersebut. Cara ini dapat membantu menemukan dimana letak keunikan yang harus ditonjolkan, dan bagaimana cara agar produk atau layanan kita, dapat tampil stand out diantara produk atau layanan sejenis.

1. Memperhatikan Kompetitor
Kompetitor atau pesaing kita akan berdampak positif bagi usaha kita, apabila kita tahu kelebihan dan kelemahan dari pesaing kita, dan belajar dari kesalahan kompetitor kita tersebut. Buat riset yang yang mampu memetakan secara menyeluruh, tentang para kompetitor kita. Hal yang baik kita ambil dan yang buruk kita perbaiki.

Pesaing adalah pemicu agar kita mampu berbenah diri, jika ingin sukses dalam persaingan usaha, maka perhatikan dengan seksama pesaing-pesaing kita, lalu jadikan semua kelebihan serta kekurangannya menjadi bahan introspeksi kita. Berikan sentuhan yang baru, agar menjadi ciri khas dan karakter produk atau layanan kita.

Apabila kita mampu menyentuh semua yang kita serap dengan ciri khas kita, maka hal tersebut akan berdampak sangat baik bagi produk atau layanan kita, jalan memenangkan persaingan terbuka lebar, konsumen pun dapat mengenali dengan mudah produk atau layanan kita.

2. Menerima Saran dan Kritik
Saran dan kritik adalah suplemen penambah energi kesuksesan kita. Selalu minta saran dan kritik dari orang terdekat, menerima kritik dan saran dari para pelanggan atau calon pelanggan kita, dan mengambil intisari dari hal tersebut, sangatlah tepat dalam upaya membangun produk yang unik, berbeda, dan memiliki daya saing dan daya jual yang tinggi

Tak ada yang sia-sia dari menerima kiritik dan saran tersebut, bukan tidak mungkin dari masukan-masukan berharga tersebut, mampu membentuk karakter unik dari produk atau layanan usaha kita.

Selama kita mampu menerima kritik dan saran dengan lapang dada, dan menjadikan hal tersebut sebagai pemicu kesuksesan kita, maka akan banyak hal-hal positif yang akan kita dapatkan.

Mengetahui hal-hal yang diinginkan oleh para pelanggan juga hal yang sangat baik, karena walau bagaimanapun, mereka adalah muara dari semua yang kita hasilkan. Pastikan kita mengakomodir dengan baik semua saran dan kritik yang mengarah pada kita.

3. Membebaskan Ide Sebebas-bebasnya
Ada kalanya pikiran dan kreativitas kita terkungkung karena diri kita sendiri, kita terkadang membatasi ide yang berseliweran, tidak berani menangkap setiap ide yang muncul karena berbagai macam alasan.

Entah karena kita berpikir ide tersebut sulit diwujudkan, terlalu aneh, atau terlalu mengada-ada. Bebaskan pikiran, buatlah mindset bahwa membebaskan ide adalah hal yang baik, membebaskan ide adalah salah satu kunci dalam menemukan keunikan produk dan layanan kita.

Biarkan ide mengalir sebebas mungkin, jangan pernah meremehkan kekuatan ide, karena banyak hal yang dirasa mustahil di dunia ini pun dulunya hanya berupa ide liar yang nampak aneh dan cenderung mengada-ada, atau banyak dibilang berkhayal. Simak juga bagaimana menjadi kreatif dan produktif dalam bisnis

Tak ada yang salah dari sebuah ide, terkadang hanya diri kita saja yang terlalu membebankan pikiran kita untuk memproduksi ide yang itu-itu saja.

Monoton dan cenderung main aman adalah hal yang harus kita hindari. Kita sedang berusaha menemukan hal yang unik, maka kita harus berpikir diluar kebiasaan kita.

4. Implementasi Ide
Setelah kita membebaskan ide yang berseliweran, kini tiba saatnya kita untuk mengimplementasikan ide tersebut, tiba saatnya kita mengeksekusi ide tersebut. Jika masih ragu dalam menerapkan ide tersebut, maka mintalah saran dari orang terdekat, atau pengusaha yang lebih senior dan lebih sukses dari kita.

Pelaksanaan ide sangat bergantung perencanaan yang matang, gagal dalam merencanakan sesuatu, sama saja dengan merencanakan kegagalan.

Apabila rencana sudah disusun secara matang, maka tiba saatnya kita untuk memberanikan diri untuk memulai langkah dalam pelaksanaan ide tersebut, dan menjalankannya dengan penuh keyakinan.

5. Berani Mengambil Resiko
Banyak orang yang mengatakan, berani untuk sukses, harus berani mengambil resiko. Idiom tersebut, kadangkala ada benarnya, yang membedakan pengusaha sukses dan kurang sukses, biasanya hanyalah keberanian dalam mengambil resiko. Bisnis adalah tentang membuat pilihan yang tepat diantara pilihan-pilihan yang mengandung resiko tinggi.

Bisnis adalah manajemen resiko, dan bagaimana cara menangani resiko kegagalan-kegagalan tersebut. Apabila dalam berbisnis kita tidak mampu berani mengambil resiko, maka dapat dipastikan bahwa semua yang kita rencanakan dengan matang adalah sia-sia belaka, tak ubahnya seperti seseorang yang gemar bermimpi, namun tak berusaha mewujudkannya.

Bulatkan tekad, dan mulai langkah sukses Anda sedini mungkin!

6. Sabar dan Konsisten
Sabar dan konsisten adalah hal yang mudah diucapkan, namun sulit untuk dijalankan. Banyak diantara para pengusaha yang tidak sabar dalam menuju kesuksesan. Tidak konsisten dalam menjalankan usaha. Apabila suatu usaha yang kita lakukan gagal dalam pelaksanaannya, maka teruslah berusaha, dengan sabar dan konsisten, niscaya akan membuahkan hasil yang baik.

Kecenderungan dari para pengusaha adalah, baru menjalankan inovasi tertentu, lalu perubahan tersebut tidak membuahkan hasil, maka langsung putus asa, berhenti melakukan inovasi, kapok menjalankannya lagi.

Padahal apabila kita konsisten, mungkin saja kesuksesan sudah di depan mata. Karena terkadang kesuksesan itu membutuhkan kesabaran, dan membutuhkan lebih banyak waktu. Kunci dalam melakukan hal ini adalah terus-menerus tanpa henti.

7. Evaluasi
Setelah melakukan perencanaan yang matang,dan implementasi dari ide-ide yang kita miliki. Maka harus dilakukan evaluasi, mana usaha atau tindakan yang dinilai berhasil, maka usaha atau tindakan tersebut harus kita tingkatkan, sedangkan usaha yang tidak menghasilkan sesuatu yang baik, harus kita evaluasi, mana yang menjadi kekurangan, apa saja hambatannya, bahkan kita hentikan jika perlu.

Kita alihkan seluruh daya dan upaya kita kepada hal yang lebih membuahkan hasil. Jangan pernah lelah untuk melakukan inovasi, perubahan dan menemukan keunikan serta ciri khas dari produk atau layanan kita. Lakukan evalusi dalam jangka waktu tertentu, seperti evaluasi mingguan atau bulanan.

Evaluasi secara menyeluruh dan sesuai dengan realitas adalah sesuatu yang harus kita lakukan, semua demi kemajuan usaha kita di masa yang akan datang.

8. Berpikir Outside The Box
Mungkin banyak dari kita yang masih saja berusaha menemukan keunikan produk dan layanan yang kita miliki, namun dengan pola pikir yang itu-itu saja, pola pikir yang konvensional, konservatif dan cenderung takut keluar dari zona nyaman.

Apabila terus kita melakukan seperti itu, maka dapat dipastikan kita tak akan pernah mendapat ide-ide yang segar.
Berpikirlah berani, keluar dari zona nyaman kita, tantang diri agar selalu terasah dalam menghadapi persaingan yang kian ketat. Berpikirlah dengan kacamata dan cakrawala pemikiran yang baru, agar dapat menemukan keunikan dari produk atau layanan kita.

 

Tak ada yang menyangkal, apabila keunikan adalah salah satu kunci sukses suatu produk atau layanan. Simak pula tips ampuh membangun startup sukses. Hal-hal tersebut perlu kita jalankan, demi menghasilkan ciri khas dari produk atau layanan usaha kita. Intinya adalah jangan pernah lelah dalam menjalankan usaha tersebut. Bersemangatlah dalam menemukan ide-ide segar yang akan menjadi embrio dari keunikan produk atau layanan kita.

  • makasih om, tipsnya sangat bagus