Teknik Mudah Optimasi SEO Off-Site

off page optimization

Di postingan sebelumnya, kita sudah membahas tentang panduan lengkap SEO dan on-site SEO. Kali ini, kita akan membahas tentang cara paling baik untuk optimasi off-site atau off pages optimization.

Pengertian Off Page Optimization (Off-site SEO)

Off page optimization adalah proses membuat inbound links (backlinks) yang berasal dari luar situs web kita dengan cara senatural mungkin. Kenapa “natural” ini penting? Karena seperti kita tahu, search engine sudah semakin cerdas dan lebih mementingkan user experience. Melakukan teknik-teknik SEO yang terkesan manipulatif atau unnatural links justru akan menghancurkan situs web kita secara keseluruhan.

Faktor utama, tapi bukan satu-satunya, dari off page optimization adalah backlinks. Backlinks ibarat sebuah jembatan yang menghubungkan dunia Internet dengan situs web kita. Inilah yang menjadi landasan teori bahwa jumlah backlinks akan meningkatkan peringkat situs web kita. Konon, semakin banyak backlinks, maka situs kita akan dianggap semakin penting oleh Google. Semakin penting maka peringkat akan semakin naik.

Mungkin Anda akan bertanya-tanya, berapa banyak backlinks yang Anda perlukan untuk menaikkan peringkat situs web Anda? Well, tidak ada jawaban pasti untuk itu karena walau bagaimanapun peringkat bersifat fluktuatif, tergantung pula dengan peringkat situs web lain. 

Namun, harap pula diingat bahwa off page optimization bukan hanya tentang membangun backlinks, ada banyak faktor lain yang harus dipertimbangkan ketika membuat rencana optimasi. 

Tujuan Off Page Optimization

Pertanyaan Anda selanjutnya barangkali mengapa Anda harus repot-repot melakukan optimasi? Sayangnya kami juga tidak memiliki jawaban pasti untuk itu. Kami hanya bisa mengatakan bahwa optimasi on-site dan off-site SEO akan membantu meningkatkan peringkat situs web kita di mesin pencari seperti Google atau Bing. Semakin tinggi peringkat, maka trafik pun semakin naik. Dengan begitu, postingan bermanfaat yang kita buat akan dibaca lebih banyak orang.

Selain meningkatkan peringkat dan trafik, off page optimization juga bertujuan untuk:

  • Membangun Reputasi

Ketika situs web kita memiliki peringkat yang tinggi, pada saat bersamaan ini akan menjaga dan membangun reputasi.  Tentu saja peringkat ini harus tetap dibarengi dengan membuat konten yang berkualitas, informatif, dan bermanfaat bagi pembaca. Satu hal lagi, optimisme atau postingan positif dan kreativitas juga berperan besar dalam menjaga reputasi.

  • Branding

Dengan optimasi off-site, kita juga bisa membangun personal atau company branding di Internet. Melalui konten-konten yang bermanfaat bagi pembaca, kita akan memposisikan situs web kita sebagai situs yang terpercaya.

  • Content Marketing

Ini tujuan paling penting dari off-site SEO: marketing. Situs web kita tentu berisi banyak informasi seperti info produk, press release, artikel, dan sebagainya. Optimasi SEO akan membuat konten dan produk kita dilihat dan dibaca oleh banyak orang yang notabene calon pelanggan.

  • Identifikasi Kata Kunci

Dengan optimasi off-site SEO. Kita juga bisa memposting URL situs web kita ke berbagai direktori mesin pencari dan menghubungkan dengan situs web lain sehingga kita bisa mencari kata kunci paling tepat atau kata kunci yang paling relevan.

Faktor Keamanan/Kode Enkripsi

Sebelum kita sampai pada poin-poin teknik optimasi, kami ingin membahas faktor keamanan terlebih dahulu. Baru-baru ini, Google mengumumkan bahwa kode enkripsi HTTPS dijadikan salah satu faktor penentu dalam hasil pencarian. Jadi, situs yang menggunakan kode enkripsi HTTPS akan mendapatkan peringkat yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak.

Karena semakin hari orang-orang semakin sering membeli sesuatu secara online, maka faktor keamanan sangat dipertimbangkan. Misalnya, nyaris semua situs web jual beli online meminta data-data penting seperti nomor kartu kredit. Beberapa situs web seperti media sosial dan berbagai forum juga meminta data-data pribadi seperti nama, tanggal lahir, alamat, dan nomor identitas. Dengan mengenkripsi situs web kita, maka pengunjung akan merasa lebih aman ketika melakukan transaksi.

  • Apa Itu HTTPS?

HTTPS (“s” = secure) adalah metode aman untuk mengolah dan memproses informasi di Internet. Fasilitas ini diberikan oleh Google untuk melindungi pengguna dan memastikan bahwa tidak ada informasi yang disalahgunakan. Google menggunakan teknologi Secure Sockets Layers (SSL) yang berfungsi memfilter data antara komputer kita dengan jaringan. Gunanya adalah untuk mencegah pihak-pihak lain (seperti Internet provider atau Wi-Fi hotspots) melihat histori pencarian atau informasi login kita.

  • HTTPS untuk Situs Web dengan Transaksi

Situs web yang dilengkapi dengan fitur transaksi seperti e-commerce sudah telah menggunakan HTTPS. Sebab pelanggan ingin memastikan bahwa data-data yang mereka bagikan aman dan tidak disalahgunakan. Di sinilah fungsi HTTPS: untuk memberikan keamanan tambahan kepada pelanggan.

  • HTTPS untuk Situs Web Tanpa Transaksi

Situs web yang mengumpulkan data-data pribadi juga harus menggunakan enkripsi yang aman. Meskipun data pribadi tidak sesensitif data keuangan, pembaca atau pengunjung tetap harus dilindungi. Setidaknya, pengunjung akan lebih menghargai usaha Anda untuk melindungi data pribadi mereka.

  • Biaya

Memang, untuk memberikan perlindungan kepada pengunjung dan pelanggan tetap memerlukan biaya. Untuk bisa mentransfer data yang dilindungi, HTTPS menggunakan teknologi SSL. Artinya, jika kita ingin mengaktifkan HTTPS di situs kita, kita harus memiliki SSL certificate. Selain biaya yang harus dikeluarkan, seluruh URL web harus ditransfer. Semua link yang masih HTTP harus diubah ke HTTPS.

Jika Anda bisa mentransfer situs web yang Anda miliki ke HTTPS sendiri, silakan lakukan. Jika tidak, Anda bisa meminta bantuan kepada penyedia layanan tempat Anda membeli domain atau hosting. Untuk berkenalan lebih jauh dengan SSL dan manfaatnya, Anda bisa membaca di sini.

Kesimpulan

Jadi, kesimpulannya, bagaimana cara untuk meningkatkan peringkat situs web kita?

1.Konten

Ini adalah poin yang sudah sangat sering disinggung. Karena, kontenlah yang paling utama dari sebuah situs web. Jika Anda terus-menerus membuat konten yang unik dan informatif, Anda bukan hanya tengah memikat pembaca baru, tapi juga sedang memikat para pelanggan: pembaca tetap yang akan datang ke situs web Anda secara regular. Dan jangan lupa, selain kualitas, masukkan juga kata kunci yang relevan ke dalam artikel agar artikel dan situs web Anda tetap search engine-friendly.

2. Media Sosial

Jutaan orang memiliki dan beraktivitas di media sosial, mereka adalah target pasar potensial. Membagikan setiap postingan ke media sosial juga cara yang mudah dan murah untuk mempromosikan situs web dan bisnis Anda. Selain itu, melalui media sosial, Anda akan lebih mudah berinteraksi dengan mereka. Anda bisa mendengarkan pendapat, kritik, dan saran yang bisa digunakan untuk meningkatkan pelayanan.

3. Kata Kunci

Masukkan kata kunci ke dalam konten untuk meningkatkan peringkat di hasil pencarian. Sebagai catatan, long-tail keywords atau kata kunci yang berupa frasa akan lebih efektif digunakan daripada kata kunci yang hanya terdiri dari satu kata karena long-tail keywords akan memberikan hasil pencarian yang lebih spesifik. Contoh, Anda membuat postingan tentang cara memasang domain. Alih-alih menggunakan kata “domain” sebagai kata kunci, akan lebih baik jika menggunakan “cara memasang domain” atau “cara mudah memasang domain”.

4. Responsif

Dewasa ini, nyaris sebagian besar pembaca mengakses situs web dari smartphone atau tab. Jika Anda pernah memerhatikan demografi device di Google Analytics, Anda bisa mengetahui jumlah pengunjung yang menggunakan smartphone. Untuk itulah, kita juga harus memastikan bahwa tampilan situs web kita responsif sehingga mudah diakses di berbagai device.

5. Mesin Pencari

Harap diingat bahwa Google bukalah satu-satunya mesin pencari. Jadi, selain optimasi Google, akan lebih baik jika kita tetap berusaha meningkatkan peringkat di mesin pencari lainnya.

6. Expertise, Authority, Trust (E-A-T)

Tunjukkan kepada pembaca bahwa Anda memang ahli di bidang yang sedang Anda bahas. Tulislah konten yang bermanfaat dan praktis. Dapatkan kepercayaan mereka melalui interaksi yang positif.

7. Web Audit

Pastikan situs web Anda bersih dan tidak bermasalah. Periksa kembali situs web Anda kalau-kalau ada masalah dan selesaikan dengan segera. Misalnya, kecepatan, alt tag, on-page SEO.

8. Off-Page Optimization

Optimasi off-page akan membangun backlinks yang terpercaya ke situs web kita. Secara bersamaan akan meningkatkan peringkat situs web kita.

9. Faktor Keamanan

Menggunakan enkripsi yang aman akan meningkatkan rasa percaya dari para pengunjung dan pelanggan Anda. Memang dibutuhkan biaya untuk ini, tapi juga akan memberikan keuntungan jangka panjang untuk situs web dan bisnis Anda.

*

Baiklah, demikian penjelasan tentang bagaimana mengoptimasi off-page atau off-site SEO. Jika Anda memiliki pertanyaan atau saran tambahan terkait topik-topik yang kami bahas, tolong jangan ragu-ragu untuk menghubungi kami. Tim Dewaweb akan dengan senang hati membantu dan menerima saran dari Anda.

Kamu ingin mendapatkan konten edukasi secara rutin dan gratis ? Yuk isi form dibawah 🙂

* indicates required
Jenis Konten Edukasi yang diinginkan