Menulis di Sebuah Blog

Blog merupakan jurnal online yang sering di-update, bahkan kadang setiap hari. Blog ibarat cara untuk mengetahui kabar tentang teman atau anggota keluarga tanpa perlu menghubungi mereka lewat telepon. Yang perlu Anda lakukan adalah membaca update penting untuk mengetahui kabar terbaru.

Penulis profesional sering kali menganggap remeh para blogger. Blog dikenal dengan gaya penulisan kasual dan materi yang tidak bisa diprediksi. Tapi blog terbaik membuktikan bahwa penulis yang awam tentang tanda baca dan ejaan sekalipun bisa menarik perhatian dan menghibur pembacanya.

Nah, para pembaca, kali ini kami akan berbagi informasi tentang 3 panduan dasar untuk menulis dalam sebuah blog, yaitu:

  • Mengembangkan gaya penulisan
  • Sering posting, meski postingan pendek
  • Memberi kesempatan pembaca menuliskan komentar pada postinganAnda

Mengembangkan gaya penulisan

Kebanyakan orang tidak sering menulis di kehidupan sehari-hari atau bahkan memiliki buku harian. Menulis tentang diri sendiri bukan hal yang mudah, dan Anda akan dapati diri sendiri membeku di depan layar komputer tanpa tahu harus menulis apa.

Bila Anda ingin memiliki gaya penulisan yang menarik, Anda perlu banyak membaca. Bacalah novel, blog, majalah, dan sebagainya, untuk memperoleh inspirasi tentang cara manulis artikel sendiri. Anda bisa belajar bagaimana orang lain membentuk kalimat dan membangun paragraf. Anda juga akan belajar tentang cara menggunakan lelucon dan bermain dengan bahasa. Banyak membaca juga membuat Anda peka tentang apa yang membuat sebuah teks enak dibaca.

Kebanyakan teks dalam web tidak bersifat formal. Blogging bisa menggunakan gaya informal. Meski tidak semua blog sama dan tidak semua blogger serupa. Ada blog yang menulis dengan cara formal, begitu juga sebaliknya. Pilih yang sesuai dengan audiens Anda. Tentukan gaya yang cocok untuk Anda dan blog Anda.

Agar teks menarik untuk pembaca, Anda perlu memvariasikannya. Ini berarti Anda perlu mencoba mencampurnya. Coba variasikan kalimat panjang dengan kalimat pendek. Hindari kalimat panjang berturut-turut. Membaca melalui layar komputer atau layar handphone akan terasa lebih sulit, dan kalimat-kalimat panjang yang rumit membuat membaca jadi lebih sulit lagi.

Perhatikan cara kalimat-kalimat Anda disusun. Coba ganti urutan kata. Sebuah kalimat seperti: “Di sini kami memberi saran tentang SEO,” bisa diganti menjadi “Kami memberi saran tentang SEO di sini.” Memvariasikan kalimat membuat teks Anda terlihat lebih menarik.

Jangan lupa coba gunakan sinonim bila Anda terlalu sering menggunakan sebuah kata. Beberapa orang sangat sering menggukana kata “dan” atau “juga.”Anda bisa memvariasikannya dengan “begitu juga”atau kata lain yang sesuai agar teks jadi lebih menarik.

Memang hanya sedikit orang yang bisa menulis sebuah novel. Beberapa orang menulis dengan cara lebih mudah dibanding yang lain. Memiliki gaya penulisan yang menarik mugkin sulit dipelajari dibanding menulis dalam struktur yang jelas. Tapi dengan sedikit latihan, tiap orang bisa menulis postingan blog yang unik dan menarik.

Berikut beberapa saran yang bisa Anda terapkan untuk mengembangkan gaya penulisan pada blog Anda. Pertama, yang perlu diingat, sebuah blog adalah sebuah percakapan. Menulislah dengan cara seperti Anda bicara. Hindari jargon dan istilah rumit. Ada baiknya membaca keras tulisan Anda setelah selesai menulisnya. Bila Anda berusaha keras ketika membacanya atau tulisan terkesan tidak alami, coba pikirkan bila Anda menyampaikannya pada teman dengan berbicara padanya, bukan melalui tulisan.

Kedua, tulislah blog seolah Anda berbicara dengan teman atau anggota keluarga tertentu. Menentukan seseorang yang Anda kenal baik dan siapa yang mungkin membaca blog Anda akan membantu Anda rileks dalam gaya penulisan. Itu sebabnya kebanyakan orang sering memulai postingan blog dengan kata “Dear diary.” Tujuannya untuk membuat tulisan sebagai cerminan diri sendiri dan bukan sebagai tulisan yang sangat resmi.

Yang tidak kalah penting, selalu perhatikan audiens Anda. Misalnya, bila Anda menulis hanya untuk teman dekat dan keluarga, Anda tidak perlu menjelaskan kalau Sarah berusia 8 tahun setiap kali menyebut namanya. Tapi bila blog Anda menarik pembaca lebih luas, Anda perlu membuat referensi atau glossary untuk membantu pembaca baru mengikuti alur tulisan Anda.

Terakhir, sebelum mulai menulis, luangkan waktu mengunjungi blog lain yang menurut Anda akan mirip seperti apa yang akan Anda tulis. Baca satu atau dua blog selama beberapa minggu dan perhatikan beberapa hal seperti panjang postingan, frekuensi postingan, gaya penulisan, dan materi subjeknya. Anda bisa peroleh ide baru di blog sendiri dengan melihat apa yang terasa menarik pada blog orang lain.

Selalu update blog Anda

Blog yang menarik banyak pembaca adalah blog yang sering di-update. Ketika mulai menulis di blog, Anda juga harus bersiap menghabiskan waktu mengerjakannya setiap hari. Bagi kebanyakan orang, perlu disiplin untuk menulis. Bila Anda merasa malas membuat postingan ke blog, mungkin blog tidak cocok untuk Anda.

Seiring waktu, blog akan selalu ada di pikiran Anda. Anda merasa perlu membawa buku catatan untuk menulis topik yang ingin Anda tulis di blog nantinya. Mulailah dengan memperhatikan bagian hidup Anda yang paling menarik, serta hal yang menurut teman dan keluarga juga menarik. Jangan takut menulis tentang aktifitas sehari-hari, seperti membayar tiket parkir dan memperbaiki mobil, tapi jangan lupa bicara tentang apa yang Anda pikirkan dan rasakan. Semua area ini memungkinkan Anda untuk update di blog.

Bila Anda akan bekerja sama dengan beberapa orang dalam satu blog, bicarakan seberapa sering tiap orang memposting agar Anda bisa fokus pada blog Anda. Bila Anda update blog mingguan, dua mingguan, atau bulanan, coba konsisten tentang kapan menambahkan postingan baru agar pembaca tahu kapan memperolehnya. Misalnya Anda memilih update blog setiap Minggu malam.

Satu pertanyaan besar yang mungkin muncul dalam benak Anda adalah kapan menerbitkan postingan blog Anda. Yang terpenting adalah konsistensi. Apakah Anda memposting tiap jam, tiap hari, atau tiap minggu?

Anda perlu membuat jadwal dan menepatinya. BilaAnda ingin menghasilkan uang dari blog, Anda perlu secara konsisten membuat orang datang ke blog dan membaca kontennya. Konten yang diupdate harus baru dan segar. Pembaca tidak akan melihat hits tertinggi dari blog Anda, tapi mereka ingin konten yang baru. Tak akan banyak membantu bila Anda memposting 10 kali dalam sehari selama satu minggu lalu tidak memposting apapun lagi selama satu bulan. Bila Anda melakukannya, para pembaca tidak akan kembali berkunjung ke blog Anda, danAnda tidak menghasilkan traffic atau menghasilkan uang.

Bukan hanya pembaca yang tidak suka inkonsistensi, mesin pencari juga demikian. Anda tentu ingin berpihak pada mesin pencari karenanya Anda perlu memposting secara teratur. Ini setidaknya satu kali dalam seminggu dan tidak ada alasan untuk tidak bisa mengaturnya. Semakin banyak postingan, akan semakin baik, tapi jangan berkomitmen pada diri sendiri tentang  sesuatu yang tidak bisa Anda lakukan. Ada banyak software penjadwalan yang bisa membantu Anda memastikan tidak melewatkan satu postingan. BlogPress memberi Anda keleluasaan untuk menjadwalkan postingan pada tanggal dan waktu tertentu. Jadi tidak ada alasan untuk tidak posting secara teratur.

Ajak pembaca memberi komentar

Aspek penting dari blog adalah bagian tulisan blogger serta komentar dari pembaca. Ketika mengunjungi sebuah blog, Anda akan menemukan link komentar di bawah teks dari tiap postingan blog. Meng-klik link tersebut membuat Anda bisa membaca komentar dari orang lain dan mengirim komentar sendiri. Biasanya blogger membuat komentar mereka sendiri di postingan, tapi kadang blogger menambahkan respon ke bagian komentar karena ini jadi cara lebih langsung untuk membalas komentar seseorang.

Tidak semua blogger memasang feature komentar, tapi bila Anda ingin membangun dialog dengan pembaca, feature komentar jadi cara paling baik.  Feature komentar juga jadi cara mudah untuk melibatkan pembaca dan mendapat feedback tentang apa yang Anda lakukan pada blog Anda.

Bila memasang feature komentar pada blog Anda, pastikan untuk selalu membacanya. Feature ini membuat orang lain bisa menambahkan komentar ke blog dan Anda mungkin tidak selalu suka dengan apa yang mereka katakan. Misalnya kadang spammer melakukan teknik marketing yang tidak Anda inginkan di blog Anda. Tapi software blogging bisa menghilangkan komentar yang tidak diinginkan dengan lebih mudah.

1,474 total views, 8 views today

Posted in: