Panduan Lengkap Memilih Platform Blog Untuk Blogging Terbaik

Panduan Lengkap Memilih Blogging Platform Terbaik

Apakah Anda sedang berniat membuat sebuah blog? Apakah Anda mengalami kesulitan? Memang proses membuat sebuah blog tidaklah semudah yang dibayangkan. Selain Anda harus menentukan topik blog Anda, branding blog Anda, bagaimana Anda ingin berinteraksi dengan pembaca, dan apakah Anda juga berniat membuka e-commerce di blog Anda, masih banyak hal-hal lain yang harus Anda pertimbangkan. Tetapi jangan merasa terintimidasi dengan hal-hal di atas karena blog dapat memberikan beberapa keuntungan bagi Anda secara personal maupun bisnis Anda. Apalagi di jaman sekarang, Anda juga bisa menghasilkan uang dari blog.

Untuk memulai sebuah blog, hal pertama yang paling Anda butuhkan adalah platform bloggingnya sendiri. Memang memilih platform blogging bisa menjadi hal yang membingungkan karena ada banyak platform yang tersedia di luar sana, seperti WordPress dan Blogspot. Nah, sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi karena kami akan membantu Anda menentukan mana platform blogging yang sesuai dengan kebutuhan Anda melalui artikel ini.

Bagaimana Cara Memilih Platform Blogging?

Seperti yang saya sebutkan di atas, hal pertama yang harus Anda tentukan adalah tempat dimana Anda akan membangun blog Anda – atau yang sering disebut dengan platform blogging.

Banyak orang memang mengatakan bahwa akan lebih mudah jika Anda menggunakan WordPress, Squarespace, atau Wix. Padahal masih ada beberapa pilihan di luar sana yang bisa menjadi pertimbangan Anda.

Blog setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda. Pemilik blog atau blogger juga beroperasi atau bekerja dengan cara yang berbeda-beda. Semua orang memiliki level pengalaman, proses kreatif, dan tujuan yang berbeda dalam membangun sebuah blog. Karena itu, setiap blogger memiliki kebutuhan blogging yang berbeda antar satu sama lain.

Setiap blogging platform dirancang khusus untuk digunakan oleh niches yang berbeda. Sebagai contoh, seorang blogger pemula tentu memiliki kebutuhan yang berbeda dengan blogger lain yang memiliki keterampilan coding. Selain itu, seorang blogger yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah email list nya tentu memiliki kebutuhan yang berbeda dengan seseorang yang berniat menggunakan blognya untuk membantu menjual produk-produk yang dia jual di website e-commercenya.

Untuk menentukan platform blogging mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda memang dibutuhkan research. Anda harus memperhatikan beberapa faktor seperti biaya, fitur, support, kemudahan penggunaan, integrasi, desain, dan masih banyak lagi.

Berikut adalah 5 platform blogging yang paling banyak digunakan para blogger dan pemilik website.

5 Platform Khusus Untuk Blogging

1. WordPress.org (self-hosted)

WordPress.org adalah sebuah software blogging atau Content Management System atau biasa disingkat CMS, dan merupakan platform blogging yang paling populer di dunia. Diperkirakan, WordPress saat ini menguasai lebih dari 25 persen dari total keseluruhan web yang dibuat manusia, artinya, 1 dari 4 situs web dibangun dengan WordPress.

Perlu diperhatikan bahwa WordPress.org hanya bekerja sebagai content management system atau sistem pengelolaan konten. Software yang Anda dapatkan dari WordPress.org adalah paket yang dapat di-download, yang kemudian harus Anda unggah / pasang di server web yang sudah Anda kelola. WordPress.org tidak menyediakan hosting dan domain sehingga Anda harus membeli keduanya secara terpisah.

Self-hosted WordPress tentu bukan hal yang tidak perlu dipelajari. Instalasi dan kemudian mengonfigurasinya dengan benar akan memakan waktu 20 menit sampai satu jam jika Anda belum pernah melakukan ini sebelumnya. Namun, setelah itu, menggunakan platform blogging ini setiap hari untuk mempublikasikan posting anda sangat mudah. Plus, Anda bisa menemukan panduan online yang membuat semuanya menjadi lebih mudah.

Jangan takut jika Anda merasa ragu dengan desain yang tersedia. WordPress.org menyediakan sangat banyak tema yang bisa Anda pilih untuk website Anda di direktori resmi miliknya. Selain itu ada banyak toko desain tema yang menawarkan berbagai macam desain custom.

WordPress.org juga menawarkan sangat banyak plugins dan ekstensi. Ada lebih dari 42,000 plugin gratis di direktori resmi WordPress.org dan Anda bisa menemukan lebih banyak lagi di internet.

Lalu siapakah yang cocok menggunakan WordPress.org?

  1. Blogger yang ingin menghasilkan uang dari blog mereka.
  2. Blogger yang ingin menjadikan blog sebagai bagian dari bisnis mereka.
  3. Blogger profesional
  4. Blogger yang ingin memiliki kontrol atas segala aspek blog mereka

Karena kemungkinan customization WordPress yang tinggi, ini adalah pilihan tepat jika Anda ingin membangun blog profesional yang akan memainkan peran penting dalam bisnis Anda. Dengan self-hosted WordPress, Anda memegang kendali penuh atas situs Anda serta tampilan dan kinerjanya.

Pro/Kontra WordPress.org

  1. Platform yang paling populer di web.
  2. Banyaknya desain yang tersedia.
  3. Banyaknya plugin yang tersedia.
  4. Komunitas besar – Anda akan selalu menemukan seseorang untuk membantu Anda jika Anda menghadapi masalah dengan blog Anda.
  5. Tidak ada hosting yang disertakan
  6. Sedikit kurva belajar jika Anda baru saja memulai.
  7. Menyiapkan situs Anda agar sesuai dengan kebutuhan Anda dengan sempurna dapat memakan waktu beberapa jam.

2. WordPress.com (Cloud SaaS)

WordPress.com adalah sebuah blogging platform dibangun dengan software WordPress.

WordPress.com adalah versi dari WordPress yang menyertakan hosting. Ini berarti bahwa alih-alih harus mendownload sebuah software dan menginstalnya sendiri, yang perlu Anda lakukan hanyalah mendaftar ke akun di WordPress.com, dan Anda bisa memulai blogging dalam hitungan menit.

WordPress.com memiliki tiga plan:

  • $0 – Free plan – cocok untuk blogger pemula
  • $99 – cocok untuk blogger professional
  • $299 – cocok untuk e-commerce

Jika Anda membuat blog Anda dengan menggunakan WordPress.com, And akan mendapat hosting secara otomatis tanpa biaya tambahan. Mengenai domain, Anda akan mendapatkan subdomain. Alamat blog Anda akan terlihat seperti example.wordpress.com. Jika Anda ingin memiliki nama domain sendiri, WordPress.com menawarkan pilihan tersebut dengan biaya tambahan.

WordPress.com jauh lebih mudah digunakan daripada versi WordPress.org, karena Anda mendapatkan banyak hal-hal yang mungkin sulit sudah diurus (hosting, setup situs, konfigurasi dasar). Anda masih perlu melalui wizard, tapi relatif sederhana. Plus, ada panduan resmi untuk mulai menggunakannya. Setelah tahap penyiapan, menggunakan platform blogging ini setiap hari untuk mempublikasikan postingan Anda menjadi lebih mudah.

WordPress.com menyediakan ratusan tema yang dapat dipilih, dan jika Anda memilih salah satu dari rencana premium, Anda juga dapat menyesuaikan desain yang Anda gunakan. Secara keseluruhan, WordPress.com membuat hal-hal sederhana dan tidak memberikan banyak pilihan desain seperti WordPress.org.

Plugin dan ekstensi Fitur populer seperti berbagi, statistik, komentar, dan polls disertakan, namun tidak ada pilihan untuk memasang plugin pihak ketiga.

Lalu, siapakah yang cocok menggunakan WordPress.com?

  1. Hobby blogger.
  2. Siapa pun yang ingin memulai blog tanpa investasi sama sekali.
  3. Blogger profesional

Secara keseluruhan, WordPress.com adalah versi sederhana dari WordPress.org. WordPress.com memberikan semua fitur yang paling penting, tapi juga menyisihkan sebagian besar dari mereka. Jika Anda hanya peduli tentang blogging dan tidak ingin bereksperimen dengan fitur kustom situs Anda maka WordPress.com akan cukup untuk Anda.

Pro/Kontra WordPress.com

  1. Persiapan dalam beberapa menit.
  2. Hosting dan subdomain disertakan.
  3. Anda bisa menggunakannya secara gratis.
  4. Tidak ada kemungkinan untuk menginstal tema kustom.
  5. Tidak ada plugin
  6. WordPress.com dapat menarik steker di blog Anda setiap saat jika mereka menemukan tindakan Anda tidak selaras dengan peraturan mereka.

3. Blogger dan Blogspot

Blogger adalah salah satu platform blogging tertua di luar sana. Saat ini, ini dijalankan oleh Google, jadi yang perlu Anda masuki adalah akun Google standar Anda. Demikian pula untuk WordPress.com, Blogger menangani semua pengangkatan berat teknis, yang memungkinkan Anda hanya fokus untuk menciptakan konten.

Masih banyak orang yang sering merasa bingung dan mengalami kesulitan mengerti perbedaan antara Blogger dan Blogspot. Kemungkinan besar jika Anda mengetik blogspot di Google maka Blogger akan keluar di hasil pencarian. Jika Anda mencoba mengakses www.blogger.com atau www.blogspot.com , Anda akan langsung terhubung ke blogger.com. Mungkin karena inilah Anda bertanya-tanya apa sebenarnya perbedaan antara Blogger dan Blogspot?

Blogger. Blogger adalah sebuah platform blogging gratis dari Google. Blogger menyediakan tools dan dukungan yang komprehensif untuk mempublikasikan artikel dan halaman web di sebuah domain atau website. Oleh karena itu, pengguna tidak perlu bingung tentang penyimpanan konten – dimana mungkin kebanyakan orang menggunakan File Transfer Protocol (FTP). Anda juga tidak perlu khawatir dengan membuat desain layout website, tema website, serta hal-hal lain yang bersifat teknis.

Selain itu Blogger tidak harus digunakan dengan Blogspot. Anda bisa membeli domain dari tempat lain dan kemudian menggunakan Blogger sebagai hosting Anda. Blogger memiliki konsep yang sama dengan WordPress.org.

Blogspot. Blogspot adalah penyedia layanan domain gratis milik Google. Alamat web yang akan membuka halaman web Anda yang dihosting di server manapun. Dalam hal ini, Anda dapat mengatakan bahwa halaman web Anda dibuat oleh layanan publikasi blogger dan dihosting di blogger.com dan alamat yang memungkinkan Anda membuka halaman tersebut disediakan oleh blogspot.com.

Domain gratis yang disediakan ini sebenarnya adalah sebuah sub-domain (example.blogspot.id). Layanan ini disediakan untuk mendukung layanan publikasi Blogger. Jadi jika akan mencoba membuka www.blogspot.com anda akan diarahkan ke blogger.com karena Google mengerti bahwa anda ingin membuat blog jadi sebaiknya anda menggunakan layanan publikasi (www.blogger.com). Tapi jika Anda menggunakan subdomain.blogspot.com maka akan menampilkan konten situs host Anda.

Ini bisa dibilang sebagai taktik pemasaran dari Google sehingga orang bisa menggunakan layanan domain dari blogspot dan layanan hosting blogger.com.

Maka jika Anda telah memilih blogspot sebagai penyedia domain maka situs tersebut harus di-host di blogger.com saja dan tidak bisa di-host di tempat lain.

Jadi bisa disimpulkan bahwa:

  • Blogger adalah platform publikasi gratis dari Google, yang bersifat seperti WordPress.org
  • Blogspot adalah penyedia layanan domain gratis dari Google, yang bersifat seperti WordPress.com.
  • Blogspot hanya bisa digunakan dengan Blogger.
  • Blogger tidak tergantung pada Blogspot.

Platform blogging yang satu ini memang mudah digunakan, meski agak ketinggalan jaman dibandingkan beberapa solusi modern seperti WordPress.com atau Medium. Menyiapkan blog anda masih sangat mudah dan cepat. Tidak ada keterampilan khusus yang dibutuhkan untuk memulai blogging di bawah Blogger.

Bagaimana dengan desain blog? Mereka hanya menyediakan editor layout standar (content / sidebar). Selain itu, tidak banyak yang bisa Anda lakukan dalam hal desain blog Anda. Blogger juga tidak memiliki banyak plugin yang tersedia.

Lalu, siapakah yang cocok menggunakan Blogger? Hobby blogger dan blogger pribadi.

Mungkin 10 tahun yang lalu Blogger merupakan blogging platform yang paling terkenal, tapi sekarang ini Blogger sering dianggap kalah dengan platform blogging yang lainnya. Untuk saat ini, Blogger memang paling cocok digunakan untuk keperluan blogging saja.

Pro/Kontro Blogger dan Blogspot

  1. Anda bisa mendapatkan blog yang dimulai dalam waktu kurang dari satu menit.
  2. Interface yang sederhana untuk pembuatan konten
  3. Hosting dan subdomain disertakan.
  4. Kustomisasi yang terbatas

4. Squarespace

Squarespace adalah pembuat situs web yang mudah digunakan dan layanan hosting situs web.

Squarespace adalah salah satu solusi membangun website all-in-one terbaik di luar sana. Anda bisa menggunakannya untuk meluncurkan blog, situs bisnis, toko e-commerce, dan masih banyak lagi.

SquareSpace memiliki beberapa pilihan langganan mulai dari $8 – $24 per bulannya. Ini sudah termasuk hosting dan domain Anda sendiri.

Squarespace sangat mudah digunakan, meskipun ini pertama kalinya Anda membangun sebuah situs web atau blog. Squarespace memiliki interface yang jelas, dan intuitif. Penerbitan konten baru juga sederhana, dan LayoutEngine kustom mereka memungkinkan Anda mengatur konten blog Anda namun Anda suka melalui drag-and-drop.

Bagaimana dengan desain yang tersedia? Sejumlah desain hebat dan modern bisa Anda pilih untuk situs Anda. Squarespace menjadikannya tujuan mereka untuk selalu mengikuti tren dan tetap mengikuti apa yang populer dengan desain.

Berbagai fitur yang paling penting sudah termasuk dari awal, selain itu masih ada plugin eksternal yang tersedia melalui situs lain.

Squarespace merupakan platform blogging yang sesuai untuk:

  1. Pemilik bisnis yang membutuhkan situs web yang hebat dan mudah dioptimalkan, dan blog untuk dikunjungi.
  2. Seniman, musisi, fotografer, kreatif pada umumnya yang ingin blog dan juga memamerkan karya mereka dengan cara yang efektif.
  3. Restoran, kafe, dll, menjalankan blog perusahaan.
  4. Pengguna tanpa keterampilan desain yang ingin bisa membangun blog dari awal sendiri.

Secara keseluruhan, Squarespace berpotensi menjadi solusi all-in-one terbaik bagi siapa saja yang ingin membangun situs web atau blog yang tampak profesional. Tidak ada keterampilan desain yang diperlukan, dan keseluruhan prosesnya sangat mudah.

Namun, jika yang Anda butuhkan hanyalah sebuah blog – tanpa barang tambahan – maka ada solusi yang lebih sesuai di luar sana.

Pro/Kontra Squarespace

  1. Kemampuan customisation yang bagus dan interface yang mudah digunakan.
  2. Hosting dan domain custom disertakan.
  3. Tidak ada keterampilan desain atau pengembangan yang dibutuhkan.
  4. Sistem drag-and-drop untuk pembangunan konten.
  5. 24/7 support.
  6. Biaya bisa menjadi mahal dari waktu ke waktu ketika kita menambahkan biaya berlangganan bulanan.
  7. Mungkin ini akan terdengar aneh tetapi jika Anda hanya ingin memiliki sebuah blog sederhana, Squarespace bisa jadi merupakan platform yang terlalu rumit untuk Anda.

5. Wix

Wix, sama seperti Squarespace adalah pembuat situs web yang mudah digunakan dan layanan hosting situs web.

Wix pada dasarnya bekerja seperti Squarespace, tapi memiliki beberapa perbedaan. Wix menawarkan fitur serupa dalam hal membangun situs dan kemampuan membangun blog, namun gaya eksekusinya sedikit berbeda.

Untuk menggunakan Wix, Anda bisa menggunakan plan gratis atau berbayar. Jika Anda menggunakan plan gratis Anda hanya akan mendapat subdomain, tetapi jika Anda menggunakan plan berbayar Anda juga akan mendapat domain. Anda akan secara otomatis mendapat hosting, tidak peduli plan mana yang Anda pilih.

Wix sangat mudah digunakan saat meluncurkan situs web baru. Namun, Anda perlu melalui beberapa langkah tambahan untuk menambahkan modul blog. Tidak ada yang terlalu sulit tapi tetap saja. Secara keseluruhan, Wix memberi Anda wizard langkah-demi-langkah untuk menyelesaikan keseluruhan proses.

Untuk desain website, Wix menyediakan lebih dari 500 desain.

Untuk plugin dan ekstensi, Wix menyediakan sejumlah fitur pengelolaan situs penting yang ada di dalamnya, dan selain itu, Anda juga dapat memperluas situs Anda melalui Wix App Market.

Cukup mirip dengan Squarespace, platform Wix cocok untuk:

  1. Pemilik bisnis yang membutuhkan situs web yang hebat dan mudah dioptimalkan, dan blog untuk dikunjungi
  2. Pengguna tanpa keterampilan desain yang ingin bisa membangun blog dari awal sendiri.
  3. Seniman, musisi, fotografer, kreatif pada umumnya yang ingin blog dan juga memamerkan karya mereka secara efektif.

Wix adalah alternatif yang menarik untuk Squarespace, terutama bagi pengguna yang tidak memiliki anggaran untuk berinvestasi. Namun perlu diingat bahwa modul blog tidak bisa dikonfigurasi. Jadi jika yang paling Anda inginkan adalah blog, Anda lebih baik menggunakan platform lain.

Pro/Kontra Wix

  1. Lebih dari 500 desain yang bisa dipilih.
  2. Rencana gratis tersedia
  3. Sistem drag-and-drop untuk konten
  4. Dukungan yang bagus, ditambah basis pengetahuan online.
  5. Kemungkinan kustomisasi blog terbatas, apalagi dibandingkan platfom lain yang sudah dibahas sebelumnya
  6. Bukan platform blogging khusus untuk blog

Simpulan

Setelah pembahasan di atas, bisa dilihat bahwa kebanyakan platform blogging di daftar ini memiliki tempat mereka di pasaran. Hanya saja Anda perlu memilih mana yang sesuai dengan kebutuhan kegiatan online Anda. Kami juga sudah menyiapkan sebuah artikel yang berisi tips-tips blogging bagi Anda.

Sekarang setelah Anda membaca pro dan kontra dan membandingkan fitur di antara beberapa platform blogging yang paling populer, apakah Anda siap untuk memutuskan?

Beritahu kami platform blogging mana yang akan atau sedang Anda gunakan di komentar atau bagikan pos ini di media sosial untuk membantu calon blogger lainnya untuk memilih platform blogging yang cocok dengan kebutuhan mereka.

Kamu ingin mendapatkan konten edukasi secara rutin dan gratis ? Yuk isi form dibawah 🙂

* indicates required
Jenis Konten Edukasi yang diinginkan
  • Hanimeku

    Saya ingin bertanya platform apa yang anda gunakan sekarang?

  • Pingback: Blogspot vs WordPress()