Shared Hosting vs Cloud Hosting – Bagian 3

Sesuai dengan namanya, shared hosting (hosting “berbagi”) pada dasarnya adalah penggunaan 1 server oleh banyak pengguna (user) secara bersama-sama.

Ada beberapa masalah yang terjadi dengan penggunaan server secara berbagi pakai seperti ini, antara lain:

  1. Kemacetan Lalu Lintas Dalam Server (topik ini dibahas pada bagian pertama artikel ini)
  2. Bahaya Hacker dan Malware (topik ini dibahas pada bagian kedua artikel ini)
  3. Server Down (topik ini dibahas secara khusus di artikel kali ini)

MASALAH 3: Server Down

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan sebuah server hosting down (tidak bisa diakses).

Pertama, sebuah server hosting pada dasarnya hanyalah sebuah mesin komputer yang terdiri dari berbagai komponen hardware (motherboard, CPU, memory, hard disk, power supply, dan lain-lain) yang masing-masing komponen ini memiliki umur tertentu dan ada risiko kerusakan ketika dipakai terus menerus selama 24 jam sehari. Ketika terjadi kerusakan pada salah satu komponen ini, diperlukan waktu untuk mendiagnosa dan mengganti komponen yang rusak tersebut dengan yang baru. Yang lebih kacau lagi, kalau komponen rusak tersebut tidak ada stock, maka perlu order dulu ke vendor. Bayangkan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk server bisa berfungsi normal kembali?

Kedua, sebuah server hosting terkoneksi pada jaringan Internet di datacenter yang berisi kumpulan komponen network (router, switch, power supply, UPS, dan lain-lain) yang juga memiliki potensi kegagalan hardware yang sama seperti di atas.

Ada risiko lain yang lebih berbahaya yaitu risiko kerusakan dan kehilangan data dikarenakan hard disk server rusak atau RAID array corrupted. Ini yang paling ditakuti oleh banyak provider hosting terutama kalau tidak ada full backup. Server bisa down berhari-hari dan kalau pun berfungsi normal lagi, akan banyak data website customer yang rusak.

Ketika hal-hal tersebut diatas terjadi, umumnya akan memakan waktu cukup lama sebelum sebuah server yang “down” menjadi “up” kembali.  Katakanlah paling cepat dibutuhkan waktu 2 jam untuk perbaikan maka 2 jam yang diperlukan untuk perbaikan tersebut adalah merupakan “down time” bagi website Anda, dan ini sebenarnya sangat merugikan Anda karena selama 2 jam tersebut website Anda menjadi tidak bisa diakses oleh siapapun, khususnya oleh para pelanggan Anda!

SOLUSI CLOUD HOSTING DEWAWEB: Auto Healing Network

Prinsip utama dari sebuah jaringan cloud computing (komputasi awan) adalah diversifikasi di mana server-server yang terdapat dalam cluster yang disebut “cloud” saling terhubung satu sama lain dan saling “melindungi” ketika terjadi kerusakan pada salah satu server.

Setiap website yang ditaruh di Dewaweb akan otomatis dilayani oleh sekumpulan server di jaringan cloud ini dan memiliki kemampuan memperbaiki sendiri secara otomatis. Hal ini yang kami sebut sebagai “Auto Healing Network” – jika sebuah cloud server harus “down” dengan alasan apapun, cloud server lainnya akan segera “up” menggantikan cloud server yang “down” tadi.  Proses ini umumnya hanya akan memakan waktu beberapa menit saja, dan dengan demikian amat sangat meminimalisir “down time” akibat perbaikan/kerusakan/server maintenance.

Semua data website juga disimpan di enterprise storage area network (SAN) yang sangat redundant dan reliable, terlindungi dari risiko kerusakan data. Sebagai pengamanan tambahan, Dewaweb juga melakukan backup 2 kali sehari ke remote backup server (lihat penjelasan tentang fitur Time Machine Backup di bagian kedua dari artikel ini).

Fitur Auto Healing Network dan Time Machine Backup dari Dewaweb ibaratnya sebagai web hosting insurance (asuransi web hosting).  Anda tidak pernah tahu kapan kerusakan atau kegagalan mesin akan terjadi.  Namun daripada menyesal di kemudian hari, lebih baik kita melakukan persiapan-persiapan dan antisipasi akan berbagai hal yang mungkin akan terjadi di masa mendatang.

Dengan adanya web hosting insurance semacam ini, kami berharap Anda hanya perlu fokus pada satu elemen terpenting dari website Anda, yakni pengembangan bisnis online Anda.  Biarkan kami, Dewaweb, yang menangani sisanya dan Anda bisa bernapas lega dalam mengembangkan usaha dan bisnis Anda.  Bersama Dewaweb, kesuksesan bisnis online Anda lebih terjamin!

21,183 total views, 2 views today