Cara Memulai Online Business (Panduan Lengkap)

Apakah Anda ingin membangun online business Anda sendiri? Mungkin Anda berpikir membangun sebuah online business adalah hal yang tidak sulit, hanya perlu membuat domain atau website sendiri dan mulai berjualan. Tetapi apakah benar caranya semudah itu hingga business online Anda sukses menghasilkan penjualan tinggi?

Online business adalah usaha penjualan produk atau penyewaan layanan yang berbasis internet.

Online business telah dijalankan oleh banyak perusahaan dan perseorangan di era serba digital kini. Transaksi e-Commerce di Indonesia sendiri dikutip dari berita Tribun Bisnis, mencapai 4.89 Miliar Dollar Amerika. Tentunya angka ini semakin meningkat dari waktu ke waktu.

Jadi, mengapa tidak Anda mulai membangun online business Anda sendiri sekarang juga?

Mungkin Anda bingung dari mana Anda harus memulainya. Selain itu, Anda tentu ingin mengetahui hal-hal tak umum alias rahasia yang dapat mempercepat pertumbuhan online business Anda sehingga penjualan Anda meningkat terus. Siapa yang tak mau bisnisnya sukses?

Berikut, kami akan memberikan sebuah panduan lengkap tentang bagaimana cara-cara jitu membangun online business Anda. Tenang, cara-cara yang kami berikan telah terstruktur dan kami sampaikan dengan bahasa yang mudah Anda mengerti agar segera dapat Anda praktikkan.

Mengenal Dunia Online Business

Seperti yang sempat kami beritahu sebelumnya bahwa online business pastinya berbasis internet. Hal ini mencakup kegiatan attracting customers, marketing, advertising, processing payments, product delivering, business components management.

Jadi, hampir semua kegiatan bisnis yang Anda atau perusahaan Anda lakukan menggunakan internet. Sehingga Anda perlu juga mengetahui aspek-aspek berbasis internet seperti memelajari teknik-teknik SEO demi mengoptimalkan e-Commerce Anda.

Sebelumnya, Anda bahkan perlu mengetahui apa itu online marketing sendiri. Pada artikel terdahulu kami telah memberikan panduan khusus soal online marketing ini.

Selain hal-hal di atas, memang ada banyak hal lainnya yang perlu Anda pahami soal bisnis dan kaitannya akan internet. Anda dapat menemukan berbagai referensi terkait yang bisa menambah wawasan Anda soal aspek-aspek online business dari sisi teknis internet.

Menemukan Niche Terlebih Dahulu

Banyak pebisnis online yang melakukan kesalahan dengan mengabaikan langkah penting pertama yang semestinya dilakukan ini.

Apa itu niche? Niche biasa disebut sebagai segmentasi pasar atau pasar yang spesifik sebagai customer target Anda.

Orang-orang kerap kali mengabaikan niche dengan membuat produk terlebih dahulu tanpa peduli soal pasar. Jika tujuan bisnis Anda mencari keuntungan dengan penjualan yang efektif, hal ini tak dapat dibenarkan.

Jadi, untuk meningkatkan kesempatan sukses bagi bisnis Anda, mulailah dari menentukan niche perusahaan atau pemasaran Anda. Susah pasti melakukan pembagian hingga Anda menemukan grup pasar yang spesifik atau lebih kecil cakupannya, namun percayalah bahwa usaha ini akan membuat marketing Anda lebih efektif.

Bagaimana caranya menentukan niche? Trik yang paling mudah adalah dengan menemukan suatu kelompok orang yang mencari sebuah solusi akan suatu masalah tertentu atau dapat juga dikatakan khusus.

Sebenarnya, dunia internet telah menjadikannya lebih mudah. Cobalah mengunjungi online forum dan amati pertanyaan-pertanyaan apa yang sering orang tanyakan untuk mencari solusi masalah mereka.

Kemudian, lakukanlah keyword research yang tepat. Sederhananya, cari keywords yang banyak orang cari namun memiliki sedikit tingkat kompetisi dibanding dengan website-website lainnya.

Ada banyak keyword research tools yang tersedia gratis di internet. Salah satu tool yang kami sarankan Anda pakai adalah Google Keyword Planner. Tool ini sangat mendasar, jadi Anda tak boleh melewatkannya, bahkan sekalipun Anda sudah menggunakan tool sejenis lainnya.

Coba juga mengunjungi website kompetitor Anda dan catat apa saja yang menarik dan bagaimana mereka melakukan kegiatan bisnis mereka. Maka dengan begini, Anda dapat membuat produk sejenis yang sudah ada namun dengan kualitas yang lebih baik atau dengan inovasi tambahan sebagai nilai plus dibandingkan dengan kompetitor perusahaan Anda.

Menyiapkan Domain dan Hosting

Baik, sekarang Anda mungkin sudah mengetahui niche Anda dengan sangat baik dan memahami juga tantangan online business yang tentunya berbeda dengan dunia bisnis tradisional. Lalu, bagaimana dengan website perusahaan Anda?

Anda wajib ingat, tidak ada online business yang dilakukan tanpa memiliki domain dan hosting. Ini adalah hal mendasar yang semestinya telah Anda ketahui.

Karena sebagian besar kegiatan bisnis Anda terpusat secara online, Anda perlu berhati-hati dalam mengelola website perusahaan Anda. Akan lebih baik bila Anda memiliki domain Anda sendiri sehingga perusahaan Anda dianggap kredibel oleh calon customers Anda.

Tetapi perkaranya tak selesai di situ. Anda juga membutuhkan jasa layanan hosting yang aman dan cepat. Mengapa Anda memerlukannya? Bayangkan apa yang terjadi jika website yang Anda miliki jadi populer, banyak orang mengakses website Anda untuk berbelanja. Jika kondisinya seperti itu dan Anda memakai jasa hosting yang buruk, website Anda mengalami crash saat diakses oleh orang-orang.

Saat pelanggan menemui kendala dalam mengakses website Anda, mereka kemungkinan besar kesal atau bahkan beralih ke website bisnis kompetitor perusahaan Anda. Mereka mungkin saja berpikir bahwa perusahaan Anda tak dapat diandalkan, asumsi ini timbul hanya berdasarkan user experience yang dialami.

Jadi, sangatlah masuk akal untuk berinvestasi lebih pada penyedia layanan jasa hosting yang bagus. Di Indonesia sendiri telah tersedia layanan cloud hosting. Berbeda dengan hosting yang tradisional, cloud hosting lebih aman dan cepat sebab website Anda akan dikaitkan ke banyak server.

Mengenai CMS Platform, ada banyak platform yang tersedia secara gratis memang, namun kami menyarankan Anda untuk menggunakan WordPress.

Kelebihan utama dari CMS platform satu ini adalah struktur permalink-nya yang bersahabat dengan mesin pencari semacam Google. Hampir semua pengguna internet menggunakan mesin penelusur semacam Google untuk mencari apa yang mereka inginkan. Bila CMS platform Anda kurang ramah terhadap Google, kemungkinan besar website Anda jarang dikunjungi oleh orang-orang dan ini berdampak pada peluang bisnis Anda.

Menjaga Keamanan Website

Pastikan transaksi jual-beli di online business Anda berjalan aman dan cepat. Sebenarnya salah satu cara yang paling baik untuk menjaga keamanan website Anda adalah dengan mempercayakan web Anda pada perusahaan web hosting yang sudah terstandar. Pada perusahaan yang sudah terstandar, Anda tak perlu khawatir soal data-data sensitif antara Anda dan pelanggan Anda.

Membuat Copywrite yang Menjual

Setelah website Anda siap secara teknis, Anda perlu mempublikasikan konten-konten berkualitas. Apa yang kami maksud dengan konten berkualitas?

Pada dasarnya konten website yang berkualitas adalah konten yang relevan dengan niche, komprehensif, menarik dan SEO-friendly.

Untuk target penjualan itu sendiri, konten yang berkualitas dapat dilihat dari berbagai aspek. Berikut kami memberi Anda daftar aspek-aspek yang memengaruhi penilaian akan kualitas konten di website!

  • Menarik pengunjung dengan headline yang menggugah rasa penasaran namun tak menipu pembaca
  • Memberi solusi bagi permasalahan yang dihadapi niche pembaca atau calon customer Anda
  • Menunjukkan kredibilitas perusahaan Anda sebagai problem solver
  • Menyediakan sarana untuk testimoni pelanggan yang telah menggunakan jasa atau produk Anda
  • Mendeskripsikan produk atau jasa Anda dan mengkaitkannya dengan keuntungan apa yang bisa didapat oleh pengguna
  • Memberikan penawaran yang jelas
  • Memberikan jaminan yang pasti
  • Mendorong calon customer atau pembaca untuk merasakan kebutuhan atau kepentingan mendesak mereka akan produk atau jasa Anda

Mengenai copywrite, hal yang paling utama adalah bagaimana Anda berfokus pada aspek problem solving yang perusahaan Anda tawarkan pada calon pelanggan.

Melakukan Email Marketing

Anda mungkin akan berpikir, apakah strategi marketing ini bisa efektif? Ya, bisa menjadi efektif. Saat ini saja semua aplikasi yang ingin Anda akses baik di PC atau mobile device membutuhkan otorisasi dari email Anda. Jadi, hampir semua pengguna internet memiliki alamat email pribadi.

Lagipula, email marketing tidak menghabiskan biaya produksi sebesar TV atau radio advertisement yang membutuhkan waktu lebih panjang pula.

Ketika Anda telah mendapat izin untuk mengirimkan email pada subscriber Anda, Anda perlu memanfaatkan kesempatan tersebut sebaik-baiknya. Jika ada subscriber yang memberi alamat email mereka pada Anda, ini berarti Anda harus berkomitmen kepada subscribers 100%. Anda telah mendapat kepercayaan berupa izin mereka, Anda harus mengelola hubungan Anda mewakili perusahaan dengan para subscriber ini sebaik mungkin.

Ada banyak tools yang bisa membantu Anda dalam mengelola email marketing Anda. Berikut adalah ulasan singkat email marketing tools yang kami rangkum khusus buat Anda!

Untuk Anda yang baru saja ingin melakukan email marketing, tool ini tergolong sangat mudah digunakan. Anda juga nantinya merasakan user interface yang intuitif dari MailChimp. Tool satu ini dapat diakses secara gratis untuk 2000 subscriber yang Anda punya.

Software HubSpot telah didesain baik untuk memenuhi kebutuhan perusahaan berskala kecil maupun perusahaan berskala besar sekalipun. HubSpot juga dapat membantu Anda terkait dengan aspek SEO sekaligus membantu Anda dalam meningkatkan conversion rate dari email campaign Anda.

Constant Contact sebenarnya adalah email marketing tool yang terkenal di kalangan pebisnis online karena usianya yang sudah cukup tua. Tool ini membolehkan Anda untuk melakukan manajemen subscribers Anda dan membuat email profesional dengan template yang sangat bervariasi. Selain itu, tools ini mudah diaplikasikan dengan fitur drag-and-drop editing tools.

Gunakanlah strategi marketing satu ini secara optimal dengan tujuan meningkatkan conversion rate Anda. Bila conversion rate Anda tinggi, keuntungan yang perusahaan hasilkan juga menjadi besar. Berikanlah Call to Action (CTA) yang jelas pada subscriber Anda. Tetapi CTA ini juga harus menarik.

Pada subjek email misalnya, Anda tak perlu membuat line yang terlalu pasaran semacam email-email promo di mana tawaran Anda disampaikan dengan kaku dan panjang-panjang. Cukup dengan memberikan line yang short-and-sweet di mana pelanggan tetap mengetahui apa yang Anda tawarkan namun merasa email Anda lebih bersifat personal.

Pada konten email campaign Anda, cobalah sapa subscriber Anda bahkan tambahkan candaan-candaan yang tidak terlalu berlebihan namun menghibur. Anda juga dapat membagikan konten-konten yang bermanfaat pada subscriber namun tersedia gratis, semacam PDF maupun kupon diskon.

Selain itu, Anda bisa saja to-the-point dengan langsung menunjukkan penawaran yang Anda bagikan melalui media gambar yang menarik, sesuai minat dan kebutuhan niche khususnya subscriber Anda secara personal.

Tidak sulit sebenarnya untuk melakukan email marketing. Panduan lengkap email marketing dapat Anda cari dari berbagai referensi terkait lainnya. Hal paling penting soal email marketing adalah konsistensi dan kepedulian Anda terhadap subscribers.

Membangun Relasi Kuat dan Luas

Selayaknya bisnis offline di mana Anda memiliki manajemen public relation atau biasa disebut sebagai PR, pada bisnis online Anda juga harus melakukan manajemen yang baik terkait relasi ini.

Jika pada PR offline, Anda mungkin bisa melakukan pendekatan langsung pada pihak-pihak yang akan memberi dampak baik pada perusahaan sebagai investasi jangka panjang. Sementara itu, pada online business, Anda bisa memulainya lewat bayak cara yang tak terbatas variasinya.

Salah satu cara untuk membangun relasi bagi online business adalah dengan bergabung pada forum-forum online di mana niche market Anda berada. Selain menjalin relasi, Anda juga dapat melakukan soft promotion pada forum-forum tersebut. Kami menyebutnya dengan soft promotion, karena Anda tentu tidak diperbolehkan terang-terangan menjual produk atau jasa Anda pada diskusi-diskusi forum yang ada.

Soft promotion dapat dilakukan seperti menyelipkan rekomendasi layanan atau produk Anda saat seseorang sedang membahas masalah terkait di mana produk atau layanan Anda bisa jadi jawabannya. Umpan mereka dengan pertanyaan semacam, “Sudah pernah coba layanan dari perusahaan A, gan? Saya sih pakai. Hasilnya bagus sejauh ini. Mungkin agan ingin coba” dan kalimat-kalimat umpan yang tak berlebihan atau memaksa lainnya. Anda hanya membutuhkan kreativitas dalam hal ini.

Menjalin hubungan dengan media-media yang ada juga merupakan investasi sangat berharga bagi perusahaan Anda. Bisa jadi, event-event Anda diliput oleh media baik lokal maupun skala nasional, lebih baik lagi kalau diliput oleh media internasional. Anda tentu tak mau melewatkan kesempatan berharga ini.

Melakukan Company Branding

Cara membangun branding bagi perusahaan Anda sebenarnya banyak sekali. Salah satu di antaranya adalah memberikan manfaat bagi komunitas atau niche market Anda dan melakukan highlight terhadapnya.

Contohnya, Anda memberikan webinar atau e-Book gratis yang bisa membantu pelanggan atau calon pelanggan untuk mengembangkan kemampuannya terkait suatu bidang tertentu di mana perusahaan Anda juga bergerak.

Selain itu, ada banyak bentuk produk gratis yang bisa Anda bagikan dan menjadi manfaat bagi niche perusahaan Anda. Terus bagikan konten-konten menarik dan bermanfaat lewat blog Anda juga merupakan salah satu bentuk branding.

Misalnya, perusahaan Anda bergerak di bidang layanan hosting. Maka sangat masuk akal bila pelanggan atau calon pelanggan meninjau kredibilitas Anda dari konten blog yang Anda hasilkan. Tentu aneh jika Anda tidak membahas soal hosting atau dunia internet khususnya website sama sekali di blog perusahaan Anda.

Lalu, kembali lagi kami menyinggung soal konten. Sebaiknya konten yang Anda posting dibuat sekomprehensif mungkin tetapi dengan cara penyampaian yang menarik dan mudah dimengerti oleh pasar. Tambahkan berbagai multimedia agar mereka dengan senang hati membaca blog Anda secara keseluruhan dan bahkan membagikan posting Anda kepada teman-temannya atau publik karena mereka menganggap posting Anda bermanfaat.

Dengan begitu, pasar Anda akan mengenal Anda sebagai perusahaan yang kredibel sekaligus baik atau peduli terhadap mereka.

Lebih baik lagi, terkait penghasilan, bisa jadi conversion rate Anda meningkat dengan branding yang tepat secara online. Mesin penelusur semacam Google menyukai suatu website yang memuat konten-konten relevan. Google akan dengan mudah mengenali website Anda sebagai website yang kredibel dan dapat menaikkan Anda pada Google Rank yang lebih tinggi.

106 total views, 2 views today