Cara Membuat E-Mail dengan Domain Sendiri

Setelah berhasil membuat website dengan nama domain yang sudah kamu tentukan sendiri, tak berarti tugasmu selesai sampai di sana. Tak hanya berfungsi sebagai pembentuk image brand, website juga berguna untuk membangun kredibilitas brand-mu di mata audiens hingga pelanggan. Salah satu cara yang bisa kamu gunakan untuk membangun image dan kredibilitas brand milikmu adalah dengan menggunakan email berekstensi nama domain. Setelah ini kita akan mengetahui cara membuat email dengan domain sendiri melalui langkah mudah yang bisa kamu terapkan untuk website bisnismu.

Pada dasarnya, kamu bisa saja menggunakan berbagai platform untuk berhubungan dengan klien atau partner kerjasama. Tapi, akan lebih profesional dan formal jika kamu berkomunikasi menggunakan email. Kamu bisa mengecek lebih lengkap mengenai apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari email dengan domain sendiri, dari sini. Ada berbagai platform yang bisa kamu gunakan, seperti Yahoo! Mail, Gmail, Outlook, Yandex, Zoho, dsb. Namun, bagaimana jika kamu mengubah extension emailmu menjadi nama domain sendiri, seperti:

Lebih kredibel dan profesional, bukan? Kamu juga bisa memilih ratusan extension lain yang tersedia di Dewaweb. Kembali lagi ke topik artikel, berikut ini adalah langkah yang bisa kamu terapkan untuk mempelajari cara membuat email dengan domain sendiri.

Persiapan

  1. Milikilah domain dan hosting terlebih dulu. Kalau belum punya, kamu bisa membelinya terlebih dulu dari sini.
  2. (optional) Persiapkan akun email yang akan disambungkan dengan website. Pada artikel ini kita menggunakan email Google sebagai contoh.

Cara Membuat Email dengan Domain Sendiri – WebMail

  1. Sebelum memulai tutorial cara membuat email dengan domain sendiri, kamu harus membuka cPanel dan akun Gmail terlebih dulu. Bukalah halaman cPanel, cari kolom “Email,” lalu pilih “Email Accounts.”

  1. Klik “Manage” seperti di lingkaran kuning pada gambar.

  1. Isilah data yang dibutuhkan seperti username, password, serta Storage Space yang bisa kamu pilih hingga 4 petabyte (PB) atau Unlimited. Gunakan username sesuai kebutuhanmu, kami menyarankan untuk menggunakan username dengan namamu sendiri agar lebih formal dan profesional ketika mengirim atau memberikan nama email ke klien atau partner bisnis. Jangan lupa perhatikan tingkat kekuatan password sehingga sulit ditebak atau dibajak oleh pihak yang tak bertanggungjawab. Klik Create setelah kamu mengisi semua data yang diperlukan.

  1. Emailmu sudah berhasil dibuat! Sekarang kamu bisa menggunakan email ini dengan login di namadomainmu.com/webmail. Ada dua pilihan yang akan muncul setelah kamu baru saja membuat akun email, yaitu Horde dan RoundCube. Kamu bisa menggunakan Horde jika kamu membutuhkan layanan yang lebih lengkap dan RoundCube bisa berguna jika kamu membutuhkan layanan tampilan web yang lebih user-friendly. Ini adalah tampilan yang akan muncul jika kamu menggunakan RoundCube.

Tampilan email website menggunakan Horde.
Tampilan email website menggunakan RoundCube.

Cara Membuat Email dengan Domain Sendiri – Gmail

Selain menggunakan WebMail, kamu juga bisa menerima dan mengirimkan email langsung dari akun Gmail. Proses ini adalah optional, jadi kamu tidak wajib melakukan forwarding ini jika kamu merasa tidak perlu. Tapi, jika kamu mau melakukan forwarding ke akun email Google, ini bisa mempermudahmu mengakses email yang masuk ke akun email website-mu. Berikut ini adalah cara yang bisa kamu coba.

  1. Sebelum mulai, bukalah Email Accounts lalu klik “Connect Devices” pada email website yang ingin kamu sambungkan dengan Gmail hingga kamu dapat melihat “Mail Client Manual Settings” seperti pada tabel dalam gambar di bawah ini.

  1. Kembali ke kolom Email di cPanel, lalu pilih “Forwarders” seperti pada gambar.

  1. Klik “Add Forwarder.”

  1. Isi data yang diperlukan sesuai keinginanmu. Masukkan nama email website yang sudah kamu buat dan nama email yang akan menerima dan mengirim email dari email website. Jika sudah selesai, klik “Add Forwarder.”

  1. Buka website Gmail-mu dan carilah pengaturan email, lalu pengaturan “Accounts and Import,” atau lihat gambar di bawah.

  1. Klik “Add another email address.”

  1. Isilah nama yang ingin kamu gunakan, lalu masukkan nama email yang sudah kamu buat di website dan klik Next Step.

  1. Ini adalah halaman selanjutnya, masukkan data berdasarkan informasi yang sudah kamu dapat dari tabel “Mail Client Manual Settings” di cPanel pada langkah (1.) tadi. Sesuaikan SMTP server sesuai dengan Outgoing Server yang tertera di cPanel dan jangan lupa samakan port dengan angka SMTP server pada cPanel. Terakhir, Username adalah email website yang sudah kamu buat di cPanel.

  1. Lakukan verifikasi dengan membuka kembali email website-mu dan mengklik link atau salin angka yang terdapat pada email dari Gmail dan tempelkan di pengaturan penambahan email tadi.

  1. Hampir selesai, kamu bisa mengecek emailmu di bagian “Accounts and Import” pada pengaturan Gmail. Jadikan email ini sebagai default agar kamu dapat menerima dan mengirim email dari alamat email website-mu. Selamat mencoba!

Simpulan

Tidak sulit ‘kan cara membuat email dengan domain sendiri? Selain tidak memakan biaya, kamu juga bisa mempelajari cara ini agar tak perlu meminta staf IT untuk membereskannya. Tak hanya berguna untuk dirimu, cara ini juga bisa kamu ajarkan pada teman-temanmu yang baru memulai bisnis dengan menggunakan website juga.

Satu hal penting yang tak boleh dilupakan adalah, pastikan kamu telah memilih provider hosting yang terbaik dan dapat diandalkan. Selain agar kamu tidak terjebak pada penipuan atau website yang lelet, jangan sampai masalah pada website menjadi batu sandungan bagi kelangsungan bisnismu. Bagaimana, apakah ada yang belum kamu pahami dari penjelasan di atas?

Cloud Hosting Terbaik di Indonesia