cara update plugin wordpress manual featured image

Cara Update Plugin WordPress Manual

Menggunakan plugin dan tema unik untuk mengelola website menggunakan WordPress memang perlu dilakukan demi membuat tampilan website yang menarik dengan tombol yang responsif.

Ada sekian banyak plugin dengan fungsi uniknya masing-masing untuk menunjang performa website. Namun, kamu harus paham bagaimana cara update plugin WordPress manual agar plugin-pluginmu bisa selalu bekerja optimal.

WordPress

WordPress adalah salah satu content management system (CMS) terpopuler saat ini. Seiring perkembangan zaman, WordPress tidak hanya digunakan untuk blogging, ada juga yang menggunakannya sebagai forum, marketplace atau toko online, instrumen pendidikan, portfolio, dan sebagainya.

Bagaimana tidak, WordPress adalah CMS yang bersifat open-source sehingga semua orang dapat memodifikasinya. Alhasil, banyak orang yang membuat dan memperjual-belikan tema WordPress sesuai kebutuhan para pengguna.

Menurut W3Tech, CMS WordPress menguasai 37,8% website yang ada di seluruh dunia. Artinya, ada sangat banyak pemilik website yang mengandalkan WordPress untuk mengelola website mereka.

Baca Juga: Gutenberg: Editor Drag-and-Drop dari WordPress

Cara Update Plugin WordPress Manual

Agar dapat melakukan cara update plugin WordPress manual dari cPanel, pastikan kamu mempunyai hosting dan domain yang aktif. Setelah itu, ikuti langkah berikut.

Login cPanel – File Manager

cara update plugin wordpress manual file manager

Login ke ‘cPanel’ terlebih dulu, kemudian klik ‘File Manager’ di section¬†Files.

Wp-content – Plugins

cara update plugin wordpress manual directory

Setelah itu, kunjungi directory plugins pada domain yang ingin kamu update, contoh: public_html/wp-content/plugins

Baca Juga: Begini Cara Import dan Export WordPress

Pilih Plugins

cara update plugin wordpress manual jetpack plugin

Pilih plugin WordPress yang ingin di-update, misalnya ‘Jetpack’. Kunjungi halaman WordPress Jetpack, kemudian download file .zip-nya.

Upload – Extract

cara update plugin wordpress manual extract

Jika sudah diunduh, unggah file-nya di directory plugins kamu, contoh: wp-content/plugins. Lalu namai ulang atau hapus directory Jetpack yang lama, dan klik Extract.

Setelah di-extract, file Jetpack yang lama akan digantikan dengan yang baru, namun pengaturannya akan tetap sama, karena pengaturan yang pernah kamu buat disimpan di database.

Simpulan

Itulah cara update plugin WordPress secara manual agar kamu tak perlu repot mengakses dashboard¬†WordPress terlebih dulu. Mudah bukan? Jika kamu mengalami masalah saat melakukan update plugin dari¬†dashboard WordPress, sekarang kamu tak perlu khawatir. Cara update¬†plugin WordPress manual ini bisa kamu jalankan, ‘kan?

Demikian artikel ini, jangan sungkan untuk meninggalkan ide-ide topik yang ingin kamu baca di blog Dewaweb. Semoga artikel ini membantu!