Perusahaan Web Hosting Mana Yang Jadi Pilihan Anda?

Bagaimana menentukan kalau sebuah web host berkualitas bagus? Apakah bandwith dan fitur storage masih penting sekarang ini? Jenis hosting mana yang harus dipilih? Di artikel kali ini, kami akan menjawab semua pertanyaan tadi.

Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih web hosting service:

  • Kenali kebutuhan hosting Anda
  • Lakukan investigasi tentang reliabilitas dan garansi uptime
  • Pelajari pilihan untuk upgrade web host
  • Cari info tentang suspensi akun dan kebijakan penggunaan server.
  • Periksa semua fitur hosting seperti jumlah addon domain yang dibolehkan, berdasarkan kebutuhan Anda
  • Bandingkan harga, baik untuk pendaftaran maupun pembaharuan
  • Periksa bagian hosting control panel
  • Cari tahu tentang fitur pendukung lainnya seperti backup situs dan sebagainya.

Memilih Web Hosting Berdasarkan Kebutuhan Anda

Anda tidak akan bisa mendapat web host yang tepat tanpa mengenali lebih dulu apa saja yang Anda butuhkan. Jadi sebelum lebih jauh membaca artikel ini, pikirkan apa yang jadi kebutuhan Anda.

  • Website seperti apa yang sedang Anda bangun?
  • Apakah Anda membutuhkan aplikasi Windows?
  • Apakah Anda membutuhkan software versi khusus seperti PHP?
  • Seberapa besar volume traffic web Anda?
  • Platform apa yang Anda gunakan? WordPress, platform lain, atau Anda membangun platform sendiri?
  • Konten seperti apa yang Anda terbitkan? Apakah situs Anda akan menampilkan banyak video dan foto dengan resolusi tinggi, atau kebanyakan berupa teks yang sesekali memiliki tampilan animasi?
  • Berapa banyak pengunjung yang Anda terima dan bagaimana perkiraan pertumbuhannya di masa mendatang?
  • Dimana mayoritas pengunjung atau target audiens Anda? Apakah Anda membutuhkan server di lokasi tertentu atau hosting yang terdistribusi secara geografis?
  • Layanan tambahan apa yang Anda butuhkan? Misalnya layanan email, managed hosting, dan offsite backups.
  • Seberapa penting uptime untuk Anda? Apakah situs Anda menghasilkan uang dan bagaimana dampak uptime pada Anda?
  • Apa saja saluran dukungan yang Anda butuhkan? Apakah Anda menginginkan layanan telepon dan live chat 24/7 atau cukup dengan email support di luar jam kerja?

Daftar di atas adalah pertanyaan mendasar yang perlu Anda jawab sendiri. Cari tahu gambaran tentang apa yang Anda ingin lakukan dengan web Anda sekarang dan apa yang akan terjadi dalam 12 bulan ke depan.

Jenis-Jenis Server Pada Web Hosting

Shared server

Pada shared server Anda berbagi tempat dengan pengguna lain. Sama seperti menjalankan bisnis di pasar konvensional, ada beberapa keterbatasan dan apa yang Anda lakukan bisa mempengaruhi pengguna lain, dan begitu juga sebaliknya. Tapi shared server lebih murah dibanding dedicated server. Harga shared hosting dengan penyedia layanan yang baik sangat terjangkau. Selain itu, semua yang Anda butuhkan untuk website bisnis berskala kecil ada di dalamnya. Anda bisa dapatkan tips mengembangkan bisnis berskala kecil di artikel dewaweb lainnya.

Virtual private server (VPS)

Virtual private server (VPS) adalah gabungan dari server dedicated dan shared. Anda bisa juga menganggapnya sebagai kelas yang lebih tinggi dari shared server. Menggunakan VPS sama dengan menjalankan bisnis di sebuah mall. Tidak seperti shared server, dimana Anda berbagi semua resource, VPS memiliki beberapa bagian dan tiap website menempati bagian yang telah ditentukan. Tiap bagian terpisah dan bekerja mandiri.  Harga VPS ada diantara dedicated dan shared hosting. VPS bisa jadi solusi bila Anda menjalankan web dengan traffic tinggi.

Dedicated server

Dedicated server paling mudah penjelasannya. Sama seperti namanya, server ini tidak Anda bagi dengan pengguna lain dan tak ada siapapun yang bisa mengaksesnya. Anda bisa jalankan satu atau beberapa website, terserah Anda. Ini sama seperti memiliki bisnis sendiri di tanah milik pribadi. Anda bisa melakukan apapun secara virtual, tapi ini juga jadi pilihan yang paling mahal. Tidak seperti pilihan lain, Anda perlu memiliki kemampuan IT, atau mempekerjakan orang yang memiliki skill ini, karena semua yang Anda lakukan pada web terserah Anda.

Cloud hosting

Secara esensi berarti ada banyak server bergabung menjadi satu untuk memberi performa hosting yang lebih baik dan lebih cepat. Memiliki cloud hosting berarti kecepatan website lebih baik dan beban kerjanya seimbang. Kebanyakan orang mempertanyakan keamanannya karena ada banyak web yang berbagi cloud yang sama. Tapi bagi kebanyakan pengguna, ada lebih banyak keuntungan dibanding kerugiannya.

Colocated hosting

Colocated hosting mirip dengan dedicated hosting. Ini berarti Anda menempatkan server sendiri di lokasi service penyedia layanan, sama seperti  memiliki server di kantor sendiri tapi ditempatkan di area yang spesifik dibuat untuk server.

Managed hosting

Managed hosting hampir sama dengan dedicated hosting. Anda punya server sendiri, hanya saja perbedaannya Anda tidak punya kontrol penuh. Dengan cara ini penyedia jasa mencegah pengguna mengubah konfigurasi atau modifikasi server. Tapi jangan khawatir, Anda masih bisa menata semua data Anda.

Reseller hosting

Pada reseller hosting, Anda sebagai klien bisa menjadi web host. Ini berarti Anda membeli layanan penyedia dan menjualnya ke pihak ketiga untuk mendapat keuntungan. Pilihan ini bisa berupa jenis hosting apapun tapi Anda perlu memiliki pengetahuan IT karena Anda akan menjadi host-nya, berarti semua masalah hosting akan Anda atasi sendiri.

Clustered hosting

Clustered hosting berarti Anda memiliki banyak server dengan host konten yang sama. Dengan begitu bila satu server perlu reboot atau down, situs Anda tetap online. Pilihan ini tepat untuk situs dengan traffic sangat tinggi.

Grid hosting

Grid hosting memanfaatkan beberapa server cluster yang bertindak seperti grid dan terdiri dari banyak bagian. Dengan begitu satu situs dengan bagian berbeda dari web bisa beroperasi secara mandiri.

Biasanya shared server hosting cukup untuk menjalankan website bisnis berskala kecil atau blog Anda. Tapi tak ada salahnya mengetahui pilihan lain yang ada, yang mungkin Anda butuhkan ketika situs Anda berkembang dan Anda mulai mendapat 1000 pengunjung per bulannya.

Para pemula juga bisa menggunakan shared hosting account yang bagus, karena harganya murah, mudah digunakan, dan memadai untuk kebanyakan situs baru. Selain itu, Anda bisa selalu upgrade ke VPS atau dedicated hosting di kemudian hari bila situs tumbuh lebih besar.

Membuat keputusan tentang web hosting mana yang Anda pilih bukan hal yang mudah. Ditambah lagi, banyak perusahaan di luar sana yang menjanjikan uptime 99 persen, resource tak terbatas, dan support yang baik. Anda harus memilih berdasarkan informasi valid yang Anda peroleh bukan?

Dengan memahami kriteria berikut, Anda akan bisa memutuskan hosting company yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Harga

Ini jadi aspek pertimbangan pertama ketika memilih penyedia hosting, tapi jangan menjadikannya faktor pembuat keputusan utama. Ketika melihat perbedaan harga, ingat apa yang akan kita peroleh dengan harga tersebut. Memilih tawaran dengan harga paling murah bukan ide yang bagus, terutama bila Anda mengandalkan situs untuk menghasilkan uang.

Hal-hal seperti non-outsourced support dan kualitas hardware membutuhkan biaya dan perusahaan hosting yang mematok bayaran rendah per bulannya kemungkinan tidak akan menawarkan fitur ini. Lihat lebih dekat fitur yang tiap host berikan, lalu bandingkan harganya.

Area Fokus

Merupakan sebuah fakta kalau tidak semua web host tepat untuk semua pelanggan yang berbeda. Beberapa menawarkan shared plan yang baik tapi tidak punya solusi yang baik untuk menumbuhkan bisnis, sedang lainnya memiliki solusi perusahaan yang baik tapi tidak sesuai untuk Anda. Lihat ke spesialisasi perusahan sebelum Anda membeli. Pilih yang memahami kebutuhan Anda sebagai pelanggan. Anda bisa menemukan ulasan dan rekomendasi di internet, dan banyak yang membahas keunggulan dan kelemahan perusahaan hosting tertentu.

Spesifikasi Teknis

Lihat kembali situs Anda,  bila Anda menginginkan host sebuah blog, situs niaga, konten, dan video, maka Anda tidak bisa memilih paket hosting paling murah. Hosting plan yang murah mungkin tidak memiliki RAM, dan processing power untuk melayani semua kebutuhan ini. Anda juga akan menghabiskan lebih banyak waktu berurusan dengan down time dan masalah loading.

Lihat apa yang Anda peroleh dari host berharga murah dan fitur apa yang disertakan dengan harga tersebut. Apakah mereka meminta biaya untuk domain tambahan, support, backup, dan sebagainya? Telepon mereka, ajukan pertanyaan, dan beritahukan situs apa yang Anda impikan.

Technical Support

Ketika situs Anda mengalami  down, bisakah Anda menelepon dan bicara pada seseorang dari perusahaan hosting yang Anda pilih? Selain itu, bisakah mereka mencari tahu apa yang terjadi dan memperbaikinya? Atau setidaknya memberitahu Anda apa yang harus dilakukan agar situs bisa kembali online?

Lihat berbagai cara berbeda yang bisa Anda pilih untuk menghubungi mereka ketika Anda butuh bantuan, baik berupa email, telepon bebas pulsa, chat, atau lainnya. Apakah staf mereka siap 24 jam setiap hari? Apakan mereka outsource support?

Pada akhirnya Anda akan tahu bahwa seperti halnya pada harga dan spesifikasi teknis, semua host tidak sama. Beberapa unggul dalam support crew, dan yang lain mengaggap customer support sebagai nomor urutan akhir. Anda harus hindari yang terakhir.

Fitur

Area ini jadi pertimbangan selanjutnya. Apa yang membuat sebuah perusahaan hosting spesial? Insentif tambahan apa yang mereka siapkan untuk membuat hosting situs Anda memiliki sentuhan lebih menarik?

Apakah ada fitur tambahan seperti backup data yang teratur atau privasi domain gratis? Hosting company sering menawarkan lebih dari sekedar server. Bila Anda melihat tawaran mereka sebagai sesuatu yang Anda butuhkan dan penting, maka ini jadi indikator bagus bagi Anda untuk menggunakan layanan perusahaan itu.

Hardware

Anda mungkin perlu sedikit membaca atau mengajukan pertanyaan untuk memperoleh informasi ini. Mesin jenis apa yang perusahaan hosting Anda gunakan? Apakah mesin tingkat atas atau mesin baru yang beda dari yang lain? Bila perusahaan tidak menyebutkan jenis server yang mereka gunakan, Anda perlu menanyakannya, karena hardware bisa mempengaruhi performa server maupun situs Anda.

Ulasan dari pelanggan

Ini jadi faktor yang membuat Anda perlu sedikit kreatif untuk mengetahuinya. Lakukan Google Blog search untuk perusahaan hosting tertentu  atau cari informasinya di Twitter. Lakukan apapun untuk mengetahui apa yang dikatakan pelanggan mereka tentang layanan mereka. Apakah mereka mudah dihubungi untuk dimintai bantuan? Berapa lama rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk merespon keluhan pelanggan? Ketika menemukan masalah pada situs, apa yang mereka lakukan? Anda bisa peroleh jawaban dari pertanyan-pertanyaan tadi melalui media sosial. Ajukan pertanyaan tentang sebuah perusahaan hosting, dan Anda akan lebih mudah mendapat jawabannya. Anda juga bisa baca artikel kami tentang engage customer di media sosial.

Fitur Email

Bila Anda mengalami masalah spam, ini bisa terjadi karena perusahaan hosting tidak menyediakan solusi memadai untuk menghentikannya. Tanyakan tentang solusi spam dari penyedia layanan dan praktek email umum.

Control Panel

Meskipun Anda orang yang tidak update tentang teknologi, ada beberapa hal seperti menginstal WordPress, mengatur email, atau mengatur akun FTP, yang harus bisa Anda lakukan sendiri tanpa menghubungi support line perusahaan hosting. Apakah penyedia layanan Anda menggunakan cPanel atau Plesk untuk membuat update dan memudahkan modifikasi, atau mereka menggunakan interface yang tidak bisa diketahui siapapun? Bila Anda tidak mengetahuinya, ini bisa jadi masalah.

Skalabilitas

Hal penting lain untuk jadi pertimbangan tentang penyedia hosting adalah apakah sesuai dengan rencana Anda di masa depan. Dengan kata lain, kebutuhan apa yang Anda anggap hosting tidak bisa penuhi dalam dua tahun ke depan, ketika Anda mulai memperoleh traffic yang bagus dan pelanggan mulai jatuh cinta pada bisnis Anda.

Perusahaan berbasis web manapun harus bisa mengawasi pertumbuhannya, jadi bila perusahan hosting kesulitan mengakomodasi pertumbuhannya, itu bisa jadi masalah. Apakah host memiliki VPS atau solusi untuk dedicated server? Apakah mereka bisa dengan mudah meng-upgrage akun Anda? Transfer dari satu host ke yang lain membutuhkan waktu dan usaha yang dapat dihindari bila perusahaan bisa meningkatkan solusi pertumbuhannya. Seperti faktor pertimbangan lainnya, lakukan riset, cari pendapat pengguna lain, dan buat keputusan berdasarkan informasi yang Anda peroleh.

1,030 total views, 2 views today