Cara Membuat Strategi Marketing Promo Akhir Tahun yang Efektif

dewaweb-strategi-marketing-promo-akhir-tahun-efektif

Anda pasti menyadari bagaimana setiap hal di sekitar Anda mulai beralih ke arah digital. Di jalan, banyak pengguna smartphone mencari arahan jalan ke tempat tujuan dengan menggunakan bantuan online maps semacam Google Maps atau Waze. Di rumah, Anda memesan makanan dari aplikasi online food delivery. Di kantor, ketika waktu senggang, Anda melihat-lihat daftar produk di aplikasi online shopping. Ketika hendak pulang kerja, Anda memesan jasa antar-jemput online dari aplikasi juga.

Kuatnya arus tren digital ini tak terhindarkan di segala aspek kehidupan sehari-hari kita. Apakah ini sesuatu yang buruk? Tak juga, sisi baiknya adalah Anda sebagai user mendapatkan kemudahan dan kenyamanan lebih dengan adanya era serba digital ini. Bagi para pebisnis, tren ini tentu sangat menguntungkan. Peluang Anda untuk menjadi pebisnis menjadi lebih besar mengingat kebutuhan pasar yang ada juga terus meningkat. Kata e-commerce terdengar di mana-mana. Tetapi, apa itu e-commerce sendiri?

E-commerce adalah transaksi jual-beli baik produk maupun jasa yang dilakukan secara online. Jadi, semua kegiatan komersial yang terjadi di internet termasuk dalam aktivitas e-commerce.

Berdasarkan tulisan yang dirilis oleh kanal berita ekonomi Okezone.com , transaksi e-commerce di Indonesia diperkirakan akan berkembang sangat pesat dan ditargetkan oleh pemerintah mencapai angka 130USD miliar pada tahun 2020 nanti. Kepala Subdit Tata Kelola e-Business Direktorat e-Business Kominfo pada 12 Oktober lalu menyatakan Indonesia akan jadi negara dengan e-commerce terbesar dibanding negara-negara ASEAN lainnya.

Semakin besar peluang bisnis yang ada itu tentunya membuat persaingan semakin ketat pula dan akan terus bertambah ketat seiring dengan bertambahnya jumlah perusahaan/produsen yang bergerak di bidang e-commerce. Berikut adalah peringkat terakhir perusahaan-perusahaan e-commerce resmi di Indonesia berdasarkan riset yang dilakukan oleh BrandIndex :

Latest E Commerce Rank Indonesia

Lalu, apa yang bisa Anda lakukan agar Anda memenangkan kompetisi yang ada? Bagaimana caranya agar penjualan Anda bagus?

Tenang, kami akan memberikan sebuah panduan berguna yang perlu Anda baca dan pertimbangkan untuk dijadikan sebagai strategi e-commerce yang jitu di segala musim. Jadi, strategi ini tidak cuma bisa diterapkan pada hari raya semacam lebaran, natalan, tahun baru atau hari-hari jadi seperti sumpah pemuda dan kemerdekaan.

Mengenal Karakter Pasar E-commerce di Indonesia

Ini adalah langkah paling awal yang perlu Anda lakukan sebelum benar-benar mengeksekusi rencana bisnis Anda, yaitu riset pasar. Tidak ada suatu tren pasar yang pasti di Indonesia, Anda perlu mengamati tren yang sedang berlangsung di sekitar Anda, khususnya di Indonesia. Yang pasti, di Indonesia, jika suatu produk sedang tren di luar negeri biasanya akan dengan cepat jadi tren juga di dalam negeri.

Tak ada teori khusus yang mampu menjelaskan aspek behavioural tersebut, namun orang Indonesia memang diyakini sebagai imitator yang baik soal tren khususnya soal fashion trend. Mulai dari produk tas hingga tren merias diri yang sedang populer di luar negeri bisa dengan sangat cepat menjamur di Indonesia. Pernahkah Anda melihat suatu brand tas yang sama dipakai hampir oleh setiap orang di sekitar Anda di Indonesia?

Jadi, apa yang bisa Anda pelajari dari karakteristik pasar Indonesia tersebut? Kembali lagi ke poin awal, tren pasar di Indonesia biasa terjadi mengikuti tren pasar yang ada di luar negeri dan tren itu biasanya tak berlangsung lama.

Ini menjadi suatu tantangan khusus juga bagi para pebisnis online yang ada di Indonesia, jika Anda menjual suatu jenis produk tertentu saja, bagaimana cara Anda agar bisa beradaptasi dengan kondisi atau kebutuhan pasar yang ada?

Dibandingkan mengorbankan idealisme perusahaan yang telah menentukan branding atau karakternya sendiri dengan jelas, lebih baik mengombinasikan visi yang sudah ada tersebut sekaligus menangkap momen yang ada . Pernahkah terpikir untuk membuat tren baru yang lebih inovatif dibanding tren yang sudah ada? Jadi, apa yang Anda buat tetap didasarkan pada tren yang sudah ada namun Anda memberi nilai lebih pada produk yang Anda tawarkan.

Selain hal-hal di atas, ada banyak lagi karakter pasar Indonesia. Orang-orang Indonesia ingin layanan yang mudah, produk yang murah, dan pengiriman barang atau penyelesaian masalah (solusi) yang cepat. Melihat fakta ini, apa yang ada di benak Anda sebagai pebisnis? Apa yang bisa Anda berikan bagi pasar yang seperti ini?

Akhir-akhir ini, misalnya, telah banyak ditemui jasa cuci sepatu premium yang bisa dijemput dan diantar. Si penggagas bisnis ini termasuk cerdik melihat karakter pasar di Indonesia yang ada. Mungkin saja ia sering mengamati orang-orang Indonesia yang jarang mencuci sepatu karena malas mencuci sendiri dan bila memncucikan sepatunya di jasa laundry biasa takut sepatunya rusak. Dengan menangkap momen ini, si penggagas mengembangkan ide bisnisnya untuk membuat sebuah jasa laundry sepatu yang premium. Namun, tak sampai di situ, ia memberikan kemudahan bagi para pelanggannya, sepatu yang ingin dicuci akan dijemput lalu setelah dibersihkan akan diantar kembali ke tempat kediaman customer.

Mengenai musim sendiri, memang ada masa-masa tertentu seperti sebelum lebaran dan natalan di mana pencarian user akan produk semacam baju dan sepatu jadi meningkat, coba juga untuk memanfaatkan momen ini. Selain itu, ada fakta-fakta menarik lainnya seperti produk dan tips diet yang selalu tinggi pencariannya sehabis holiday season, coba juga tangkap momen ini jika Anda tergolong perusahaan yang bergerak di bidang kesehatan.

Melakukan Optimasi E-commerce untuk Mobile Device

Pasar E-commerce di Indonesia kebanyakan berasal dari penggunaan mobile device semacam smartphone. Seperti contoh sehari-hari yang kami sebutkan sebelumnya di bagian pengantar, semua aplikasi belanja atau transaksi diakses kebanyakan melalui telepon genggam user.

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh KataData , jumlah pengguna internet dari mobile device di Indonesia hingga Januari 2017 ini saja telah mencapai angka 132,7 juta users. Dan jumlah ini dapat dipastikan meningkat dari waktu ke waktu.

Kata Data Mobile User Growth in Indonesia

Memang ada suatu pola yang unik terjadi pada sebagian besar user tersebut di mana mereka menggunakan mobile device mereka terlebih dahulu dalam melakukan aktivitas online, baru kemudian mereka mengakses internet kembali lewat perangkat komputer semacam laptop maupun tablet mereka. Simpulan ini didapatkan dari survey yang dilakukan oleh lembaga penelitian lain yaitu Kissmetric, sebuah lembaga riset yang berfokus pada bahasan analisa marketing dan testing online.

Bayangkan diri Anda berada pada posisi user atau calon pelanggan Anda yang sedang mengunjungi suatu website atau product page yang tampilannya tidak pas dengan ukuran layar. Selain itu, mungkin saja kecepatan loading-nya luar biasa lambat hingga Anda tak sabar untuk segera keluar dari halaman tersebut dan mengakses halaman lainnya.

Inilah mengapa Anda perlu mengoptimasi website perusahaan Anda agar kompatibel dengan perangkat mobile yang biasa digunakan oleh internet user umumnya di Indonesia. Biasanya, pada website theme yang profesional, Anda sebagai user akan diberitahu apakah tema tersebut sudah compatible atau belum dengan perangkat mobile semacam smartphone.

Ada cara lain yang bisa Anda lakukan untuk menguji apakah website Anda sudah mobile-friendly atau belum, yaitu dengan menggunakan online tools yang ada semacam Mobile-Friendly Test dari Google Console seperti di gambar berikut. Anda tinggal mengunjungi alamat situsnya dan memasukkan alamat website Anda sendiri pada kolom yang tersedia.

Mobile-Friendly Test by Google

Kemudian, hasilnya akan sangat mudah dimengerti karena hanya ada dua pilihan jawaban, apakah website Anda tergolong mobile-friendly atau tidak. Jadi, tool ini sangat mudah digunakan walaupun membutuhkan waktu cukup lama (sekitar 30 detik) untuk melakukan pengujian dan mengeluarkan hasilnya.

Mobile-Friendly Test by Google Result

Bagi Anda yang ingin memiliki aplikasi perusahaan sendiri seperti yang telah dimiliki beberapa online shop terkenal lainnya, Anda mungkin perlu mempertimbangkan untuk menyewa app developer profesional yang benar-benar mengerti soal teknis aplikasi pada mobile device sehingga user experience Anda berjalan mulus dan tidak membuat potential buyer Anda enggan berbelanja lewat aplikasi Anda.

Sebuah HTML5 site yang mobile-friendly dapat secara otomatis menyesuaikan diri ke tampilan yang fungsional pada perangkat mobile apapun. Tetapi, bagaimanapun juga memang berinvestasi pada app developer yang profesional akan memberi suatu user experience yang unik dan substansial bagi customer Anda. Ada citra khusus dan kredibilitas perusahaan yang dinilai dari hal ini. Seandainya budget Anda tidak mencukupi atau tidak sesuai, sebuah website yang mobile-friendly saja sudah cukup baik.

Butuh contoh app mobile yang bagus? Coba cek Amazon. Toko online terkenal yang berasal dari Amerika satu ini punya beberapa karakteristik bagus yang meningkatkan kepuasan user experience-nya.

Amazon Mobile Apps

Berikut adalah poin-poin plus dari mobile app milik Amazon yang kami temukan:

  • Navigasi pada aplikasi ini dapat dilakukan dengan mudah
  • Tampilan desainnya bersih
  • Seluruh konten (gambar, teks pada deskripsi produk) terlihat jelas
  • Integrasi akun sebagai user sangat baik (perbandingan harga, barcode scanning, dll)
  • App sangat responsif

Membuat Promosi di Saluran Media yang Tepat

Melakukan kampanye soal produk atau jasa yang Anda tawarkan adalah suatu strategi yang tak kalah pentingnya. Tujuan dari promosi yang dilakukan ini pada dasarnya adalah untuk meningkatkan brand awareness Anda dan mengarahkan pontential buyer ke product page Anda agar membeli produk atau menyewa jasa Anda.

Ada banyak digital marketing channel yang berguna untuk dijadikan saluran media promosi Anda, berikut kami berikan beberapa di antaranya:

  • Email Marketing

Pada website Anda, Anda dapat menawarkan pelanggan Anda untuk berlangganan atau subscribe email sehingga Anda dapat mengirimkan email-email berupa promo discount atau penawaran lainnya yang Anda rasa menarik dan pas untuk disampaikan. Di dalam badan email-nya sendiri, Anda juga dapat membuat suatu CTA yang jelas semacam link menuju product page yang dapat diklik oleh subscribers Anda. Untuk mengetahui lebih lanjut soal email marketing, Anda bisa membaca artikel panduan email marketing yang kami buat sebelumnya. Pada artikel tersebut, kami juga memberikan beberapa daftar online email marketing tools yang bisa Anda gunakan jasanya untuk membuat email campaign yang efektif.

  • Google AdSense

Jasa pemasangan iklan dari Google satu ini benar-benar dapat mempermudah pekerjaan kampanye yang ingin perusahaan Anda lakukan. Google AdSense menyediakan iklan yang bisa dimunculkan di halaman hasil pencarian (SERP) dan iklan arahan (referral) yang bisa dipasang di suatu situs tertentu. Tersedia juga AdSense untuk video yang dapat ditampilkan di tayangan YouTube. Bagaimana cara kerjanya? Sederhananya, ketika seorang user mencari keyword tertentu pada mesin penelusur yang terkait dengan bisnis atau produk Anda, iklan ini akan dimunculkan. Perhatikan juga waktu pengiriman kampanye Anda, misal Anda ingin mempromosikan hidangan restoran Anda maka waktu iklan ditayangkan seharusnya sekitar jam makan di siang atau malam hari.

  • Social Media Marketing

Ada banyak sekali jenis social media yang bisa Anda manfaatkan untuk jadi saluran kampanye produk maupun jasa Anda. Twitter, Facebook, Pinterest, Linkedin dan Google+. Anda dapat menggunakan semua saluran social media yang ada dengan gratis. Untuk versi berbayar, seperti pada Facebook, iklan Anda bisa muncul di timeline publik yang menjadi target pasar Anda. Apa yang Anda butuhkan hanyalah konsistensi di mana Anda mengirimkan pesan kampanye atau iklan Anda secara rutin dan juga dengan tepat sasaran.

  • Content Marketing

Content marketing yang dimaksud adalah perusahaan atau Anda membuat suatu kesatuan teks atau artikel yang menarik untuk dibaca oleh publik. Artikel ini dapat juga memuat berbagai jenis media pendukung semacam gambar, infografik atau video yang menarik. Bedanya dengan konten biasa adalah, konten satu ini harus “menjual” dalam artian mengandung soft promotion atau unsur promosi secara tersirat. Misalnya, Anda membuat sebuah artikel soal cara berpakaian terkini, Anda bisa juga menyebut salah satu produk Anda di dalamnya sebagai referensi gayanya. Anda memang tak harus selalu membuat konten Anda sendiri pada blog di website Anda, Anda bisa saja bekerjasama dengan para penulis lain (blogger maupun jurnalis) yang bisa memuat tulisan mereka sendiri soal produk atau brand Anda.

Lalu, bagaimana cara memilih channel yang efektif untuk dijadikan saluran kampanye Anda? Berikut adalah tips-tips singkat dari kami:

  • Sesuaikan dengan budget Anda , saat ini sudah banyak layanan yang membiarkan Anda memasang kampanye atau iklan dengan harga sangat terjangkau. Atau, jika Anda memiliki uang lebih atau ingin berinvestasi lebih, bisa juga melakukan kerjasama dengan artis-artis social media yang sudah memiliki massa. Contoh: endorse produk makeup pada model yang juga merupakan selebgram terkenal seperti pada gambar berikut, di mana model memeragakan pemakaian produk atau memakai produk secara natural.

Instagram Ad Campaign Gigi Hadid

  • Sesuaikan jenis konten dengan karakter channel , misalnya barang Anda bagus secara visual dan perlu dipromosikan secara visual, cobalah saluran media semacam Instagram yang memang para penggunanya menyukai hal-hal yang bersifat estetik secara visual.

Tieks Sponsored Instagram Ads

  • Sesuaikan dengan perilaku target pasar, jika Anda menyasar kalangan anak muda mungkin saluran-saluran media visual semacam Instagram dan aplikasi chatting semacam LINE menjadi saluran promosi yang efektif. Namun, seandainya Anda menjual perangkat elektronik bagi para teknisi, gunakan forum-forum khusus di mana target pasar Anda biasa mencari tahu soal keperluan mereka tersebut. Atau, bagi Anda yang ingin mempromosikan gadget canggih misalnya, pakai YouTube sebagai saluran kampanye Anda dengan meminta seorang YouTuber terkait melakukan review terhadap produk Anda tersebut. Hal ini dikarenakan adanya aspek behavioural pembeli gadget kini yang biasa melihat ulasan di YouTube terlebih dahulu sebagai bahan pertimbangan mereka ketika ingin membeli produk.

YouTube Unbox Theraphy Phone Review

Simpulan

Dengan membaca artikel ini, Anda telah mendapatkan informasi berguna yang dapat Anda pertimbangkan untuk dijadikan strategi e-commerce Anda. Ada banyak aspek yang perlu diperhatikan untuk mensukseskan bisnis Anda di era digital ini, namun pada dasarnya yang terpenting adalah bagaimana Anda beradaptasi dengan cepat sesuai tren pasar yang terus bergerak. Anda dapat menggunakan berbagai bantuan online tools yang sudah ada semacam Google Trends atau melakukan riset pasar sendiri. Analisa yang bersifat data-driven sangat penting bagi kesuksesan bisnis Anda, jangan sampai Anda menyepelekan data dan fakta yang ada di sekitar Anda. Tangkaplah momen-momen yang ada dan manfaatkan peluang itu untuk menawarkan baik produk maupun jasa yang kemungkinan dibeli atau disewa target pasar Anda. Selamat mengembangkan e-commerce Anda!

Artikel ini dikembangkan berdasarkan Presentasi Dewatalks oleh Henky Prihatna dari Google Indonesia. Ingin ikut event Dewatalks 2018? Silahkan follow social media Dewaweb yah untuk info-info terbaru dari kita!