Same Prices and More RAM Power

Same Prices - Double RAM Power

Sebagai ungkapan terima kasih untuk dukungan semua Sahabat Dewaweb mempercayakan hosting websitenya, di awal tahun 2016 ini Dewaweb melakukan upgrade signifikan di kapasitas cloud resources untuk meningkatkan performance layanan dan memperkuat posisi Dewaweb sebagai High Performance Cloud Hosting Tercepat di Indonesia.

Dengan harga yang sama, semua paket cloud hosting sekarang mendapatkan peningkatan alokasi Physical RAM sebesar 2-4 kali lipat!

Scout: 64 MB -> 128 MB (200%)
Hunter: 96 MB -> 256 MB (260%)
Warrior: 128 MB -> 512 MB (400%)
Guardian: 256 MB -> 768 MB (300%)

Crusader: 384 MB -> 1024 MB (300%)
Paladin: 512 MB -> 2048 MB (400%)
Oracle: 1024 MB -> 3072 MB (300%)

Apakah Dewaweb membatasi pemakaian Virtual Memory?

Dewaweb tidak membatasi pemakaian virtual memory alias unlimited, sesuai rekomendasi best practise dari website CloudLinux“Physical memory limit is a much better way to limit memory for shared hosting.”

Dewaweb tidak menggunakan virtual memory sebagai limit, karena ini tidak akurat dan fair mencerminkan pemakaian aktual dari physical memory yang ada dalam server. Script bisa saja menggunakan 512 MB virtual memory, padahal di physical memory baru terpakai 64 MB. Dari sisi Sysadmin juga akan sulit untuk mengukur true performance dari server hosting tersebut dan mengetahui kapan saatnya yang tepat untuk menambah physical memory.

Apa bedanya Physical vs Virtual Memory?

Physical Memory adalah jumlah memori fisik yang terpasang di dalam server, misal 16 GB RAM. Linux Kernel Memory Management kemudian mengalokasikan physical memory tersebut ke dalam banyak pages yang jumlahnya dinamis dan bisa ditambah dengan kapasitas hard-disk (disebut swap space) untuk membentuk yang namanya virtual memory. Setiap proses script yang berjalan di server akan diatur penggunaan memory-nya sehingga efisien dan optimal, tujuannya agar tidak menghabiskan kapasitas memory fisik yang terpasang. Kalau physical memory ini sampai full, maka server akan mulai melakukan swapping memory (minjam/hutang) ke hard-disk dan terjadi penurunan performance karena kecepatan baca/tulis hard-disk masih di bawah kecepatan RAM.

Silahkan lihat screenshot pemakaian memory di dalam server di bawah ini:

screenshot-top

VIRT = virtual memory usage
RES = physical memory usage

Jumlah pemakaian virtual memory akan selalu lebih tinggi dibanding pemakaian physical memory. Contoh proses php untuk user “mechanic” di atas menggunakan 275 MB virtual memory dan “hanya” 16 MB physical memory. Besar kecilnya ini juga dipengaruhi oleh seberapa efisien coding di dalam script. Kalau script-nya tidak efisien maka akan memboroskan virtual dan physical memory.

Dewaweb menggunakan LiteSpeed Enterprise dan HTTP/2 yang jauh lebih optimal dan efisien dalam pemakaian memory untuk menjalankan script dibanding Apache dan protokol lama HTTP/1.1.

Untuk Sahabat Dewaweb yang ingin mengoptimalkan pemakaian memory di dalam websitenya, silahkan lihat tips di bawah ini:
Tips Optimasi Sumber Daya Hosting

Sekian dulu yah pengumuman dan tips untuk hari ini. Semoga membantu dan sukses selalu untuk websitenya!

3,892 total views, 4 views today

  • gue udah riwa-riwi dari hosting yg katanya no.1 di Indonesia sampe yang super murah sampe yg sekelas siteground (growbig), tp setelah pindah ke dewaweb, saya puas bangets, web saya superr bangets cepet cuper… nih hosting..wuss wusss…and pelayanan gila bangets…cepet 🙂