Panduan Lengkap PayPal Untuk Toko Online di Indonesia

Panduan Lengkap PayPal

Pernah tidak merasa kerepotan ketika akan melakukan transaksi secara online? PayPal merupakan metode paling mudah untuk melakukan berbagai jenis transaksi online. Dan saat ini pula, cara daftar PayPal sudah jauh lebih mudah bila dibandingkan dulu, dimana PayPal seakan menjadi sebuah hal yang eksklusif dan hanya dimiliki oleh beberapa pihak tertentu. Bila kita berbicara mengenai “dulu”, maka memang sudah banyak sekali perubahan antara PayPal di jaman tersebut dengan saat ini.

Seperti ini misalnya, dulu, untuk membuat PayPal diperlukan banyak sekali syarat. Meski pada akhirnya menggunakan PayPal benar-benar memudahkan para pengguna untuk melakukan berbagai transaksi. Katakan saja, transaksi untuk belanja online, terlebih dengan supplier yang berasal dari luar negeri akan jauh lebih mudah bila menggunakan PayPal. Selain itu juga, proses pembelian tiket, misalnya, atau transaksi dengan market place yang berbasis dari luar negeri akan jauh lebih mudah dengan menggunakan PayPal.

Sama juga untuk para pelakon bisnis online. Transaksi online, terlebih dengan customer atau klien yang berasal dari luar Indonesia akan jadi sangat memudahkan bila menggunakan PayPal. Hanya saja meski mudah, masih banyak orang yang tak tahu dan bahkan bingung dengan cara daftar PayPal. Namun sebelum kita jauh membahas mengenai cara daftar PayPal, ada beberapa hal penting lain mengenai PayPal yang tak boleh dilewatkan.

Apa Itu PayPal?

Disadur dari Wikipedia , PayPal Inc. adalah perusahaan dalam jaringan yang menyediakan jasa transfer uang melalui surat elektronik, menggantikan metode lama yang masih menggunakan kertas, seperti cek dan wesel pos.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, PayPal itu adalah salah satu dari sekian banyak alat pembayaran (Payment Processor) virtual. Sampai saat ini, PayPal adalah alat pembayaran virtual yang paling banyak digunakan oleh internet marketer karena memang alat pembayaran ini adalah yang paling aman.

PayPal bisa diibaratkan sebagai rekening virtual, berbeda dengan rekening bank lokal yang diakses via online. Kalau rekening bank lokal biasanya bisa digunakan untuk transaksi di dalam satu negara, berbeda dengan PayPal yang bisa digunakan untuk transaksi oleh seluruh pengguna internet dari negara mana saja, tentunya mereka yang sudah punya akun PayPal. Hanya dengan mengetahui email PayPal seseorang, kita bisa mengirimkan uang virtual ke akun PayPal orang tersebut dengan cepat dan aman.

Para pengguna internet yang ingin melakukan transaksi online baik mengirim atau menerima uang, misalnya untuk membeli barang, membeli lisensi software original, membeli ebook, mengirim donasi, dan lain-lain, biasanya menggunakan PayPal sebagai media transaksi karena lebih cepat dan aman. eBay.com (situs lelang online) dan banyak situs eCommerce menggunakan PayPal sebagai alat pembayaran mereka, ini tentunya mengharuskan para member mereka untuk memiliki akun PayPal agar bisa melakukan transaksi.

Pihak pembeli yang menggunakan PayPal sebagai alat pembayaran bisa mengirimkan komplain kepada pihak PayPal dalam waktu 45 hari jika barang yang dibeli belum sampai pada waktu yang ditentukan pihak penjual atau barang yang dikirim ternyata tidak sesuai dengan deskripsi barang yang diberikan oleh si penjual. Jika si pembeli yang tidak puas bisa membuktikan bahwa si penjual melakukan penipuan (fraud) maka si pembeli akan mendapatkan pengembalian uang (charge back) dari perusahaan kartu kreditnya.

PayPal tentunya tidak hanya melindungi satu pihak saja, tapi semua pihak. PayPal juga melindungi penjual dari permintaan pengembalian uang atau komplain bohong dari si pembeli yang berniat buruk. Kebijakan perlindungan tertulis untuk penjual dirancang untuk melindungi penjual dari klaim atau komplain palsu dari pembeli yang mengaku telah mengirimkan uang yang ternyata tidak ada catatan bukti pembayaran dan catatan transaksi.

Setiap transaksi yang dilakukan dengan mengunakan PayPal selalu ada catatan bukti pembayaran di masing-masing akun PayPal, baik penjual maupun pembeli. Catatan ini bisa digunakan sebagai bukti bahwa telah terjadi pengiriman uang antara pembeli dan penjual.

Kegunaan PayPal

PayPal memiliki tiga kegunaan utama, yaitu:

  1. Untuk berbelanja online. Anda bisa menggunakan PayPal untuk berbelanja online . PayPal adalah salah satu alternatif yang baik jika Anda tidak mau menggunakan kartu kredit.
  2. Untuk membayar layanan berlangganan online. Jika Anda ingin berlangganan di website streaming seperti Netflix atau jasa sejenis yang membutuhkan pembayaran setiap bulan, PayPal bisa menjadi pilihan yang baik. Anda bahkan bisa mengatur agar PayPal menarik uang langsung dari akun bank Anda dan bukan mengunakan kartu kredit.
  3. Untuk mengirim uang ke teman atau keluarga. Tidak hanya untuk berbelanja, PayPal juga bisa digunakan untuk mengirimkan uang. Jika Anda butuh mengirim uang ke teman atau keluarga yang tinggal di luar negeri, PayPal bisa menjadi salah satu cara untuk mengirimkannya.

Apakah PayPal aman?

Penipuan online tentunya adalah salah satu hal yang selalu dikhawatirkan orang terjadi saat mereka akan melakukan transaksi secara online.

Meskipun tidak ada sistem yang 100% sangat aman, PayPal telah merancang banyak checks and balances ke dalam sistemnya untuk menjaga agar kesalahan dan kecurangan menjadi minimal. Anda tidak akan menemukan lembaga keuangan online lain yang memiliki perlindungan lebih ketat daripada PayPal. Sebenarnya, PayPal bisa dibilang terlalu sensitif dalam hal kecemasan penipuan, karena mereka tidak akan ragu untuk membekukan akun yang mereka duga sedang melakukan penipuan.

PayPal menjamin bahwa Anda tidak akan mengalami penipuan dan pencurian identitas. PayPal menjamin perlindungan 100% terhadap pembayaran yang tidak sah dari akun Anda. Setiap transaksi dikonfirmasi melalui email ke pemegang rekening PayPal. Jika Anda melihat transaksi yang mencurigakan, Anda bisa langsung menghubungi tim support PayPal yang beroperasi 24/7 untuk mengklarifikasinya.

Pembelian eBay juga bisa diasuransikan sampai $ 1000 melalui PayPal. Layanan yang disebut PayPal Buyer Proctection (Perlindungan Pembeli PayPal) adalah cara lain untuk memastikan bahwa penjual dapat dipercaya.

Tim Anti-Penipuan PayPal bekerja 24/7. Dengan menggunakan model risiko dan teknologi yang canggih, tim ini mampu mendeteksi, dan sering memprediksi, aktivitas mencurigakan untuk membantu menghilangkan pencurian identitas. Tugas satu-satunya tim anti-penipuan adalah membuat setiap transaksi PayPal seaman dan semudah mungkin.

Jenis-Jenis Akun PayPal

Personal Account. Akun personal adalah jenis akun standar. Anda bisa memasukkan uang ke akun ini dan uang tersebut bisa Anda gunakan untuk berbelanja online atau menigirim uang ke teman dan keluarga.

Premier Account. Akun premier adalah untuk siapa saja yang ingin bisa menjual barang secara online, baik sebagai hobi atau bisnis, secara perseorangan. Tidak hanya mengeluarkan uang, pemilik akun premier bisa menerima pembayaran melalui PayPal.

Business Account. Akun business adalah akun yang diperuntukkan bagi orang-orang yang ingin bisa menjual barang secara online di bawah nama sebuah perusahaan atau organisasi. Selain bisa menerima pembayaran, akun Business juga bisa menerima pembayaran melalui transfer bank, memberi akses kepada 200 karyawan, dan fitur-fitur spesial seperti Express Checkout.

Student Account. Akun student adalah sebuah akun terbatas yang dibuat dengan tujuan untuk membantu remaja berumur 13 tahun ke atas untuk mempelajari cara mengatur uang yang baik. Jika Anda membuat akun student, Anda akan mendapat sebuah kartu debit yang bisa mereka gunakan di tempat-tempat yang menerima kartu MasterCard.

Syarat untuk Mendaftar PayPal

Berikutnya setelah mengetahui mengenai pengertian, dan keuntungan menggunakan PayPal baik itu untuk penjual dan pembeli, sekarang pada bahasan selanjutnya kita akan memberi langkah demi langkah cara daftar PayPal. Namun sebelum itu, ketahui dulu apa saja syarat yang harus dimiliki untuk memiliki akun PayPal.

Meski sifatnya online, PayPal memiliki syarat-syarat yang harus dan penting untuk dimiliki oleh pengguna sebelum mulai membuat akun PayPal. Gagal dari memenuhi syarat ini biasanya berakhir dengan akun PayPal yang tidak diverifikasi, hingga pendaftaran akun PayPal yang ditolak. Dibawah ini, kami memberikan 5 syarat paling umum yang diminta ketika mendaftar akun PayPal .

  1. Berusia lebih dari 18 tahun

Dalam cara daftar PayPal tak akan banyak disebutkan untuk langkah satu ini, namun para pendaftar akun PayPal wajib dan harus berusia lebih dari 18 tahun. PayPal akan meminta pemilik akun untuk menyertakan scan atau bukti identitas diri sebelum bisa mem-verifikasi akun yang dibuat. Dan identitas diri yang dimiliki pun hanya yang merupakan identitas diri resmi. Yang secara singkat, hanya bisa dimiliki oleh mereka yang sudah berusia lebih dari 18 tahun.

  1. Memiliki kartu kredit

Ini, adalah syarat penting dan krusial sebelum mendaftar akun PayPal. Akun PayPal tidak akan bisa diverifikasi tanpa adanya nomor seri dan juga bukti kepemilikan kartu kredit. Meski nantinya pengguna bisa memilih pilihan untuk withdrawal atau setor melalui akun rekening bank, namun memiliki kartu kredit masih menjadi hal yang wajib untuk PayPal.

Jangan khawatir mengenai keamanan penggunaan kartu kredit untuk PayPal, pasalnya PayPal merupakan perusahaan terpercaya dengan sistem keamanan yang sudah teruji. Jadi data kartu kredit sudah pasti akan aman.

  1. Memiliki rekening bank

Selain kartu kredit, PayPal juga mewajibkan untuk memiliki rekening bank. Rekening bank ini bisa menggunakan rekening bank lokal, asalkan terdapat nomor rekening atau nomor akun serta bisa membuktikan kepemilikan rekening bank di tahap akhir pendaftaran nantinya.

Ada dua fungsi utama menggunakan rekening bank untuk akun PayPal. Yang pertama sebagai langkah awal dan proses verifikasi di cara daftar PayPal. Yang kedua baru untuk melakukan penarikan atau penyetoran saldo PayPal nantinya.

  1. Memiliki alamat email

Hal penting lain ketika membuat akun PayPal adalah memiliki alamat email. Pertama, pastikan email yang digunakan masih aktif karena nantinya PayPal akan mengirimkan link verifikasi dan persetujuan melalui email. Lebih baik lagi bila alamat email yang digunakan merupakan alamat email yang sering digunakan sehingga proses verifikasi ini pun menjadi jauh lebih cepat.

  1. Memiliki nomor telepon

Masih berkaitan dengan proses verifikasi, nomor telepon juga akan dibutuhkan. Ketika PayPal gagal melakukan verifikasi melalui email, maka menggunakan nomor telepon bisa jadi pilihan. Nomor telepon yang digunakan juga bisa dari provider apa saja. Tak perlu terlalu mengkhawatirkan hal tersebut. Hanya saja pastikan nomor telepon aktif karena PayPal akan mengirimkan verifikasi melalui nomor telepon pula.

Setelah 5 syarat yang dibutuhkan tersebut dipenuhi, sekarang saatnya mulai beranjak ke cara daftar PayPal. Berikut ini langkah-langkah cara daftar PayPal Indonesia.

Langkah-langkah daftar PayPal

Buka halaman website PayPal Indonesia . Pilih tulisan sign up di bagian kanan atas.

Setelah itu, Anda akan diminta untuk memilih apakah Anda ingin membuat akun PayPal personal atau bisnis. Jika Anda ingin menggunakan akun Anda untuk berbelanja saja, pilih Buy with Paypal dan jika Anda ingin menggunakan akun Anda untuk menerima pembayaran juga, pilih Receive Payments with Paypal.

Jika Anda memilih pilihan Buy With Paypal, Anda akan diminta untuk mengisi data pribadi Anda. Setelah selesai, klik Agree and Create Account

Paypal Form

Setelah itu, Anda akan diarahkan ke halaman dimana Anda akan diminta untuk menghubungkan akun pay pal Anda dengan kartu kredit atau kartu debit Anda. Masukkan data kartu Anda, kemudian klik Link Card. Anda juga bisa memilih I’ll do it later jika Anda belum ingin memasukkan data kartu Anda saat pendaftaran.

kartu kredit debit card paypal

Setelah itu, akun PayPal Anda sudah siap untuk digunakan. Jika Anda ingin melihat detail akun Anda, Anda bisa klik pilihan ‘Go to your account’ di bagian bawah.

Jika Anda memilih akun bisnis, Anda akan diminta untuk memasukkan email Anda setelah Anda memilih Receive Payments with Paypal

paypal business account registrasi

Setelah Anda memasukkan email, Anda akan diminta untuk mengisi data pribadi Anda terlebih dahulu

data pribadi business account paypal

Setelah Anda klik Agree and Continue, Anda akan diminta untuk mengisi data tentang informasi bisnis Anda.

informasi business paypal

Selanjutnya, Anda akan diminta untuk memberikan data identitas Anda, bisa berupa nomor KTP atau paspor, serta alamat rumah Anda.

akun bisnis paypal

Setelah selesai, Anda akan diminta untuk mengkonfirmasi email Anda

Jika Anda klik pilihan Set Up Payments, Anda bisa mulai mengatur akun Anda. Dimulai dari bagaimana cara Anda ingin mendapatkan pembayaran. PayPal menawarkan 3 pilihan, yaitu langsung di website Anda, melalui invoice online, atau melalui eBay. Anda bisa menambahkan pilihan pembayaran ini kapan saja.

Pilihan Pembayaran PayPal

Setelah Anda memilih dan klik Continue, Anda akan melihat layar seperti di bawah ini.

setting pembayaran PayPal

Selain konfigurasi pembayaran, Anda juga bisa mengkonfigurasi akun Anda melalui pilihan account set up di sebelah kanan pilihan payment set up. Di pilihan ini, Anda bisa mengkonfirmasi akun Anda (jika Anda belum mengkonfirmasi), menghubungkan akun bank ke akun PayPal Anda, mengganti nama akun PayPal Anda agar tidak membingungkan pelanggan, dan memverifikasi pengambilan uang dengan limit USD 10,000 setiap bulannya jika Anda sudah menjadi established seller (atau penjual terpercaya) di PayPal.

account setup paypal

 

Cara daftar PayPal seperti yang ditunjukan di atas nampak mudah, bukan? Namun ada beberapa trik yang bisa dilakukan ketika mendaftar PayPal tersebut. Terutama untuk sahabat Dewaweb yang tidak memiliki kartu kredit sendiri.

Untuk kartu kredit, seperti yang disebutkan di atas merupakan persyaratan krusial dalam membuat PayPal. Karena ini akan menjadi proses verifikasi, dan biasanya juga PayPal lebih mudah untuk melakukan pencairan dana atau pun penyetoran saldo dengan menggunakan kartu kredit. Meski pun dua hal tersebut juga bisa dilakukan dengan menggunakan rekening bank tanpa ada masalah.

Bila membutuhkan kartu kredit hanya untuk verifikasi dan bukannya untuk melakukan penyetoran, saat ini sudah banyak terdapat VCC yang bisa didapatkan secara online. VCC merupakan visual credit card, yang mana akan memberikan pengguna nomor seri kartu kredit yang bisa digunakan untuk proses verifikasi untuk Paypall. Sudah ada banyak penjual online yang menyediakan proses pembuatan VCC ini. Dan biasa tak akan ada masalah untuk melakukan verfikasi pada pay pal.

Hanya saja ketika menggunakan VCC untuk cara daftar PayPal, penting diperhatikan bahwa pada akhirnya proses penarikan, penyetoran, dan proses transaksi jual beli online tak akan dilakukan melalui VCC namun akan dilakukan dengan menggunakan rekening bank yang sudah disediakan awalnya. Jadi memang, harus memiliki rekening bank sendiri ya!

Cara Install Paypal di WooCommerce

Jika Anda sudah memiliki paypal account dan Anda juga menggunakan WooCommerce, Anda bisa menginstal paypall sebagai pilihan pembayaran di WooCommerce Anda. Untuk melakukan ini Anda memerlukan Business Account.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menginstall paypal di WooCommerce:

Download plugin WooCommerce PayPal Express Checkout Payment Gateway

WooCommerce PayPal Express Checkout Payment Gateway

Login ke panel admin WordPress Anda dan pilih Plugins di bagian kiri layar Anda

Pilih Add New Plugin dan upload plugin yang sudah Anda download tersebut ke sistem WordPress Anda

Setelah itu, aktivasi PayPal WooCommerce plugin Anda dengan cara klik ‘Activate’

Setelah plugin diinstal dan aktif, Anda akan mendapat pilihan PayPal di WooCommerce > Settings  > Checkout. Lalu pilih checkbox Enable PayPal Express Checkout untuk menawarkan ini sebagai salah satu cara pembayaran. Setelah itu, Anda perlu menambahkan API Credentials Anda dengan mengklik tombol Setup or Link an Existing PayPal Account. Hubungkan akun PayPal Anda dengan gateway ini.

PayPal Check Out Option

API Settings

Jika Anda memilih Click Here to Toggle Manual API Credential Input, sebuah meta box baru akan muncul.

API Credentials

  1. Login ke Paypal account Anda
  2. Pilih My Selling Tools di bagian kiri layar Anda untuk melihat semua tools, kemudian scroll ke bawah ke API Access dan klik Update untuk melihat kredensial.
  3. Salin semua kredensial yang relevan di bagan yang ada di setting WooCommerce Anda:
    1. Live API Username
    2. Live API Password
  4. API Certificate and Signature dan Live API Subject juga boleh Anda isi tetapi ini bersifat opsional.
  5. Jika sudah, Anda hanya perlu mengklik tombol save changes.

 

Kamu ingin mendapatkan konten edukasi secara rutin dan gratis ? Yuk isi form dibawah 🙂

* indicates required
Jenis Konten Edukasi yang diinginkan