Startup Sukses (15 Tips Ampuh Mewujudkannya)

Belakangan ini, kita melihat fenomena bermunculannya startup di Indonesia, menjamur layaknya bunga di musim semi, fenomena ini akan terus tumbuh seiring dengan membesarnya pangsa pasar berbasis internet di Indonesia. Namun, banyak dari startup tidak mampu meraih tangga kesuksesan tertinggi, bahkan berguguran di tengah jalan, atau gagal dalam upaya merintis jalan kesuksesan itu sendiri. Banyak faktor teknis maupun non-teknis yang mempengaruhi keberhasilan tersebut. Berikut ini adalah 15 tips ampuh yang dapat membuat startup meraih tangga kesuksesan tertinggi

Membangun Startup Sukses Dengan Memilih Nama yang Tepat

Tidak dapat dipungkiri, pemilihan nama startup sangat krusial bagi perkembangan startup itu sendiri, di dalam nama tersebut terkandung filosofi dan motivasi tersendiri bagi perkembangan startup di masa mendatang. Pilihlah nama startup yang sesuai dengan bidang usaha yang dijalani, pahami makna yang terkandung di dalamnya sebagai langkah awal menuju kesuksesan. Nama juga mempengaruhi sisi psikologis pelanggan, buatlah riset dan daftar yang panjang sebelum menentukan nama startup, bila perlu, lakukan tes atau survey mengenai beberapa pilihan nama tersebut, sehingga langkah yang mendasar ini mampu menjadi pondasi awal dalam meniti tangga kesuksesan. Silahkan baca artikel kami tentang penyebab startup mengalami kegagalan.

Memulai dengan Produk/Jasa yang Berkualitas
Kualitas produk yang akan dijual adalah langkah yang sangat menentukan keberhasilan suatu startup, apabila produk yang kita jual merupakan produk dengan kualitas yang bagus dan mumpuni, maka bukan tidak mungkin pangsa pasar akan dapat dikuasai dan tangga kesuksesan akan mudah kita daki. Hal ini juga berlaku terhadap jasa atau layanan yang ditawarkan oleh suatu startup, terlepas dari ciri khas produk/jasa yang ditawarkan suatu startup, kualitas adalah yang utama dan prioritas pertama dari suatu startup, apabila produk/jasa yang ditawarkan memiliki kualitas premium, sudah tentu para pelanggan atau calon pelanggan suatu startup akan berbondong-bondong membeli produk/jasa yang ditawarkan.

Pastikan Harga yang Ditawarkan Sesuai
Produk/jasa yang ditawarkan oleh suatu startup dapat dikatakan sangat berpengaruh bagi perkembangan suatu startup. Hal ini tidak dapat dipisahkan, karena kesesuaian harga adalah kunci suatu startup dapat berhasil. Untuk itulah perlunya dilakukan riset yang mendalam terkait hal ini, survey juga dapat dilakukan kepada para calon pelanggan, atau kita dapat melihat persaingan harga di antara para kompetitor sejenis, pentingnya melihat para kompetitor dalam persaingan adalah kita dapat memetakan para calon pelanggan kita berikut harga yang dapat kita tawarkan, sehingga tidak terjadi kesalahan atau ketidaksesuaian dalam menentukan harga produk/jasa yang kita tawarkan.
Perhatikan Perencanaan Bisnis
Memberi perhatian yang intensif kepada perencanaan bisnis adalah hal yang sangat penting dalam usaha startup menuju tangga kesuksesan. Walaupun cara dalam mencapai tangga kesuksesan pada setiap entrepreneur itu berbeda dan belum tentu suatu cara sukses yang diterapkan oleh suatu startup akan berhasil jika diterapkan oleh startup lain, namun memperhatikan perencanaan bisnis adalah jalan menuju kesuksesan itu sendiri.

Ubah Cara Lama dalam Merekrut Karyawan
Banyak cara lama masih berguna dalam pengembangan suatu bisnis atau startup, namun banyak diantara cara lama tersebut sudah usang atau tidak relevan dengan pengembangan startup dewasa ini, hal yang termasuk sudah usang adalah pada pola perekrutan karyawan. Tinggalkan cara yang lama, seperti memasang iklan mencari karyawan di iklan baris koran, dan beralihlah dengan cara baru yang lebih efektif dan efisien. Situs pencari kerja online dan Linkedin dapat dimanfaatkan sebagai cara baru menjaring karyawan yang lebih tepat sasaran, sehingga dapat membantu pengembangan startup yang sedang dijalankan.

Pahami Sosial Media Marketing
Sosial media adalah saluran pemasaran atau marketing yang sangat potensial bagi para startup untuk mengembangkan atau berpromosi mengenai produk/jasa mereka. Namun, banyak startup yang tidak mampu memanfaatkan momentum kebangkitan sosial media, hal itu dikarenakan mereka tidak menguasai atau memahami secara menyeluruh mengenai sosial media marketing. Manfaatkan semua sarana pembelajaran yang ada mengenai sosial media marketing yang bertebaran secara bebas, atau rekrut orang yang lebih berpengalaman mengenai sosial media marketing, hal yang positif dan dapat berimbas bagi perkembangan startup itu sendiri, dapat terjadi seiring penguasaan suatu startup yang semakin baik.

Pelajari Tips Mengenai Viral Marketing
Banyak diantara para pelanggan suatu produk atau layanan, atau bahkan kita merupakan “korban” dari viral di dunia maya. Postingan viral ini dapat berupa gambar atau video, dan dapat disebarkan di berbagai macam platform sosial media. Para startup pun dapat menciptakan viral tersendiri, hingga postingan tersebut mampu tersebar luas di dunia maya. Startup dapat membuat infografik ataupun video yang dapat diunggah lalu kemudian menjadi viral di masyarakat. Hal ini dapat meningkatkan brand awareness tentang produk/jasa startup itu sendiri, dan sangat besar kemungkinan hal tersebut dapat dikonversikan menjadi suatu transaksi produk/jasa yang ditawarkan oleh startup tersebut, sehingga menguntungkan bagi startup sendiri.

Pikirkan Tentang Pelanggan Mobile
Mobile Customer adalah bagian terpenting bagi para startup, apapun startup yang sedang dirintis, harus memikirkan strategi untuk merangkul pelanggan mobile. Situs startup haruslah Mobile Friendly, aplikasi yang dibuat untuk para pelanggan startup harus mudah diakses secara mobile. Dewasa ini telah terjadi pergeseran dari pelanggan yang terbiasa membuka situs melalui laptop atau PC, menjadi para pelanggan yang membuka situs melalui perangkat mobile mereka. Perhatikan startegi yang tepat dalam merangkul pelanggan mobile, maka startup yang dirintis semakin dekat dengan tangga kesuksesan. Ketahui lebih lanjut informasi kami seputar bisnis online.

Layani Semua Kebutuhan Pelanggan
Melayani kebutuhan pelanggan adalah yang utama dalam membangun startup. Tanamkan dalam benak bahwa kebutuhan konsumen adalah prioritas pertama, dari semua pelayanan yang dimiliki startup, pelayanan konsumen harus ada di daftar utama startup. Pastikan Anda tahu dengan pasti cara meningkatkan layanan konsumen. Tanpa memiliki pemikiran bahwa kebutuhan konsumen adalah yang utama, suatu startup akan kesulitan dalam meniti tangga kesuksesan.

Mengetahui Keinginan Pelanggan
Keinginan pelanggan dapat diketahui dari berbagai survey dan riset mendalam yang telah dilakukan oleh para startup. Data valid bisa kita ketemukan pula dari survey yang telah dilakukan oleh pihak ketiga, atau bahkan kita dapat menemukan fakta-fakta tentang keinginan pelanggan dari para kompetitor atau startup lainnya. Kita dapat mengetahui karakter pangsa pasar yang akan menjadi sasaran startup kita.

Teruslah Belajar
Berkembang atau tidaknya suatu startup berawal dari keinginan kuat para pendiri startup tersebut untuk terus belajar, mengasah diri dan kemampuan untuk terus melebarkan sayap startup. Jangan pernah berhenti untuk terus belajar, akan banyak pembelajaran yang akan ditemui, berdasar pengalaman-pengalaman yang ada, dan perjalanan dalam belajar tidak boleh berhenti, agar startup terus dapat berkembang dan tumbuh, hingga nanti akhirnya berhasil menuju tangga kesuksesan tertinggi.

Belajar dari Kritik
Seringkali kritik dapat membangun para startup apabila disikapi secara bijak, jadikan kritik sebagai tenaga baru dan motivasi untuk terus berkembang. Kritik yang menjatuhkan pun dapat menjadi penambah motivasi bagi startup, apabila disikapi dengan pandangan yang positif. Jangan sampai kritik membuat jatuh atau terpuruk, jadikan kritik sebagai pembangun semangat dan motivasi yang dapat menjadi pelecut kemajuan startup di masa mendatang.

Kelilingi Hidup dengan Orang-Orang yang Suportif
Aura positif dan kebaikan itu menular. Lingkungan adalah hal yang utama dalam membangun karakter dan perilaku seseorang. Kelilingi hidup dengan orang-orang yang supportif. Apabila hidup dipenuhi dengan orang-orang yang mendukung apa yang kita lakukan, niscaya aura positif dari orang-orang yang senantiasa memberikan kita dorongan, motivasi dan dukungan ini akan berpengaruh juga dengan kesuksesan startup yang sedang dijalani.

Percaya Pada Diri Sendiri
Kepercayaan diri adalah modal utama dalam meniti tangga kesuksesan. Hal ini harus dimiliki oleh para pendiri startup. Percaya pada kemampuan diri sendiri dapat ditumbuhkan dengan menerapkan dan menanamkan dalam diri, bahwa kita mampu untuk meniti tangga kesuksesan startup yang sedang kita jalankan. Keraguan akan kemampuan diri sendiri adalah sebuah hal yang harus dihindari. Terapkan 100% kepercayaan diri dalam meniti perjalanan startup, dan kesuksesan perlahan akan mengikuti.

Lakukan Sesuatu yang Dicintai
Kita mungkin sering mendengar bahwa dengan mengerjakan apa yang kita cintai, maka hasilnya akan sepadan dengan cinta yang kita miliki terhadap pekerjaan tersebut, atau berawal dari kecintaan, maka pekerjaan kita akan membuahkan hasil yang sangat baik. Mulailah membangun startup berdasarkan dari sesuatu yang dicintai, sesuatu yang dilakukan tanpa terpaksa, sesuatu yang dilakukan dengan penuh perhatian, ditumbuh-kembangkan dengan penuh perasaan. Apabila kita telah menemukan sesuatu yang dicintai, lalu kita membangun sebuah startup, mengerjakan sesuatu yang kita cintai tersebut, maka lambat laun sesuatu yang kita cintai tersebut akan membuahkan hasil yang manis. Kesuksesan berawal dari ketekunan dan kecintaan kita terhadap suatu pekerjaan. Temukan sesuatu yang dicintai, dan kerjakan dengan penuh perhatian, maka startup yang dijalankan sudah berada di ambang pintu kesuksesan.

2,808 total views, 4 views today