Strategi Jitu Mendapatkan Uang dari Blog

strategi jitu CARA-MENDAPATKAN-UANG-DARI-BLOG

Beberapa orang percaya bahwa dengan membuat sebuah blog atau website, maka pengunjung atau pembaca akan datang dengan sendirinya. Di tahun 90-an, mungkin itu bisa saja terjadi. Namun, hari ini, ada jutaan situs web di Internet. Topik yang Anda tulis kemungkinan besar sudah pernah ditulis oleh jutaan situs web lainnya. Situs web Anda sedang berkompetisi dengan jutaan situs web lainnya untuk memikat para pembaca. Blog yang Anda buat tidak bisa menghasilkan apa-apa dengan sendirinya, juga tidak bisa menghasilkan uang jika tanpa adanya pembaca. Maka, selain konten, pekerjaan paling penting lainnya adalah marketing.

Ada banyak cara agar blog Anda kerap dikunjungi pembaca. Ini tergantung kepada demografi pembaca, target pasar konten yang sedang Anda promosikan, dan sumber daya yang Anda miliki.

Marketing 101

Sebetulnya, marketing bukanlah sesuatu yang sulit, tapi agar berhasil tetap dibutuhkan pemahaman dan strategi. Di postingan kali ini, kita akan membahas konsep dasar marketing sehingga Anda bisa menerapkan strategi marketing yang paling pas untuk mempromosikan blog Anda. Sebagai tambahan, konsep marketing yang kita bahas ini bisa juga dipergunakan untuk mempromosikan diri Anda sebagai penulis lepas, atau keahlian Anda yang lain.

Berikut 4 konsep dasar marketing:

  1. Tetapkan Target Pasar

Ada banyak pembaca yang tertarik dengan berbagai informasi yang Anda tuliskan di blog. Tetapkan demografi pembaca berdasarkan usia, jenis kelamin, dan parameter lainnya. Untuk mendapatkan informasi tentang siapa, domisili, dan bagaimana para pembaca sampai ke blog Anda, gunakan fitur statistik yang ada di blog (Stats). Anda juga bisa menggunakan fasilitas dari pihak ketiga, Google Analytics misalnya. Google Analytics menawarkan data demografi yang lebih lengkap, jadi sangat direkomendasikan agar blog Anda dilengkapi dengan Google Analytics.

  1. Cari Tahu di Mana Target Pasar Anda Berada

Promosi yang Anda lakukan akan sia-sia jika tidak disebarkan di tempat yang tepat. Jadi, cari tahu di mana target pasar Anda berada, blog atau situs web, dan media sosial yang mereka gunakan. Jangan hanya terpatok pada promosi online, cari tahu juga tentang majalah yang mereka baca, toko tempat mereka biasa berbelanja, atau acara-acara seperti apa yang mereka hadiri.

  1. Membuat Topik yang Tepat

Sekarang Anda sudah tahu siapa dan di mana target pasar Anda, waktunya untuk menarik perhatian mereka. Cari tahu topik yang lebih spesifik, isu yang sedang mereka bicarakan, lalu kaitkan dengan topik yang sering Anda bahas di blog. Misalnya, blog ini sering membahas tentang SEO dan cara meningkatkan trafik, dan kami tahu bahwa para blogger kerap kali kebingungan tentang SEO karena dianggap terlalu rumit. Maka, untuk menarik perhatian pembaca, kami membuat postingan seperti, “Bagaimana Meningkatkan Ranking Website di Google – Teknik SEO Murah dari Dewaweb dan rankingCoach.”

  1. Sebarkan

Setelah Anda punya topik dan postingan yang bisa menarik para pembaca, sebarkanlah ke berbagai media sosial yang paling banyak digunakan oleh mereka, sebarkan di newsletter, dan lain-lain.

KEUNGGULAN VS MANFAAT

Ada beberapa hal yang kerap sulit dilakukan oleh para pemula di bidang marketing. Pertama, mencari tahu target pasar. Kedua, menemukan pesan atau topik yang tepat untuk menarik para pembaca. Kebanyakan para pemula lebih sering fokus kepada hal-hal hebat tentang blog mereka ketika seharusnya mereka fokus kepada bagaimana blog mereka memberikan manfaat kepada pembaca (benefit).

Misalnya, para pembaca ingin informasi tentang situs web penyedia layanan hosting murah atau bagaimana cara menggunakan dashboard cPanel, tapi kami malah memberikan pesan seperti “Kami adalah penyedia layanan hosting murah”. Pesan seperti ini sudah jelas akan diabaikan karena tidak cukup menarik dan eye catching. Sebagai contoh, “Dengan menggunakan layanan kami, maka Anda akan mendapatkan A, B, C, dan D,” adalah pesan yang bisa lebih menarik perhatian.

Ketika Anda fokus kepada keunggulan, Anda hanya fokus kepada diri Anda sendiri dan memaksa pembaca untuk berpikir hal yang sama. Tapi, ketika Anda fokus kepada manfaat, pada saat bersamaan tulisan Anda memenuhi apa yang mereka inginkan atau butuhkan. Coba bayangkan, apakah Anda akan membeli dari sebuah perusahaan yang hanya membual tentang betapa hebat produk mereka atau kepada perusahaan yang menyampaikan apa manfaat produk mereka untuk Anda?

Membuat konten yang bermanfaat memang cukup menantang. Kami menyarankan agar Anda mulai membuat daftar topik utama dari blog Anda dan manfaat apa yang bisa Anda tawarkan. Sebagai contoh, topik utama dari blog Anda adalah bagaimana cara mendapatkan penghasilan dari blog. Lalu apa manfaatnya bagi pembaca? Para pembaca adalah para blogger atau freelancer yang memang mencari informasi tentang hal yang Anda bahas. Jadi, postingan Anda jelas akan memberikan manfaat bagi para pembaca.

Kesimpulannya, marketing bukanlah tentang diri Anda, marketing adalah tentang bagaimana postingan Anda bisa bermanfaat bagi orang lain. Ketika Anda fokus kepada bagaimana memecahkan masalah orang lain, maka pembaca akan datang dengan sendirinya.

TUJUAN MARKETING

Masalah lain yang sering dihadapi oleh para pemula adalah tentang menetapkan tujuan. Ketika artikel tentang marketing mengatakan bahwa Anda harus membangun email list atau mengoptimalkan Twitter sementara Anda tidak paham tentang tujuannya, itu hanya akan membuang-buang waktu.

Meningkatkan trafik dan menghasilkan uang dari blog barangkali bukan tujuan utama Anda. Barangkali bagi Anda itu semua adalah kompensasi akhir, tapi jika Anda hanya nge-Twit dan mengatakan “Kunjungi blog saya”, sampai kapanpun Anda tidak akan pernah berhasil. Sebagai gantinya, tetapkan tujuan lain yang bisa meningkatkan jumlah pembaca blog Anda, misalnya:

  • Meningkatkan jumlah subcsriber di email list.
  • Meningkatkan jumlah follower media sosial.
  • Membangun pengaruh (kredibilitas dan keahlian) terhadap target pasar atau pembaca Anda.
  • Membangun hubungan baik dengan pembaca Anda.

Tentu saja, barangkali Anda punya tujuan lain, tergantung kepada blog dan metode marketing yang Anda gunakan. Poin utamanya, setiap taktik marketing yang Anda lakukan haruslah berdasarkan tujuan. Misalnya, twit tentang ajakan untuk bergabung dengan email list bertujuan untuk menambah jumlah subscriber. Berbagi postingan terbaru di media sosial bertujuan untuk menambah jumlah pembaca, pengaruh, serta hubungan baik dengan pembaca.

THE BLOG MARKETING WHEEL

Ada banyak sekali buku yang membahas tentang marketing, tapi hanya beberapa yang menawarkan cara untuk mengembangkan strategi marketing yang mereka katakan. Marketing bisa menjadi sangat sulit tanpa perencanaan dan sistem. Di postingan ini, kita akan membahas beberapa metode tentang bagaimana cara mempromosikan blog Anda. Tapi sebelum kita sampai ke sana, kami ingin membekali Anda dengan beberapa alat yang bisa membantu Anda menetapkan konsep marketing agar tidak terdengar begitu menakutkan.

MARKETING-WHEEL-Dewaweb

Gambar 1. Marketing Wheel

Marketing wheel membantu Anda secara visual tentang bagaimana cara menetapkan strategi marketing untuk blog yang Anda miliki. Lingkaran paling tengah adalah blog Anda dan kelima lingkaran yang mengelilinginya merepresentasikan marketing area.

  • Hub: ini adalah blog Anda, pusat dari marketing wheel.
  • Social/community: Sosial media yang berguna untuk menjangkau para pemabca Anda.
  • Outreach: Aktivitas lain yang Anda lakukan di luar blog seperti guest blogging, podcast, atau partisipasi Anda di grup dan forum.
  • Media/PR: Media yang dipergunakan untuk publikasi, termasuk media kit.
  • Events: event atau acara semacam workshop atau seminar.
  • Produk/servis: Mula-mula, produk Anda hanyalah blog, tapi ketika blog Anda semakin berkembang, Anda bisa menawarkan produk lain seperti ebooks atau menawarkan jasa seperti jasa penulisan yang terkait dengan topik blog Anda.

Sampai di sini, Anda sudah siap untuk mempelajari strategi marketing yang lebih spesifik. Anda tidak harus menggunakan semua strategi, pilihlah yang sekiranya cocok dengan target pasar Anda. Jika target pasar Anda tidak di Twitter, misalnya, maka Anda tak harus menggunakan Twitter.

EMAIL MARKETING

Kami belum pernah bertemu dengan pengusaha online yang tidak memiliki email list atau daftar alamat email. Kebanyakan blogger pemula mengabaikan ini karena waktu dan biaya yang harus dikeluarkan. Tapi, ketika Anda memperhitungkan keuntungan yang bisa didapat dari email list, ini strategi yang tidak ingin Anda lewatkan begitu saja. Bahkan, ini sangat penting, kami mengkategorikannya sebagai bagian dari pusat bisnis blogging. Kenapa? Karena email memiliki kekuatan untuk:

  • Membangun kepercayaan. Semakin orang percaya kepada Anda, mereka akan semakin sering berkunjung ke blog Anda. Hal ini serta merta akan meningkatkan penghasilan blog Anda.
  • Menjaga hubungan dengan target pasar. Kebanyakan pembaca tidak menggunakan RSS feeds agar tetap terhubung dengan blog Anda (kebanyakan bahkan tidak begitu paham tentang RSS feeds). Email berguna untuk mengingatkan mereka, target pasar Anda, tentang keberadaan blog Anda dan mengingatkan mereka untuk berkunjung.
  • Mendongkrak penjualan. Berapa banyak email di kotak masuk Anda yang menginformasikan segala sesuatu yang HARUS Anda beli? Sementara itu, Anda tidak ingin terus-menerus mencekoki subscriber Anda dengan berbagai macam iklan, bukan? Maka sesekali, berilah mereka penawaran yang menarik. Jika mereka mempercayai Anda, mereka akan membelinya dengan senang hati.

THE BASIC OF LIST BUILDING

Membuat email list tidaklah terlalu sulit, tapi tetap memerlukan waktu dan perencanaan. Ketika Anda mengunjungi blog lain atau sebuah situs web, Anda akan melihat sebuah kotak yang mengajak Anda untuk mendaftar (sign up) di email list mereka, biasanya menawarkan hadiah untuk itu.

EMAIL LIST - Dewaweb

Gambar 2. Contoh sign up email list

Berikut beberapa hal yang perlu dilakukan untuk membuat email list:

  1. Cari atau buat semacam hadiah (freebie) untuk diberikan sebagai timbal balik.
  2. Mendaftar ke penyedia layanan email list.
  3. Masukkan kode sign-up ke blog Anda.
  4. Promosikan freebie dan blog Anda.
  5. Ketika orang mendaftar ke email list, Anda akan menerima notifikasi secara otomatis.
  6. Kirimkan email penawaran kepada daftar yang ada di email list.

THE FREE OFFER

Beberapa afiliasi menyediakan semacam laporan yang bisa dipergunakan sebagai freebie. Tapi, tidak semua. Jika tidak, jangan dulu panik, Anda bisa membuatnya sendiri dan itu tidak terlalu sulit.

FREE OFFER - dewaweb

Gambar 3. Contoh Free Offer

Langkah paling mudah untuk membuat freebie adalah dengan membuat laporan sepanjang 4 sampai 20 halaman. Jika Anda memiliki pengetahuan tentang topik yang menarik, Anda bisa membuat laporannya sendiri. Untuk membuatnya, yang Anda perlukan hanyalah Microsoft Word atau Open Office dan mengkonversinya ke PDF agar para pembaca bisa mengunduhnya.

Jika Anda belum memiliki produk sendiri atau tidak memiliki banyak waktu untuk membuatnya, pilihan lain adalah dengan membelinya dari Private Label Rights (PLR). Jika Anda melakukan pencarian (contoh: cokelat PLR), Anda akan menemukan beberapa ebook, laporan, email course, dan tutorial video dalam beberapa topik yang dipilih. Beli produk yang Anda inginkan, edit agar sesuai dengan blog Anda, lalu tawarkan itu sebagai freebie (atau menjualnya). Pastikan Anda tidak mengkopas seluruhnya, melainkan menuliskannya kembali agar kontennya unik, berkualitas, dan memiliki ciri khas. 

GETTING YOUR FREEBIE ONLINE

Penawaran gratis akan membujuk pembaca untuk mendaftar di blog Anda. Ketika melakukannya, daftar akan secara otomatis mengirimkan penawaran yang Anda berikan. Untuk mendapatkan penawaran gratis yang bisa diberikan kepada para subscribers, pertama-tama Anda harus mempostingnya secara online. Sekarang, mari saya tunjukkan bagaimana caranya:

  1. Masuk ke web hosting dan log ini.
  2. Dari cPanel, klik File Manager.
  3. Domain Anda biasanya sudah terdaftar. Klik “Go”, dan akan terbuka di tab baru.
  4. Klik ikon File public_html. Anda akan melihat beberapa file di sana. Jangan mengubah apa-apa, biarkan saja tetap begitu.
  5. Anda bisa menempatkan penawaran Anda di folder itu, pastikan folder berada di public_html folder.
  6. Dari folder tempat freebie berada, klik ikon “upload” di atas halaman.
  7. Klik “Browse” untuk mencari file freebie “Open”.
  8. Jika sudah selesai, klik “Back to/home” dan Anda akan berada di file public_html lagi.
  9. That’s it, penawaran gratis Anda sekarang sudah online. Untuk memastikan apakah ini berhasil, buka browser Anda dan ketikkan nama domain Anda dengan nama file (contoh: yourdomain.com/yourbookname.pdf). Jika file yang diunggah sudah benar, ini akan tampil di browser. Simpan tautannya agar Anda bisa dengan mudah mengirimkan kembali kepada subscriber baru.

Oke, ini saja untuk kali ini, semoga bermanfaat. Oh ya, ini adalah artikel bagian pertama, akan ada bagian kedua dengan pembahasan yang lebih komprehensif. So, stay tuned!

2,551 total views, 4 views today