SMS Blast Sebagai Salah Satu Strategi Pemasaran

Apakah sebelumnya Anda pernah menggunakan SMS Blast untuk memasarkan produk Anda? Atau mungkin pertanyaan yang lebih mudah, apakah Anda pernah menerimanya? Jika Anda berdomisili di Jakarta, dan memiliki nomor telepon salah satu operator telekomunikasi pelat merah, Anda pasti sering mendapatkan SMS promo dari 2 retailer donat terkemuka, ya kan?

Menurut data statistika yang dilansir oleh Mobile Phone Marketing US , lebih dari 90% populasi di dunia memiliki telepon seluler. Hampir semua pemilik telepon seluler tersebut dapat berkomunikasi melalui teks pesan singkat. Pesan berupa teks yang dikirim melalui satu telepon seluler ke telepon seluler lainnya ini disebut sebagai pesan singkat yang biasa disebut sebagai SMS. SMS adalah singkatan dari Short Message Service.

Di antara banyak strategi marketing lainnya, mengapa Anda para pebisnis perlu melakukan SMS marketing? Bukankah ini cara kuno?

Pernahkah Anda bertanya mengapa masih banyak saja pesan-pesan pemasaran dari restoran atau perusahaan lainnya yang masuk ke inbox SMS di ponsel Anda? Mengapa kebanyakan korporat masih menggunakan metode ini? Bahkan menurut riset di atas, SMS Marketing telah diterapkan selama lebih dari 20 tahun.

Sebenarnya ada banyak kelebihan strategi pemasaran melalui SMS ini yang nanti akan kami paparkan agar Anda yakin untuk melakukan SMS marketing. Namun alasan yang paling mendasar masih terkait dengan banyaknya jumlah pengguna ponsel di paragraf pengantar sebelum. Anda dapat melihat bagaimana pelanggan atau pembeli sangat bergantung dengan perangkat komunikasi tersebut. Maka sangat masuk akal jika Anda juga melakukan komunikasi terhadap pelanggan atau pembeli Anda melalui media tersebut.

Tidak hanya ponsel biasa atau tradisional, kini pengguna ponsel pintar atau biasa disebut smartphone juga terus meningkat drastis. Berdasarkan penelitian terbaru yang dilakukan eMarketer, jumlah pengguna smartphone di Indonesia akan meningkat dari 55 juta pengguna di tahun 2015 menjadi 92 juta di tahun 2019. Saat ini, Indonesia menjadi pasar penjualan smartphone terbesar ke-3 di kawasan Asia Pasifik (Setelah China dan India). Di Asia Pasifik, telah terdapat lebih dari satu miliar jumlah pengguna smartphone.

Kelebihan SMS Marketing

Setelah membaca data statistik di atas mungkin Anda masih ragu untuk melakukan strategi marketing lewat pesan singkat. Namun, kami akan memaparkan lebih lagi keuntungan apa saja yang bisa Anda dapatkan dari SMS marketing ini!

  • Proses Cepat

SMS Marketing ini dapat dilakukan dalam hitungan menit dan diterima oleh pelanggan dalam hitungan menit pula. Waktu yang dibutuhkan oleh penerima pesan adalah kurang dari 3 menit. Dalam menyusun pesan atau teks yang Anda ingin sampaikan, tinggal merangkai kata-kata yang menarik dan to the point. Apakah Anda ingin menawarkan barang khusus yang kemungkinan besar disukai pelanggan secara personal ataukah mengirimkan pesan berantai yang berisi promo potongan harga produk Anda. Anda tidak perlu repot menyusun ide Anda ke dalam bentuk yang rumit, hanya berupa kata-kata singkat yang bermanfaat. Tidak seperti iklan di media yang perlu perencanaan cukup lama mulai dari mengumpulkan ide hingga eksekusi dan penempatan iklan itu sendiri.

  • Cocok untuk Semua Jenis Mobile Device

Melalui SMS, Anda tak perlu khawatir kalau pesan Anda tak terbaca oleh perangkat ponsel tertentu. Sebab pada dasarnya SMS ini bisa diakses dari perangkat manapun, entah ponsel tradisional atau ponsel pintar.

  • Ramah Lingkungan

Bagi Anda yang peduli akan lingkungan. Anda tentu tahu bahwa papan-papan iklan di pinggir jalan raya, atau bahkan sekadar kertas selebaran semacam brosur yang biasa dibagikan toko adalah bentuk pemasaran yang berdampak bagi lingkungan secara signifikan walau tak langsung merusak. Bayangkan kertas-kertas bosur yang dibuat dari pohon-pohon yang ditebang itu bisa ditiadakan dengan adanya online marketing atau lebih spesifik lagi, SMS marketing ini.

  • Bersifat Personal dan Langsung

Bandingkan SMS marketing yang bisa dipersonalisasi ini dengan email yang dikirim oleh sistem. Apalagi email yang Anda kirim menumpuk di kotak inbox pelanggan Anda dan bisa tergolong spam.

  • Tidak Memakan Biaya Besar

Tidak seperti strategi marketing lainnya yang cenderung membutuhkan biaya besar, dengan SMS marketing ini, Anda dapat lebih menghemat biaya. Bandingkan dengan biaya pembuatan dan pemasangan iklan di media televisi atau baliho yang harus Anda keluarkan. Atau pencetakan brosur yang Anda lakukan di percetakan yang menghabiskan biaya desain berikut tinta untuk cetak konten brosurnya.

Memahami Tujuan SMS Marketing

Sebelum mengeksekusi rencana Anda untuk melakukan SMS marketing, ada baiknya Anda melakukan peninjauan yang mendasar dan komprehensif terlebih dahulu. Gunakanlah metode yang kami sebut sebagai SMART (Specific, Measurable, Achievable, Relevant, and Time Specific). Metode ini perlu diterapkan karena SMS marketing Anda perlu tepat sasaran dan jelas agar komunikasi berupa SMS campaign ini berhasil.

Mengelola SMS Marketing Bersama

SMS marketing ini tidak dapat dikerjakan hanya oleh satu orang saja. SMS campaign yang ingin Anda lakukan perlu didiskusikan bersama-sama sesuai dengan tujuan spesifik yang telah disepakati bersama, terutama dengan departemen marketing dan public relation bila korporat Anda memilikinya.

Panggilan yang Jelas untuk Tindakan Customer

Demi membuat pesan singkat yang mendorong customer untuk melakukan transaksi, entah membeli produk atau menyewa jasa, Anda perlu memerhatikan isi SMS yang hendak dibagikan. Pesan yang hendak Anda sampaikan harus jelas dan menggugah pembaca untuk memikirkan apa yang Anda sampaikan. Buatlah lead yang memancing rasa penasaran customer. Jangan sampai penerima pesan langsung mengapus pesan Anda di inbox mereka tanpa membacanya terlebih dahulu. Perhatikan keyword Anda dan jangan membuat kata-kata yang terlalu panjang atau kaku seperti dikirim oleh sistem.

Meminta Izin Terlebih Dahulu pada Customer

Sebaiknya Anda telah mendapatkan izin terlebih dahulu dari pelanggan sebelum Anda mengirimkan SMS campaign. Namun hal ini bisa jadi dikompromikan seperti yang terjadi pada provider jaringan telepon yang mengirimkan pesan otomatis ke para pelanggannya. Meskipun demikian, biasanya provider memberi kode tertentu yang kembali tujuannya menanyakan apakah pelanggan tertarik atau tidak pada paket yang ditawarkan. Lalu provider dapat memberi short code yang dapat dipakai pelanggan untuk memanfaatkan promo yang ditawarkan contohnya “Ketik Yes/ No kirim ke 888”. Bagi Anda yang ingin mengirimkan pesan secara personal ke pelanggan, saat transaksi pertama misalnya, Anda dapat menanyakan pelanggan Anda secara tatap muka atau langsung, “Apakah kami boleh meminta nomor telepon Anda? Kami akan menginfokan Anda jika barang yang Anda minati tersedia di toko kami” dan sebagainya.

Mengetahui Peraturan dan Ketentuan SMS Marketing

Melakukan SMS marketing di Indonesia sendiri sebenarnya juga telah diatur regulasi dan kebijakannya oleh hukum. Dasar-dasar hukum yang ditetapkan terdiri dari dua bagian yaitu bagi pelaksana dan bagi customer sebagai hak-haknya. Sebenarnya, Anda bisa berkonsultasi dengan jasa konsultan dari lembaga telekomunikasi yang ada di Indonesia agar perusahaan Anda dapat melaksanakan SMS marketing dengan lebih aman, tidak merugikan pelanggan dan korporat Anda sendiri. Selain itu Anda juga dapat mencari referenssi terpercaya dari badan regulasi resmi itu sendiri seperti dari Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia . Berikut adala tabel restriction yang akan memandu Anda secara umum dalam melakukan SMS campaign!


Salah satu kesalahan yang sering dilakukan para pebisnis saat melakukan SMS marketing adalah frekuensi pengiriman pesan yang kurang sering atau rutin.

Mempertahankan Konsistensi

Seperti jenis pemasaran lainnya, Anda harus memanfaatkan karakter unik media pemasaran dan pasar Anda sendiri. Jika tidak ada, Anda harus membuat panduannya sendiri dan menggunakannya sebagai dasar bagi agenda SMS marketing Anda.

Ketika mengirim pesan kepada pelanggan, tentu Anda ingin mengirimkan pesan yang bernilai untuk disampaikan dalam setiap SMS, namun berbulan-bulan tak terhubung lewat SMS dengan para pelanggan Anda kemungkinan besar akan menyebabkan para customer berhenti subscribe atau tak peduli lagi dengan SMS campaign Anda. Cobalah untuk tetap terhubung dengan mereka. Caranya adalah mengatur jadwal rutin yang efektif sesuai pasar Anda.

Salah satu korporat bisnis produk yang paling sukses memanfaatkan SMS marketing, seperti St*rb*cks, mengirim setidaknya satu pesan dalam seminggu untuk tetap berada di pikiran pelanggan mereka. Dua retailer donat yang saya sebutkan di awal tadi juga konsisten melakukannya. Dengan promo beli 6 gratis 6, membuat kita berpikir untuk mengunjungi kedua toko tersebut jika ingin membeli donat dalam jumlah yang banyak, ya kan?

Melakukan Integrasi Saluran Media

Integrasikan semua saluran media yang perusahaan Anda miliki. Seluruh channel itu bisa berupa email, akun-akun media sosial Anda, blog dan tentunya SMS marketing ini. Bagaimana cara mengintegrasikannya? Ada banyak cara sebenarnya. Salah satunya adalah menyamakan gaya bahasa terkait penyampaian pesan, menyamakan sebutan Anda bagi customer, atau menyamakan inti pesan Anda atau nilai apa yang ingin perusahaan Anda tekankan pada customer.

Gunakan Tools SMS Marketing

Ada banyak tools menarik dan bermanfaat yang bisa Anda pakai untuk meningkatkan kinerja Anda dalam melakukan SMS marketing. Berikut beberapa tools SMS marketing di Indonesia yang dapat Anda pertimbangkan untuk digunakan:

Wavecell menyederhanakan komunikasi cloud secara real-time menggunakan Messaging Solutions dan Live Video Interaction. Teknologi ini bisa diintegrasikan ke dalam platform apapun seperti aplikasi, website dan layanan. Kekuatan Wavecell terletak pada penawaran komunikasi multi-saluran berbasis teknologi cloud kepada pengembang dan perusahaan, yang memungkinkan mereka membangun layanan dengan lebih baik lewat integrasi terhadap API dan SDK yang ada. Anda dapat mengunjungi website Wavecell untuk mengetahui informasi lebih lanjut soal layanan mereka dan berapa tarif yang mereka kenakan.

Gateway SMS Clickatell memungkinkan bisnis mengirim pesan SMS massal untuk sejumlah 6 miliar pengguna ponsel di seluruh dunia – itu lebih dari 85% dari populasi dunia. Pengiriman pesan dapat terjadi secara massal secara satu arah. Jangkauan dari layanan SMS marketing tool satu ini dapat dikatakan sangat luas. Pesan yang ingin dikirimkan dapat dibuat dan dikirim ke telepon penerimanya dalam hitungan menit. Anda dapat mengunjungi website Clickatell untuk mendapat info lebih lanjut dan mengetahui berapa tarif yang mereka kenakan bila Anda ingin menggunakan jasa mereka.

Pengiriman ribuan bahkan jutaan SMS dapat dilakukan karena adanya fitur grup di Buku Telepon. Dengan koneksi machine-to-machine pengiriman SMS dapat dilakukan secara serempak dengan sangat cepat. Anda dapat tersambung menggunakan HTTP dan SMPP ke beberapa SMS Gateway dan Selular Operator di dunia. SMS Marketing tool satu ini tidak mengirimkan SMS menggunakan SIM card (seperti Ponsel atau GSM modem). Pengiriman SMS tidak khawatir terganggu kondisi GSM signal/network, pesan yang gagal (walaupun sangat jarang terjadi) akan otomatis dicoba kembali sampai berhasil. Layanan yang disediakan juga memungkinkan untuk dapat melakukan pengiriman SMS menggunakan nama merek/brand sebagai pengirim SMS (sering dikenal sebagai Masking SMS). Dengan kemampuan untuk mengatur jadwal pengiriman SMS, Anda juga dapat membuat jadwal pengiriman SMS otomatis yang sangat fleksibel (dalam jam, hari, minggu, bulan, berulang atau tidaknya). Sangat mudah membuat promosi SMS yang terencana. Integrasikan pengiriman SMS sebagai bagian dari apapun sistem yang telah Anda gunakan seperti sistem absensi dan HRM, CRM, ERP. Anda dapat mengunjungi website dari AyoSMS untuk mendapat info lebih lengkap tentang layanan mereka dan mengetahui berapa tarif yang mereka kenakan bila Anda ingin menggunakan jasa mereka.

Bulk SMS Indonesia menyediakan pesan aman dengan menggunakan teknologi enkripsi SSL yang mengklaim dirinya sebagai SMS tools yang aman. Semua informasi Anda akan dilindungi dan dienkripsi sehingga tidak dapat dibaca oleh pihak yang tidak diharapkan. Tersedia pula paket sistem CRM bagi perusahaan Anda untuk meningkatkan efektivitas operasi. Anda dapat mencatat semua rincian pelanggan dan menghubungi mereka langsung dari Sistem CRM melalui layanan iSMS Indonesia seperti SMS, WhatsApp dan Email. Plugin SMS Bulk terpadu ke dalam sistem Anda sehingga Anda dapat memiliki platform SMS yang Anda customaized. Layanan ini akan menyediakan bantuan pemrograman dan Anda hanya perlu menyebarkan Bulk SMS Indonesia dengan Layanan Integrasi SMS ke dalam strategi Pemasaran SMS Anda. Selain itu, laporan pengiriman SMS yang komprehensif juga tersedia agar Anda dapat membuat strategi kampanye pemasaran SMS berikutnya secara efektif. Anda dapat kunjungi website dari iSMSIndonesia untuk mencari keterangan lebih lanjut dan melihat berapa tarif yang mereka tawarkan agar Anda dapat menggunakan layanan mereka.

Zenziva Adalah Layanan Online SMS Center & SMS Masking. Anda tidak perlu menyiapkan komputer khusus yang harus online 24 jam nonstop, tidak perlu membeli handphone atau modem untuk sms gateway Anda, tidak perlu membeli software sms gateway, tidak perlu install software. SMS Marketing tool satu ini memberikan solusi praktis, mudah & murah bagi Anda yang tak mau repot. Anda hanya tinggal login saja di sistem yang telah disediakan, dengan begitu Anda sudah bisa mengirim SMS campaign Anda. SMS Marketing bisa dilakukan kapan saja, dimana saja. dari laptop, tablet, ataupun smartphone Anda. Ketahui lebih lengkap soal Zenziva dengan mengunjungi alamat website mereka dan dapatkan info soal berapa tarif yang mereka kenakan bagi Anda yang ingin menggunakan jasa mereka.

Cara Mengukur Kesuksesan SMS Marketing

Ada banyak hal yang dapat dievaluasi terkait usaha Anda melakukan SMS marketing. Namun kami akan memberikan beberapa indikator penting yang menunjukkan seberapa berhasil usaha Anda dalam melakukan SMS marketing. Indikator-indikator yang baik tentunya merupakan indikator yang terukur atau jelas. Semoga poin-poin kami berikut membantu!

  • Subscriber Growth

Pantaulah pertumbuhan atau perkembangan SMS marketing Anda serta tinjau atau evaluasi hasilnya untuk mengetahui faktor apa saja yang buruk dan faktor apa saja yang baik bagi SMS campaign Anda. Analisis yang Anda lakukan akan sangat berguna tentunya bagi perkembangan usaha atau bisnis Anda.

  • Subscriber Churn Rate

Ini berupa rating yang menunjukkan seberapa besar jumlah pelanggan atau customer Anda yang berhenti berlangganan atau subscribe. Berapa presentase penurunan subscriber yang ideal? 2-3 % dari jumlah seluruh subscriber Anda.

  • Cross Channel Engangement

Pertama-tama cobalah bereksperimen dengan keywords Anda di berbagai saluran media. Caranya, masukkan beberapa keyword yang sama tapi dengan variasi kata berbeda dan lihatlah gaya bahasa atau jenis penyampaian pesan yang mana yang mendapat respon terbaik. Kemudian barulah Anda dapat menyamakannya di semua media channel Anda setelah Anda benar-benar yakin.

  • Redemption Rate

Maksud dari Redemption Rate adalah tingkat keaktifan pelanggan Anda dalam merespon SMS-SMS campaign yang Anda berikan pada mereka. Contohnya, saat ada pelanggan yang menukarkan kupon diskon atau menanyakan berita promo yang Anda berikan. Anda perlu mendatanya dan nantinya perlu juga mengevaluasi data yang Anda punya untuk mengetahui SMS campaign seperti apa yang menggugah pelanggan atau customer Anda untuk bertransaksi atau berinteraksi dengan Anda.

  • Cost Per Redeeming Subscriber

Sebenarnya aspek ini tak boleh disepelekan walau memang biaya SMS marketing cenderung lebih murah dibanding cara marketing lainnya. Tentukanlah berapa biaya yang perlu Anda keluarkan untuk SMS campaign dan pastikan Anda tidak out of budget sebab ini bisa berdampak buruk walau tak signifikan ke keuangan perusahaan Anda.

Simpulan

Kami telah memberikan panduan lengkap bagi Anda soal SMS marketing. Selain itu kami telah menunjukkan data statistik terkait yang menunjukkan seberapa berarti SMS marketing di zaman sekarang, di mana hampir semua orang menggunakan ponsel baik ponsel tradisional maupun ponsel pintar. Kami juga memaparkan manfaat-manfaat yang dapat Anda raih jika Anda melakukan strategi marketing satu ini dengan konsisten dan berhati-hati. Bahkan kami memberitahu Anda hal-hal apa saja yang perlu dikelola atau diperhatikkan soal SMS marketing dan tools apa saja yang bisa membantu Anda dalam mengelolanya. Sekali lagi, konsistensi sangat diperlukan agar hasil SMS marketing Anda maksimal. Semoga sukses, semoga artikel ini membantu!

  • Informan aktual

    Susah cari Situs judi online yang bisa di percaya…?
    Mari gabung di
    sahabatkartu,Net
    Agen judi online Terbesar dan Terpercaya se asia
    Daftar dan buktikan sendiri sekarang juga..
    PIN BB : 2BCDBEE2