Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan Dalam Bisnis Online – 10 Tips Dan Trik Penting

Sudah bukan rahasia lagi bahwa salah satu hal yang paling dicari oleh para penggiat bisnis online, tentu saja kepercayaan pelanggan. Dan sudah tak heran lagi bila akhirnya banyak yang mulai mencari cara meningkatkan kepercayaan pelanggan dalam bisnis online. Namun, seberapa akurat dan berapa tingkat keberhasilan yang didapat dari cara yang sudah didapatkan? Faktanya, mendapatkan hingga meningkatkan kepercayaan pelanggan bukan sesuatu yang bisa diraih secara instan.

Sebaliknya, trial and error perlu dilakukan untuk benar-benar mendapat formula yang tepat untuk mendapatkan kepercayaan dari konsumen ini. Dan tentu satu hal yang tak bisa dilupakan; pengalaman.

Bila kita berbicara mengenai kepercayaan pelanggan, ada beberapa faktor penting yang harus diperhatikan. Bagaimana membuat pelanggan percaya pada bisnis kita, dan bagaimana membuat pelanggan “tetap” percaya pada bisnis online kita.

Pentingnya Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan Dalam Bisnis Online

Kepercayaan dari pelanggan memang memegang poin serta peranan penting dalam bisnis online. Terutama dengan banyaknya isu “penipu”, “scam,” dan beragam bentuk ketidak-jujuran lain dalam dunia bisnis online. Yang pada akhirnya menjadikan pelanggan pun enggan untuk mulai berbelanja atau menggunakan jasa dari internet bisnis. Meskipun begitu tentu saja, beberapa ada yang memilih untuk tetap melakukan pembelian jasa dan barang melalui online, dengan kehati-hatian yang super ekstra. Yang tentu saja, tak ada salahnya.

Disisi lain, ketika pelanggan sudah memiliki kepercayaan pada bisnis online, yang kita andaikan disini bisnis online Anda, maka segala proses penjualan hingga penggunaan jasa sudah bukan menjadi masalah. Mari ambil contoh, beberapa toko online ternama sudah pasti mendapatkan kepercayaan dari pelanggannya. Yang secara otomatis mendapatkan loyalitas dari mereka pula. Pelanggan tak akan berpikir dua kali untuk melakukan transaksi dengan toko online tersebut. Dan pastinya tak akan ragu untuk mengulang transaksi. Lagi, dan lagi.

Dan ini, yang menjadi salah satu hal penting dari mendapatkan dan meningkatkan kepercayaan dari pelanggan. Transaksi yang berulang, yang tak hanya akan berhenti pada satu kali transaksi menjadi salah satu kebutuhan tersendiri.  Dan ini, hanya bisa didapat bila mendapatkan rasa percaya dari pelanggan.

Contoh lain, Anda sudah pasti tak heran lagi dengan banyaknya toko online saat ini. Yang kesemuanya memberikan penawaran yang berbeda. Mulai dari barang dan jasa yang dijual, hingga harga, diskon, kemudahan, dan berbagai keunggulan masing-masing. Namun, beberapa pelanggan seakan sudah memiliki toko online pilihan. Dan mereka pun akan berkali-kali belanja dari toko yang sama.

Pertanyaannya, mengapa? Ya, karena mereka sudah memiliki loyalitas di toko online tersebut. Jadi bagaimana cara mendapatkan loyalitas? dengan mendapatkan kepercayaan tentunya. Dan bagaimana cara mendapatkan dan meningkatkan kepercayaan pelanggan dalam binis online?

Cara Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan Dalam Binis Online

Kami memiliki 10 cara, tips dan trik untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan dalam bisnis online. Dibawah ini ya!

1. Perhatikan barang yang dijual

Sebelum bermimpi untuk mendapatkan kepercayaan dari pelanggan, pertama-tama pastikan bisnis online yang Anda jalankan layak mendapat kepercayaan. Langkah pertama, pastikan barang yang dijual sesuai dengan deskripsi. Dan berikan deskripsi sejujur mungkin.

Tak ada salahnya menjual barang KW. Namun pastikan memberi keterangan jelas bahwa yang dijual bukan barang yang asli. Selain itu pastikan juga warna, kualitas, bahan, hingga segala detail mengenai barang jualan harus sesuai dengan kenyataan.

Perhatikan pula bila menjual barang elektronik. Kualitas, keaslian barang, hingga segala spesifikasi harus sesuai dengan informasi yang diberikan pada pelanggan. Ketahui skill apa saja yang perlu dikuasai customer service.

2. Kualitas foto

Mendapatkan kepercayaan pelanggan dari kualitas foto? Percaya atau tidak, betul. Foto, dan gambar yang berkualitas memberi kesan usaha online yang dijalankan memiliki “niat.” Dan seperti yang sudah dipahami, “niat” ini sendiri sudah cukup menjadi bukti yang kuat bahwa usaha online Anda patut dipertimbangkan, dan tentunya sih dipercayai.

Berikan foto yang bukan hanya menunjukan fitur dari barang yang dijual. Namun juga kegunaan dari barang tersebut. Perhatikan pula, foto seharusnya memiliki kecerahan yang tepat, detail, dan ukuran yang tak terlalu kecil.

Tak ada salahnya memberikan foto langsung dari barang yang akan dijual. Namun menggunakan foto dari website resmi produk pun dibenarkan. Yang tak dibenarkan, menggunakan foto milik orang lain. Serta foto yang berada di bawah hak cipta.

3. Promosi yang tepat

Saat ini untuk para pemilik bisnis online, sudah terdapat banyak sekali jenis promosi yang bisa dilakukan. Mulai dari promosi melalui media sosial, hingga iklan pada beberapa website. Namun untuk saat ini terdapat satu cara paling mudah, dan juga tepat dalam melakukan promosi bagi usaha online : endorsement.

Endorsement menjadi cara promosi paling mudah saat ini. Mengingat banyaknya buzzer hingga influencer yang bisa digandeng untuk bekerja sama. Pilih buzzer yang paling cocok untuk mempromosikan barang Anda. Dengan endorsement, Anda tak hanya akan mendapatkan promosi dan pelanggan potensial dari followers atau pembaca website dan blog mereka. Namun juga foto “gratis”.

Tunggu, promosi ini tak hanya akan mendatangkan pelanggan, namun juga kepercayaan dari mereka. Lagi-lagi, karena pengaruh dari influencer atau buzzer yang digunakan. Baca informasi kami tentang mitos seputar dunia marketing yang terbantahkan.

4. Buat sistem yang mudah

Pernah melakukan transaksi online dan memutuskan untuk tak lagi membeli karena sistem pemesanan, hingga pembayaran yang rumit? Sistem yang rumit ini bukan hanya akan membuat Anda enggan, namun juga para calon pelanggan. Dan tentunya, membuat mereka kehilangan rasa loyal dan kepercayaan. Ingat, bisnis online yang Anda kelola bukan satu-satunya yang menyediakan barang dan jasa tersebut. Sehingga proses dan sistem yang rumit sudah pasti membuat pelanggan memilih untuk melakukan transaksi dengan toko online yang lain.

Gunakan sistem pemesanan, pembayaran, konfirmasi, hingga pengiriman yang mudah dimengerti. Tak hanya mudah memang, namun juga harus jelas demi mendapatkan rasa kepercayaan dari pelanggan.

5. Website, dan akun sosial media jelas

Jangan bermimpi untuk mendapatkan dan meningkatkan kepercayaan dari pelanggan bila tak mampu memberi kejelasan. Kejelasan disini, tak hanya mengenai produk hingga cara pemesanan dan pembayaran yang jelas. Namun juga kemana pelanggan bisa menghubungi Anda, atau untuk melihat produk serta jasa lain yang ditawarkan.

Inilah mengapa ketika memulai bisnis online, pastikan website yang digunakan jelas. Kejelasan website ini dilihat dari nama domain, hingga kemudahan akses oleh konsumen dan pengunjung. Selanjutnya baru sosial media.

Saat ini, bisnis online dan sosial media memiliki keterkaitan yang kuat. Sosial media, baik itu Twitter, Facebook, Instagram, hingga Google+ serta YouTube bisa menjadi media untuk promosi, memperkenalkan barang dan jasa yang ditawarkan, serta tentunya, menjalin komunikasi dengan pelanggan.

6. Komunikasi dengan pelanggan

Jangan ragu untuk melakukan komunikasi aktif dengan pelanggan. Baik itu melalui kolom komentar di website, atau YouTube channel dan video. Serta tentu saja melalui media sosial. Jawab semua pertanyaan dari pelanggan, serta semua keraguan mereka.

Jangan ragu pula untuk memberikan kontak messenger untuk memastikan komunikasi dengan pelanggan berjalan dengan baik. Terlebih saat ini ketika pelanggan bisnis online nampak jauh lebih senang bila komunikasi yang terjalin antara penjual dan pelanggan berlangsung dua arah. Kemudahan komunikasi, memberikan jawaban dan respon yang tepat dan cepat membuat pelanggan merasa lebih “aman” untuk melakukan transaksi. Cari tahu bagaimana cara engage dengan pelanggan di media sosial.

Pilihan komunikasi lain yang bisa dilakukan dengan pelanggan untuk saat ini, melakukan live. Live streaming ini bisa dilakukan melalui YouTube, atau yang lebih mudah melalui Instagram. Ketika Live ini bisa digunakan untuk mengkomunikasikan cara pemakaian, hingga kegunaan dari barang yang ditawarkan.

7. Informasi selengkapnya

Sudah sedikit dijelaskan di atas mengenai memberikan deskripsi lengkap dan sebenar-benarnya mengenai produk yang diperjual belikan. Namun untuk step up the game dan benar-benar berusaha mendapatkan kepercayaan dari pelanggan, tak ada salahnya tambahkan informasi tambahan yang kira-kira akan membuat pelanggan semakin ingin memiliki produk tersebut.

Kelengkapan informasi ini tak hanya membuat pelanggan semakin yakin untuk memiliki produk tersebut, namun juga membuat mereka yakin akan kredibilitas bisnis online yang Anda jalankan.

Informasi tambahan yang diberikan bisa melalui beberapa jenis dan media. Dari artikel hingga review di website, atau melalui video tutorial pada YouTube. Memberikan video pada produk ini pun saat ini tengah menjadi tren tersendiri.

8. Testimoni

Diakui atau tidak, testimoni dari pelanggan lain memberikan peran yang besar untuk kepercayaan dari pelanggan. Testimoni ini menunjukan rasa puas, dan bahwa bisnis online Anda ini merupakan salah satu yang paling bisa terpercaya. Testimoni dari pelanggan ini pun sebaiknya dikumpulkan secara khusus dan mudah diakses oleh calon pelanggan yang lain.

Dan lagi-lagi untuk memastikan usaha online Anda dipercaya, jangan juga lakukan kecurangan ketika mencari testimoni dari pelanggan ini.

Selain testimoni online, cara lain untuk mendapatkan testimoni adalah melalui mulut ke mulut alias testimoni secara offline. Yang tak banyak diketahui, testimoni offline ini memiliki banyak impact pula pada kepercayaan pelanggan.

9. Detail kontak yang jelas

Lagi-lagi, kontak yang jelas menjadi salah satu unsur lain. Yang pertama, nomor telepon yang jelas, hingga contact person yang sama jelasnya. Hal lain yang harus diperhatikan? Nomor rekening. Kesannya sepele, namun nomor rekening dan nomor telepon yang terus berganti-ganti tentunya membuat pelanggan merasa curiga. Dan juga pastinya tak akan memudahkan untuk Anda pula.

Bila memang perlu dan memungkinkan, jangan ragu memberikan detail domisili alamat. Yang mana akan memudahkan pelanggan untuk mengira-ngira dari masa barang tersebut dikirim.

10. Reputasi

Terakhir, dan menjadi yang paling penting : reputasi. Semua langkah meningkatkan kepercayaan pelanggan dalam bisnis online di atas memang tepat. Namun jangan lupa, reputasi pun menjadi satu hal lain yang penting untuk dicari, dijaga, dan dipertahankan.

Reputasi yang baik mungkin bisa ditunjukan dari testimoni pelanggan sebelumnya, yang tentunya memberikan keuntungan. Namun reputasi yang buruk? Reputasi yang buruk sayangnya akan berkembamg jauh lebih cepat dari reputasi baik. Dan sayangnya pula, reputasi buruk ini bisa dengan mudah mengalahkan reputasi baik dan segala hal lain yang sudah berusaha Anda dapatkan.

Karena itu, demi mendapatkan reputasi baik ini, pastikan tidak melakukan kecurangan pada pelanggan dan memastikan kepuasaan pelanggan. Demi mendapatkan nama dan reputasi yang benar-benar terpercaya pastinya.