Niche Menguntungkan Untuk Situs Anda dan Cara Monetisasinya

Mulai membangun blog dengan niche yang menguntungkan ibarat memegang uang di tangan sendiri. Banyak blogger di luar sana memperoleh pendapatan dengan memilih niche yang tepat. Niche akan menjadi hati dan jiwa blog Anda bila dipilih dengan bijak. Memilih niche yang sesuai merupakan paradigma utama dibalik blogging yang baik. Tiap blogger baru memiliki potensi untuk melakukan kesalahan ketika memilih niche. Kesalahan ini bisa menggiring Anda pada sebuah kegagalan besar.

Sebelum mulai menulis, Anda harus tahu niche mana yang tepat sebagai pilihan Anda. Langkah pertama dalam blogging adalah mencari tahu apa yang dibutuhkan pembaca dari blog Anda, kata kunci apa yang paling menguntungkan, dan bagaimana Anda bisa menghasilkan uang dari blog.

Daftar Niche Paling Menguntungkan

Jadi, niche apa yang paling menguntungkan di industri online dan bagaimana Anda memulainya? Berikut kami tampilkan daftarnya:

Niche kesehatan

Blog kesehatan bisa mencakup berbagai topik terkait kesehatan seperti nutrisi, mengontrol berat badan dan penyakit, analisa tentang kesehatan, bisnis kesehatan, dan penelitian kesehatan. Niche kesehatan jadi niche paling menguntungkan urutan pertama yang masuk daftar.

Niche kesehatan bertindak seperti platform pendidikan kesehatan, dimana pengguna berkolaborasi atau berkontribusi dalam konten kesehatan dengan panduan standar. Sebuah blog kesehatan bisa bersifat interaktif dan dekat dengan pembaca dalam pembuatan kontennya. Dengan konten yang bagus, blog kesehatan bisa berkembang seiring ukuran penggunanya. Blog kesehatan bisa dikategorikan sebagai jenis blog jurnal personal atau jenis situs informasi. Sub niche kesehatan yang paling umum mencakup:

  • Blog tentang menurutkan berat badan/blog diet
  • Blog tentang nutrisi dan makanan
  • Blog tentang penyakit dan gangguan kesehatan
  • Blog tentang olahraga dan latihan fisik

Sub niche ini akan membantu banyak orang untuk mendapat perawatan kesehatan dan Anda juga bisa mendapat keuntungan darinya.

Niche parenting

Selama orang terus memiliki anak, niche parenting akan tetap populer. Niche ini masuk kategori evergreen karena masyarakat terus tumbuh dan berkembang, dan kebutuhan anak berubah seiring waktu. Niche parenting memiliki cakupan topik yang cukup luas mulai dari mendidik hingga permainan kreatif untuk melatih kedisiplinan, dan ada banyak produk informasi di luar sana yang bisa membantu Anda membangun situs dengan niche ini.

Niche tutorial

Tutorial jadi cara tepat mentransfer atau berbagi pengetahuan dan bisa digunakan sebagai bagian dari proses belajar. Blogging dengan niche tutorial akan banyak membantu pembaca. Tiap orang mengalami masalah dengan blog mereka. Masalahnya bisa berupa HTML, widget, gadget, SEO, dan sebagainya. Tutorial yang Anda berikan akan sangat membantu banyak blogger baru yang memilih blogging sebagai passion mereka.

Tutorial semacam menerbikan ebook, memulai sebuah blog, atau produksi video akan sangat bermanfaat bagi orang lain dalam meningkatkan skill mereka untuk menjadi blogger yang handal. Tutorial pada gilirannya akan membantu Anda sendiri memperoleh lebih banyak pemasukan. Niche tutorial telah menjadi satu niche paling umum sebagai cara potensial memperoleh pemasukan yang besar.

Niche teknologi

Seiring perubahan teknologi di pasar global dengan tingkat yang tinggi, niche ini bisa menyediakan apa yang biasanya orang cari di arena teknologi. Niche teknologi bisa menunjukkan perusahaan yang spesial dalam pembuatan/manufaktur gadget. Dengan memberikan informasi bermanfaat tentang gadget terbaru dan tips teknologi terkini, akan sangat membantu mereka yang sangat ingin tahu tentang inovasi terdepan yang sedang terjadi di dunia teknologi.

Menyediakan konten yang bermanfaat dan bagus berkaitan dengan gadget seperti telepon seluler, tablet, blackberry, iPhone, iPad, android, dan sebagainya bisa membantu kita dalam menghasilkan uang. Baca lebih lanjut informasi kami tentang cara menulis konten untuk menaikkan peringkat situs.

Niche uang dan bisnis

Blog ini mungkin sedikit jumlahnya tapi akan sangat membantu para wirausahawan. Niche ini menunjukkan bagaimana cara memperoleh uang secara online maupun offline dengan cara yang berbeda. Niche ini secara virtual menunjukkan cara menghasilkan uang. Tiap blogger ingin mendapatkan uang tapi niche ini akan membantu mereka yang ingin memulai bisnis atau ingin memperoleh uang dengan cara yang berbeda.

Niche uang dan bisnis menunjukkan cara yang tidak biasa untuk menghasilkan uang atau panduan untuk mendapat uang. Sekilas terlihat sama seperti niche bisnis, tapi tidak demikian. Niche bisnis membutuhkan pengalaman untuk membuat postingan menarik tentang bagaimana memulai bisnis atau bagaimana menjalankan sebuah bisnis. Bila Anda memberikan tips yang berharga, blog Anda akan menarik perhatian pengguna dengan sangat cepat dan Anda mulai mendapat uang.

Niche perkembangan kepribadian

Niche perkembangan kepribadian membantu pembaca meningkatkan kesadaran dan identitas diri, bagaimana mengembangkan bakat dan potensi, meningkatkan kualitas hidup, dan berkontribusi pada realisasi mimpi dan aspirasi.

Sub niche perkembangan kepribadian yang paling umum mencakup:

  • Perkembangan kepemimpinan
  • Rasa peraya diri
  • Motivasi
  • Perkembangan karir
  • Coaching tentang kehidupan
  • Spiritualitas

Niche ini akan sangat membantu dalam meningkatkan kehidupan personal, menjadikan hidup penuh kebahagiaan, dan juga membantu meningkatkan skill serta menganalisa pro dan kontra kehidupan individual.

Bila tak ada satupun dari pilihan-pilihan di atas yang jadi minat Anda, berikut beberapa ide lain untuk niche yang menguntungkan. Banyak diantara pilihan berikut memiliki kesulitan dan kompetitor yang rendah jadi Anda bisa pilih satu atau beberapa.

  • Blog dengan niche travelling. Tawarkan sesuatu yang baru ke pembaca, berikan tips tentang bagaimana bepergian dengan anggaran terbatas, travelling minimalis, atau fotografi dan videografi travelling.
  • Blog dengan niche untuk orang yang sibuk. Orang cenderung menjadi semakin sibuk, jadi kenapa Anda tidak membantu mereka? Berikan tips tentang manajemen waktu, saran kesehatan dan kebugaran atau ide perkembangan personal.
  • Blog dengan niche latihan olahraga. Terdengar mirip dengan niche kesehatan tapi ada perbedaannya. Ini bisa menjadi niche blog yang menguntungkan bila Anda membantu orang melatih berbagai olahraga seperti maraton, angkat beban, jogging, atau olahraga tim seperti sepak bola dan bola basket, dan sebagainya.
  • Blog dengan niche tentang kehidupan kota. Ini bukan tentang website untuk event bagi bisnis lokal. Buatlah blog personal dan fokus pada apa yang terjadi di area Anda, temukan tempat terbaik untuk makan dan buat ulasannya, atau kunjungi landmark lokal. Anda akan mendapat traffic dari pembaca lokal serta turis.
  • Blog dengan niche tentang anggaran. Coba jalani hidup dengan sebisa mungkin menghabiskan sedikit uang. Tulis tentang pengalaman Anda hidup di kamar kos kecil, makan hemat, bepergian dengan dana terbatas, dan membeli barang dengan menawar.
  • Blog tentang hobi dan aktivitas juga menguntungkan bila Anda menargetkan pembaca yang menghabiskan uang untuk sesuatu yang mereka sukai. Ketika sesuatu membuat seseorang merasa senang atau memberi kesenangan, mereka akan menghabiskan uang untuk itu lagi dan lagi. Pikirkan aktivitas mahal seperti golf, berlayar, memancing, travel, atau berburu. Orang selalu membeli peralatan dan perkakas baru untuk aktivitas yang mereka senangi. Mereka membutuhkan aksesori, mereka mau membayar untuk pelatihan dan panduan, atau benda yang menjanjikan membuat mereka lebih baik dalam melakukan aktivitas yang mereka pilih.

Niche yang disebutkan di atas sangat menguntungkan dan akan terus mengalirkan keuntungan untuk Anda. Anda bisa mulai dengan niche mana saja, dengan memastikan Anda telah memilih yang tepat. Bila Anda butuh bantuan untuk memulai sebuah website, mempromosikannya, atau Anda hanya perlu lebih banyak informasi, datanglah lagi ke website kami untuk mendapat lebih banyak tips.

Bagaimana menurut Anda? apakah Anda punya ide lain untuk niche blog yang menguntungkan?

Cara Monetisasi Niche Website Anda

Sekarang kita akan membahas metode terbaik untuk monetisasi niche website Anda. Meski ada beberapa aliran income pasif yang bisa Anda ciptakan, sebenarnya masih ada banyak pilihan berbeda. Berikut cara utama yang bisa Anda gunakan untuk monetisasi situs serta panduan tutorial Adsense karena ini jadi pilihan paling populer ketika bicara tentang monetisasi niche website Anda. Semoga ini bisa membantu Anda mulai menciptakan niche situs yang tidak hanya bermanfaat tapi juga memberi Anda penghasilan pasif yang bagus.

Pilihan untuk monetisasi niche situs

Google Adsense

Adsense jadi pilihan paling populer ketika bicara tentang membangun niche situs. Yang perlu Anda lakukan adalah mendaftar, membangun iklan, dan memasukkan kodenya ke website. Ketika orang mengklik iklan, Anda akan mendapat bayaran. Kuncinya adalah memiliki Click Through Rate atau CTR yang baik. Ini bisa dilakukan dengan mengganti warna dan posisi iklan. Tahukah Anda? Google membayar milyaran dollar tiap tahun untuk para pemilik website jadi bila ini bisa sesuai dengan niche Anda, kenapa tidak mencobanya.

Ada beberapa aturan seperti tidak boleh ada lebih dari 3 iklan per halaman dan Anda tidak bisa memanipulasi dengan menipu audiens agar mengklik. Tapi Anda bisa atur warna dan posisi iklan untuk membuat Anda mendapat uang. Ketahui lebih lanjut cara agar permintaan akun Anda diterima oleh Google Adsense.

Amazon

Amazon jadi pilihan tepat bila niche Anda mencakup produk aktual yang dicari dan dibeli. Bagian terbaiknya adalah bila Anda memberi referensi seseorang ke Amazon untuk makanana anjing dan mereka membeli sebuah buku dalam 24 jam, Anda tetap mendapat komisi. Ini berarti mereka bisa membeli apa saja dan Anda masih mendapat bayaran. Kini Anda hanya perlu memberi referensi ke banyak orang untuk mendapat bayaran.

Media.net

Media.net mirip dengan Adsense, Anda mendapat bayaran dari klik pengunjung. Pembayarannya memang tidak sebagus Adsense tapi tampilan iklannya lebih natural dibanding Google Adsense. Ini jadi pilihan bagus kedua setelah Adsense karena Anda hanya bisa memiliki 3 Adsense per halaman. Meki pembayarannya rendah,  Anda harus memonetisasinya kapanpun ada kesempatanyang memungkinkan. Gunakan Media.net sebagai tambahan Adsense.

Ada beberapa tool yang bisa Anda gunakan untuk monetisasi website. Ada ratusan pilihan lainnya dengan implementasi yang mudah dan sederhana. Jangan pernah ragu untuk mencobanya karena Anda tidak pernah tahu kapan Anda punya pilihan lain untuk monetisasi niche situs Anda.

Tutorial Google Adsense

Bila Anda baru saja memulai, Google Adsense jadi pilihan tepat. Anda bisa mendapat pemasukan dengan secara konsisten menggunakan Google Adsense. Ada banyak cara berbeda yang bisa Anda coba untuk meningkatkan klik yang Anda terima dari pengunjung. Berikut beberapa metode untuk mulai menggunakan Google Adsense pada situs niche Anda.

Pertama, mendaftar di Google Adsense. Kontrol panel memiliki banyak pilihan berbeda tapi untuk sekarang hanya ada beberapa panduan umum yang perlu Anda perhatikan ketika menciptakan iklan.

Iklan berbentuk teks disebut sebagai yang paling baik. Iklan gambar juga ada, tapi Anda bisa mendapat lebih banyak klik dengan iklan link. Berikut beberapa aturan untuk diikuti ketika menciptakan iklan teks:

  • Spesifik pada judul. Ketika menciptakan sebuah iklan, Anda harus memberi judul. Anda bisa memberi judul dengan nama situs lalu posisi, misalnya, “PetTraining – Header”. Anda bisa peroleh lebih banyak detail dibanding ini tapi dengan niche situs yang lebih kecil, ini sudah cukup memadai.
  • Gunakan warna dengan bijaksana. Tanpa melihat warna yang Anda gunakan untuk link Anda sendiri, pastikan mereka terlihat mirip. Sebagian orang ada yang memilih warna biru karena orang cenderung mengklik link berwarna biru. Intinya bukan untuk memperdayai pengunjung Anda tapi untuk membuat niche situs Anda terlihat baik secara estetis. Bila Anda memiliki link berwarna biru dan link Adsense berwarna merah, ini secara psikologis seperti tanda berhenti dan juga akan membuat situs Anda terlihat janggal.
  • Ukuran dan posisi. Tema berbeda memiliki performa lebih baik dengan ukuran yang berbeda. Banyak orang memiliki pendapat sendiri. Misalnya pada satu situs ukuran iklan 250×250 sudah cukup baik tapi tidak demikian pada situs lain. Ukuran ini sudah terlihat natural. Bila iklan secara alami sesuai dengan tempatnya, performanya akan lebih baik. Jangan buang waktu Anda membaca banyak artikel yang membahas ukuran iklan. Uji sendiri dan cari tahu mana yang paling baik.
  • Uji iklan Anda. Setelah Anda memiliki traffic yang konsisten, mulailah menguji iklan Anda. Uji warna, ukuran, dan posisinya. Anda bisa uji iklan dengan beberapa perubahan selama dua minggu dan bandingkan dengan iklan sebelumnya. Bila performanya lebih baik, Anda bisa menggunakannya.

Penjelasan di atas hanya beberapa poin yang perlu Anda ingat ketika menciptakan iklan. Sekarang mari kita sedikit membahas tentang posisi iklan di niche situs Anda.

Posisi Iklan

Posisi jadi faktor yang bisa meningkatkan CTR Anda dan membuat Anda menerima lebih banyak uang, tapi ini juga sesuatu yang membuat website Anda mengalir alami. Tugas Google adalah menempatkan iklan yang relevan, iklan yang layak diklik di mata Google. Karenanya tugas Anda adalah menempatkannya di area yang pembaca bisa lihat dan tertarik untuk mengkliknya. Jangan tempatkan iklan di bawah kata-kata “Klik untuk mendapatkan uang,” tapi tempatkan di area yang mengalir untuk pembaca.

Yang perlu diingat, intinya adalah membuat iklan Anda mengalir bersama niche situs. Google juga tidak suka terlalu banyak iklan di bagian atas. Ketika masuk ke sebuah web, beberapa halaman ada di bawah dan Anda perlu menggulung ke bawah untuk melihatnya. Pastikan Anda memiliki maksimal 2 iklan di bagian atas. Pastikan juga konten yang sebenarnya bisa terlihat. Meski iklan relevan, alasan utama seseorang mengunjungi Anda adalah karena informasi Anda, bukan iklannya.

Semoga semua saran di atas akan membantu Anda untuk mulai menghasilkan uang dari niche situs. Kerja keras yang Anda lakukan sekarang akan terbayar nantinya bila Anda mengikuti panduan dengan benar.

 

 

3,792 total views, 8 views today