masalah-masalah pengiriman dan penerimaan email featured image

Mengingat saat ini pengiriman pesan melalui internet dan pembuatan akun online seringkali melibatkan email, tentu kamu pernah terganggu oleh masalah saat menggunakan email. Tapi, kamu bisa memahami hal menjengkelkan ini agar saat masalahnya terulang, setidaknya kamu mengerti apa yang terjadi dan bisa melakukan perbaikan. Pada artikel kali ini kamu akan mempelajari masalah-masalah pengiriman dan penerimaan email.

Email

Email atau surat elektronik adalah sarana untuk mengirim atau menerima pesan secara instan melalui internet. Saat ini, email sudah banyak digunakan karena selain mudah, pengguna juga tidak repot mengirimkan pesan atau surat lampiran secara manual ke alamat rumah atau kantor penerima. Cukup menggunakan internet, akses perangkat komputer atau telepon pintar, dan alamat email, kamu sudah bisa bertukar pesan menggunakan email.

Saat ini, sudah banyak perusahaan dan bisnis berhenti menggunakan layanan pihak ketiga (Gmail, Yahoo, Outlook) dan mulai menggunakan email berekstensi domain website mereka agar terlihat lebih profesional. Kalau kamu juga ingin mempunyai email dengan akhiran nama domainmu, pastikan kamu mempunyai dua hal berikut

Setelah itu, pelajari caranya dari artikel “Cara Membuat Email dengan Domain Sendiri“.

Masalah-masalah Pengiriman dan Penerimaan Email

Berikut ini adalah masalah-masalah pengiriman dan penerimaan email yang mungkin pernah kamu alami juga:

Remote Server is Misconfigured

masalah-masalah pengiriman dan penerimaan email 1

550 Please turn on SMTP Authentication in your mail client. mail-vs1-f52.google.com [209.85.217.52]:35428 is not permitted to relay through this server without authentication.

Jika kamu mencoba mengirimkan email ke suatu domain lalu mendapatkan laporan error seperti di atas, berarti email yang kamu tuju sedang mengalami masalah pada sisi pengaturannya. Masalah yang terjadi ada pada pengaturan Email Routing “The remote server is misconfigured”.

Email yang menggunakan mail server dari hosting-nya sendiri atau pointing MX Recordsnya ke domain utama, biasanya menggunakan email routing dengan metode Local Mail Exchanger, karena menggunakan local mail server.

Namun, jika menggunakan Yandex, G-Suite, dan Office365 berarti pemilik email menggunakan metode Remote Mail Exchanger, karena MX Recordsnya di-pointing sesuai dengan mail server yang kamu tuju.

Permasalahan yang terjadi ada pada kesalahan email routing, sesuaikan dengan kebutuhan kamu.

550 Mail has been suspended

masalah-masalah pengiriman dan penerimaan email 2

Masalah ini terjadi karena akun email [email protected] ditangguhkan (suspended). Artinya, penerimaan email untuk akun tersebut dibatasi atau pilihan receiving incoming email-nya ditangguhkan. Penerima email harus mengubah aturan ini ke “Allow” agar dapat menerima email kembali.

Perubahan ini dapat kamu terapkan melalui:

cPanel -> Email Account -> Manage -> Restriction -> Update Email Settings.

550 Mailbox is full / Blocks limit exceeded / Inode limit exceeded

masalah-masalah pengiriman dan penerimaan email 3

Masalah ini diakibatkan karena kotak masuk penerima sudah melebihi batas penyimpanan email atau Inode limit. Jika kotak masuk sudah tidak muat menerima pesan, maka penerima email perlu memperbarui pengaturan email, membersihkan email lama yang tidak penting, atau menambahkan kapasitas memori dengan cara:

cPanel -> Email Account -> Manage -> Storage -> Allocated Storage Space -> Update Email Settings.

Simpulan

Usai mengetahui masalah-masalah pengiriman dan penerimaan email, setidaknya kini kamu bisa mengetahui apa saja kendala yang mungkin terjadi agar dapat langsung perbaiki. Sebab, setiap masalah yang terjadi, kamu akan memahami detail masalahnya.

Jika masih merasa bingung saat mengelola email di cPanel, jangan ragu untuk mengirimkan tiket support, menelepon via helpdesk, atau chat ke Ninja Support dari website Dewaweb agar kami dapat membantu.

Demikian artikel ini, jangan sungkan untuk meninggalkan ide-ide topik yang ingin kamu baca di blog Dewaweb. Semoga artikel ini membantu!

Daftar dan tonton webinar Dewatalks