dewaweb facebook blueprint belajar online gratis digital marketing facebook ads

Sekarang setiap bisnis harus memanfaatkan Facebook Ads untuk membangun bisnis online mereka. Di luar sana memang banyak tutorial yang bisa Anda ikuti. Bahkan Anda juga bisa belajar lebih banyak tentang Facebook Ads dari berbagai situs belajar online. Nah, salah satu di antaranya adalah Facebook Blueprint. Apa itu?

Apa itu Facebook Blueprint?

Facebook Blueprint adalah training online gratis dari Facebook untuk mengenal Facebook Ads luar dan dalam. Dibagi menjadi beberapa pelajaran, eLearning dari Blueprint mengajarkan Anda bagaimana cara membangun bisnis Anda. TIdak hanya gratis, eLearning dari Blueprint juga fleksibel. Anda bisa mengaksesnya kapanpun Anda bisa. Blueprint bisa digunakan untuk bisnis UKM maupun agensi besar.

Pelajaran yang tersedia di Facebook Blueprint sendiri dikategorikan sesuai dengan goal atau tujuan bisnis Anda. Mulai dari brand awareness, lead generation, sampai monetisasi konten, Anda dijamin bisa menemukan topik-topik yang ingin Anda pelajari lebih jauh. Facebook Blueprint juga mengajarkan bagaimana cara menargetkan audience yang tepat dan mengukur performance sebuah ads. Ini adalah dua skill yang harus dimiliki oleh semua pemain bisnis. Dari 85 pelajaran yang tersedia di Facebook Blueprint, Anda akan mendapat banyak pengetahuan soal hampir semua aspek marketing yang perlu Anda ketahui untuk menjalankan bisnis dengan sukses.

Anda bisa mengikuti lebih dari satu pelajaran dalam satu waktu yang sama, terutama untuk menambah pengetahuan Anda tentang marketing dan advertising Facebook. Salah satu pelajaran yang mungkin ingin Anda ambil adalah “Understanding Campaign Performance with Ads Manager” atau Mempelajari Kinerja Campaign dengan Ads Manager. Ads Manager Facebook memberi Anda insight tentang bagaimana performance iklan Anda di Facebook dan Instagram. Pada intinya, semua pelajaran yang tersedia di 17 kategori berbeda ini dibuat dengan tujuan untuk memberi Anda pengalaman terbaik dalam menggunakan Facebook dan Instagram Ads.

Dapat Sertifikasi dari Facebook

Setelah Anda melewati berbagai pelajaran yang tersedia, Anda bisa mendapatkan dua sertifikasi untuk dua bidang keahlian yang berbeda.

Facebook Certified Planning Professional biasa diberikan kepada mereka yang berhasil merencanakan dan membuat campaign iklan Facebook. Ini diukur melalui kemampuan mereka dalam pengelolaan Facebook Page, objektif iklan, target audience, Audience Insights, strategi ads, dan pengertian mendalam tentang bagaimana cara menggunakan Facebook sebagai channel komunikasi dan iklan.

Facebook Certified Buying Professional adalah sertifikat dimana untuk mendapatkannya, Anda perlu mengetahui hal-hal seperti pengelolaan, pembuatan, dan pembelian Facebook Ads. Tidak hanya itu, mereka juga harus tahu bagaimana cara menggunakan lelang ads, cara mencapai KPI iklan, dan membuat laporan yang akurat. Mereka juga harus menguasai Facebook Pixel dan SDK dan cara-cara troubleshooting yang berkaitan dengan iklan.

Untuk mendapat kedua sertifikasi ini, Anda perlu melakukan exam 310-101 dan 322-101 dan mendapat nilai 700 atau lebih. Biasanya untuk mengerjakan ujian Facebook Blueprint diperlukan waktu tujuh puluh lima menit dan memerlukan browser aplikasi yang aman.

Memang untuk mendapatkan sertifikasi ini, Anda perlu mengeluarkan waktu dan biaya. Untuk mengambil ujian, Anda perlu mengeluarkan uang sebesar 150 US Dollar per ujiannya. Jadi karena Anda membutuhkan dua kali ujian, Anda perlu mengeluarkan uang sebesar 300 US Dollar untuk mendapatkan sertifikat Facebook Blueprint. Setiap tahunnya, Anda perlu mengambil ujiannya lagi untuk menyimpan sertifikasi Anda.

Nantinya sertifikasi akan datang dalam bentuk sebuah digital badge. Badge ini bisa Anda pajang di Facebook dan social media lainnya. Selain itu, Anda juga bisa memasangnya di blog dan bahkan di signature email Anda.

Kenapa Perlu Sertifikasi Facebook Blueprint?

Saat ini, ada banyak cara yang bisa dilakukan suatu perusahaan untuk beriklan di Facebook. Mereka bahkan bisa belajar sendiri dengan banyaknya tutorial Facebook Ads di luar sana. Tetapi kadang-kadang perusahaan membutuhkan seorang professional yang bisa melakukannya untuk mereka. Dengan memiliki Sertifikasi Facebook Blueprint, Anda bisa menonjol dibanding kandidat lainnya. Ujiannya sendiri sering dibilang sebagai ujian digital marketing tersulit dan terketat di internet. Selain itu, kalau Anda sudah memiliki sertifikasi ini, tidak akan ada yang meragukan kemampuan Anda dalam menggunakan Messenger, Facebook, dan Instagram untuk beriklan.  Bagi pemilik bisnis, dengan sertifikasi Facebook Blueprint, Anda bisa mengoptimalkan ads Anda dan mengembangkan bisnis Anda lebih jauh lagi. Dengan belajar lebih dalam tentang Facebook Ads, Anda bisa berpikir out-of-the-box dan keluar dengan ide-ide yang lebih fresh dan kreatif.

Blueprint Live

Facebook Blueprint juga menawarkan layanan yang disebut, “Blueprint Live”. Ini adalah seminar eksklusif yang ditujukan bagi pengiklan untuk mempelajari lebih lanjut tentang pemasaran Facebook dan Instagram. Kesempatan belajar ini ditujukan bagi mereka yang sudah akrab dengan Instagram dan Facebook. Blueprint Live dibangun berdasarkan pengetahuan peer-to-peer, dengan tujuan timbal balik antara rekan kerja. Tidak hanya mengajar, dengan Blueprint Live, Anda juga bisa belajar dari teman-teman Anda.

Simpulan

Facebook Blueprint bisa menjadi satu sarana belajar online lengkap untuk Anda yang ingin belajar lebih tentang digital marketing. Sertifikasi dari Facebook ini bisa membantu Anda untuk menjadi seorang digital marketing yang ahli dan memberi Anda kredibilitas. Semoga artikel ini membantu!

Sebagai bagian dari komitmen kami sebagai provider hosting terbaik Indonesia, kami akan terus mengupdate blog dengan konten-konten edukasional. Jangan lupa subscribe ya!