Panduan Lengkap Search Engine Optimization (SEO)

cara optimasi seo

Search Engine Optimization (SEO), teknik yang kerap menjadi misteri sekaligus yang paling banyak dicari. Teknik yang kerap “ditakuti” oleh para pemula sekaligus dijadikan “senjata andalan” oleh para ahli. Tapi, memangnya apa sih fungsi optimasi SEO? Well, teknik SEO yang digunakan dengan benar akan membantu meningkatkan peringkat dan trafik ke situs web kita. Jika Anda seorang blogger yang berniat untuk memonetisasi blog atau jika Anda seorang Internet marketer, SEO tentu akan sangat diperlukan.

Di postingan kali ini kita akan membahas teknik optimasi SEO secara lengkap. Teknik apa saja itu? Berikut ulasan lengkapnya:

Pengaturan Situs Web/On-Site Seo

Yang akan kita pelajari:

  1. Mengecek apakah situs web kita sudah mempraktikkan on-site SEO dengan tepat.
  2. Cara menautkan antara satu laman dengan laman lainnya untuk optimasi SEO.

Sebelum kita mulai mengoptimasi setiap laman, tolong pastikan bahwa keseluruhan situs web Anda sudah diatur dengan benar. Karena, kami masih sering menemukan situ web yang tidak ramah SEO, bahkan pada situs web yang sudah diatur dengan benar sejak semula.

Secara umum, selain mengatur konten, pastikan Anda juga memiliki akses untuk bisa mengatur title tag, judul laman, dan meta tags. Kebanyakan situs web yang ada sekarang menggunakan platform berbasis kode Hypertext Mark Up Language (HTML), misalnya Blogspot, dan Content Management System (CMS) seperti yang digunakan WordPress dan Joomla. Artinya, pastikan kita bisa login dan mengatur kode HTML atau CMS situs web kita.

Jika Anda masih menggunakan WordPress secara gratis, sebaiknya Anda mulai mempertimbangkan untuk menggunakan domain dan web hosting berbayar karena di akun gratis, pengaturan kode CMS-nya pun sangat terbatas.

Pengaturan Awal

Sebagai langkah awal, kami akan memberikan daftar beberapa hal yang mesti dipersiapkan sebelum melakukan pengaturan situs web. Maksudnya, pastikan bahwa Anda memiliki akses untuk mengatur daftar ini. Karena ini berkenaan dengan masalah teknis yang cukup mendalam, jadi jika Anda memiliki webmaster atau website designer, Anda bisa meminta bantuannya. Atau jika tidak, Anda bisa melakukan riset dan mencari informasi tentang ini. Tolong jangan khawatir, di luar sana banyak sekali informasi tentang teknik pengaturan situs web yang bisa Anda temukan.

Berikut daftarnya:

  1. Page titles di setiap laman. Maksudnya HTML tag di setiap laman.
  2. Meta tag di setiap laman.
  3. Meta keywords di setiap laman.
  4. Pastikan hanya ada SATU <H1> (heading) di setiap laman dan postingan. H1 biasanya digunakan untuk judul laman atau postingan. Anda bisa menggunakan <H2> sebanyak yang Anda inginkan, tapi pastikan hanya ada 1 <H1> karena jika menggunakan lebih dari 1 heading, postingan Anda akan dianggap spam.
  5. Tautan ke home page harus berupa text link, bukan kode JavaScript yang disembunyikan di navigasi.
  6. Memiliki laman Privacy Policy.
  7. Memiliki laman kontak.
  8. Bisa mengubah atau menambahkan konten ke laman.
  9. Akses ke blog/news page.

Yang dimaksud dengan blog adalah Anda memiliki akses untuk membuat, mengedit, dan mem-publish postingan baru.

Untuk cara mengedit postingan yang lebih detail, Anda bisa melihat di video berikut ini:

On-Site SEO

Hanya ada dua kategori utama dalam optimasi SEO: on-site dan off-site.

  1. On-site SEO adalah optimasi yang dilakukan di dalam situs web kita sendiri. Ini yang akan kita bahas sekarang.
  2. Off-site SEO adalah optimasi dari luar situs web. Dengan kata lain, mendapatkan backlink dari situs web lain. Ada beberapa perdebatan tentang cara paling tepat dan aman soal optimasi off-site SEO, tapi itu akan kita bahas di artikel selanjutnya.

Cara optimasi on-site SEO adalah sebagai berikut:

  1. Laman Kontak & Privacy Policy

Ada semacam kebijakan dari Google tentang kedua laman ini, Google lebih menyukai situs web yang memiliki laman kontak dan Privacy Policy karena dianggap lebih kredibel. Jadi, pastikan situs web Anda sudah dilengkapi dengan kedua laman ini. Privacy Policy bentuknya bermacam-macam, bisa seperti laman Disclosure atau Terms of Service.

  1. Pahami Struktur Situs Web

Sangat penting untuk memahami struktur sebuah situs web karena cara Anda menautkan antara satu laman dengan laman yang lainnya bisa jadi mengoptimasi SEO atau justru menghancurkannya. Ada yang disebut dengan “silo structure” yang sangat populer karena ini memang berhasil untuk mengoptimasi SEO.

Sebagai gambaran, berikut kami berikan contoh silo sctructure:  
SILO-STRUCTURE

  1. Tautan

Cara lain yang tidak kalah penting untuk mengoptimasi on-site SEO adalah dengan menautkan antara satu laman dengan laman lainnya. Ketika satu artikel memiliki tautan ke artikel lain, artinya kita sedang mempraktikkan apa yang disebut dengan “link juice” yang berfungsi untuk saling meningkatkan peringkat atau trafik.

Beberapa template situs web dilengkapi dengan fitur “Read more” secara otomatis, jadi kita tidak perlu repot-repot lagi. Nah, bagaimana jika ingin membuat tautan atau link di dalam konten? Sebaiknya gunakan kata kunci sebagai anchor text.

  1. Variasi Tautan

Selain kata kunci, kita juga bisa menggunakan beberapa variasi tautan. Misalnya:

  • Baca selengkapnya di
  • Klik di sini
  • Alamat situs web atau naked link. Contoh: www.dewaweb.com
  • Judul postingan
  • Artikel berikut

Jika langkah-langkah di atas dilakukan dengan benar, peringkat situs web Anda akan meningkat seminggu atau beberapa minggu kemudian. Harap diingat, SEO memang lambat. Tidak seperti ketika Anda ujian di sekolah atau ikut kuis yang hasilnya bisa langsung tampak.

Optimasi Kata Kunci Baru

Yang akan kita pelajari:

  1. Cara mengoptimasi konten yang sudah ada.
  2. Mengetahui optimasi seperti apa yang tergolong spam.

Katakanlah, kita sudah memiliki daftar kata kunci. Sekarang waktunya untuk mengoptimasinya. Silakan lihat di Google Webmaster Tools Anda dan cek kata kunci di Search Console. Cari kata kunci yang tidak berada di 5 peringkat teratas. Copas kata kunci tersebut ke Google dan lihat laman atau artikel mana yang muncul di hasil pencarian. Laman inilah yang akan kita optimasi dengan kata kunci tadi.

Masuk ke laman dan buat perubahan sebagai berikut:

  1. Letakkan frasa kata kunci di title tag. Lebih bagus jika diletakkan di bagian awal.
  2. Letakkan frasa kata kunci di <H2> tag atau subheading. Tambahi dengan beberapa kata yang relevan sehingga membentuk satu kalimat utuh. Contoh, kata kunci Anda adalah “Search Engine Optimization”, maka buatlah menjadi satu kalimat utuh seperti “Langkah Mudah Mengoptimasi Search Engine Optimization”.
  3. Letakkan SATU frasa kata kunci di dalam konten.
  4. Letakkan frasa kata kunci di meta keywords.

Itu saja. Cek perkembangan peringkat laman yang Anda optimasi seminggu kemudian.

Tip:

  • Jangan membuat title tag yang terlalu panjang, maksimal 60 karakter.
  • Sebaiknya gunakan huruf kapital di awal kata agar tidak terlihat kalau title tag hanya hasil copas. Contoh: Panduan Lengkap Search Engine Optimization (SEO).
  • Gunakan frasa atau kalimat yang natural.
  • Jika konten tidak terlalu relevan dengan frasa kata kunci, maka Anda perlu untuk melakukan revisi konten agar memiliki relevansi.
Berlebihan = Spam

Selain membuat konten baru yang orisinal dan berkualitas, tidak ada lagi yang perlu kita lakukan. Berikutnya, kita pasti akan membuat konten baru dan memasukkan kata kunci baru, bukan? Jadi, tidak perlu menambahkan terlalu banyak kata kunci di dalam laman yang kita edit tadi. Anda pasti tidak ingin jika laman Anda terlihat seperti “nyepam”, kan? Santai saja, jangan terlalu berlebihan.

Cara membuat postingan berkualitas yang ramah SEO bisa Anda baca di sini.

Cari 20 atau lebih kata kunci dan frasa kata kunci atau sebanyak mungkin kata kunci yang Anda inginkan. Lakukan hal yang sama seperti langkah-langkah di atas. Ya, ini memang terdengar seperti langkah yang bertele-tele. Tapi percayalah, ketika Anda sudah terbiasa, teknik optimasi seperti ini tidak akan terasa berat lagi.

Selain mengoptimasi laman yang sudah ada, tentu saja Anda bebas untuk membuat artikel baru dengan kata kunci baru. Ini strategi paling baik sebab, seperti yang kami katakan sebelumnya, jika Anda terus-menerus mengoptimasi sebuah laman dengan banyak kata kunci, Anda akan terlihat seperti sedang nyepam, dan itu tidak baik untuk SEO.

Akan lebih baik jika Anda menggunakan kata kunci baru untuk postingan baru. Posting artikel dengan kategori yang relevan. Jika postingan baru memiliki relevansi dengan postingan sebelumnya, silakan tautkan.

Latihan:

  • Mulailah mengoptimasi beberapa laman dengan kata kunci yang sudah dipilih.
  • Lihat hasilnya di Google Webmaster Tools dan lihat apakah peringkatnya naik atau tidak.

Sekali lagi, kami ingin mengingatkan bahwa teknik Search Engine Optimization (SEO) bukanlah kerja yang instan.  Dibutuhkan kesabaran untuk mendapatkan hasil maksimal. Itu saja dari kami, selamat berlatih, semoga berhasil.

4,115 total views, 10 views today