Tutorial Instalasi Let’s Encrypt SSL (FREE)

dewaweb-letsencrypt

Tiga alasan utama kenapa website kamu harus menggunakan SSL (HTTPS) adalah untuk meningkatkan keamanan website, meningkatkan kepercayaan pelanggan, dan juga menaikkan ranking website di Google.

Let’s Encrypt adalah organisasi non-profit baru dari Linux Foundation yang menyediakan SSL gratis untuk semua pemilik website. Let’s Encrypt SSL gratis dan menawarkan perlindungan enkripsi standard, tapi tanpa warranty seperti SSL Certificates komersial dari RapidSSL, GeoTrust, Thawte dan Symantec.

Dewaweb Cloud Hosting memberikan kemudahan untuk semua pelanggan melakukan instalasi Let’s Encrypt SSL di websitenya hanya dalam waktu kurang dari 10 menit!

1. Silahkan masuk ke cPanel dan klik icon “Let’s Encrypt SSL”

Screen Shot 2016-05-25 at 12.26.51 AM

2. Setelah itu, di halaman Let’s Encrypt, silahkan pilih hostname domain yang mau di-install SSL, kemudian klik tombol “Issue Multiple” (kalau lebih dari satu hostname dipilih) atau “Issue Single” (kalau hanya ada satu hostname).

Screen Shot 2016-05-25 at 12.31.53 AM

3. Let’s Encrypt SSL akan di-install dan otomatis diperpanjang setiap tahun.

4. Test instalasi SSL di website SSLLabs.comsemua SSL yang di-install di server Dewaweb dijamin mendapatkan minimal grade A atau A+!

Dewaweb SSL Gets Grade A+ from SSLLabs.com

Langkah selanjutnya adalah melakukan konfigurasi redirect URL website kamu dari http ke https. Kalau kamu menggunakan CMS seperti WordPress, masuk ke wp-admin dan klik di menu Settings – General, kemudian edit WordPress Address dan Site Address ke https://www.namadomainanda.com seperti screenshot di bawah ini:

Screen Shot 2016-05-25 at 12.50.24 AM

Untuk Joomla, masuk ke menu “Global Configuration” dan pilih option “Force SSL: Entire Site”.

configure-joomla-ssl

Kalau website kamu tidak menggunakan WordPress atau CMS lainnya tapi menggunakan script custom sendiri, silahkan masuk ke cPanel – Redirect dan setting di sana.

Screen Shot 2016-05-25 at 12.56.19 AM

Setelah itu, silahkan testing website kamu dan pastikan icon padlock (gembok) keluar di address bar browser. Semua file yang ada di website harus di-load dari https. Kalau tidak keluar padlock, berarti ada link ke file yang perlu diperbaiki. Silahkan gunakan tool di https://www.whynopadlock.com untuk mencari file-file mana yang perlu diupdate link-nya ke https.

Dengan Let’s Encrypt SSL, semua pelanggan paket Cloud Hosting Personal dari Dewaweb bisa menikmati SSL gratis dan meriah. Untuk pelanggan Cloud Hosting Corporates tetap mendapatkan free RapidSSL dari Symantec yang tentunya lebih bergengsi sedikit dari SSL gratis Let’s Encrypt dan ada warranty $10,000! 🙂

Silahkan mencoba dan semoga tutorial ini membantu. Kalau butuh bantuan, jangan ragu untuk menghubungi Ninja Support Dewaweb yang senantiasa siap membantu 24/7!


Perhatian: Kalau kamu menggunakan CloudFlare di website kamu, maka CloudFlare sebagai front-end proxy sudah ada fitur free shared SSL juga dari Comodo CA dan bisa diaktifkan dari menu konfigurasi SSL-nya di CloudFlare, klik menu “Crypto” dan di-set ke “Full (strict)”. Dengan Let’s Encrypt SSL diaktifkan juga dari cPanel kamu, maka tingkat keamanan akan lebih baik karena dari back-end dan front-end akan terenkripsi secara full.

496 total views, 2 views today

  • Rudi Batubara

    Sertificat SSL nya valid nga ?

  • Maulana

    kalau menggunakan free ssl apakah fasilitas cloudflare masih bisa dipakai? atau hanya salah satunya ?

    • Dear Pak Maulana,

      Jika Bapak ingin menggunakan free ssl, maka cloudflare yang bisa dipakai adalah Cloudflare for Business dan setup langsung dari cloudflare.com-nya. Tidak bisa menggunakan cloudflare dari cPanel Dewaweb. Cloudflare di cPanel (gratis) sama sekali tidak bisa menggunakan SSL.

  • wah sayang banget fitur ini jadi bentrok sama cloudflare, padahal di fitur cloudflare dari dewaweb bisa pake railgun biar loadpage website makin cepet.

    • Betul, Pak/Bu Kiki. Ini dikarenakan SSL harus di instal di tiap server. Jika Cloudflare menggunakan banyak server untuk cache, maka di tiap server tersebut harus ada di instal SSL. Dan ini tidak murah bagi mereka. Terima kasih.

      • cloudflare dari dewaweb maksudnya gimana ya Pak?

        • Jika Bapak menggunakan hosting di Dewaweb, dan mendapatkan login cPanel Dewaweb, maka Bapak akan melihat fitur Cloudflare dari Dewaweb di sana. Ini adalah layanan gratis kami untuk setiap pelanggan kami agar websitenya dapat di-loading dengan cepat dari seluruh dunia. Nah, kendalanya adalah fitur gratis lainnya yakni SSL Let’s Encrypt tidak dapat diinstal bersamaan dengan penggunaan fitur ini karena SSL harus diinstal secara bersamaan juga di seluruh server Cloudflare.

  • Alysha Arliana

    lets encryptnya bayar?

    • Tidak bayar Bu Alysha. Silahkan masuk ke cPanel hosting Dewaweb anda. Bisa diaktivasi dari sana. Silahkan kontak kami jika masih ada pertanyaan.

      • Alysha Arliana

        cpanerl itu dimana ya? dan gak ribet kan membuat web menjadi https?

        • cPanel itu dapat di akses dari domain ibu ditambah /cpanel di belakangnya. Misal domain ibu adalah alyshaarliana.com, maka cPanel dapat di akses dengan alyshaarliana.com/cpanel. Lalu, masukkan username dan password yang Ibu dapat setelah membayar akun hosting Dewaweb. Jika ada pertanyaan lagi, jangan sungkan Bu. Terima kasih.

          • Alysha Arliana

            saya kok gak ada cpanelnya ya?

          • Dear Bu Alysha, tolong berikan kami detail identitas anda di Dewaweb melalui email ke support@dewaweb.com untuk dicek lebih mendalam. Terima kasih.

  • Bisa Pak Alfian. Silahkan digunakan sesuai kebutuhan.

  • jos,, sekian lama pake hosting cpanel, baru tau kalo https gratis tersedia, tinggal klik dan klik.. makasih dewaweb (y)

  • Eko Iswinarso

    Terima kasih Dewaweb, 5 jempol untuk Anda!

  • CloudFlare Free Plan sekarang sudah Support Let’s Encrypt, yakni pakai Shared SSL Certificate

    • Terima kasih atas informasi tambahannya Pak Lukmanul. Benar Pak, security itu hak semua orang. Apalagi baru-baru ini banyak website yang di-hack yah.

      Akan tetapi, mohon maaf komentar Bapak kita edit karena mengandung link. Untuk pembacaa yang ingin mengetahui blog Pak Lukmanul, silahkan search di Google dengan kata kunci Lukmanul Hakim Let’s Encrypt Secured Seal. Beliau akan ada di peringkat pertama.

      • Iya, Goal-nya Le’ts Encrypt memang itu, makanya namanya “Let’s Encrypt”, tujuannya agar 100% Transmisi Data di Internet bisa dienkripsi menggunakan SSL/TLS yang Valid (Dikenali Software Client).

        “Ayo Enkripsi, Hari gini pakai HTTP ?”, begitu mungkin kalo orang Indonesia yg ngomong 😀

        Makanya CloudFlare juga ikut andil mendukung Misi itu, dengan memberikan Shared/Universal SSL Certificate, dari COMODO CA Limited pula.

        Baik Let’s Encrypt maupun COMODO CA Limited, sama-sama Grade A+ di SSLLab.

        • Mantap. kalau untuk blogger, apa bisa pakae cloudflare pak?

          • Jika blognya sudah self-hosted (dimigrasi ke hosting Dewaweb, bisa Pak. Jika belum, harus dimigrasi terlebih dahulu. Blog yang masih di domain blogspot.com atau wordpress.com harus menggunakan SSL mereka.

  • Dear Pak Lukmanul, terima kasih atas informasi tambahannya. Mohon maaf, kita mengedit komentarnya karena mengandung link. Bagi yang membaca komentar ini, silahkan search lukmanul hakim lets encrypt secured seal, maka akan mendapat link Pak Lukmanul yang dimaksud.

    • Hehehe maaf mod saya gk tau rule-nya 😀

      Iya, masuk Page One SERP Google tuh ternyata 😀

      Pake Keyword English pula, bule pas masuk bingung bahasa Indo 😀

  • Krisnanda Laksana

    apakah bisa untuk blogger custom domain?