Panduan SEO Copywriting

Satu tantangan besar yang sebenarnya selalu dihadapi oleh blogger atau online marketing media adalah bagaimana menulis suatu konten yang ramah SEO sekaligus menarik untuk dibaca dan bahkan disukai atau dibagikan kepada orang lainnya. Sebab ketika Anda menyajikan konten secara online, ada aturan-aturan maupun kondisi terkait dunia internet yang tak dapat Anda abaikan. Inilah mengapa panduan SEO Copywriting ini penting untuk Anda cermati dan coba terapkan.

Memang SEO itu sendiri kerap kali membuat blogger dan online marketing media kebingungan karena banyaknya perdebatan atau informasi terkait yang saling tumpang tindih atau bahkan silang menyilang. Mengenai itu, Anda bisa mencari penjelasan lebih komprehensif soal SEO yang kredibel. Namun SEO Copywriting ini akan lebih mudah Anda pahami ketika Anda menangkap bahwa pengunjung website datang lebih dulu sebelum algoritma mesin pencari.

Pada dasarnya tujuan SEO Copywriting bukanlah sekadar meningkatkan traffic pengunjung, melainkan  memenuhi dua macam kebutuhan pelanggan atau pengunjung itu sendiri. Kedua kebutuhan itu adalah mendapat konten yang menarik dan mendapat konten yang membantu mereka memecahkan masalah mereka. Sesederhana itu, cobalah untuk mengingat kedua kebutuhan pasar tersebut sebagai acuan Anda dalam membuat konten.

Tetapi bagaimana Anda bisa mencapai tujuan tersebut? Bagaimana caranya supaya Anda bisa meraih banyaknya traffic pengunjung sekaligus menghasilkan konten yang bagus bagi pengunjung? Inilah mengapa panduan SEO copywriting dibutuhkan. Jangan kebingungan bila Anda tak dapat membayar seorang SEO copywriter yang ahli. Anda tak perlu menghabiskan uang Anda untuk memperkerjakan mereka jika Anda telah memahami SEO copywriting ini. Atau, Anda bisa saja jadi seorang guru bagi para pekerja Anda dengan adanya panduan ini agar usaha Anda membuahkan hasil.

Pengetahuan Dasar SEO

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization yang berarti sebuah proses atau cara yang dilakukan untuk meningkatkan efisiensi konten Anda demi mesin penelusur semacam Google. Ketika Anda mencari tau tentang sesuatu di mesin penelusur semacam Google, Google akan menampilkan halaman utama hasil pencariannya bagi Anda. Halaman pertama, terutama baris pertama ini berupa konten-konten website yang dianggap Google sebagai jawaban terbaik bagi pengguna. Namun proses ini juga terkait dengan algoritma apa yang sedang dipakai Google saat ini karena Google terus-menerus memperbaharuinya.

Bagaimana Google dapat mengetahui mana konten yang paling baik bagi pengguna? Ada sebuah proses SEO yang terjadi di sana. Namun secara teknis Google menilainya dari dua aspek:

  • Relevansi

Google menentukan keterkaitan topik yang pengguna cari dengan konten yang ada melalui beberapa faktor termasuk di mana dan seberapa sering konten memuat keyword atau kata-kata terkait tertentu.

  • Authority

Google mengukur otoritas web page Anda dari seberapa banyak link yang ditautkan ke konten tersebut dan seberapa dapat dipercayanya tautan tersebut.

Pengetahuan Dasar Copywriting

Copywriting sebenarnya adalah perpaduan seni dan pengetahuan pada praktiknya. Tujuannya bisa jadi untuk mendorong pembaca membeli produk, memakai jasa, atau mengubah sikap mereka terhadap sesuatu yang dapat menguntungkan pihak penulisnya. Sehingga, tak berlebihan bila Anda menyebut copywriter sebagai pihak marketing bagi perusahaan Anda juga. Intinya copywriter berperan besar dalam menggerakan massa atau target pasar Anda.

Copywriter adalah seseorang yang mengetahui kebutuhan bahkan karakter target pasarnya dan kemudian memutuskan kata-kata atau konten seperti apa yang dapat menarik mereka untuk tidak sekadar membaca tetapi juga bertindak. Mereka biasa juga disebut sebagai pekerja kreatif. Terkait SEO, seorang copywriter yang bekerja bagi media online pastilah seorang SEO copywriter. Sebab ia harus menyesuaikan hasil tulisan atau kontennya dengan kondisi dan aturan yang ada dalam dunia online. Terlebih lagi menyesuaikan diri juga dengan alat penelusur semacam Google yang menjadi penentu nasib apakah konten perusahaan Anda akan berpeluang besar diakses para pengguna.

Apakah Anda seorang blogger, freelance writer atau pebisnis online? Anda perlu tetap menjaga kreativitas Anda dan mengasah kemampuan menulis Anda. Jangan sampai Anda mendapat hambatan semacam writer’s block. Berikut adalah beberapa tips yang perlu Anda simak untuk menjadi seorang copywriter yang handal:

  • Mengenali diri sebagai seorang copywriter

Sesuai dengan target yang ingin dicapai seorang copywriter pada pembahasan sebelumnya, maka copywriter perlu memiliki pengetahuan dasar bahkan mendalam akan psikologi manusia terutama pasarnya atau segmentasinya. Selain itu, teori komunikasi massa atau media juga perlu dimiliki seorang copywriter agar ia tahu bagaimana cara terbaik atau efektif dalam menyampaikan pesannya sesuai dengan komunikannya.

Sadarilah bahwa pada dasarnya tidak ada orang atau pengunjung yang akan begitu saja peduli pada bisnis Anda secara mendalam seperti mencari tahu sejarah atau seberapa keras usaha Anda mendirikan dan mengembangkannya. Mereka hanya mencari apa yang mereka butuhkan atau inginkan, maka cobalah untuk memperhalus cara Anda memasarkan diri sendiri melalui konten Anda. Sebab bila ditinjau dari sisi psikologi komunikasi, pesan yang disampaikan dengan penyisipan alam bawah sadar akan lebih mudah diterima oleh komunikan dibanding pesan yang disampaikan secara langsung.

Cobalah melakukan penjualan seolah-olah Anda hanya menjual konten kepada satu orang saja atau secara perorangan. Buatlah mereka merasa lebih dekat, lebih terhubung secara personal dengan Anda sebagai penulis. Dengan usaha ini, Anda dapat meraih kepercayaan dan kenyamanan mereka sehingga mereka bahkan bisa jadi mencari-cari tulisan Anda di waktu mendatang, menantikan untuk berkomunikasi dengan Anda lagi.

Terakhir, sesuaikan gaya bahasa Anda sebagai copywriter dengan bagaimana biasanya mereka berbahasa. Jangan sampai tulisan atau konten Anda yang sebenarnya komprehensif membuat mereka enggan membacanya karena merasa malas dengan bahasa kaku dan sangat teknis yang Anda tuliskan.

  • Menerapkan teknik yang baik dan benar dalam copywriting

Teknik yang kami sarankan bagi Anda copywriter adalah teknik AIDA. Apa itu AIDA? Sebenarnya itu adalah singkatan untuk beberapa tahap yang perlu Anda perhatikan dalam melakukan copywriting: Attention; Interest, Desire, Action.

Attention berarti perhatian. Anda harus menggaet perhatian pembaca dalam waktu singkat sedari awal. Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan oleh SilverPop pada tahun 2013, batas waktu Anda untuk menangkap perhatian pengunjung di sebuah media online adalah 8 detik maksimal. Lalu bagaimana caranya menarik perhatian mereka hanya dalam waktu sesingkat itu? Ada banyak cara sebenarnya. Misalnya pemilihan kata pada judul. Anda bisa saja membuat judul yang sensasional, judul yang menarik pembaca untuk klik tautan Anda, namun apa yang perlu Anda pastikan adalah apakah judul ini relevan dengan isinya dan apakah judul ini tidak bersifat menipu?

Interest berarti ketertarikan. Ini adalah tahap selanjutnya setelah Anda berhasil menarik pengunjung untuk klik tautan Anda. Pada tahap ini, Anda perlu membuat mereka tetap tertarik dan melihat seluruh konten yang ada hingga suatu konten itu beres. Ada beberapa hal yang bisa dimasukkan ke konten yang mampu mempertahankan ketertarikan mereka yaitu informasi/ fakta, statistika, studi kasus, contoh kondisi ideal dan alasan mengapa mereka perlu tahu atau peduli pada konten yang Anda bagikan.

Desire berarti hasrat. Pada level ini, Anda akan membuat mereka untuk memiliki keinginan terkait apa yang Anda tawarkan, apakah ide/ produk/ jasa. Cobalah untuk menyajikan manfaat dibanding fitur. Apa itu fitur? Contohnya Anda hanya menyebut produk Anda seperti “Obat Antidepressant Prozac”. Maka tidak akan muncul ‘desire’ yang cukup agar mereka melakukan tahap berikutnya yaitu transaksi atau aksi. Cobalah untuk menjualnya seperti “Pusing dengan drama-drama kehidupan yang tak kunjung usai? Ingin menurunkan emosi Anda seketika agar lancar berkomunikasi dengan siapapun? Cobalah minum obat antidepressant yang tak berefek samping satu ini” lalu masukkan gambar yang bukan gambar produk melainkan gambar seseorang yang berekspresi santai sedang berinteraksi dengan teman-teman kantornya.

Action adalah tahap terakhir yang berarti transaksi atau aksi. Jika Anda berhasil pada tahapan-tahapan sebelumnya, pengunjung atau pembaca akan menerima konten Anda sepenuhnya baik itu ide, produk atau jasa yang ditawarkan.

Pengetahuan Teknis SEO Copywriting

Ada banyak hal teknis yang sebenarnya tak boleh dilewatkan untuk Anda kelola dalam melakukan SEO copywriting. Satu sama lain tak ada yang lebih penting atau wajib diutamakan dibanding lainnya. Semuanya saling mendukung sebagai suatu kesatuan dalam proses optimasi. Berikut kami akan memaparkan berbagai hal yang bisa mendukung optimasi copywriting Anda:

  • Cepatnya Loading Website

Telah banyak studi yang menyatakan bahwa kecepatan dimuatnya website atau web page secara utuh sangat memengaruhi tindakan pelanggan atau pengunjung Anda. Mereka memiliki kecenderungan meninggalkan halaman Anda begitu saja saat mereka membutuhkan waktu lama untuk mengaksesnya karena loading page. Solusi yang sebenarnya sangat pasti untuk hal ini adalah dengan menggunakan jasa web hosting terpercaya yang cepat dan aman. Apalagi di Indonesia sendiri telah tersedia banyak jasa web hosting yang bisa Anda tinjau kualitasnya baik dari ulasan pelanggan maupun penjelasan teknis bagaimana mereka sebenarnya bekerja. Salah satu jasa web hosting yang menarik adalah jasa hosting dengan teknologi cloud. Bedanya teknologi ini dengan web hosting tradisional adalah cloud hosting menggunakan teknologi mutakhir yang memungkinkan website Anda tidak crash atau error ketika ada ledakan pengunjung. Selain itu, teknologi ini bisa memastikan kecepatan loading page Anda menjadi maksimal.

  • Headline Ramah SEO

Ada dua jenis judul yang terjamin disukai oleh mesin penelusur semacam Google yaitu judul yang memuat angka dan judul yang memuat tanda kurung atau atribut kata positif seperti contoh berikut “10 Cara Optimasi Website Terbaik (Mudah)”. Selain itu tentunya memuat keyword yang Anda targetkan terkait mesin pencari adalah suatu kewajiban. Byangkan jika judul Anda sama sekali tak berkaitan dengan isinya yang sedang ingin pengguna Google cari di mesin penelusur.

  • Konten Ramah SEO

Konten yang ramah SEO adalah konten yang memerhatikan faktor-faktor SEO. Maka Anda perlu memerhatikan kata-kata atau konten yang seperti apa yang disukai mesin pencari. Cobalah hindari jumlah keyword yang terlalu banyak dan tempatkanlah keyword Anda secara natural. Idealnya letakkan keyword anda pada tajuk-tajuk utama, khususnya ketahuilah soal Heading Tags yang dapat menolong Anda sebagai SEO copywriter untuk memperkirakan di mana seharusnya Anda menyisipkan keyword-keyword Anda.

Informasi yang tak kalah pentingnya untuk Anda perhatikan adalah kaitannya dengan algoritma yang sedang dipakai oleh Google belakangan ini agar SEO pada konten Anda tepat sasaran. Pembaruan Google Panda 4.1 dirancang untuk memberi penalti pada konten dangkal. Google menjauhkan konten-konten yang tak disukainya dari posisi peringkat tinggi di hasil pencarian Google. Sebuah posting blog atau artikel minimal harus memuat 1000 kata. Tetapi itu bukan satu-satunya faktor sehingga ada saja konten yang tak terlalu pendek bertahan di peringkat atas hasil pencarian Google.

  • Meta Description Tepat

Sebelum menulis konten Anda, sebelum mempublikasikannya, gunakanlah meta description untuk membantu memandu mesin telusur. Meta description ini yang akan membantu mesin pencari semacam Google untuk memahami topik dari konten Anda dan bagaimana kata kunci atau frase yang ditargetkan tetap muncul di konten. Inilah bagaimana perusahaan atau ahli SEO mendapatkan uang banyak, karena mereka mengerti bagian ini.

Moz mencatat bahwa deskripsi meta adalah atribut HTML yang memberikan penjelasan ringkas ke Google mengenai konten Anda. Tag dilampirkan dengan <head> section </ head> di halaman web Anda.

Google menggunakan Meta Description di halaman Anda sebagai cuplikan saat pengguna mencari keyword yang relevan dengan konten atau web page Anda. Salinan cuplikan inilah yang akan menentukan apakah Anda mendapatkan klik atau tidak, tidak peduli seberapa tinggi peringkat Anda di hasil pencarian.

Untuk keperluan SEO, deskripsi meta yang ideal harus sebanyak 150 – 160 karakter.

  • Frekuensi Keyword

Memang faktor satu ini tidak terlalu berdampak pada mesin pencari Google sejak algoritma terus diperbaharui. Meskipun demikian, kepadatan kata kunci masih berdampak pada peringkat organik sampai batas tertentu. Maka Anda perlu tetap memasukkan sejumlah kata kunci Anda dan memuatnya berulang kali untuk menunjukkan bahwa kata kunci tersebut penting. Jangan terlalu berlebihan, seperti yang sebelumnya kami sampaikan di faktor ‘Konten Ramah SEO’, cobalah menyisipkannya secara natural.

Satu-satunya cara untuk mengetahui apakah pengulangan kata kunci Anda sudah pas atau spamming adalah dengan mengukur frekuensi terhadap keseluruhan panjang konten. Kepadatan kata kunci yang lebih besar dari 5,5% dapat membuat Anda kena penalti dari Google. Anda tidak perlu bolak-balik mengulangi kata kunci untuk mengoptimalkan konten Anda. Jika Anda melakukannya, justru ada kemungkinan Anda akan mencapai hasil yang berlawanan dengan apa yang Anda harapkan.

  • Link Mumpuni

Google menyukai konten yang memuat link-link berkualitas yang memuat konten bagus lainnya. Bila Anda memuat banyak link berkualitas tersebut, Google akan menganggap Anda makin kredibel karena faktor sosialisasi dengan website lainnya yang juga kredibel. Maka jangan ragu untuk mengaitkan konten Anda ke konten dari website lainnya. Hal ini justru membantu Google dalam menaikkan peringkat Anda di halaman hasil pencarian.

Ada dua macam link yaitu eksternal link yang Anda kaitkan ke selain website Anda sendiri dan satu lagi terkait atau terhubung ke website Anda sendiri bernama link internal. Kedua macam link ini bisa menguatkan otoritas domain Anda yang akan memengaruhi ranking website Anda.

Simpulan

Dengan artikel ini, Anda telah mendapat setidaknya pengetahuan-pengetahuan medasar soal SEO copywriting. Anda telah mengetahui betapa pentingnya SEO bagi tulisan Anda karena Anda tak dapat menghindari kondisi dan aturan di internet bila target Anda adalah para pengguna internet yang mencari bahan bacaan atau konten melalui mesin penelusur. Selain itu, Anda juga telah mendapat pengetahuan ini secara bertahap mulai dari dasar SEO itu sendiri, dasar copywriting hingga teknisnya. Semoga artikel ini membantu!