yum command featured image

Apa Itu YUM Command, Fitur, dan Contoh Perintahnya

Penggunaan Yellowdog Updater, Modified Command (YUM Command) sudah cukup familiar bagi para system administrator (sysadmin) atau developer yang terbiasa menggunakan CentOS untuk kebutuhan mereka. Tapi, apakah kamu sudah mengetahui apa saja fitur hingga contoh perintah di YUM Command? Simak artikel berikut untuk mengetahuinya!

YUM Command

Yellowdog Updater, Modified atau “YUM” adalah utilitas yang disediakan dalam sistem berbasis Red Hat Enterprise Linux (RHEL) untuk menginstal, menghapus, dan mencari package. YUM akan menginstal dependency package secara otomatis, misalnya “yum install nginx”. Perintah tersebut akan menginstal Nginx web server dan dependency yang diperlukan secara otomatis, biasanya kamu hanya perlu memilih Ya atau Tidak. Ini berbeda dengan RPM yang mengharuskan kamu untuk mengunduh semua dependency yang diperlukan terlebih dulu untuk melakukan instalasi.

Baca Juga: Perintah Dasar Linux

YUM Utility mengambil informasi paket dari repository yang di-host, biasanya pada OS Vendor. Pada dasarnya, repository adalah kumpulan RPM yang seharusnya bekerja pada arsitektur tertentu. Contohnya, akan ada repositori terpisah untuk sistem 32 bit dan 64 bit dan hal yang sama berlaku untuk RHEL 5, 6, 7 atau 8. Kamu dapat meng-hosting repositori lokal dan mengonfigurasi perintah YUM untuk melakukan pencarian dan menginstal paket dari repositori lokal.

Singkatnya, YUM adalah tool utama untuk getting, installing, deleting, querying, dan managing RHEL RPM dari repository software resmi Red Hat serta repository third-party lainnya. 

Fitur YUM

Ada beberapa fitur YUM Command yang bisa kamu nikmati, fitur-fitur ini memungkinkan kamu untuk:

  • List software packages: Kamu bisa menginstal dari repositori lokal maupun repositori secara remote.
  • Check for packages dependency: Kamu bisa mengecek apakah sebuah software atau aplikasi yang akan digunakan pada server memiliki pembaruan (updates) atau tidak.
  • Create new repository: Kamu bisa membuat repository baru.

Baca Juga: 6 Fitur Bahasa Pemrograman C++ untuk Pemula

Installing Packages

Ada beberapa contoh perintah instalasi pada YUM Command, yaitu:

  1. Install
    Berguna untuk menginstal paket dengan memastikan bahwa semua dependency telah diselesaikan.
  2. Install /path/to/file
    Bisa dipakai untuk menginstal paket yang menyediakan berkas yang diberikan dan memastikan bahwa semua dependency telah diselesaikan.
  3. localinstall
    Dapat berguna untuk menginstal paket dari local, http ataupun ftp.
  4. reinstall
    Dapat melakukan instalasi ulang versi paket yang sedang digunakan.
  5. groupinstall
    Berfungsi untuk menginstalasi semua paket di grup yang dipilih.

Contoh Perintah

  • Install
$ yum install nginx
  • Install paket dari local directory
$ yum localinstall pkg-2-1.i686.rpm

$ yum localinstall http://test.com/pkg-2-1.i686.rpm
  • Reinstall
$ yum reinstall nfs-utils
  • Groupinstall
$ yum groupinstall “web server”

 

Simpulan

Penggunaan YUM Command sudah cukup familiar karena sudah cukup lama digunakan oleh para developer untuk mengembangkan program dan penggunaan perintah yang satu ini terlihat lebih mudah karena banyak dokumentasi yang disediakan oleh komunitas maupun langsung dari organisasi RedHat.

Demikian artikel tentang YUM Command, fitur hingga contoh perintah yang berguna untukmu. Jangan sungkan untuk meninggalkan ide-ide topik yang ingin kamu baca di blog Dewaweb, ya. Semoga artikel ini membantu, salam sukses online!