Waktu Yang Anda Butuhkan Untuk Berada di Peringkat Atas Google Dan Cara Mempromosikan Blog Supaya Masuk Halaman Pertama Mesin Pencari

Apa yang dibutuhkan untuk masuk peringkat di Google dan berapa lama Anda harus menunggu sebelum berada di posisi atas?

Tidak ada formula ajaib agar website masuk peringkat atas di Google dan tak ada siapapun yang bisa memberitahu Anda berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk masuk peringkat pertama. Tapi berdasarkan pengalaman, ada beberapa faktor yang memiliki peran penting dan ini yang akan kami jelaskan pada artikel ini.

Faktor Yang Mempengaruhi Waktu Yang Dibutuhkan Website, Blog, Atau Post Untuk Masuk Peringkat di Google dan Mesin Pencari Lain

Google berulang kali mengungkapkan kalau mereka menggunakan lebih dari 255 faktor di algorithma peringkat tapi faktor paling penting yang juga terkait dengan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk masuk peringkat Google adalah sebagai berikut:

Usia Domain

Sebuah website yang sudah berumur dan dipercaya lebih mungkin untuk memiliki peringkat lebih tinggi di hasil pencarian Google dibanding website yang lebih baru. Ini tidak berarti kalau website baru tidak bisa mencapai peringkat bagus tapi berarti akan dibutuhkan waktu lebih lama. Sebuah domain dianggap baru ketika aktif selama kurang dari 6 bulan. Setelah 6 bulan Anda bisa mulai mendapat traffic dari mesin pencari.

Domain yang Bersih

Ini jadi faktor lain yang bisa membantu atau menjatuhkan usaha Anda untuk masuk peringkat di Google. Domain yang bersih adalah website yang tidak terkena penalti dari Google baik secara manual atau penalti algorithma.

Bagaimana cara mengetahui kalau domain Anda bersih? Berikut dua cara yang bisa Anda lakukan:

  1. Log in ke Google webmaster tool, klik sebuah website untuk masuk ke bagian dashboard dan pilih “Manual Action” dari pilihan Search Traffic. Bila Anda melihat pesan “tak ada tindakan webspam manual yang ditemukan” berarti website tersebut tidak memiliki penalti manual apapun.
  2. Selain secara manual Anda juga perlu memeriksa penalti algorithma. Cara terbaik untuk melakukan ini adalah log in ke Google Analytics dan menuju ke traffic sources report. Pilh Google sebagai sumber traffic dan atur rentang tanggal dari awal tahun. Lihat perubahan drastis yang terjadi pada traffic dan bandingkan tanggal ketika ini terjadi dengan Google algorithm change history. Bila ada hubungan antara tanggal dimana Anda kehilangna traffic dan tanggal Google melakukan perubahan maka ini berarti website Anda mengalami penalti dan bergantung pada jenis perubahan yang Anda bisa lakukan untuk pemulihannya.

Bila domain Anda tidak bersih maka hanya buang waktu saja mencoba memasukkannya ke peringkat Google karena penalti tidak membolehkannya. Cara terbaik untuk melanjutkan adalah dengan membersihkan domain Anda atau pertimbangkan untuk memulai domain yang baru.

Kompetisi Kata Kunci

Ada kompetisi yang ketat, terutama untuk kata kunci yang paling populer, jadi Anda perlu selektif dalam memilih kata kunci yang  ingin Anda masukkan ke peringkat. Bila Anda memilih kata kunci populer dengan keyakinan cara ini akan membuat traffic lebih banyak, kemungkinan Anda tidak akan mendapat hasil yang baik, kecuali Anda memiliki website yang sangat kuat dan terpercaya.

Tapi yang harus Anda lakukan adalah menargetkan kata kunci dengan kompetisi rendah hingga Anda mendapat peringkat tinggi untuk kata kunci tersebut lalu coba kata kunci yang populer. Peringkat tinggi untuk kata kunci dengan kompetisi rendah akan membuat Anda memperoleh traffic dan tautan dari website lain, dan ini perlahan membuat website Anda lebih kuat dan bisa masuk peringkat untuk istilah yang lebih penting.

Jenis Konten (Berita, Artikel, Gambar, dan Sebagainya)

Faktor lain yang mempengaruhi waktu yang dibutuhkan untuk masuk peringkat di Google adalah jenis konten. Sela berita (breaking news) akan masuk peringkat lebih cepat dibanding cerita yang tidak dianggap sebagai berita. Misalnya, cerita tentang episode perang di Timur Tengah mungkin muncul di posisi atas lebih cepat dibanding cerita Anda tentang alergi makanan. Begitu juga gambar terbaru dari pangeran Inggris yang baru lahir akan masuk peringkat atas lebih cepat dibanding gambar yang Anda unggah untuk menyertai post baru.

Pilihan Judul

Memiliki judul yang teroptimasi oleh SEO lebih penting dari yang Anda kira. Judul SEO akan membantu Anda masuk peringkat lebih cepat dibanding judul yang tidak teroptimasi.

Bila Anda blogger atau webmaster biasa, Anda akan memiliki website baru tanpa profil penulis yang kuat dan hanya ada beberapa tautan saja ke website Anda, maka meski Anda menulis konten terbaik tapi memilih judul yang salah, Anda tidak akan masuk peringkat sama sekali, setidaknya dalam jangka waktu pendek. Judul halaman sangat penting terutama untuk website yang tidak begitu kuat.

Bila Anda memiliki website dan profil yang sangat kuat maka ada kemungkinan untuk masuk peringkat untuk judul tanpa optimasi dengan cepat, tapi bukan itu persoalannya, Anda bisa lebih selektif pada pilihan judul dan mendapat hasil lebih baik dalam waktu lebih singkat.

Panjang Konten

Panjang konten berpengaruh pada peringkat. Ada banyak bukti kalau artikel yang panjang lebih berpeluang masuk peringkat lebih tinggi dibanding artikel pendek. Untuk waktu yang dibutuhkan untuk masuk peringkat, artikel mendalam tentang sebuah topik lebih memiliki kesempatan untuk masuk peringkat lebih tinggi dibanding artikel pendek tentang topik yang sama.

Kuantitas Konten di Website

Ini juga terkait dengan usia domain yang telah dijelaskan di atas. Sebuah post yang diterbitkan di website yang sudah memiliki sejumlah post berkualitas akan lebih mungkin masuk peringakat lebih cepat dibanding artikel yang diterbitkan di website yang hanya memiliki beberapa post.

Konten Orisinil

Jangan harap Anda bisa masuk peringkat di Google atau mesin pencarian lain dengan konten tidak orisinil. Ini berlaku bagi post dan website. Bila website tidak memiliki konten orisinil lalu meski Anda kemudian menerbitkan konten orisinil, tetap tidak akan membuatnya masuk peringkat. Anda perlu mengetahui trik menulis konten untuk menaikkan peringkat situs.

SEO Jadi Faktor Penting

On page dan Off Page SEO memiliki peran penting tidak hanya untuk menghasilkan peringkat pada postingan baru atau website tapi juga untuk berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk masuk peringkat. Kampanye design yang dirancang dengan seksama akan juga mempercepat waktu yang dibutuhkan halaman atau post baru masuk peringkat di Google.

Jumlah Referensi Eksternal (Link)

Sebuah post atau halaman baru yang menerima sejumlah tautan alami karena dianggap penting, berguna, dan berharga akan memanjat SERP lebih cepat. Silahkan baca artikel kami tentang cara membangun backlink berkualitas.

Seberapa Sering Anda Menerbitkan Konten

Frekuensi Anda menerbitkan konten mempengaruhi waktu yang dibutuhkan halaman baru untuk masuk peringkat Google. Bila Anda memiliki jadwal stabil, misalnya 2 sampai 3 kali per minggu, maka kemungkinan besar konten Anda akan terindeks lebih cepat. Tapi bila Anda tidak menerbitkan konten baru sesering itu, akan butuh satu hari sebelum mesin pencari menemukannya. Ingat, mengindeks bukan berarti memasukkan konten ke peringkat, tapi ini jadi langkah awal dari proses itu.

Yang Bisa Anda Lakukan Untuk Mendapat Peringkat Lebih Baik di Google

Selain poin-poin yang sudah dijelaskan di atas, untuk mencapai peringkat lebih baik di Google Anda bisa mengikuti beberapa langkah berikut:

Bersabar

Kesabaran mungkin jadi karakteristik paling penting yang Anda butuhkan bila ingin sukses di dunia online. Mesin pencari diatur oleh algorithma peringkat yang kompleks, mereka memiliki banyak data untuk dikelola, kompetisinya ketat, dan butuh waktu untuk meyakinkan mereka kalau Anda layak berada di posisi atas di peringkat mereka.

Mempekerjakan Agensi SEO Terpercaya

Internet sangat penting untuk semua jenis bisnis dan kadang ketika Anda tidak mendapat hasil yang Anda inginkan, mungkin lebih baik untuk menyerahkannya pada orang yang ahli. Menyerahkan tugas ini pada agensi SEO jadi hal terbaik yang bisa Anda lakukan dan biayanya tidak akan semahal yang Anda kira.

Lupakan Google Sementara Waktu

Jangan terobsesi oleh Google karena ini akan membuat Anda melakukan kesalahan. Daripada memeriksa statistik peringkat Anda berkali-kali tiap hari, yang lebih baik Anda lakukan adalah melupakan tentang Google sementara waktu sambil berkonsentrasi menemukan cara lain untuk meningkatkan traffic. Ini tidak hanya membantu Anda untuk tidak bergantung pada Google tapi juga memvariasikan sumber traffic bila Anda ingin membangun kehadiran online yang solid.

Manfaatkan Kehadiran Media Sosial

Ketika menunggu Google menemukan dan mengenali kerja bagus Anda, Anda bisa manfaatkan media sosial untuk membuat Anda lebih terlihat.

Pemilihan Judul Blog Atau Konten Agar Masuk Peringkat Lebih Cepat di Google

Ketika memilih apa yang harus ditulis di blog (topik, judul artikel, konten, dan sebagainya), penting untuk memahami 2 konsep dasar. Pertama, konten jadi faktor keberhasilan paling penting untuk website atau blog manapun, jadi di bagian ini Anda harus menghabiskan waktu paling banyak.

Yang kedua, Anda harus menyadari kalau Anda tidak sendiri dan Anda tidak hanya menciptakan konten bagus tapi juga harus berkompetisi dengan website lain yang juga menciptakan konten yang bagus. Berikut ini yang bisa Anda lakukan untuk meminimalisir kompetisi ini.

Sebelum mulai menulis blog post selanjutnya, ajukan pertanyaan ini pada diri Anda:

  1. Apa yang akan jadi topik dari post saya?
  2. Apakah post saya menjawab pertanyaan dan memecahkan masalah?
  3. Apa yang orang lain tulis tentang topik serupa?
  4. Bagaimana saya membedakan konten saya dari post yang sudah ada dan membuatnya lebih baik?

Setelah Anda menjawab pertanyaan di atas langkah selanjutnya adalah menentukan judul blog post, menulis post, menerbitkan, dan mempromosikannya.

Memilih Judul Blog Post

Judul blog post penting karena 3 alasan utama:

  • Judul yang bagus akan menarik lebih banyak pembaca dan perhatian media sosial
  • Judul yang bagus penting untuk tujuan SEO
  • Judul blog harus membantu pembaca juga mesin pencari meahamai isi post. Google menekankan pentingnya judul halaman untuk tujuan SEO jadi ini bukan suatu hal yang boleh Anda remehkan.

Beberapa poin penting untuk Anda ingat:

  • Anda tidak hanya perlu membuat konten yang bagus tapi juga harus memilih judul blog dengan hati-hati setelah melakukan analisa kata kunci menggunakan keyword tool dan analisa kompetisi dengan mencari istilah-istilah terkait di Google.
  • Dengan memilih judul blog dengan kompetisi rendah Anda bisa meningkatkan kemungkinan masuk peringkat lebih tinggi.
  • Hal pertama yang Anda lakukan adalah memilih topik blog, mencari judul, lalu tulis kontennya.
  • Setelah menerbitkan konten, pastikan Anda mempromosikan blog dengan cara terbaik.
  • Sertakan kata kunci di judul blog post, tapi jangan berlebihan.
  • Jangan ikuti prosedur di atas untuk semua blog post Anda. Pilh lebih dulu blog post mana untuk optimasi dengan metode di atas tapi juga pastikan Anda punya post yang non-optimasi di website atau blog Anda.

Setelah menerbitkan blog post, Anda perlu mempromosikannya. Berikut beberapa cara untuk mempromosikan blog post Anda:

  1. Tambahkan post baru di halaman Facebook Anda. Ini akan menjadi pesan ke penggemar Anda. Nantinya metode ini menghasilkan traffic dari Facebook atau like ke blog post yang Anda butuhkan.
  2. Bagikan post Facebook yang sudah di-post-kan di atas ke teman Facebook Anda menggunakan akun personal Facebook Anda. Dengan kata lain Anda ke timeline personal Anda, dan like lalu bagikan post langsung dari halaman bisnis Anda.
  3. Ulangi proses yang sama pada halaman bisnis Google+ dan halaman personal Google+. Misalnya Anda membagikan post baru di halaman bisnis Google+ lalu membagikan post tersebut di siklus Google+ personal.
  4. Buat tweet tentang post baru Anda. Anda bisa lakukan tes berbeda untuk mengetahui mana waktu terbaik melakukan tweet agar memiliki balikan terbaik. Sebenarnya Anda perlu lakukan hal serupa pada Facebook dan Google+ dan temukan rentang waktu khusus saat paling banyak follower Anda online. Cara paling mudah melakukan ini adalah menerbitkan post atau tweet di pagi, siang, atau malam hari selama seminggu dan identifikasi mana waktu yang memberi Anda lebih banyak like, tweet, dan sebagainya.
  5. Gunakan deskripsi menarik pada posting media sosial Anda. Kadang judul tidak cukup untuk menarik perhatian pembaca, jadi coba lebih kreatif lagi tapi tepat sasaran. Hindari kalimat atau paragraf yang panjang.

Cara Yang Harus Dihindari Untuk Mempromosikan Blog Post

Metode di atas jadi beberapa cara terbaik untuk mempromosikan blog post Anda tanpa perlu menghabiskan banyak waktu. Ada juga sejumlah cara yang perlu Anda hindari bila Anda ingin meminimalisir resiko mendapat penalti dari Google atau Facebook.

  1. Menambahkan tautan blog post di bagian komentar blog lain. Anda juga tak perlu menerima komentar dengan tautan karena biasanya tujuannya bukan untuk memberi komentar yang bemanfaat tapi untuk mendapat tautan dari web Anda.
  2. Menulis ulang post yang sama dan mengirimkannya sebagai guest post. Tindakan ini bukan ide yang baik. Guest posting jadi cara bagus untuk membangun link bila Anda melakukanya dengan cara yang benar.
  3. Bergabung di komunitas blogging dan saling memberi informasi tentang postingan baru. Ini juga bukan ide yang baik. Anda harus menghindari cara yang melibatkan bertukar link dengan blogger lain.
  4. Menambahkan link post Anda sebagai komentar di halaman Facebook. Ini dianggap tindakan spamming dan bila sering melakukannya Anda akan mendapat hukuman dari Facebook.

Daftar di atas belum 100 persen lengkap tapi sudah cukup bila Anda ingin mengefisienkan waktu Anda. Promosi blog post bisa jadi proses yang memakan waktu dan Anda harus seimbangkan usaha dan hasilnya sebelum menentukan metode mana yang akan digunakan.

Butuh waktu yang tidak singkat untuk masuk peringkat di Google. Bila Anda memulai website sekarang maka Anda harus menunggu 3 hingga 4 bulan hingga Anda bisa melihat hasilnya. Setelah 6 hingga 7 bulan dan Anda bekerja dengan arah yang tepat Anda bisa mulai mendapat lebih banyak traffic dari Google dan mesin pencari lain. Yang harus Anda lakukan bila semua usaha tidak membuahkan hasil adalah tidak menyerah dan terus mencoba dengan teknik white hat dan cepat atau lambat Anda akan mendapat porsi di traffic Google yang layak bagi Anda.

1,382 total views, 14 views today