dewaweb-blog-open-vpn

Jika Anda sedang mencari cara agar bisa mengakses berbagai website yang diblokir oleh pemerintah semacam Tumblr, Anda mungkin butuh aplikasi satu ini. Sebenarnya, manfaat dari aplikasi OpenVPN tak hanya itu. Apa saja? Cari tahu lebih lanjut lewat membaca artikel ini. Artikel ini juga akan membahas secara lengkap dan singkat bagaimana cara menggunakannya di berbagai perangkat Anda, baik itu pada Android atau Windows.

Apa itu OpenVPN?

OpenVPN adalah salah satu aplikasi/ software yang bersifat open source. Gunanya adalah untuk mengakses internet lewat Virtual Private Networking atau sering disingkat penyebutannya sebagai VPN.

Bagaimana Cara Kerja OpenVPN?

OpenVPN sendiri bekerja dengan cara membuat sambungan PTP Tunnel (Point-To-Point Tunnel) yang sudah dienkripsi. OpenVPN ini memakai Private Keys dan Certificate, atau lebih jelasnya dengan memakai username dan password dalam melakukan otentikasi untuk membangun koneksi.

Apa Manfaat OpenVPN?

Aplikasi ini tak hanya dapat Anda gunakan untuk mengakses situs-situs yang di blokir dan dapat menyembunyikan alamat IP anda saat mengakses internet. Berikut adalah lengkapnya penjelasan manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan OpenVPN pada perangkat Anda!

  • Anda jadi bisa melakukan surfing/ brosing secara anonim. Dengan adanya akses atau sambungan lewat VPN ini, alamat IP asli Anda akan tetap aman dari penglihatan pihak lain. Mengapa demikian? Karena pada saat Anda berseluncur di internet memakai VPN, IP Address yang terlihat adalah IP address dari server VPN tersebut, bukan IP Address Anda sendiri. Hal ini tentunya membuat Anda nyaman mengakses internet, jika Anda memandang privasi sebagai nilai yang penting di era digital ini.
  • Anda jadi bisa mengakses website-website yang diblokir oleh provider atau pemerintah Anda. Tentunya Anda paham bahwa beberapa website melewati sistem pengawasan yang masih jadi perdebatan di berbagai negara, terutama di Indonesia. Anda bisa baca lebih lanjut perdebatan panas internet positif Indonesia pada artikel yang kami buat sebelumnya. Beberapa orang hanya ingin membaca blog-blog pribadi yang tidak memuat konten SARA apapun di Tumblr, namun Tumblr diblokir sehingga orang-orang tersebut kesal dengan kebijakan pemerintah tersebut. Nah, dengan adanya VPN, Anda tetap bisa mengakses website tersebut seperti biasa.
  • Anda juga sebenarnya bisa mengakses internet secara gratis tanpa pulsa dan tanpa kuota internet dengan pemakaian OpenVPN ini. Jadi, Anda bisa browsing tanpa bayar. Sebenarnya, hampir semua provider di Indonesia bisa digunakan untuk akses gratis ini. Untuk GSM biasanya Telkomsel, Indosat, XL, AXIS, 3. Sedangkan untuk CDMA biasanya Smartfren, Esia, Flexi. Mengenai kecepatan pada saat browsing, ini bergantung pada sinyal Anda serta padat atau tidaknya BTS Traffic pada area Anda.
  • Adapun manfaat lainnya yaitu Anda bisa meningkatkan keamanan perangkat Anda (baik itu sistem maupun seluruh data yang tersimpan di dalamnya) pada saat menggunakan public WiFi. Anda perlu tahu bahwa akses internet gratis yang terbuka bagi umum sangat rentan aksi peretasan dan masuknya Malware berbahaya. Aplikasi VPN ini bisa menjadi suatu cara melindungi Anda dari hal-hal itu.
  • Anda tentunya tak mau data Anda dipantau oleh pihak ketiga selagi Anda mengakses internet. Nah, dengan aplikasi tersebut, semua koneksi yang terjadi terenkripsi sehingga hanya Anda yang mengetahui riwayat penelusuran atau pengiriman data Anda.

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat lainnya dari OpenVPN. Poin-poin yang kami sebutkan di atas merupakan manfaat utama OpenVPN. Meskipun OpenVPN ini punya banyak manfaat, sebenarnya ada beberapa kelemahan dari OpenVPN. OpenVPN pada umumnya akan membuat koneksi Anda menjadi sedikit lebih lambat. Namun kelemahan itu tentu saja tertutupi dengan banyaknya kelebihan atau manfaat dari OpenVPN tadi. Nah, sekarang kami akan membahas cara menggunakan OpenVPN di berbagai perangkat agar Anda bisa langsung merasakan manfaatnya.

Cara Menggunakan OpenVPn di Android

Bagi Anda para pengguna smartphone dengan sistem operasi Android, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk menjalankan OpenVPN!

  • Pertama, coba download aplikasi OpenVPN Connect untuk Android, Anda juga bisa cari di Google Play Store Anda dan install.
  • Lalu cobalah untuk download config OpenVPN yang masih aktif. Anda bisa saja mencarinya di mesin telusur semacam Google atau pada group-group Facebook. Bahkan Anda juga bisa mencoba membuatnya sendiri. Silakan cari petunjuk cara membuatnya dengan browsing.
  • Jika config OpenVPN yang masih aktif tersebut telah tersedia, Anda bisa install dan jalankan aplikasi OpenVPN.
  • Anda pilih icon titik tiga di kanan atas pada layar smartphone Anda.
  • Klik “Import”.
  • Lalu Klik “Import Profile From SD Card”.
  • Sekarang silakan cari config dengan format “.ovpn” yang telah Anda simpan pada tahap sebelumnya, kemudian silakan klik “Select”.
  • Lalu bagaimana cara menjalankannya? Anda tinggal jalankan config itu dengan cara klik “Connect”. Kemudian mohon tunggu prosesnya untuk menyambungkan, jika berhasil maka Anda akan melihat adanya notifikasi “Connected”.
  • Terakhir, cobalah browsing seperti biasa. OpenVPN sudah bisa berfungsi.

Cara Menggunakan OpenVPN di Windows

Lakukan beberapa langkah di bawah ini untuk dapat menggunakan OpenVPN pada laptop maupun PC Anda!

  • Install pada link download OpenVPN yang tersedia. Kemudian jangan lupa untuk mengubah pengaturan menjadi “Run as Admin” bagi pengguna Windows 7 ke atas.
  • Selanjutnya, silakan Anda download config OpenVPN dan pilih server download yang Anda inginkan. Sebenarnya Anda juga bisa mencari sendiri link download lainnya dengan melakukan penelusuran pada Google. Anda tinggal masukkan keyword/ kata kunci “download config OpenVPN”.
  • Lakukan extract dari file OpenVPN dari link config di tahap sebelumnya. Kemudian Anda akan mendapat file maupun folder OpenVPN pada laptop/ PC Anda.
  • Kemudian, silakan Anda pindahkan file/ folder OpenVPN tersebut ke dalam “C:/Program Files/OpenVPN/config”. Jika Anda menemukan adanya file selain untuk OpenvPN didalam sana, silakan pindahkan ke tempat lain.
  • Silakan gunakan internet seperti biasa. Apakah itu wifi maupun modem. Lalu coba set port Anda seperti yang diinginkan. Misalkan, Anda memasukkan 8080 untuk inject. Kemudian, jangan lupa klik “Start”
  • Buka program “OpenVPN GUI” melalui tahapan: klik “Start” > “All Programs” > “OpenVPN” > “OpenVPN GUI” (Posisinya di pojok kanan bawah, dekat bari jam)
  • Klik kanan pada “OpenVPN GUI”, pilih “Setting” > “Manual Configuration” > “HTTP Proxy”. Kemudian pada bagian Address, silakan masukkan kombinasi angka “127.0.01” dan pada bagian Port masukkan angka pada tahap sebelumnya (misal) “8080”. Lalu klik “OK”
  • Klik kanan lagi pada “OpenVPN GUI”, klik “Connect”. Lalu silakan masukkan username dan password yang telah Anda buat sebelumnya pada website download config. Tunggulah sampai warna pada icon OpenVPN GUI berubah menjadi hijau.
  • Nah sekarang coba jalankan browsing seperti biasa. Seharusnya jika semua langkah telah Anda kerjakan tanpa terlewat maka OpenVPN sudah bisa berfungsi.

Simpulan

Itulah cara menggunakan OpenVPN di Android dan Windows. Selamat berselancar di internet tanpa hambatan! Sebagai provider hosting murah dan vps murah yang telah bersertifikat kualitas internasional , kami berkomitmen untuk mensukseskan Anda secara online. Anda dapat membaca artikel-artikel kami lainnya pada blog Dewaweb untuk mendapatkan konten informatif dan menarik seputar IT, khususnya pengembangan website dan pengembangan bisnis secara online .

Cloud Hosting Terbaik di Indonesia