Trik Amankan Website dari Serangan Malware

browsing amanBerbagai layanan hosting Indonesia saat ini telah dilengkapi dengan standar keamanan yang tinggi. Namun, tetap saja serangan Malware berpotensi masuk ke dalam website Anda, membuat ruang penyimpanan menjadi boros, dan mengganggu kinerja server. Jadi, segera hindari serangan Malware dengan melakukan beberapa trik sederhana berikut ini:

Scanning Virus

Tips pertama yang dapat Anda lakukan adalah mendaftarkan website melalui Google Webmasters. Webmasters memiliki berbagai fitur mumpuni, seperti adanya kemampuan untuk mengecek keamanan situs secara menyeluruh. Selain itu, Webmasters juga mempunyai fitur Malware Diagnostic yang dapat Anda pakai ketika website Anda diblokir oleh Google. Cara lain yang dapat Anda lakukan adalah scanning Malware dengan menggunakan fitur antivirus bawaan hosting dan memasang program antivirus ke dalam perangkat yang sering Anda gunakan untuk berinteraksi dengan server.

Update Komponen

Secara berkala, lakukanlah pengecekan untuk melihat pemberitahuan update komponen versi terbaru untuk diterapkan ke dalam server. Dengan melakukan update komponen secara rutin, Anda dapat menghindari serangan Malware, dimana virus ini biasanya masuk ke dalam website dengan memanfaatkan komponen yang belum mendapatkan pembaharuan.

Back up Data

Selalu ingatkan juga diri Anda untuk mem-back up semua data dalam perangkat. Anda dapat menggunakan media penyimpanan tambahan atau memanfaatkan fitur back up pada layanan hosting. Dengan melakukan back up, semua data Anda dapat terselamatkan saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Bijak Menggunakan WiFi

Trik lain yang dapat Anda lakukan dalam mencegah Malware adalah saat mengakses server melalui jaringan WiFi publik. Sebaiknya, Anda hanya login dalam jaringan WiFi privat saja karena WiFi publik cenderung lebih mudah diserang Malware. Selain itu, selalu amankan juga password Anda dengan menggunakan berbagai program penyimpanan password.

Gunakan Firewall

Keberadaan Firewall di antara perangkat komputer dan jaringan juga dapat Anda manfaatkan. Sekalipun Anda sering merasa tidak nyaman menyalakan Firewall karena membatasi aktivitas surfing, namun Firewall cukup efektif menghindari serangan Malware. Nah, tidak ada salahnya bila Anda sekarang mengaktifkan fitur yang satu ini.

Sekalipun layanan hosting Indonesia sudah semakin canggih dalam menghindari serangan Malware, ada baiknya Anda tetap waspada dengan melakukan beberapa langkah di atas. Maka, kinerja website Anda akan tetap lancar untuk diakses oleh semua orang, dan data Anda pun akan tersimpan aman di dalamnya. Selamat mencoba!