Begini Cara Menulis Meta Description yang Mampu Menghasilkan Traffic

Begini Cara Menulis Meta Description yang Mampu Menghasilkan Traffic

Meta description menjadi salah satu ‘senjata’ yang paling ampuh untuk meningkatkan traffic kunjungan sebuah website. Pada dasarnya meta description ini merupakan informasi singkat yang ditampilkan pada link hasil pencarian. Namun, tidak sedikit juga yang belum mengetahui bagaimana cara membuat meta description yang baik dan efektif.

Tidak perlu khawatir, karena dalam tulisan ini akan diulas mengenai hal tersebut. Berikut beberapa cara membuat meta description yang bisa kamu terapkan.

Gunakan bahasa yang menarik

Tujuan dari meta description adalah untuk mendorong pengguna atau pembaca mengunjungi website milikmu yang muncul di halaman pencarian. Di sinilah kamu harus pintar-pintar menggunakan bahasa ataupun kalimat yang menarik. Sebaiknya kamu tuliskan dengan diawali menggunakan kata kerja yang membuat seseorang menjadi penasaran.

Misalnya, ‘Telusuri Lebih Lanjut’, ‘Temukan’, ‘Pelajari Selengkapnya’ atau ‘Cek Disini’. Meskipun terlihat sederhana, kata-kata ini mampu membuat seseorang semakin tertarik dan mencari tahu apa sebenarnya yang ditawarkan. Setelah itu, kamu bisa melengkapi halaman website bisnis online kamu dengan spesifikasi produk atau gambaran perusahaan semisalnya.

Baca Juga: 5 Rahasia Menulis Deskripsi Produk Jualan Online

Tidak lebih dari 155 karakter

Menulis meta description sebaiknya harus efektif dan jelas. Hal ini agar kalimat pada meta description tersebut dapat terbaca dan tidak terpotong dalam hasil pencarian. Untuk itulah dianjurkan membuat meta description di kisaran 155-160 karakter. Kamu bisa menggunakan tools tertentu untuk mengecek dan menghitung panjang serta jumlah karakternya.

Kamu pun bisa mengkombinasikannya dengan menggunakan huruf kapital agar membuat pembaca atau calon konsumen semakin penasaran. Contohnya adalah ‘Dapatkan harga murah selama masa promosi’. Cara seperti ini dari awal memang membuat pembaca menjadi teratrik dibandingkan kamu menuliskannya secara biasa saja.

Coba gunakan simbol dan angka

Selain memainkan pola huruf seperti disebutkan di poin sebelumnya, cara membuat meta description selanjutnya adalah dengan menggunakan angka dan simbol. Kedua hal tersebut dinilai mampu mempengaruhi secara psikologis dalam meningkatkan minat seseorang.

Kamu juga bisa mengombinasikannya dengan memainkan pola huruf, yakni gabungan antara huruf kapital dengan huruf kecil.

Baca Juga: Ebook – Bagaimana Menulis Dan Menerbitkannya?

Semisalnya saja untuk promo produk bisnis online kamu, bisa menuliskannya seperti ‘Dapatkan promo MURAH dan diskon 80% di akhir pekan ini!’. Lebih menarik bukan bila dibandingkan hanya menuliskannya menggunakan huruf saja? Terutama menggunakan tanda persen (%), jelas hal ini bisa mempengaruhi pengunjung maupun calon konsumen.

Hindari menggunakan spam keywords

Agar meta description yang kamu buat mampu meningkatkan traffic, gunakanlah keywords yang memiliki volume pencarian terbanyak di mesin pencari. Kamu bisa menggunakan tools seperti Google Trends. Dari sana kamu bisa menentukan manakah keywords yang cocok dan tepat untuk digunakan di meta description.

Sebaiknya pula hindari menggunakan spam keywords. Hal ini penting diperhatikan agar pengunjung mengklik tombol ‘Back’ karena konten tidak sesuai dengan yang diharapkan saat membaca meta description. Perlu diingat, tidak mencantumkan keywords atau kamu memasukkan spam keywords bisa menjadi salah satu kesalahan terbesar kamu untuk meningkatkan traffic melalui meta description.

Baca Juga: So, Anda Ingin Jadi Online Freelance Writer?

Memiliki manfaat untuk pembaca

Hal berikutnya yang tidak kalah pentingnya adalah buatlah meta description yang bisa memberikan solusi bagi pembaca atau pengunjung. Tujuan pembaca mengunjungi halaman website adalah untuk mencari informasi dari konten yang sudah dibuat. Kamu bisa menuliskan alasan mengapa pengunjung perlu untuk membaca link tersebut.

Bila isi konten sesuai dengan apa yang diharapkan, pembaca akan merasa puas. Sebaliknya, jika tidak sesuai pembaca akan malas membaca sampai habis atau bahkan meninggalkan halaman website. Tentu hal ini akan membuat traffic tidak meningkat dan cenderung menurun.

Itulah beberapa tips untuk menulis meta description yang efektif dan meningkatkan traffic untuk website bisnis online kamu. Agar bisnis online makin lancar kamu bisa memilih web hosting terbaik untuk kenyamanan dan keamanan. Semoga bermanfaat.