Panduan Google Webmaster Tools Lengkap Ter-Update 2017

Panduan Google Webmaster Tools - Dewaweb

Anda para pengelola website pasti ingin website Anda berada di halaman pertama pada hasil pencarian Google. Dibandingkan membayar sejumlah uang untuk menggunakan Adwords dalam menggiring paid traffic, Anda bisa mendapat banyak pengunjung dengan cara lain yaitu melalui teknik Search Engine Optimization (SEO).

Namun, langkah pertama yang perlu Anda lakukan sebelum mengerjakan SEO itu adalah mendaftarkan diri ke Google Webmaster Tools .

Apa itu sebenarnya Google Webmaster Tools? Mengapa Tools dari Google satu ini penting buat pengembangan website Anda? Cari tahu lebih lanjut dengan membaca penjelasan berikut!

Definisi Google Webmaster Tools

Google Webmaster Tools adalah seperangkat alat digital yang disediakan gratis oleh Google untuk membantu Anda memahami apa sebenarnya yang terjadi pada website Anda. Google Webmaster Tools kini juga dikenali sebagai Google Search Console . Dengan bantuan tools satu ini, Anda bisa mengelola website Anda berdasarkan data yang dihimpun. Bayangkan jika Anda hanya menebak-nebak perkembangan website Anda dan bertindak atas perkiraan yang tidak pasti tersebut. Pastinya hasilnya tidak akan akurat seperti yang Anda harapkan.

Manfaat Google Webmaster Tools

Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dari Google Webmaster Tools:

  • Tools yang Meningkatkan Page Rank Anda

Google Webmaster Tools bisa menolong Anda untuk melakukan upaya peningkatan page rank di mesin penelusur Google. Upaya-upaya tersebut dapat dilakukan melalui penyempurnaan HTML. Penyempurnaan HTML yang dimaksud adalah dengan menghapus link-link yang bersifat toxic semacam broken link. Selain itu dapat juga dilakukan penghapusan konten yang ganda, duplikat meta deskripsi dan memperbaiki bila judul atau heading tag yang belum ada.

  • Tools yang Bisa Memberikan Data Akurat Terkait Aktivitas Website Anda

Melalui Google Webmaster Tools Anda bisa melihat grafik terkait berbagai kesalahan crawl, server dan URL. Selain itu, Anda juga bisa mengetahui URL mana saja yang dicekal (biasanya dikarenakan kesalahan pengaturan di website). Anda juga bisa mengetahui jumlah URL yang diindeks oleh Google. Berapa banyak keyword yang dipakai oleh pengunjung saat mengunjungi website Anda juga bisa diketahui.

  • Tools yang Dapat Mengevaluasi Kinerja Website Anda

Ada salah satu fitur dalam Google Webmaster Tools yang bisa memperlihatkan pada Anda seberapa cepat loading page Anda ketika diakses oleh web visitor. Tak hanya itu, Anda juga bisa mendapat perbandingan kecepatannya dengan website lain. Data tersebut ditunjukkan dari history graphic. Jadi, beban serta kecepatan loading page dari website kita bisa diketahui pasti. Hal ini tentunya bermanfaat mengingat Google juga menjadikan seberapa cepatnya loading page tersebut sebagai faktor penentu rank di halaman hasil pencariannya.

  • Tools yang Sanggup Mendeteksi Malware Berbahaya bagi Website Anda

Bila website Anda telah terdaftar di Google Webmaster Tools dan sudah terverifikasi, Google akan memberi tahu Anda apakah website Anda terdapat malware di dalamnya. Tools ini akan memperlihatkan segala aktivitas yang dianggap mencurigakan dan membahayakan semacam malware. Tak hanya menunjukkan apa saja yang salah, tools ini juga bisa menawarkan solusi yang mungkin bisa dilakukan untuk menyelesaikan masalah yang ada.

  • Tools yang Memungkinkan Anda untuk Melakukan Konfigurasi

Anda dimungkinkan untuk mengatur wilayah yang ingin ditargetkan. Selain itu, Anda juga bisa mengatur parameter dari URL Anda, site link, dan beberapa bagian lain yang bisa membuat data analisis yang dihasilkan Google Webmaster Tools lebih akurat. Jadi, sebaiknya Anda tidak asal memasukkan informasi pada kolom-kolom yang diminta tools satu ini.

Cara Mendaftar Google Webmaster Tools

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mendaftar di Google Webmaster Tools:

1. Apabila Anda belum memiliki akun Gmail, Anda harus membuatnya terlebih dahulu. Bila Anda telah memiliki akun email dari Google tersebut, Anda harus masuk atau sign in ke akun Anda.

Sign In To Google Webmaster Tools

2. Kemudian, Anda dapat memasukkan alamat website atau URL Anda pada kolom yang tersedia, seperti pada gambar di bawah ini.

Google Webmaster Tools Home

3. Setelah memasukkan alamat website Anda, Anda akan dibawa menuju halaman verifikasi. Ini adalah proses selanjutnya. Ada dua pilihan metode yang ditawarkan oleh Google Webmaster Tools yaitu Recommended Method dan Alternate Method.

Apabila Anda memilih Recommended Method , Anda perlu terlebih dahulu mengunduh file HTML yang tersedia kemudian mengunggahnya ke folder root di website Anda lewat FTP. Selain lewat FTP, Anda juga bisa mengunggahnya melalui file manager pada cPanel dari hosting yang Anda gunakan. Setelah selesai mengunggahnya, kembali ke halaman Google Webmaster Tools dan klik tombol Verify yang ada.

Apabila Anda memilih melakukan verifikasi dengan Alternate Method , Google akan menawarkan empat pilihan seperti pada gambar di bawah ini.

Alternate Method for Google Webmaster Tools Verification

Jika CMS yang Anda pakai adalah WordPress atau Blogger, maka Anda perlu menambahkan meta tag pada home page di website Anda. Kami akan memberikan langkah bagi kedua CMS populer yang kami telah sebutkan di atas.

Jika Anda menggunakan WordPress yang gratis , Anda tinggal copy kode yang disediakan (klik dulu pilihan “HTML tag”) dan memasukkannya ke menu Tools. Setelah itu coba aktifkan di Google Webmaster Tools-nya.

Jika Anda memakai Blogger , Anda juga perlu copy kode yang tersedia. Kemudian Anda coba masuk ke dasbor dari akun Blogger Anda dan klik menu Template, kemudian klik Edit HTML. Baru setelah itu paste kodenya ke bawah tag <head> dan kemudian update atau simpan perubahan yang Anda lakukan. Terakhir, kembali ke halaman Google Webmaster Tools dan lakukan verifikasi.

Jika Anda menggunakan CMS WordPress namun self hosted , Anda dapat copy kode HTML-nya kemudian masuk ke admin area WordPress Anda. Selanjutnya, klik menu Appearance, klik Editor. Coba Anda cari file header.php dan paste kode yang disediakan ke bawah tag <head> seperti pada gambar di bawah ini.

Edit Meta Tag for Google Webmaster Tools Verification

Terakhir, klik update terhadap perubahan yang dilakukan dan verifikasi.

Jika Anda menggunakan CMS WordPress yang self hosted namun menggunakan All in One SEO plugin, Anda bisa masuk ke pengaturannya dan mencari menu Webmaster Verification. Kemudian masukkan kode pada kolom Google Webmaster Tools dan klik Save Settings. Terakhir, kembali lagi ke Webmaster Tools untuk melakukan verifikasi. Perhatikan, kode yang Anda masukkan cukup yang ada di antara tanda petik dalam Content.

Fungsi-fungsi Fitur Pada Google Webmaster Tools

Ada beberapa menu pada dasbor yang bisa Anda eksplorasi untuk mengetahui fungsi-fungsi Google Webmaster Tools secara lebih mendalam:

  • Sitemaps

Menambahkan sitemap Anda dapat menolong Google Webmaster Tools dalam melakukan indeks terhadap seluruh page yang ada di website Anda. Jika Anda tidak memasukkan sitemap seperti yang diharapkan, maka semakin kecil pula kemungkinan page Anda untuk di-index oleh Google. Maka pengunjung Anda juga tidak akan banyak.

Sitemaps yang hendak Anda masukkan harus berupa XML format dan tidak mengandung lebih dari 50,000 URL. Jika Anda melewati batas yang telah ditetapkan tersebut maka Anda harus mengakalinya dengan mengubah sitemap Anda jadi multiple files baru memasukkannya kembali.

Jika Anda kurang paham dengan hal-hal teknis ini, Anda bisa membuat sitemap dengan bantuan XML Sitemaps . Apa yang perlu Anda lakukan hanyalah memasukkan URL dari homepage Anda dan klik tombol start yang ada seperti pada gambar berikut.

XML Sitemaps Start Column

Saat Sitemaps Anda telah diunggah, Google akan memberitahu Anda berapa banyak URLs Anda yang sudah di-index. Jangan terlalu mengkhawatirkan hasilnya yang menunjukkan kalau tidak semua page Anda telah ter-index. Sebenarnya sangat umum bagi Google untuk tidak melakukan indeks pada seluruh page Anda, tetapi tetap, tujuan Anda adalah sebisa mungkin makin banyak page Anda yang di-index.

Biasanya, page yang tidak di-index oleh Google terjadi karena banyak alasan. Salah satu alasan sebuah page tidak di-index adalah kontennya yang dianggap tidak unik, title tag dan meta description yang generik, dan tidak ada cukup banyak website yang di-link ke internal page Anda tersebut.

  • Crawler Access

Akan ada beberapa page di website Anda yang Anda tak ingin Google untuk meng-indeks-nya. Biasanya page-page tersebut berupa login areas, RSS feeds, atau data krusial yang tidak Anda inginkan untuk diakses orang-orang.

Dengan membuat robots.txt file, Anda tak hanya bisa memblokir Google, tetapi seluruh mesin penelusur lain yang sejenis untuk tidak mengakses web page yang Anda ingin batasi aksesnya bagi umum. Untuk area yang sangat sensitif di website Anda, mungkin Anda perlu mempertimbangkan penggunaan password yang bisa melindungi semua directory yang relevan atau terkait.

Melalui robot.txt generator dan tester, Anda tak hanya bisa membuat file robot.txt, tetapi juga melihat apakah file tersebut sudah dibuat dengan benar. Hal ini jadi sangat bermanfaat, sebelum Anda mengunggahnya ke server Anda, untuk memastikan file berfungsi dengan baik.

  • Sitelinks

Sitelink adalah link ke interior page pada website Anda yang dimunculkan di halaman pencarian mesin penelusur semacam Google. Tidak semua website memiliki sitelink, tetapi seiring bertumbuhnya popularitas Anda di Google, Anda akan mendapatkannya secara natural. Google akan membuat link ini secara otomatis, namun Anda bisa menghapus sitelink-nya jika tidak menginginkannya.

Lewat menu satu ini, Anda bisa mengontrol sitelink mana saja yang dimunculkan ketika internet user sedang melakukan pencarian terhadap website Anda. Alasan mengapa Anda tidak bisa mengontrol sepenuhnya page apa yang dimunculkan adalah, Anda hanya bisa memblokir page mana yang tidak ingin dimunculkan. Jadi, page yang ingin dimunculkan tidak bisa diatur, namun yang tidak ingin dimunculkan bisa diblokir.

  • Search Analytics

Dengan melakukan monitoring terhadap pencarian page Anda, Anda dapat meningkatkan click through rate atau CTR Anda. Hal dilakukan agar orang lebih besar kemungkinannya untuk klik pada daftar Anda saat mereka melakukan penelusuran atau pencarian di Google. Biasanya dengan membuat title tag dan meta description yang menarik perhatian, orang akan tergerak untuk klik dan membaca konten di website Anda.

  • Links to Your Site

Cara terbaik untuk meningkatkan ranking Anda di Google adalah dengan mendapat lebih banyak website lain yang melakukan link ke website Anda. Biasanya, hal ini bisa terjadi secara natural jika Anda merupakan website yang membuat konten-konten berkualitas dan informatif di website Anda. Jenis konten tersebut dapat membantu pengguna internet yang melakukan penelusuran. Pastikan Anda melakukan monitoring terhadap link growth Anda dan coba perhatikan page Anda yang mana saja yang kebanyakan orang rujuk dengan link.

  • Crawl Error

Pada bagian satu ini, Anda akan ditunjukkan jika ada masalah yang terjadi terkait website Anda baik di web maupun mobile phone. Biasanya, masalah yang umum terjadi adalah 404 error, di mana bot dari Google tidak bisa menemukan page tersebut. Hal ini bisa terjadi karena beberapa alasan. Alasan utamanya adalah website lain melakukan link ke page yang tidak sudah tidak ada di website Anda. Apa yang perlu Anda lakukan sebenarnya hanyalah membuat daftar website mana saja yang ter-link ke dead page di website Anda dan memohon mereka untuk menghapusnya. Ketika Anda mengirimkan email ke mereka, coba minta mereka untuk melakukan refer ke page yang valid.

  • Crawl Stats

Jika Anda memiliki ribuan page di website Anda, Anda sebaiknya mengharapkan Google untuk melakukan crawl terhadap kebanyakan page yang ada tersebut setiap hari atau setiap minggunya. Jika Google tak melakukannya, berarti ada yang salah.

Lewat grafik dan data yang telah dihasilkan oleh Google Webmaster Tools, Anda bisa mendapat info yang cukup untuk mengetahui apakah Google telah melakukan crawl dengan semestinya terhadap page di website Anda. Jika tidak, Anda bisa mempertimbangkan untuk menambah crawl rate dengan mengakses setting tab yang ada.

  • HTML Improvement

Ketika Googlebot melakukan crawl terhadap website Anda, Anda mungkin saja menemukan beberapa masalah dengan konten-konten Anda. Isu atau masalah ini sebenarnya tidak akan mencegah website Anda untuk muncul di halaman hasil pencarian Google, tetapi memang mengatasi masalah ini bisa menjadi upaya untuk meningkatkan traffic website Anda.

Masalah yang umumnya terjadi biasanya berkaitan dengan title tag dan meta description. Jika semua page pada seluruh website Anda tergolong unik dan detail (dilihat dari title tag dan meta description-nya), maka website Anda akan baik-baik saja. Pada waktu yang bersamaan, Anda mungkin juga perlu untuk memastikan bahwa title tag Anda tak terlalu panjang atau pendek. Cari tahu lebih lanjut soal title tag dan meta description yang ideal dari referensi-referensi terkait lainnya.

Simpulan

Melalui artikel ini, kami telah memberikan panduan lengkap soal Google Webmaster Tools. Kami memberikan penjelasan sederhana soal apa itu Google Webmaster Tools, apa keuntungannya buat website Anda, dan bagaimana menggunakannya agar pengembangan website Anda berjalan maksimal. Setelah menggunakan bantuan dari tools gratis tersebut, Anda mungkin penasaran dengan teknik-teknik SEO lainnya agar website Anda mendapat ranking bagus di Google . Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk itu. Anda dapat melakukan keyword research dan melakukan teknik-teknik mutakhir untuk meningkatkan organic traffic di website Anda. Namun ada yang perlu Anda ingat, hasilnya tak akan muncul dalam sekejap. Anda perlu konsistensi dalam mengerjakan SEO.

Anda mungkin bingung harus mulai dari mana, dan apa saja sebenarnya yang perlu diurus. Jika Anda ingin panduan yang lengkap untuk berada di puncak Google, Anda bisa juga menggunakan SEO Murah dari RankingCoach.  SEO tool murah yang satu ini akan memberitahu Anda apa saja yang perlu dilakukan ke dalam pengelompokan bagian tugas-tugas ( task ) yang bisa Anda selesaikan langkah demi langkah. Jangan khawatir, RankingCoach juga memberikan video tutorial dalam bahasa yang mudah dimengerti untuk memandu Anda menyelesaikan setiap tugasnya. Selamat mengembangkan website Anda!

Kamu ingin mendapatkan konten edukasi secara rutin dan gratis ? Yuk isi form dibawah 🙂

* indicates required
Jenis Konten Edukasi yang diinginkan