Pengertian Folder, Fungsi, dan Cara Membuatnya pada Komputer

Pengertian Folder, Fungsi, dan Cara Membuatnya pada Komputer

Sebelum membahas istilah folder yang ada pada komputer, kamu harus mengetahui bahwa di zaman sebelum teknologi sudah pesat seperti ini, folder adalah suatu benda yang difungsikan untuk menyimpan suatu berkas atau dokumen penting agar tetap terlindungi kualitasnya.

Kini, di masa yang memanfaatkan kecanggihan teknologi, folder yang sebelumnya berbentuk fisik mulai tergantikan dengan folder yang ada pada komputer atau laptop. Bersamaan dengan itu, fungsi folder pun semakin bertambah.

Sayang, beberapa orang masih belum paham bagaimana cara membuat folder di komputer atau laptop miliknya. Nah, untuk memudahkan kamu menyusun berkas-berkas yang dimiliki, Dewaweb sudah merangkum pengertian folder dan cara untuk membuatnya.

Baca Juga: 11 Plugin Download Manager WordPress Terbaik untuk Kelola File

Apa Itu Folder, Sub-folder, dan File?

Folder adalah tempat atau ruang bagi seseorang untuk menyimpan dokumen atau berkas-berkas penting di dalam perangkat, seperti komputer dan laptop. Di dalam folder tersebut, terdapat istilah yang dinamakan dengan sub-folder dan file.

Menurut buku Administrasi Kearsipan di Era Teknologi Informasi, file adalah berkas atau dokumen yang disimpan di dalam folder. Sedangkan sub-folder adalah istilah yang menggambarkan suatu folder yang berisikan folder lainnya.

Misalnya, di dalam komputer yang kamu miliki, terdapat folder yang di dalamnya berisikan file atau dokumen tentang foto-foto di masa SMA. Agar folder tersebut lebih terorganisir, kamu memutuskan untuk mengelompokkan foto-foto itu berdasarkan dengan tahunnya. Karena hal itu, folder yang sebelumnya berisikan file kini dilengkapi dengan sub-folder untuk membedakan foto-foto menurut tahunnya.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Cloud Storage, Jenis dan Kelebihannya

Fungsi Folder

Pengertian yang ada di atas sebetulnya sudah sedikit menjelaskan tentang salah satu fungsi folder, yaitu membantu pengguna folder untuk menyusun file-filenya secara terorganisir. Namun tidak hanya itu, ternyata fungsi utama folder adalah menyimpan file sekaligus mengelompokkannya menurut jenis file itu sendiri.

Karena fungsinya tersebut, folder yang ada di dalam Windows sudah dapat diisi hingga beberapa gigabyte data. Untuk memastikan kapasitas folder yang dimiliki, kamu bisa mengeceknya langsung dengan klik kanan pada folder dan memilih ‘Properties’.

Jika folder yang kamu miliki sudah mencapai kapasitas yang ditentukan, coba untuk melakukan penghapusan sampah. Dengan begitu, sampah-sampah file yang tidak terlihat berhasil terhapus dan folder yang sebelumnya penuh, kini memiliki sedikit ruang.

Cara Membuat Folder

Setelah memahami apa saja pengertian dan fungsi folder, bagaimana kira-kira cara mudah membuat folder? Berikut informasi tentang cara membuat folder baru, cara menyalin folder, dan cara menghapus folder di bawah ini.

Cara membuat folder baru

Berikut cara membuat folder baru di Windows Explorer, di antaranya:

  1. Masuk ke Windows Explorer
  2. Pilih drive yang diinginkan, contohnya adalah drive C
  3. Arahkan mouse ke ruang kosong, kemudian klik kanan dan pilih ‘New’ untuk membuat folder baru
  4. Setelah itu, beri nama pada folder baru untuk memudahkan kamu mencari file yang diinginkan

Setelah Windows Explorer, berikut cara membuat folder baru di Macbook, di antaranya:

  1. Masuk ke Findercara membuat folder baru
  2. Pilih file yang ingin disatukan ke dalam foldercara membuat folder - pilih file
  3. Beri nama pada folder baru yang baru saja dibuatcara membuat folder - beri nama
  4. Seret atau drag file yang sudah dipilih ke dalam folder baru tersebutcara membuat folder - drag folder

Cara menyalin folder

Bagaimana cara menyalin folder untuk memindahkannya ke folder yang lain? Berikut langkah-langkahnya, yaitu:

  1. Pilih berkas yang ingin disalin
  2. Klik kanan dan pilih ‘Salin’ atau bisa dengan menekan Ctrl + C
  3. Setelah itu, pilih folder lain yang akan menjadi tempat untuk menempatkan salinan folder yang sebelumnya
  4. Lalu, pilih menu ‘Tempel’ atau tekan Ctrl + V

Baca Juga: Cara Mudah untuk Menghilangkan Virus di Laptop & Komputer

Cara menghapus folder

Jika kamu salah membuat suatu folder, tidak perlu panik dan gelisah, karena folder tersebut dapat dihapus dengan cara yang mudah. Kira-kira bagaimana cara menghapus folder? Berikut informasinya.

  1. Pilih folder yang ingin dihapuscara menghapus folder
  2. Klik kanan pada folder tersebutklik kanan pada folder
  3. PIlih Hapus Folderklik opsi hapus
  4. Folder pun berhasil dihapus

Bagaimana jika kamu secara tidak sengaja menghapus folder yang sebetulnya tidak ingin dihapus? Tidak perlu panik atau risau, karena kamu bisa langsung mengunjungi restore recycle bin untuk memulihkan kembali folder yang sebelumnya terhapus.

recycle bin

 

Tips Manajemen Data Digital

Di zaman yang sudah memanfaatkan perkembangan teknologi begitu pesat, penting untuk kamu mengetahui bagaimana cara menerapkan manajemen penyimpanan folder yang baik dan benar di dalam perangkat data digital.

Dengan begitu, kejadian yang tidak diinginkan, seperti sulit untuk mencari dokumen yang sudah disimpan lama dapat diminimalisasikan. Ingin tau apa saja tips menerapkan manajemen data digital? Berikut informasinya yang sudah dirangkum oleh Dewaweb.

Hindari menyimpan dokumen yang tidak perlu

Tips pertama yang bisa dilakukan adalah menghindari atau sebaiknya berhenti menyimpan dokumen yang tidak diperlukan. Pasalnya, kebiasaan ini tanpa disadari dapat membuat folder menumpuk dan pada akhirnya penuh karena hal yang tidak diperlukan.

Konsisten memberi nama folder sesuai dengan isinya

Selanjutnya adalah sikap konsisten untuk memberi nama folder yang sesuai dengan isi file di dalamnya. Tips ini bisa memudahkan seseorang untuk mengidentifikasi dokumen yang sedang dicari.

Baca Juga: Cara Mudah dan Aman Backup Data HP Android ke PC

Simpan dokumen yang berkaitan dalam satu folder

Menyimpan dokumen yang berkaitan dalam satu folder dapat mempercepat kamu menemukan dokumen untuk proyek tertentu, loh. Misalnya, dokumen yang berhubungan dengan skripsi dikumpulkan dalam satu folder yang sama.

Atur dokumen sesuai dengan tanggal yang sudah ditentukan

Ketika menyusun suatu dokumen di dalam folder, pastikan bahwa tanggal dokumen tersebut sudah jelas agar nantinya kamu bisa mengatur kembali mana dokumen lama yang sudah tidak diperlukan dan mana yang diperlukan.

Buat salinan digital dari dokumen yang disimpan

Salinan digital tanpa disadari dapat bermanfaat apabila folder yang dimiliki sudah tidak memiliki banyak ruang. Apabila folder sudah penuh, bukan tidak mungkin beberapa file tak bisa dibuka dan pada akhirnya menghambat kamu untuk mengerjakan beberapa hal yang berhubungan dengan dokumen tersebut.

Gunakan Folder sebagai Penyimpanan Data Digital

Melihat dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa folder adalah ruang kosong yang bisa digunakan untuk menyimpan suatu dokumen. Ketika menyusun folder tersebut, kamu akan menemukan istilah baru yaitu sub-folder, berarti folder lain yang berada di satu folder yang sama dan file, berarti dokumen yang akan disimpan.

Dari contoh-contoh penyimpanan data digital yang disebutkan, hampir semuanya menggunakan folder sebagai tempat penyimpanan. Tujuannya tentu agar dokumen-dokumen di dalamnya dapat tersusun dengan rapi.

Untuk membuat folder di penyimpanan data digital, caranya pun tidak berbeda jauh dengan yang sudah Dewaweb jelaskan sebelumnya, ya

Gimana, kamu sudah memahami dengan jelas apa yang dimaksud dengan folder dan cara pembuatannya? Semoga penjelasan di atas membantu kamu dalam membuat folder yang baik dan rapi, ya!