Panduan Backup Website Berbasis Joomla Dengan Extension Akeeba Backup

Proses backup website di hosting indonesia merupakan salah satu hal penting yang harus rutin untuk dilakukan.

Saat ini di semua cpanel Cloud Hosting Indonesia Dewaweb.com sudah tersedia fitur Time Machine Backup. Fitur Time Machine Backup yang tersedia di cpanel sangat membantu untuk proses backup ataupun restore file website atau database di cpanel.

Baca Juga : Time Machine Backup – Sekarang bisa restore database langsung dari cPanel!

Bagi website yang menggunakan CMS Joomla sebagai Backend, untuk proses backup selain menggunakan fitur Time Machine Backup yang tersedia , proses backup juga bisa dilakukan via Administrator CMS Joomla, yaitu dengan memanfaatkan Extension Akeeba Backup untuk CMS Joomla.

Berikut panduan singkat panduan backup CMS Joomla menggunakan Extension Akeeba Backup. Versi CMS Joomla yang digunakan pada panduan ini ada Joomla versi Joomla! 3.4.8 Stable dan Akeeba Backup versi 4.5.3.

Langkah awal terlebih dahulu download komponen Akeeba Backup pada website resmi milik Akeeba Backup. Untuk download Komponen Akeeba Backup di sini

Langkah selanjutnya login ke Adminstrator Joomla, dan klik bagian menu Install Extension pada Dashboard Adminstrator Joomla.

0.menu extension

Selanjutnya klik tombol Upload & Install untuk Browse file komponen Akeeba Backup yang sebelumnya sudah di download.

1

Jika installasi berhasil dilakukan maka akan muncul notifikasi sebagai berikut.

2.proses installasi sukses

Selanjutnya pada menu Administrator area pilih Component -> Akeeba Backup. Jika sudah maka akan di arahkan ke halaman dashboard dari Akeeba Backup. Pilih Backup Now untuk memulai proses backup.

4.Dashboard Extension Akeeba backup

Berikut tampilan progress backup apabila dilakukan proses backup.

6.Progres proses backup

Jika proses backup telah berhasil, kunjungi halaman Manage Backup pada dashboard Extension Akeeba Backup untuk melihat dan download file hasil backup yang sudah dilakukan sebelumnya.

7.Hasil Backup

Di sarankan untuk melakukan aktifitas proses backup pada jam-jam atau pada waktu website tidak banyak visitor yang mengunjungi misalnya pada waktu dini hari.

Demikian panduan singkat terkait backup website berbasis CMS Joomla menggunakan Extension Akeeba Backup untuk CMS Joomla.

Semoga bermanfaat.

2,642 total views, 6 views today