Yoast SEO WordPress Plugin (Panduan Lengkap)

Saat Anda mengelola situs di WordPress dan melakukan hosting sendiri, plugin SEO Yoast adalah salah satu alat paling penting yang dapat Anda miliki. Yoast SEO adalah salah satu plugin WordPress yang paling populer terkait dan tidak sulit untuk mengerti mengapa demikian. Sebenarnya entah Anda menjalankan blog Anda sendiri atau Anda adalah seorang profesional SEO yang mengelola website bagi klien, Yoast adalah tools keren yang bisa membantu agar performa kinerja situs Anda maksimal.

Yoast SEO dapat diinstal di situs WordPress yang Anda hosting sendiri. Untungnya lagi, tools ini disediakan gratis. Yoast SEO dapat dioperasikan dengan mudah bahkan bagi seorang pemula di bidang SEO sekalipun. Tools dari WordPress ini juga yang paling komprehensif di antara tools sejenis lainnya. Memang tersedia juga versi premiumnya, tetapi pada dasarnya seluruh fungsi pentingnya terdapat di Yoast SEO yang gratis. Yoast memudahkan Anda melakukan hal-hal seperti kontrol terhadap title and meta description, menetapkan keyword yang Anda targetkan dan melacak seberapa sering Anda menggunakannya, mengelola sitemap, dan banyak lagi hal lainnya yang bisa dikelola dengan tools gratis ini.

Cara Download dan Install Yoast SEO

Jika Anda belum memiliki plugin Yoast SEO yang terpasang di situs Anda, Anda bisa download sekarang juga. Jika Yoast SEO sudah terpasang, selanjutnya Anda tentu ingin mempelajari lebih lanjut tentang cara menggunakannya, Anda bisa langsung saja loncat ke bagian “Penggunaan Yoast SEO”.

Dari dasbor admin pada situs Anda, lihat sisi kiri layar untuk opsi “Plugins”. Bila Anda mengarahkan kursor ke atasnya, Anda akan melihat opsi “Add New”.

Klik “Add New” dan Anda akan dibawa ke halaman dengan pilihan plugin unggulan, populer, direkomendasikan, dan favorit. Jika Anda tidak melihat Yoast SEO tercantum di bawah bagian ini, ada kotak pencarian yang dapat Anda gunakan untuk menemukannya.

Setelah Anda menemukan plugin Yoast SEO, klik “Install Now” dan WordPress akan melakukan proses download, instalasi dimulai, dan meminta Anda untuk mengaktifkan plugin tersebut. Aktifkan plugin dan jika berhasil diinstal dan sudah aktif, Anda akan melihat opsi bertanda “SEO” di menu bilah sisi kiri dasbor admin Anda dan di sepanjang bilah menu horizontal di bagian atas layar Anda.

Mengunduh dan menginstal Yoast SEO itu mudah, tapi sekarang setelah Anda melakukan satu tahapan tersebut, Anda perlu menyiapkan plugin. Jika Anda belum pernah menggunakan Yoast SEO sebelumnya, ini mungkin tampak sedikit susah, tapi kami berjanji Anda mampu menanganinya setelah beberapa panduan yang akan kami berikan berikut. Kami memang tak dapat menjanjikan keberhasilan SEO-nya sebab SEO tak dapat menampakkan hasil dalam semalam. Tapi sangat penting untuk melakukannya dengan benar. Karena pengaturan Yoast yang ideal akan bervariasi dari satu situs ke situs lain, kami tidak akan memberi tahu Anda pengaturan yang sulit tapi jitu, namun kami akan memandu Anda melalui suatu pengaturan yang sesuai dengan kebutuhan Anda secara mendasar.

Pengaturan Yoast SEO

Untuk memulai, buka dasbor admin situs Anda, cari opsi “SEO” di menu sisi kiri (atau menu paling atas, tergantung mana yang Anda suka) dan klik “General”. Ini akan membawa Anda ke halaman di mana Anda bisa memiliki kesempatan untuk membuat beberapa opsi SEO dasar yang global bagi situs Anda.

Pengaturan General pada plugin Yoast SEO:

Jika Anda ingin mengembalikan Yoast SEO ke pengaturan default, tab “General” adalah tempat Anda dapat melakukannya. Kecuali Anda ingin mengikuti suatu tour semacam pengantar atau panduan, pergilah ke bagian “Your Info”.

Pengaturan Your Info pada Plugin Yoast SEO:

Pada bagian ini, Anda bisa memberi tahu Yoast soal nama situs Anda atau apakah Anda memiliki nama alternatif yang ingin Anda pakai. Anda juga dapat memberitahukan apakah alat ini digunakan untuk kepentingan perusahaan atau perseorangan, yang akan mempermudah Google dalam memasukkan situs Anda ke dalam hasil grafik informasi terkait. Jika Anda menyiapkan SEO Yoast untuk situs web perusahaan, Anda dapat memiliki kesempatan untuk menambahkan hal-hal seperti logo perusahaan, yang juga dapat disertakan dalam hasil grafik informasi.

Webmaster Tools:

Sekarang, mari masuk ke tab “Alat Webmaster”. Kalau Anda berencana menggunakan alat seperti Google Search Console, Alexa, Alat Webmaster Bing, atau Alat Webmaster Yandex, Anda bisa memverifikasi situs Anda melalui situs ini jika situs Anda belum terverifikasi.

Proses dasar untuk melakukan hal ini sangat mirip tidak peduli tools mana yang Anda pakai, namun kami akan menggunakan Google Search Console sebagai contoh:

  1. Buka dasbor Search Console Anda dan pilih “Manage Property”, lalu “Verify this site” dari kotak di sebelah situs yang Anda tambahkan ke Yoast. Jika Anda belum menambahkan situs ke Search Console, Anda harus melakukannya terlebih dulu.
  2. Pilih opsi verifikasi “Tag HTML”. Tidak perlu menyisipkan kode yang diberikannya ke bagian <Head> kode situs Anda, potong langsung saja kode itu dan tempelkan ke kotak Google Search Console yang Anda lihat di sini dan hapus semuanya kecuali yang ada di dalam tanda petik, termasuk tanda kutipnya itu sendiri.
  3. Tekan “Save Changes,” lalu kembali ke dasbor Google Search Console dan tekan “Verify”.

Fitur Security Plugin Yoast SEO:

Terakhir, ada tab “Security”. Jika Anda bekerja dengan situs melalui satu penulis saja, Anda benar-benar tidak perlu khawatir tentang ini dan Anda dapat membiarkan kotak ini tidak dicentang. Tetapi jika Anda bekerja dengan situs di mana beberapa penulis dapat mengakses situs dan bahkan menambahkan konten, bagian ini bisa jadi membantu. Saat kotak ini dibiarkan tidak dicentang, akan memungkinkan bagian dengan opsi lanjutan seperti pengalihan dan pengaturan noindex terlihat di kotak peralatan Yoast yang muncul di editor masing-masing halaman. Meskipun Anda mungkin akan baik-baik saja dengan kontributor situs Anda dapat menambahkan konten mereka sendiri, Anda mungkin belum tentu ingin mereka punya akses untuk mengubah pengaturan-pengaturan tertentu. Yang harus Anda lakukan adalah mencentang kotak ini dan Anda tidak perlu khawatir lagi soal hal tersebut.

Pengaturan Bagian “Titles and Metas”

Selanjutnya, mari beralih ke bagian “Titles & Metas”, yang dapat ditemukan di bawah opsi “SEO” di menu sisi kiri. Bagian ini sangat penting untuk tujuan SEO karena di situlah Anda bisa memutuskan beberapa hal tentang bagaimana situs Anda muncul di SERPs. Saat Anda klik bagian ini, hal pertama yang akan Anda lihat adalah tab “General”.

Di sini, Anda akan memiliki kesempatan untuk mengubah tampilan judul Anda, seperti “Your Site Name | Contact Us” atau “Your Site Name – Contact Us”. Pemisah judul mana pun yang Anda pilih untuk digunakan akan digunakan di semua halaman situs Anda. Sedangkan untuk opsi “Force rewrite titles”, bagian ini bisa memperbaiki masalah di mana beberapa situs memiliki tempat/ nama situs yang muncul dua kali pada judulnya. Beberapa situs menggunakan tema WordPress yang memiliki tampilan judul built-in SEO, yang bisa menggantikan pengaturan yang Anda pilih di Yoast. Jika Anda mengalami masalah ini, dengan memeriksa kotak ini, Anda dapat terbantu dalam menyelesaikannya. Jika Anda mencentang kotak ini dan masih memiliki masalah judul duplikat juga, kami sarankan Anda untuk hubungi web developer Anda karena ada cara untuk memperbaikinya dengan mengedit site code Anda.

Apa yang Anda lihat di bawah tab “Homepage” akan bergantung pada bagaimana situs Anda disiapkan. Dalam hal ini, kami ambil contoh kondisi di mana situs diatur untuk menggunakan satu halaman bagi beranda dan halaman yang berbeda bagi blog. Jika ini adalah bagaimana situs Anda disiapkan dan Anda ingin membuat perubahan pada judul dan deskripsi meta untuk salah satu halaman tersebut, yang harus Anda lakukan hanyalah klik tautan “editing the front page itself / editing the blog page itself” yang terlihat di gambar atas. Dan buatlah perubahan Jika Anda bekerja dengan situs di mana beranda menampilkan posting terakhir, tab “Homepage” Anda akan terlihat berbeda dari apa yang Anda lihat di sini.

Titles and meta descriptions:

Berikutnya adalah bagian “Post Types”. Di sini, Anda dapat menyiapkan template dasar untuk title dan meta decsription untuk jenis halaman utama situs Anda. Posting blog bisa mengikuti satu format, sementara halaman lain di situs Anda mengikuti yang lain. Jika Anda tidak secara khusus menulis judul atau deskripsi meta SEO yang dioptimalkan untuk setiap halaman Anda, judul dan deskripsi meta Anda akan mengikuti template dasar yang Anda buat di sini. Anda dapat mengisi ini dengan menggunakan variabel dan informasi yang Anda tentukan secara otomatis akan dimasukkan ke dalam judul dan deskripsi meta Anda. Jika Anda membiarkan kotak deskripsi meta kosong, mesin pencari akan menarik kutipan konten dari halaman tersebut.

Meta Robots:

Dengan opsi “noindex, follow”, centang kotak jika ada sesuatu yang tidak ingin diindeks oleh mesin penelusur. Dalam kebanyakan situasi, Anda mungkin ingin membiarkan kotak ini tidak dicentang. Tetapi jika Anda memiliki halaman yang ingin Anda hindari dari mesin pencari atau halaman yang dapat menyebabkan hukuman duplikat konten, seperti arsip konten, periksalah kotaknya.

Date in Snippet Preview:

Adapun opsi “Date in Snippet Preview”, apakah Anda harus mencentang kotak ini atau tidak semuanya tergantung pada jenis konten yang Anda miliki pada jenis halaman itu. Jika Anda sering membuat update blog atau posting konten tentang banyak cerita yang layak diberitakan, Anda mungkin ingin mengaktifkannya. Tetapi jika Anda berurusan dengan konten evergreen yang akan relevan selama bertahun-tahun ke depan, Anda mungkin lebih memilih untuk menonaktifkannya sehingga orang tidak dapat melihat halaman Anda di SERPs, memerhatikan tanggalnya, dan berasumsi bahwa situs Anda kedaluwarsa atau ketinggalan zaman.

Yoast SEO Meta Box:

Lalu ada pilihan untuk menyembunyikan Yoast SEO Meta Box. Jika Anda berurusan dengan situs yang memiliki beberapa kontributor, Anda mungkin ingin menggunakan opsi ini untuk mencegah kontributor Anda agar tidak punya akses mengubahnya. Jika Anda mencentang kotak ini dan kemudian memutuskan bahwa Anda menginginkan opsi semula kembali, tidak jadi masalah; Anda dapat selalu kembali lagi nanti dan mengubah setting ini lagi dengan mudah.

Taxonomies:

Berikutnya adalah tab “Taxonomies”. Jika situs Anda adalah sesuatu seperti blog yang menggunakan beberapa kategori dan tag yang berbeda untuk mengatur pos, Anda dapat menggunakan bagian ini untuk menyiapkan template bagi titles and meta description untuk halaman-halaman itu dengan menggunakan variabel seperti yang Anda lakukan di tab “Post Types”. Jika Anda cenderung menggunakan istilah yang sama persis untuk tag dan kategori, itu bagus, namun Anda mungkin ingin memeriksa opsi “noindex, follow” untuk menghindari hukuman karena konten duplikat.

 

Saat Anda menjalankan blog, memiliki halaman konten arsip berdasarkan tanggal dan / atau penulis merupakan cara terbaik untuk mempermudah pembaca menemukan konten masa lalu. Namun, halaman arsip tidak selalu begitu nyaman untuk mesin pencari, yang mungkin menganggapnya sebagai duplikat konten. Tab “Archives” memungkinkan Anda mencegahnya dengan memberi tahu mereka apakah Anda ingin halaman arsip Anda diindeks atau tidak, atau Anda dapat menonaktifkan semua halaman arsip bersama jika Anda mau.

Anda juga dapat menyiapkan judul untuk tampil di halaman khusus seperti 404 halaman. Jadi jika Anda memiliki sesuatu yang istimewa, Anda menginginkan hal itu terjadi, silakan memasukkannya ke bagian “Special Pages”. Anda bahkan dapat menggunakan beberapa variabel yang Anda gunakan di beberapa tab sebelumnya jika Anda mau.

Pengaturan Bagian “Social”

Tab “Accounts” dari bagian “Social” cukup jelas. Yang harus Anda lakukan adalah menambahkan URL ke setiap profil media sosial Anda. Ingatlah bahwa untuk bagian Twitter, Anda hanya perlu memasukkan nama pengguna Anda, bukan URL untuk profil Anda. Mengisi bagian ini memberitahukan mesin penelusur semacam Google bahwa mereka terkait dengan situs Anda.

Saat Anda melewati tab untuk platform media sosial individual, Anda dapat mengontrol bagaimana konten yang dibagikan dari situs Anda akan muncul di setiap platform. Di bawah tab “Facebook”, ada opsi untuk menambahkan data meta Open Graph ke bagian <Head> situs Anda, yang akan mempermudah Facebook untuk menggunakan gambar, judul, dan deskripsi yang sesuai saat ada sesuatu di situs Anda yang dibagikan. Anda juga dapat menentukan gambar default untuk mereka gunakan jika seseorang membagikan posting atau halaman yang belum memiliki gambar di dalamnya.

Jika Anda memiliki halaman penggemar Facebook untuk situs Anda, Anda dapat menentukan admin untuk halaman Anda sehingga Anda dapat mengakses Facebook Insights untuk situs Anda. Facebook Insights akan memberi Anda informasi tentang seberapa sering hal-hal dari situs Anda dibagikan, disukai, dan berapa banyak lalu lintas yang didapat situs Anda dari Facebook. Untuk mengakses lebih lanjut, klik tautan “Facebook Insights” dan lihat di pojok kanan atas untuk tombol bertuliskan “Insights for Your Site” Ini akan memunculkan kotak bagi Anda untuk menghubungkan domain situs Anda ke Facebook Insights.

Ada setelan serupa di tab “Tweet”, “Pinterest”, dan “Google+”. Di bawah tab “Twitter”, Anda bisa mengatur data meta kartu Twitter, yang pada dasarnya setara dengan Twitter Facebook Open Graph. Jika situs Anda memiliki akun Pinterest, Anda harus memeriksa kotak “Add Open Graph meta data” di bawah tab “Facebook” terlebih dahulu, lalu masukkan kode verifikasi yang diberikan kepada Anda oleh Pinterest di bawah tab “Pinterest”.

Setelah pengaturan media sosial Anda siap, kembali ke bagian “SEO” dari menu sisi kiri dan pilih “XML Sitemap”.

XML Sitemaps pada Yoast SEO

Salah satu hal terbaik tentang Yoast SEO adalah membuat pengelolaan sitemap menjadi sangat mudah. Bila Anda mengaktifkan fungsi sitemap XML, Yoast SEO secara otomatis menghasilkan peta situs, memperbaruinya saat Anda menambahkan konten baru, dan mesin telusur ping saat diperbarui.

Saat Anda mengeklik berbagai tab di bagian ini, Anda akan memiliki kesempatan untuk menentukan apakah Anda menginginkan hal-hal seperti jenis pos atau kategori pos tertentu yang disertakan dalam peta situs Anda. Lihat saja melalui tab dan jika Anda melihat sesuatu yang tidak Anda inginkan di peta situs Anda, cukup centang kotak di sebelahnya dan Anda baik untuk pergi. Anda juga dapat mengecualikan pos tertentu dari peta situs dengan memasukkan nomor ID pos di bawah tab “Excluded Post”.

Sekarang, mari beralih ke opsi lanjutan yang terdapat di bagian “SEO” di menu sisi kiri. Jangan biarkan nama itu membuat Anda merasa enggan mengaturnya; Bagian ini sebenarnya cukup sederhana.

Penggunaan Yoast SEO

Sekarang setelah Anda menginstal dan menginstal Yoast SEO, pergi ke menu sisi kiri di dasbor admin situs Anda dan pilih “All posts” atau “All pages” untuk melihat daftar semua halaman / posting Anda. Anda harus melihat kolom bertuliskan “SEO” di sisi kanan layar.

Kolom ini menunjukkan sebuah titik yang mengarahkan Anda tentang bagaimana Yoast SEO menilai halaman itu. Yoast SEO menggunakan sistem yang cukup sederhana untuk menilai keramahan SEO sebuah halaman:

  • Titik abu-abu berarti Yoast SEO tidak memiliki informasi yang tersedia untuk halaman itu,
  • Titik hijau berarti halaman itu bagus,
  • Titik merah berarti ada beberapa masalah penting,
  • Titik kuning / oranye berarti ada ruang untuk perbaikan.

Jika Anda sedang dalam proses membaca semua halaman atau posting di situs Anda dan mengoptimalkannya, kolom ini bisa sangat membantu karena Anda dapat mengurutkan halaman / posting berdasarkan kolom itu, sehingga akan menjadi mudah untuk mengidentifikasi halaman mana yang perlu mendapat perhatian atau pengelolaan berkelanjutan dari Anda.

Simpulan

Sebenarnya ada lebih banyak lagi yang dapat dibahas terkait Yoast SEO. Anda dapat melihat referensi terkait yang membahas secara lebih luas baik Penggunaan Yoast SEO hingga fitur Yoast SEO Premium untuk tambahan informasi.

Pada dasarnya, Yoast SEO punya banyak kelebihan dibanding tools SEO sejenis lainnya untuk proses SEO yang maksimal. Plugin Yoast ini dapat memberikan hasil yang maksimal agar website Anda, khususnya pada WordPress, mengalami kenaikan peringkat di mesin penelusur semacam Google. Apalagi, plugin ini tersedia gratis dari WordPress untuk Anda!

264 total views, 2 views today