Apa itu SSD? Pengertian, Fungsi, dan Perbedaannya dengan HDD

Apa itu SSD? Pengertian, Fungsi, dan Perbedaannya dengan HDD

Ruang penyimpanan yang terdapat di dalam laptop terbagi menjadi dua jenis, yakni SSD dan HDD. Meskipun memiliki fungsi yang sama, SSD dan HDD ternyata punya perbedaan dan yang signifikan. Bahkan ada SSD disebut-sebut memiliki harga yang jauh lebih mahal dibandingkan dengan HDD.

Perbedaan harga tersebut disebabkan oleh kualitas SSD yang ternyata lebih ringan dibandingkan HDD, sehingga ketika digunakan, laptop tidak mudah panas atau lemot. Dengan begitu, kamu juga bisa menyimpan lebih banyak data di dalam SSD.

Ingin tahu lebih banyak apa yang membedakan SSD dan HDD? Berikut Dewaweb sudah merangkum apa itu SSD hingga fungsinya yang bisa kamu baca pada artikel di bawah ini.

Baca juga: Perbedaan SSD SATA dan SSD NVME yang Wajib Kamu Tahu

Apa itu SSD?

apa itu ssd

Apa itu Solid State Drive? SSD adalah ruang penyimpanan data untuk laptop atau komputer. Sebetulnya, keberadaan SSD ini difungsikan untuk pengganti harddisk tradisional, seperti HDD. Salah satu kelebihan SSD yang paling umum dirasakan dibandingkan HDD adalah sistem operasinya yang tidak membuat laptop atau komputer mudah panas.

Jadi, SSD secara signifikan memang beroperasi lebih cepat, sehingga program yang akan dimuat lebih cepat dan mampu menyimpan file dalam jumlah yang lebih banyak, karena tidak akan berpengaruh apa-apa pada laptop atau komputer. Hal ini tentu berbanding terbalik dengan HDD yang kerap menyebabkan kerusakan mekanis pada laptop atau komputer yang digunakan.

Lebih lengkap, SSD tidak memiliki bagian yang bergerak untuk patah hingga berputar ke atas atau bawah. Adapun dua komponen dalam SSD yang digunakan, yakni flash controller dan NAND flash memory chips. Konfigurasi ini semakin dioptimalkan untuk memberikan kinerja membada hingga menulis yang tinggi ketika permintaan data sekuensial dan acak.

Baca juga: Check Kecepatan SSD Drives Cloud Server (VPS) Dewaweb

Fungsi SSD

Sebetulnya, SSD bisa berfungsi di mana saja di mana hard drive dapat digunakan, seperti di dalam produk konsumen, mulai dari komputer, laptop, kamera digital, pemutar musik digital, ponsel, tablet, hingga thumb drives. Itu sebabnya, keberadaan SSD di zaman ini lebih sering dicari, dibandingkan dengan HDD.

Lantas, apa saja fungsi lain dari SSD berdasarkan dengan penggunaannya? Menyadur laman Avast, berikut informasi lengkap tentang fungsi-fungsi SSD, yakni:

Gaming

Fungsi SSD yang pertama dapat dirasakan dalam bidang gaming. SSD sangat populer penggunaannya di kalangan gamers, karena performanya yang lebih menguntungkan dibandingkan dengan HDD. Pasalnya, SDD sangat mendukung perangkat untuk beroperasi lebih cepat.

Sebagaimana yang diketahui, apabila menggunakan HDD, game yang memiliki spesifikasi tinggi membutuhkan waktu hingga 3 menit untuk dimuat, namun dengan SSD, game berspesifikasi tinggi tersebut bisa dimuat dalam kurun waktu kurang dari satu menit.

Bisnis

Selain untuk para gamers, SSD juga berfungsi untuk bisnis dan perusahaan yang mengelola dan memiliki banyak data yang ingin disimpan, sehingga memerlukan kecepatan tinggi, kinerja tinggi, dan keandalan dalam transfer pengarsipan serta waktu aksesnya.

Baca juga: Data Center: Pengertian, Fungsi, Kriteria, dan Jenisnya

Mobilitas

SSD memiliki kebutuhan daya yang rendah, sehingga tidak memakan banyak daya baterai pada laptop hingga tablet. Selain itu, SSD juga tahan dengan berbagai guncangan, sehingga hal ini meminimalisir terjadinya kehilangan data saat perangkat seluler terjatuh. Tidak heran SSD ini sangat dibutuhkan untuk mobilitas suatu perusahaan maupun pribadi.

Server

Fungsi SSD yang terakhir adalah untuk suatu server di perusahaan atau yang membutuhkannya untuk melayani klien. Sebagaimana yang diketahui, SSD bisa membaca dan transfer dengan cepat dibandingkan HDD. Dengan begitu, klien pun tidak perlu menunggu hingga lama untuk bisa mengakses server apa yang diinginkannya.

Baca juga: Apa itu Backup? Pengertian, Manfaat, dan Cara Backup Data Website

Perbedaan SSD dengan HDD

Apabila membaca penjelasan singkat tentang apa itu SSD dan fungsinya yang ada di atas, kamu tentu bisa menangkap bahwa salah satu perbedaan dari kedua ruang penyimpanan ini adalah sistem pengoperasiannya.

Seperti yang sudah disebutkan, SSD ternyata bisa beroperasi lebih cepat dibandingkan dengan HDD. Meski demikian, SSD mematok harga yang lebih mahal dibandingkan dengan HDD.

Lantas, apa saja perbedaan SSD dengan HDD? Untuk lebih lengkap, simak informasinya pada tabel pembeda SSD dan HDD di bawah ini, seperti yang dikutip dari laman Diffen.

AspekHDD SDD
SingkatanHard Disk DriveSolid State Drive
Kecepatan HDD memiliki latensi yang lebih tinggi, waktu baca/tulis yang lebih lama, dan mendukung lebih sedikit IOP (operasi input output per detik) dibandingkan dengan SSD. SSD memiliki latensi lebih rendah, membaca/menulis lebih cepat, dan mendukung lebih banyak IOP (operasi input output per detik) dibandingkan HDD.
Panas, Listrik, dan KebisinganHDD menggunakan lebih banyak listrik untuk memutar piringan, menghasilkan panas dan kebisingan.SSD menggunakan lebih sedikit daya dan tidak menghasilkan panas atau kebisingan.
Defragmentasi Kinerja HDD memburuk karena fragmentasi. Oleh karena itu, HDD perlu di defragment secara berkala.Performa SSD tidak terpengaruh oleh fragmentasi. Jadi, defragmentasi tidak diperlukan.
Komponen HDD berisi bagian yang bergerak, yaitu spindel yang digerakkan motor yang menahan satu atau lebih piringan bundar datar (disebut piringan) yang dilapisi dengan lapisan tipis bahan magnetik. Kepala read and write diposisikan di atas disk dan semua ini terbungkus dalam cas logam. SSD tidak memiliki bagian yang bergerak karena pada dasarnya SSD adalah sebuah chip memori, sirkuit terpadu (IC) yang saling berhubungan dengan konektor antarmuka. Tiga komponen dasar SSD, yaitu controller, cache, dan capacitor.
BeratHDD lebih berat daripada SSD.SSD lebih ringan daripada HDD karena tidak memiliki bagian-bagian yang bergerak.
Penanganan terhadap getaranBagian HDD yang bergerak membuatnya rentan terhadap benturan dan kerusakan akibat getaran.SSD dapat menahan getaran hingga 2000 Hz, yang jauh lebih besar daripada HDD.

Baca juga: Cara Mempercepat Loading Website dan Blog dengan Mudah

Sudah Tahu Apa itu SSD?

Apa itu SSD? SSD adalah kepanjangan dari Solid State Drive yang biasanya digunakan sebagai ruang penyimpanan data untuk laptop atau komputer. Ada banyak fungsi SSD yang dapat dirasakan oleh para penggunanya, seperti untuk gaming, bisnis, mobilitas, hingga server.

Adapun perbedaan SSD dengan HDD yang bisa dilihat dari sistem pengoperasiannya. Dibandingkan dengan HDD, SSD memiliki sistem pengoperasian yang lebih cepat, sehingga penggunanya tidak membutuhkan waktu lama untuk membuka suatu software berkapasitas tinggi.

Nah, bagaimana? Apakah kamu sudah memahami apa itu Solid State Drive dan aspek-aspek yang membedakannya dengan HDD? Semoga artikel yang Dewaweb rangkum ini bermanfaat untuk kamu, ya.