pentingnya data science featured image

3 Alasan Pentingnya Data Science untuk Hadapi Tren Masa Depan

Sejak teknologi internet dan digital mulai menjadi bagian dari kehidupan manusia, ilmu kedataan atau data science sudah mulai dilirik banyak orang. Bagaimana tidak, banyaknya jumlah data yang tersebar bisa menjadi bermanfaat bagi bisnis atau perusahaan. Yuk, ketahui apa saja pentingnya data science untuk hadapi tren masa depan.

1. Memperbanyak Jumlah Praktisi Data di Indonesia

alasan pentingnya data science untuk tren masa depan

Praktisi data seperti Data Scientist, Data Analyst, atau Data Engineer menjadi pekerjaan yang cukup menjanjikan di masa mendatang, setidaknya untuk lima tahun ke depan. Tak heran, jenjang karirnya cukup menjanjikan dan gaji yang ditawarkan pun bisa mencapai “dua digit”. Selain itu, kebutuhan bisnis atau perusahaan akan data yang diolah juga terus meningkat.

Banyaknya jumlah data yang telah terkumpul membutuhkan seorang pengelola yang bisa mengolah data hingga bisa dipahami untuk menyusun strategi pemasaran yang dapat memajukan bisnis. Maka tak heran, pekerjaan sebagai praktisi data akan sangat digandrungi, terlebih keberadaan data science untuk menghadapi tren yang akan muncul.

Sayangnya, Indonesia masih kekurangan tenaga praktisi data, karena seseorang memerlukan kemampuan spesifik agar dapat mengolah data dengan baik. Selain itu, kemampuan dalam mengomunikasikan hasil pengolahan data juga penting agar mudah dipahami. Artinya, memperbanyak jumlah praktisi data di Indonesia menjadi salah satu alasan pentingnya data science untuk masa depan.

Baca Juga: Perbedaan Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer

2. Pedoman untuk Menentukan Strategi Bisnis

alasan kedua pentingnya ilmu kedataan untuk masa depan

Jika suatu data bisa dikelola dengan baik menggunakan metode yang tepat, maka kamu dapat memperoleh informasi atau insight yang berguna. Informasi ini kemudian dapat dijadikan pedoman untuk mengambil keputusan atau menentukan strategi bisnis selanjutnya.

Ketika menentukan strategi bisnis lanjutan, kamu bisa menggunakan berbagai aspek, seperti preferensi konsumen terhadap produk, tingkat penjualan produk, ketertarikan hingga perilaku konsumen. Namun, mengingat ada sangat banyak data, maka hal ini akan semakin mudah dilakukan dengan menggunakan data science yang dapat mengolah data secara efisien dan akurat.

Saat ini, sudah banyak orang yang sudah memulai bisnis mereka, artinya persaingan akan semakin ketat. Oleh karena itu, data science menjadi salah satu starter pack khusus yang bisa membuat bisnis yang kamu kembangkan bergerak selangkah lebih maju.

Baca Juga: 14 Ide Bisnis Modal Kecil dengan Potensi Sukses Besar

3. Persiapan Menghadapi Tren Di Masa Depan

ilustrasi tren masa depan

Perkembangan teknologi, melalui revolusi industri, kini memasuki era keempat yang disebut dengan “Revolusi Industri 4.0”. Saat ini teknologi informasi menjadi faktor penting untuk perkembangan industri, baik untuk bisnis hingga kehidupan sehari-hari. Maka tak heran, mempelajari data science menjadi salah satu hal penting untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman.

Sebab, data science bisa membantumu untuk dapat menganalisis data di mana pun kamu berada, kamu pun bisa memiliki kemampuan problem solving yang baik dan skill tambahan di berbagai bidang ilmu lain yang terkait dengan ilmu matematika, statistik, dan komputer.

Baca Juga: 12 Tren Web Design Terpopuler di Tahun 2021 untuk Websitemu

Simpulan

Demikian tiga alasan pentingnya data science untuk menghadapi tren di masa depan. Berdasarkan ketiga skill di atas, apakah salah satunya sama dengan target yang ingin kamu capai?

meme best business plan

Jika kamu ingin mengembangkan bisnismu, jangan lupa untuk selalu memilih yang terbaik, termasuk ketika memilih layanan cloud hosting untuk website bisnis atau toko online kamu. Pilihlah layanan cloud hosting terbaik yang bisa membuat website-mu selalu cepat, aman, dan bisa diandalkan. Siap untuk meraih sukses online? Semoga artikel ini bermanfaat!