Shared Hosting vs Cloud Hosting – Bagian 2

Sesuai dengan namanya, shared hosting (hosting “berbagi”) pada dasarnya adalah penggunaan 1 server oleh banyak pengguna (user) secara bersama-sama.

Ada beberapa masalah yang terjadi dengan penggunaan server secara berbagi pakai seperti ini, antara lain:

  1. Kemacetan Lalu Lintas Dalam Server (topik ini dibahas pada bagian pertama artikel ini)
  2. Bahaya Hacker dan Malware (topik ini dibahas secara khusus di artikel kali ini)
  3. Server Down (topik ini dibahas pada bagian ketiga artikel ini)

MASALAH 2:  Bahaya Hacker dan Malware

Tingkat keamanan website-website pada lingkungan shared hosting (hosting tradisional) lebih rendah ketimbang website-website yang dihostingkan pada lingkungan Cloud Hosting.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pada lingkungan shared hosting semua website pada dasarnya berada pada mesin server secara fisik yang sama.

Artinya jika seorang hacker – misalnya – berhasil menjebol masuk ke salah satu website, maka pada dasarnya hacker tersebut bebas berkeliaran di web server yang sama.  Hal ini berlaku sama untuk virus/trojan/malware-malware lainnya juga.

Dengan kata lain, jika salah satu website disusupi hacker/malware, maka semua website lainnya yang dihostingkan pada server yang sama juga beresiko untuk disusupi hacker/malware yang sama pula!

SOLUSI CLOUD HOSTING DEWAWEB: CageFS dan Time Machine Backup!

Keamanan adalah tanggung jawab bersama antara provider hosting dan pemilik website. Dewaweb akan selalu berusaha sebaik mungkin untuk menggunakan sistem keamanan yang terbaik, untuk menghalau hacker dan malware yang bisa merusak website-website yang dihostingkan bersama kami.  Namun pada prakteknya, kadang ada kelalaian dari pihak pemilik website seperti menggunakan password yang mudah ditebak atau lupa meng-update script PHP yang dipakai, sehingga akhirnya bisa dibobol oleh hacker dan disusupi script malware yang berbahaya.

Menyadari akan hal tersebut, Cloud Hosting Dewaweb berprinsip bahwa sistem keamanan yang terbaik sebenarnya terletak pada backup.  Pada intinya, Anda dan semua orang yang memiliki website, hanya memiliki 1 keinginan penting:  website yang dihostingkan selalu “on” dan jangan pernah down dengan alasan apapun.

Oleh karena itu, Dewaweb menyediakan fitur Time Machine Backup, yakni fitur backup otomatis terhadap website-website yang dihostingkan pada Cloud Hosting kami.

Harus kami akui, ancaman hacker dan malware akan selalu ada dan tidak bisa dihindari.  Apabila itu terjadi, pada dasarnya kami sudah melakukan setidaknya 2 langkah antisipasi penting:

  1. Setiap account hosting diamankan dengan chroot jail dari CageFS (salah satu fitur unggulan dari CloudLinux) sehingga berada di lingkungan yang terisolasi dan kalau ada hacker/malware yang merusak sebuah website, tidak bisa berkeliaran seenaknya untuk merusak website-website lainnya.
  2. Backup berkala 1 kali setiap hari secara otomatis terhadap semua website yang dihostingkan bersama Dewaweb

Dengan kedua langkah antisipasi tersebut diatas maka hacker dan malware tidak lagi bisa menyebar di sistem kami, dan setiap website yang mungkin sudah sempat terjangkit/dirusak oleh hacker/malware bisa dengan cepat dipulihkan kembali dengan me-restore backup yang sebelumnya sudah ada dari cPanel – Time Machine Backup.

Dewaweb - Time Machine Backup

Tentunya fitur Time Machine Backup ini bukan hanya berguna dalam sisi keamanan saja, namun juga berguna apabila terjadi kesalahan-kesalahan lain yang tidak diinginkan.

Penjelasan lebih lanjut mengenai manfaat-manfaat dari Cloud Hosting Dewaweb akan menjadi semakin jelas setelah Anda membaca artikel kami yang berikutnya yakni:

Shared Hosting vs Cloud Hosting – Bagian 3.

19,011 total views, 8 views today