Tips Optimasi Sumber Daya Cloud Hosting

cpu-usage-cloud-hosting-dewaweb

 

Salah satu keunggulan cloud hosting murah di Dewaweb adalah setiap customer mendapatkan alokasi sumber daya (resource) CPU dan RAM (yang disebut “Cloud Power”) sesuai paket hosting yang di-order. Ini membuat alokasi resource menjadi adil dan mencegah abuse oleh user lain atau biasanya disebut “bad neighbor effect”.

Namun, website Sahabat tidak lepas dari yang namanya kehabisan sumber daya. Hal ini bisa terjadi karena website sahabat yang semakin ramai dikunjungi pelanggan atau karena update dari WordPress (atau CMS lainnya) dan plugin-plugin yang semakin haus akan sumber daya. Jika sumber daya website Sahabat habis, maka akan terjadi bottleneck yang menyebabkan website menjadi lambat diakses atau connection timeout (Website Error 503). Pastikan pemakaian sumber daya website Sahabat selalu berada di bawah limit yang dialokasikan sesuai paket hosting Sahabat. 

Untuk itu, Dewaweb menyediakan alat bantu yang dapat dibuka pada cPanel cloud hosting Sahabat. Silahkan klik pada icon “Resource Usage” pada cPanel dan Sahabat akan dapat melihat history pemakaian CPU, Memory, dan sumber daya lainnya secara real-time hingga 1 bulan ke belakang.

 

icon-resource-usage-cpanel-control-panel-hosting-dewaweb

Lalu bagaimana jika memang website Sahabat sudah memakai semua sumber daya yang ada? Ada 3 pilihan solusi:

  1. Optimize script atau kurangi plugin yang dipakai di website Anda. Untuk mengecek plugin WordPress mana yang memakan sumber daya paling banyak, silahkan gunakan plugin P3 Profiler – https://wordpress.org/plugins/p3-profiler/
  2. Lakukan berbagai macam optimasi WordPress seperti berikut ini:
  3. Salah satu link di atas, menganjurkan untuk meng-upgrade versi PHP ke versi paling terbaru. Dewaweb kini sudah support versi PHP 7!  Wordpress yang berjalan di PHP versi 7 menurut benchmark lebih cepat daripada versi 5.6. Manfaatkan fitur mengganti versi PHP anda dengan mudah melalui cPanel Dewaweb. Caranya silahkan klik link ini. Namun, perlu berhati-hati sebelum melakukan upgrade versi PHP. Selalu ingat untuk melakukan full backup sebelum melakukan pergantian apapun pada cPanel.
  4. Upgrade ke paket hosting yang lebih tinggi untuk mendapatkan alokasi sumber daya hosting yang lebih banyak. Hubungi kami kalau Sahabat mau upgrade paket selama beberapa hari untuk melihat efeknya pada website Sahabat. Kami akan kasih free trial upgrade bahkan hingga paket Corporates selama beberapa hari! Upgrade tidak akan membuat website Sahabat down, karena upgrade dilakukan secara instan berkat teknologi cloud hosting Dewaweb dan perbedaan kecepatan loading website-nya langsung bisa dirasakan. Eror 503 pun segera teratasi. Gampang kan?

Untuk Sahabat yang mau melakukan upgrade, saat ini adalah kesempatan terbaik karena Dewaweb saat ini sedang ada promo New Year. Untuk tutorial upgrade paket hosting Sahabat, silahkan klik link ini.

Sukses selalu untuk bisnis online Sahabat Dewaweb!

3,026 total views, 4 views today

  • Terimakasih buat tutorialnya, sangat membantu. Semoga Dewaweb makin sukses!

    • Dewaweb Joe

      Sama-sama Pak Sigit. Semoga semakin sukses juga.