Meningkatkan Website Conversion Rate Demi Kesuksesan Bisnis

Telah banyak artikel yang membahas tentang pentingnya meningkatkan traffic bagi website Anda. Hal tersebut memang penting. Namun Anda perlu menyadari bahwa peningkatan traffic saja tidak cukup. Bayangkan bagaimana banyaknya traffic Anda menjadi sia-sia karena pengunjung sekadar mampir tanpa melakukan kegiatan aktif yang dapat memberi impact bagi usaha atau bisnis Anda. Inilah pentingnya melakukan sekaligus meningkatkan conversion rate.

Pada dasarnya, artikel ini adalah panduan mendasar yang membantu Anda untuk mengubah pengunjung website Anda yang pasif menjadi pengunjung aktif yang lebih terlibat dengan konten Anda bahkan terdorong untuk melakukan transaksi. Artikel ini dapat memandu Anda mulai dari dasar-dasar Conversion Rate Optimization (CRO), mengapa hal ini menjadi penting dan bagaimana Anda bisa melakukannya sendiri. Anda bisa menemukan informasi komprehensif yang bisa menolong Anda dalam meningkatkan kinerja website Anda, termasuk bagaimana mengoptimalkan web page sekaligus user experience Anda, dan tentunya tools apa saja yang Anda perlukan untuk mencapai tujuan tersebut.

Definisi Conversion Rate Optimization

CRO merupakan metode di mana analisis dan umpan balik pengunjung digunakan untuk meningkatkan kinerja webiste Anda. CRO ini dapat dipakai untuk memperbaiki metrik website demi kepentingan bisnis Anda. Metrik tersebut sering juga disebut-sebut sebagai Key Performance Indicator (KPI), suatu indikator kinerja yang perlu ditingkatkan. KPI biasanya terkait dengan perolehan pelanggan baru (customer), pendaftaran (registration), unduhan (download), dan lain-lain. Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, intinya adalah bagaimana mengarahkan pengunjung pasif Anda untuk lebih aktif terlibat pada website Anda. Lebih jelas lagi, CRO ini berarti mencari tahu apa yang pengunjung website Anda cari saat mereka mengunjungi situs Anda dan kemudian memberikan apa yang mereka mau atau butuhkan tersebut kepada mereka.

Pentingnya CRO bagi Website

Pertama, CRO menjadi penting karena seberapapun menarik desain atau performa website Anda dan seberapa bagus konten Anda, Anda perlu pengunjung Anda untuk lebih aktif dalam berinteraksi dengan website Anda dengan cara yang lebih mudah dan efisien. Sebenarnya Anda dapat langsung saja memakai jasa periklanan atau pemasaran tradisional yang biasa dilakukan suatu perusahaan, namun pemasaran seperti ini berbiaya mahal dan seringnya tak tepat sasaran. Dengan CRO, Anda dapat mengidentifikasi terlebih dahulu target pemasaran Anda dan menemukan solusi tepat sekaligus efektif dalam mengembangkan bisnis Anda.

Selain itu, Anda perlu mengetahui bahwa CRO ini tidak mengubah siapapun saja pengunjung aktif website Anda untuk menjadi pengunjung aktif secara begitu saja. Anda akan menargetkan orang-orang yang akan benar-benar menyukai produk Anda. Orang-orang inilah yang akan membantu Anda untuk mengusahakan pemasaran Anda lebih mudah dengan kerelaan mereka memberitahu siapapun relasi mereka akan betapa membantu dan kerennya perusahaan Anda dalam memenuhi keinginan atau kebutuhan mereka.

Sebenarnya investasi yang diterapkan melalui CRO ini lebih kepada meningkatkan keaktifan pengunjung website yang telah ada dibanding menarik orang secara acak untuk menjadi pengunjung baru website Anda. Investasi ini akan berdampak lebih efisien pada bisnis Anda.

Dengan CRO ini, Anda pun dapat menjadi lebih unggul dibanding kompetitor Anda yang memiliki bisnis atau usaha sejenis. Mengapa? Sebab perusahaan Anda menjadi lebih bernilai di mata pelanggan dibanding perusahaan kompetitor yang hanya mementingkan pemasukan secara kasar tanpa memerhatikan kebutuhan pelanggannya. Menjadi terdepan dibanding saingan bisnis Anda tentunya sangat penting, sebab dalam bidang ini persaingan bisa memengaruhi sikap atau keputusan pelanggan. Penilaian dari pasar yang lebih baik kepada Anda dapat menggiring lebih banyak orang untuk beralih ke produk atau layanan Anda yang lebih unggul dibanding perusahaan sejenis lainnya.

Faktor-faktor yang memengaruhi Conversion Rate Optimization

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan dalam mengembangkan website Anda demi kesuksesan bisnis yang Anda jalani. Terkait dengan konten, apakah gambar atau grafik pada konten Anda relevan, unik dan ditempatkan dengan benar? Apakah justru gambar/ grafik Anda tersebut menjadi pengalih perhatian atau fokus pengunjung yang sebenarnya perlu membaca teks penting Anda? Selain itu, cobalah lihat usability situs Anda. Apakah pengguna dapat lebih mudah menemukan apa yang mereka cari di website Anda? Bagaimana tampilan website Anda, apakah website Anda mobile friendly (mengingat semakin banyaknya pengunjung yang memakai smartphone untuk mengakses situs)? Selain itu, hal yang paling utama adalah keamanan mereka yang terjamin dalam mengakses situs Anda. Apakah Anda dapat menjamin hal itu?

Bila diidentifikasi dengan lebih jelas, berikut adalah 6 faktor penting yang dapat dijadikan panduan dasar untuk tindakan CRO Anda:

  1. Proposisi Nilai

Maksud dari aspek ini adalah bagaimana Anda memprioritaskan keuntungan dan manfaat yang bisa pengunjung Anda dapatkan dari website Anda. Apa yang pengunjung dapatkan tersebut adalah hal yang harus selalu menjadi prioritas utama Anda sebagai perusahaan penyedia jasa dan layanan.

  1. Relevansi

Aspek ini menunjukkan keterkaitan atau kecocokkan konten Anda dengan apa yang pengunjung butuhkan. Apakah informasi atau keseluruhan konten yang Anda publikasikan pas dengan apa yang pengunjung Anda cari, lebih khusus lagi akan apa detailnya yang  mereka butuhkan.

  1. Kejelasan

Maksud dari aspek ini kembali perlu dikaitkan dengan kedua aspek sebelumnya, yaitu bagaimana visi Anda bagi pelanggan atau pengunjung dapat diketahui dengan jelas dan tentunya sampai pada mereka. Lebih rincinya, bagaimana cara Anda menyampaikan ajakan Anda pada mereka? Apakah cara itu membuat mereka mengerti visi Anda ataukah tidak?

  1. Kecemasan

Hal utama dari aspek ini adalah Anda perlu meninjau ulang apakah ada elemen yang hilang dari website Anda atau web page Anda yang mungkin saja bisa menimbulkan perasaan cemas atau ragu di benak pelanggan maupun pengunjung Anda. Cobalah untuk lebih teliti sekaligus lebih menyeluruh dalam meninjaunya.

  1. Gangguan

Aspek gangguan ini berarti apapun yang dapat menghilangkan fokus pengunjung Anda dari hal utama yang sebenarnya ingin Anda sampaikan pada mereka. Cara mengujinya adalah dengan menempatkan diri Anda sebagai pengguna website, apa yang pertama muncul di benak Anda ketika mengakses website? Kesan apa yang muncul? Lalu cocokkanlah dengan visi perusahaan sebenarnya. Kemudian, apakah ada kontradiksi-kontradiksi yang tanpa sengaja dimuat dalam website Anda? Anda harus memastikan bahwa keseluruhan website Anda sesuai dan berjalan seiringan dengan visi perusahaan Anda.

  1. Urgensi

Aspek ini akan mendorong pelanggan atau pengunjung Anda untuk bertindak secepatnya, secepat ketika mereka baru saja sampai di situs Anda dan menyetujui atau menyukai visi Anda. Maka perhatikanlah insentif, tawaran, serta bagaimana penyajian Anda bisa mendorong mereka lebih kuat sekaligus muncul secara natural dalam website Anda melalui konten Anda.

Menjawab Mitos-mitos CRO

Hal utama yang perlu Anda pahami adalah melakukan CRO sebenarnya tidak semudah melakukan sebuah trik sulap. Anda perlu ketekunan dalam menjalankan beberapa langkah yang tidak dapat dikatakan mudah dan tidak juga dapat menghasilkan secara instan.

Kekurangan sebuah perusahaan biasanya berupa sikap cepat puas diri dan berhenti melakukan peningkatan kualitas. Anda bisa jadi hanya mengandalkan pencapaian yang sudah ada atau tepatnya merasa telah mengetahui dengan jelas apa keinginan dan kebutuhan pelanggan Anda. Bila Anda membaca sebuah referensi atau panduan yang meminta Anda untuk sekadar menebak, dapat dipastikan sumber tersebut tak dapat dipercaya.

Nyatanya, Anda perlu melakukan survey secara rutin pada pengunjung Anda. Setelah melakukan survey, Anda pun masih perlu merancang tindakan sesuai target dan mempertimbangkan seberapa efektif tindakan itu. Sekali lagi, sikap cepat puas diri buruk bagi bisnis Anda. Walaupun Anda telah selangkah lebih unggul dibanding kompetitor Anda, fokus Anda musti tetap pada kepuasan segmentasi Anda, pasar Anda, khususnya pelanggan Anda.

Kedua, kualitas konten tak boleh diabaikan. Konten ini adalah salah satu elemen website Anda yang lebih diperhatikan dengan jeli oleh pengunjung atau user saat mengakses situs. Mengenai kuantitas, memang masih ada perdebatan di kalangan pakar SEO soal mana yang lebih baik, konten panjang atau pendek. Intinya, terkait CRO Anda perlu memerhatikan seberapa komprehensif konten Anda. Tak hanya lengkap, tetapi juga sebaiknya konten Anda relevan dengan topik utama khususnya tak bertentangan dengan visi perusahaan Anda. Jangan sampai website Anda memuat konten-konten yang saling kontradiktif satu sama lainnya.

Ketiga, benar-benar meniru template atau cara pengembangan di perusahaan lain sangat tidak disarankan. Anda perlu menyadari bahwa tindakan itu sangat berisiko bagi usaha atau bisnis Anda. Hal ini disebabkan faktor uniknya tiap perusahaan sekaligus warna segmentasi pasar perusahaan. Cobalah untuk lebih berhati-hati dan bahkan munculkanlah inovasi-inovasi yang tak didapati oleh perusahaan sejenis umumnya. Kembali lagi, kenalilah secara mendalam siapa user Anda. Selain itu, pengunjung akan mempertanyakan keamanan mereka serta tidak memercayai perusahaan Anda karena Anda dianggap peniru atau tidak kreatif bahkan menganggap Anda tidak sepenuhnya mendedikasikan diri di bidang Anda.

Keempat, mendapat traffic besar bukan tujuan utama kita. Seperti yang telah kami sebutkan di awal artikel ini bahwa CRO memang tak mengabaikan SEO pada praktiknya, namun kita perlu lebih fokus pada kepuasan pelanggan atau pengunjung website kita untuk investasi lebih berarti. CRO adalah sebuah proses.

Jadi tujuan Anda bukan begitu saja melakukan manipulasi untuk mendorong pengunjung berpikir bahwa produk atau jasa Anda adalah yang terbaik, melainkan mengarahkan “tembakan” Anda pada “target” yang tepat dengan “kekuatan penuh” namun berhati-hati. Ini berarti Anda perlu meninjau metric Anda. Misalnya, Visitor Recency (berapa lama durasi waktu kunjungan mereka) dan Visitor Loyalty (lebih kepada seberapa sering kunjungan mereka). Kedua hal itu dapat memberi Anda beberapa gagasan tentang bagaimana keterlibatan pengguna Anda, dan membantu Anda mengetahui cara meningkatkan keterlibatan ini dengan lebih baik.

Tools untuk Menguji dan Mengoptimalkan CRO

Kami akan mengelompokkan tools CRO berdasarkan cakupan kegunaan. Berikut adalah ketiga kategori:

  1. Analytics

Alat yang paling dasar dan penting yang perlu Anda miliki adalah alat pemberi laporan tentang apa saja yang terjadi di website Anda setiap harinya. Anda tentunya menginginkan alat analisis kredibel seperti Google Analytics, KISSMetrics, Mixpanel atau paket serupa lainnya yang memungkinkan Anda memeroleh informasi dasar seperti unique visitor dan bounce rate. Tak hanya itu, perlu juga alat yang memiliki kemampuan analisis lanjutan yang mencakup aspek audience segmenting, cohort analysis, dan conversion tracking.

Contoh cohort analysis sederhana yaitu memeriksa berapa banyak pengguna yang mengunduh aplikasi Anda dalam kurun waktu tertentu. Anda dapat membandingkan pengguna yang mengunduh pada bulan satu dengan bulan lainnya untuk melihat grup mana yang paling banyak terlibat atau paling menguntungkan. Anda dapat menggunakan informasi tersebut untuk memelajari bagaimana perubahan tindakan Anda terhadap website bisa memengaruhi perilaku pasar juga.

  1. User Surveys

Bila alat Analytics dapat memberikan perkiraan berdasarkan ukuran pasti, User Surveys memberikan suatu penilaian yang lebih pasti dengan memberi kesempatan pengunjung atau pelanggan Anda dalam menyuarakan pendapat mereka.

Berikut adalah beberapa tools yang dapat Anda gunakan untuk melakukan survey:

  • Qualaroo
  • Survey Monkey
  • SurveyGizmo
  • PollDaddy
  • io
  1. User Testing

Alat terakhir ini akan memberikan hasil analisa lebih mendalam atau menyeluruh. Alat ini adalah teknik lain yang dapat Anda lakukan jika survey masih belum menjawab pertanyaan Anda mengenai siapa pelanggan dan user Anda. Ada beberapa tools yang disediakan secara online yang dapat Anda gunakan yaitu:

  • CrazyEgg

CrazyEgg adalah teknologi eye tracking yang memungkinkan Anda untuk memvisualisasikan bagaimana pengguna datang silih berganti di website Anda melalui pembuatan hotmaps, scrollmaps, alat overlay dan alat confetti.

  • Click Tale

Click Tale adalah teknologi yang dapat memberikan hasil analisa berupa video. Video ini akan menggambarkan bagaimana flow para pengunjung atau user Anda. Tentunya dapat lebih menarik untuk Anda simak karena berupa visualisasi data.

  • Balsamiq

Balsamiq adalah alat wireframing dan mockup yang memungkinkan Anda membuat skrip wireframe “bersahabat” dan mampu mempersiapkan hipotesis untuk pengujian terhadap website Anda berikutnya.

  • Cacoo

Cacoo memungkinkan Anda membuat berbagai diagram berdasarkan laporan analisis dengan bentuk berupa peta situs, diagram alir, peta pikiran, kerangka gambar, diagram UML dan diagram jaringan.

  • Browsershoots

Browsershoots adalah alat online yang dapat membantu Anda untuk membuat screenshot situs Anda dan mengujinya pada sejumlah perangkat komputer untuk mengetahui bagaimana pengalaman pengguna website Anda dan memberikan umpan balik untuk Anda analisis lebih lanjut.

Mengukur Kesuksesan CRO

Bagaimana caranya mengetahui bahwa CRO yang Anda lakukan telah berhasil? Data tentunya, dapat mengukur seberapa berhasil CRO yang perusahaan Anda lakukan. Namun, sebelum kita mulai membahas lebih lanjut soal ukuran kesuksesan tersebut, Anda perlu kembali mengingat bahwa CRO adalah sebuah proses. Cobalah untuk telaten dalam mengoptimasi website Anda lewat CRO.

Memang Anda dapat menilai seberapa sukses CRO Anda berdasarkan indikator metric yang telah kami bahas sebelumnya (durasi waktu pengunjung mengakses situs dan lain-lain) namun setelah mendapat suatu ukuran tersebut sebaiknya Anda menyadari bahwa kesuksesan CRO tidak bisa dipatok dalam satu waktu saja dan tugas Anda tidak selesai sampai di situ.

168 total views, 8 views today