Panduan Check dan Test Konfigurasi Sertifikat SSL

Manfaat menggunakan Sertifikat SSL pada website selain untuk meningkatkan keamanan pada website juga bermanfaat salah satunya adalah untuk meningkatkan peringkat website di Search Engine internet , khususnya peringkat website di hasil pencarian Google Search.

Google sebagai mesin pencari terbesar di internet mengumumkan bahwa hasil pencarian Google Search memperhitungkan dan mengedepankan penggunaan HTTPS pada rate peringkat website, karena segi keamanan sebuah website adalah prioritas utama bagi Google dalam menentukan peringkat website di Search Engine mereka.

Baca Juga : HTTPS sebagai salah satu sinyal untuk Ranking Google yang lebih baik

Berikut beberapa manfaat menggunakan Sertifikat SSL pada website :  Mengenai SSL dan Manfaatnya untuk Website Anda.

Untuk mengetahui,analisa dan sekaligus test konfigurasi Sertifikat SSL yang digunakan, berikut beberapa tools gratis yang bisa dimanfaatkan.

Symantec SSL Toolbox

Layanan gratis online Symantec SLL Toolbox dapat di gunakan untuk pengecekan  konfigurasi SSL yang sudah di install dan digunakan.

Hasil pengecekan dari Symantec SSL Toolbox antara lain :

  • Certificate information
  • Certificate chain
  • Detail Konfigurasi Server
  • Dan lainnya.

GlobalSign SSL Check

Salah satu online tools gratis lainnya adalah GlobalSign SSL Check. Hasil pengecekan SSL via GlobalSign SSL Check  akan memberikan Grade SSL dan  informasi yang sangat rinci tentang web server dan SSL pada website yang di gunakan.

Qualys SSL Labs

Pengecekan dan test konfigurasi SSL via Qualys SSL Labs secara garis besar tidak jauh berbeda dengan menggunakan online tools milik GlobalSign SSL Check. Hasil pengecekan akan memberikan Grade SSL dan  informasi yang sangat rinci tentang Web Server dan SSL yang di gunakan.

COMODO SSL Analyzer

Menggunakan layanan online gratis dari COMODO SSL Analyzer akan memberikan laporan singkat terkait Detail Sertifikat SSL yang digunakan. Antara lain :

  • Server Detail
  • Serial Number
  • Protocol Version
  • Protocol Feature / Problem
  • Dan lainnya.

Selain beberapa layanan di atas masih ada beberapa tools online gratis lainnya yang bisa di temukan untuk check type SSL dan test SSL yang di gunakan pada sebuah website.

Demikian panduan singkatnya, semoga bermanfaat.

3,636 total views, 8 views today