Pilih Lokasi Server? Bisa!

Dewaweb memberikan pilihan lokasi datacenter ketika Anda melakukan pemesanan paket cloud hosting dan cloud server, tanpa mengenakan biaya tambahan.

Untuk paket cloud hosting, ada 2 pilihan lokasi saat ini: Singapore dan Los Angeles (USA).

Untuk cloud server, ada 9 pilihan lokasi: Singapore, Tokyo, San Jose, Seattle, Chicago, Dallas, Utah, Washington, London.

Lokasi mana yang sebaiknya saya pilih untuk website saya?

Pilihlah lokasi di mana mayoritas pengunjung website (target pasar) Anda berada. Contoh:

  1. Singapore: kalau mayoritas pengunjung website Anda dari Indonesia, Singapura, Malaysia, dan sekitar Asia.
  2. Los Angeles (West Coast, USA): kalau pengunjung website Anda dari berbagai belahan dunia. Los Angeles cukup strategis karena terletak di West Coast dan paling dekat ke Asia sehingga pengunjung dari Asia pun tetap bisa mengakses website Anda dengan cepat.
  3. London (UK): kalau mayoritas pengunjung website Anda dari Inggris dan Eropa. * lokasi ini  hanya untuk cloud server
  4. Tokyo: kalau mayoritas pengunjung website Anda dari Jepang dan Asia. * lokasi ini hanya untuk cloud server

Apa keuntungannya memilih lokasi website saya di Singapura daripada di Indonesia?

Banyak pemilik website berpikir bahwa lokasi server di Indonesia lebih baik dan lebih cepat dibanding di Singapura karena langsung terhubung dengan IIX (Indonesia Internet Exchange).

Ada beberapa hal yang sangat penting untuk dipertimbangkan:

  1. Singapura berada sangat dekat dengan Indonesia dimana semua ISP di Indonesia pasti punya direct peering dengan network di Singapura.
  2. Latency network dari Indonesia ke Singapura hanya sekitar 15-20 miliseconds dan packet loss hampir tidak ada.
  3. Infrastruktur Internet dan datacenter di Singapura jauh lebih baik dibanding di Indonesia (supply listrik, keamananan, kualitas network, peering, dan lain-lain).
  4. Singapura memiliki koneksi internasional lebih bagus sehingga website Anda yang di-hosting di sana akan tetap bisa cepat diakses dari USA, Eropa, atau China. Coba bandingkan kalau website Anda di-hosting di server Indonesia dan coba diakses oleh teman Anda yang berada di New York.
  5. Reputasi IP address di Singapura lebih baik dibanding IP address Indonesia yang terkenal banyak kasus penipuan dengan kartu kredit, sehingga banyak IP address Indonesia yang diblokir oleh ISP dan website e-commerce dari luar.
  6. Faktor SEO juga harus dipertimbangkan. Reputasi IP dan kecepatan network mempengaruhi ranking website Anda di Google dan search engine lainnya.

Lho, fitur ini kan juga ada di jasa layanan web hosting lainnya?  Apa bedanya dengan yang ada di Dewaweb?

Dewaweb akan terus menambahkan lokasi datacenter sesuai  dengan kebutuhan pelanggan dan permintaan pasar. Kami juga tidak mengenakan tarif yang berbeda untuk setiap lokasi, supaya tidak membingungkan pelanggan.

Harga di setiap lokasi tetap sama dan menyediakan unlimited bandwidth. Kapasitas network dan datacenter di setiap lokasi sangat handal dan fully redundant dengan jaminan 100% uptime.

OK.  Bagaimana caranya saya melakukan pemilihan lokasi server ini di Dewaweb?

Mudah saja kok.  Setelah Anda melakukan pemilihan paket hosting yang ingin Anda pesan dari Dewaweb, Anda akan dibawa ke halaman berikut ini:

lokasi_server

Silahkan langsung pilih lokasi server yang Anda inginkan seperti yang sudah ditunjukkan pada gambar diatas (saat ini ada 2, yakni Singapore dan Los Angeles – Dewaweb akan terus menambahkan lokasi-lokasi server ini di masa yang akan datang).  Mudah, bukan?

Jika sekiranya Anda masih memerlukan panduan yang lebih jelas tentang bagaimana cara order hosting dan domain di Dewaweb, silahkan buka postingan kami mengenai hal ini disini.

 

19,447 total views, 2 views today

Posted in:
  • Terjawab sudah

    Saya mau pindah hosting dari provider lain ke dewaweb. dengan alasan jaminan 100% uptime.

    Sebelumnya saya ragu karena pengunjung web saya indonesia, namun setelah baca artikel ini, saya jadi yakin untuk pindah