Tipe Konten yang dapat Menaikkan Engagement di Media Sosial

Social media engagement adalah hal penting bagi hampir semua brand. Sebagian besar brand juga mengerti betapa pentingnya peran media sosial untuk tetap terhubung dengan pelanggan.

Namun, banyak yang meremehkan nilai engagement. Jika kamu jarang meluangkan waktu untuk berinteraksi dengan pengikut saat ini dan yang potensial, kamu kehilangan kesempatan untuk meningkatkan engagement (keterlibatan) media sosialmu.

Lantas, apa yang harus kamu lakukan untuk menaikkan engagement di media sosial? Ada beberapa tipe konten yang dapat membantumu melakukan social media engagement itu. Berikut informasinya!

Baca juga: Panduan Lengkap Social Media Marketing untuk Bisnismu

Media visual

Orang-orang engage (terlibat) dengan konten visual lebih baik daripada konten non-visual. Tweet dengan gambar menerima retweet 150% lebih banyak daripada tweet tanpa gambar.

Hal yang sama juga berlaku bagi posting Facebook dengan gambar meningkatkan engagement 2,3 kali lebih besar daripada posting tanpa gambar. Hal ini jelas menunjukkan bahwa konten sosial media yang berisi gambar menerima lebih banyak likes, shares, dan komentar.

Pastikan gambar yang kamu pilih relevan dengan posting-an dan selalu gunakan gambar berkualitas tinggi, baik menggunakan gambar stok atau gambarmu sendiri.

Kamu bisa menggunakan meme lucu, infografis yang informatif, ilustrasi unik, atau sekadar foto untuk meningkatkan social media engagement. Kamu perlu kreatif untuk membuat konten bergambar yang paling baik untuk mencerminkan nilai-nilai brand-mu dan selaras dengan audiens.

Baca Juga: 4 Strategi dalam Melakukan Social Media Marketing

Posting blog

Posting blog adalah jenis konten populer untuk meningkatkan keterlibatan di media sosial. Dalam sebuah studi baru-baru ini, 38% pemasar mengatakan blogging adalah bentuk konten yang paling penting untuk bisnis mereka.

Berbagi posting blog yang berkualitas dari situs web perusahaan atau blog yang kamu miliki dengan informasi berguna dan bermanfaat yang dapat menjawab pertanyaan audiens adalah kunci keberhasilan strategi blog engagement.

Pastikan posting blog-mu sepenuhnya dioptimalkan dengan konten yang memberikan nilai, memiliki headline yang menarik, memiliki format yang membuat artikel yang dipublish menyenangkan untuk dibaca, dioptimalkan untuk mesin pencari, dan termasuk CTA yang jelas dan dapat ditindaklanjuti.

Kamu juga dapat memasukkan tombol berbagi sosial di blog-mu untuk memudahkan pembaca terlibat, berbagi konten, dan memulai percakapan di media sosial.

Baca Juga: Apa itu Social Media Marketing? Simak Panduan Lengkapnya di sini!

Konten pelanggan

Konten pelanggan dapat dibuat dalam banyak bentuk, mulai dari testimonial dan ulasan hingga pengalaman pelanggan dan konten user-generated (yang dibuat pengguna).

Lebih dari setengah orang melihat ulasan sebelum membeli. Jadi, tepat bagimu untuk menampilkan kisah sukses pelanggan dan pengalaman positif yang pelanggan rasakan saat mengenai bisnismu. Konten ini dapat menambah kredibilitas brandmu di seluruh lanskap media sosial.

Konten pelanggan bermanfaat membangun kepercayaan dan loyalitas pelanggan. Hal ini dapat digunakan untuk menggambarkan pelanggan yang menikmati produk atau layananmu. Di sisi lain juga menunjukkan bagaimana calon pelanggan juga dapat menikmati produk dan layananmu itu.

Libatkan dan bagikan konten dan kiriman pengguna dalam komunitas dan beri tag pada kiriman dengan berterima kasih kepada mereka atas ulasan, testimonial, atau konten yang dibuat pengguna.

Baca Juga: Rekomendasi Platform Media Sosial Terbaik untuk Bisnis Anda

Kontes

Tipe konten ini merupakan cara yang sangat efektif untuk meningkatkan engagement media sosial. Kontes dapat berupa hadiah gratis, penawaran khusus yang ditawarkan kepada follower yang memberikan likes atau share untuk memenangkan hadiah.

Kontes adalah cara yang fantastis untuk menyebarkan awareness dan memperluas jangkauan brand-mu, karena 35% penggemar Facebook menyukai halaman sehingga mereka dapat berpartisipasi dalam kontes, jadi tawarkan insentif bagi penggemar untuk terlibat dalam profil media sosial.

Cobalah beberapa jenis konten di atas untuk meningkatkan social media engagement-mu. Bereksperimen dan bersenang-senang dengan berbagai jenis konten untuk melihat jenis konten yang paling tepat memiliki pengaruh positif dan layak dicoba. Selamat mencoba!