Cara Mudah Buat Iklan di Instagram & Biaya yang Dibutuhkan

Cara Mudah Buat Iklan di Instagram & Biaya yang Dibutuhkan

Mengetahui cara buat iklan di Instagram secara tidak langsung dapat meningkatkan brand exposure dan traffic website. Meningkatnya brand exposure dan traffic ini akan membantu kamu, terutama para pelaku bisnis, untuk memperkenalkan produk ke audiens yang lebih luas.

Sebagai informasi, Instagram Ads adalah fitur Instagram yang bertujuan menjangkau audiens agar tertarik untuk membeli produk yang diiklankan. Untuk membuat Instagram Ads, pelaku bisnis perlu mengeluarkan biaya. Namun tidak perlu khawatir, biaya yang kamu keluarkan akan sepadan dengan hasilnya.

Lantas, bagaimana cara mudah buat iklan Instagram, syarat-syarat, dan berapa biaya yang dibutuhkan? Untuk membantu kamu, Dewaweb sudah merangkum secara lengkap cara buat iklan di Instagram pada artikel di bawah ini. Yuk, simak informasinya sampai akhir!

Baca juga: 10 Fitur Instagram yang Dapat Membantu Memasarkan Produk

Apa itu Instagram Ads?

Instagram Ads adalah platform pengiklanan yang dihadirkan langsung oleh Instagram untuk para penggunanya. Tujuannya agar gambar dan video yang kamu unggah dapat menarik perhatian para audiens, sehingga membeli produk yang kamu iklankan, sekaligus memperkenalkan brand atau usaha yang sedang dirintis. Menurut Instagram, 62% pengguna menyatakan bahwa mereka menemukan produk-produk baru dari iklan di Instagram.

Tidak hanya itu, para pengiklan juga bisa menjangkau target pasar remaja lebih besar daripada Facebook atau Snapchat. Jadi, jika target pasar kamu adalah remaja usia 13-17 tahun, kamu sudah harus tau akan beriklan di mana. Kendati demikian, pemakaian Instagram Ads ini tidak gratis. Maka itu, kamu perlu mengeluarkan sedikit biaya agar produk kamu bisa dikenal oleh masyarakat luas.

Sebetulnya, harga Instagram Ads tergantung dengan model penawaran yang digunakan. Untuk rata-rata, harga Instagram Ads bisa mulai dari Rp2.936 – Rp98.081, berikut rinciannya:

  • Cost per clicks (CPC), pengiklan perlu membayar Rp2.936 hingga Rp29.362/klik.
  • Cost per impression (CPM), pengiklan perlu membayar sekitar Rp98.081/1000 tayangan.
  • Cost per engagement (CPE), pengiklan membayar mulai dari Rp146 – Rp731/keterlibatan (pengguna).

Baca juga: 10 Cara Meningkatkan Engagement Instagram, Wajib Tahu!

Jenis-Jenis Instagram Ads

Jika kamu takut iklan yang kamu buat terlihat membosankan, ada beberapa jenis-jenis Instagram Ads yang bisa dijadikan sebagai alternatif media beriklan. Nantinya, harga yang dibayarkan untuk memasang iklan tergantung dari tipe atau jenis iklan yang digunakan saat mempromosikan produk tersebut. Lebih jelas, berikut jenis-jenis Instagram Ads:

1. Single Image Ads. Jenis iklan Instagram yang paling sering digunakan, karena kamu hanya memerlukan sebuah gambar, caption gambar, dan tombol call-to-action (CTA).

jenis-jenis instagram ads - single image

2. Instagram Carousel Ads. Jenis iklan Instagram yang memungkinkan kamu memilih hingga 10 gambar dan video, namun bentuk carousel ini mempunyai caption yang berbeda-beda di setiap foto.

instagram ads carousel

3. Instagram Video Ads. Jenis iklan Instagram yang hadir dalam format video. Hingga kini, konten video sudah menyebar ke Reels Instagram dan live streaming, sehingga kamu bisa memanfaatkannya dengan tepat.

instagram ads video

4. Slideshow Ads. Jenis iklan Instagram ini memungkinkan kamu untuk membuat iklan dalam bentuk slide show yang terdiri dari gambar dan/atau video. Jenis ini dapat menampilkan lebih banyak informasi terkait produk yang diiklankan.

instagram ads slideshow

5. Instagram Lead Ads. Jenis iklan ini dapat membantumu mengumpulkan informasi dari calon pelanggan tanpa membawa mereka keluar dari platform Instagram.

6. Instagram Stories Ads. Jenis iklan Instagram ini berbentuk foto atau video yang berdurasi pendek. Keunikannya, kamu bisa menambahkan headline, teks, dan tombol call-to-action (CTA).

instagram story ads

Baca juga: 20+ Instagram Tools Gratis yang Bermanfaat bagi Pemilik Bisnis

Syarat Iklan di Instagram

Sebelum mengetahui bagaimana cara membuat iklan di Instagram, ada beberapa persyaratan yang perlu dipenuhi agar iklan yang kamu buat tidak di-takedown oleh Instagram. Apa saja syarat iklan di Instagram? Berikut informasi lengkapnya:

1. Akun Instagram diubah jadi akun bisnis

Instagram bisnis ditujukan untuk orang-orang yang memang menggunakan Instagram dengan tujuan mengembangkan bisnis yang dimiliki, baik dengan mempromosikannya atau berkomunikasi dengan calon klien. Oleh karena itu, ubah akun Instagram kamu dengan akun bisnis.

2. Akun terhubung dengan akun Facebook

Meski kali ini kamu akan membuat iklan langsung dari Instagram, namun pihak Instagram mewajibkan pengiklan untuk login atau mendaftarkan akun ke Facebook terlebih dulu.

3. Pastikan produk tidak dilarang

Demi menjaga kenyamanan calon pembeli, Facebook (dan Instagram) membatasi jenis produk yang dijual. Maka itu, ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi oleh para pengiklan agar produknya tidak dilarang, di antaranya:

  • Iklan tidak mengandung unsur SARA, tidak menyinggung pihak lain, dan tidak mengandung hal-hal sensual.
  • Kalimat di iklan tidak boleh mengandung kata “Facebook”, “KW”, “replika”, “bajakan”, dan sejenisnya.
  • Jika menyertakan URL atau link tujuan, pastikan halaman website-mu aktif dan tidak hanya one-page site.
  • Gunakan gambar dengan kualitas baik yang tidak mengandung unsur SARA atau konten seksual dan jangan menggunakan foto seseorang tanpa izin.

Jika kamu melanggar beberapa poin di atas atau ketentuan lain yang telah diperbarui, mungkin iklanmu tidak akan ditayangkan dan kamu akan mendapat peringatan dari Facebook melalui email atau pemberitahuan Facebook.

Baca juga: 11+ Cara Mendapat Uang dari Instagram dengan Mudah

Cara Membuat Iklan Instagram

Usai mengetahui apa saja syarat yang dibutuhkan dalam membuat iklan di Instagram, kamu dapat langsung membuat iklan Instagram yang diinginkan. Guna membantu kamu, berikut cara membuat iklan di Instagram yang sudah Dewaweb rangkum hanya untuk kamu:

1. Pilih salah satu foto yang ingin dipromosikan, lalu klik ‘Promote’ atau ‘Boost Post’.

cara membuat iklan instagram - klik 'boost post'

2. Jika belum pernah melakukan login, kamu dapat login terlebih dulu ke akun Facebook yang akan sering digunakan untuk beriklan di Facebook maupun Instagram.

3. Lalu, tentukan CTA yang akan ditampilkan ke target audiens. Ada tiga pilihan, yakni Visit Instagram Profile, Learn More, hingga Shop Now. CTA tersebut akan mengarahkan audiens ke kotak masuk Instagram atau Direct Message.

cara membuat iklan - tentukan cta

4. Pilih jenis target audiens. Untuk ‘Automatic’, Instagram akan memilih target yang mirip dengan followers kamu. Sementara itu ‘Create Your Own’, artinya kamu dapat menentukan sendiri target audiens untuk produk yang dijual.

cara membuat iklan instagram - pilih jenis target audiens

5. Jika memilih ‘Create Your Own’, kamu bisa menentukan dari beberapa kriteria, yaitu lokasi, ketertarikan (interests), gender, dan usia.

6. Selesai mengatur audiens, jangan lupa untuk memberi nama pada jenis audiens, kemudian klik ‘Done’.

7. Tentukan seberapa banyak budget yang akan kamu habiskan untuk melakukan promosi.

cara memubat iklan instagram - tentukan budget

8. Kemudian, kamu bisa melakukan preview iklan yang ditampilkan dalam bentuk post hingga Instagram Story.

9. Setelah itu, klik ‘Payment’ untuk menentukan cara pembayaran.

10. Terakhir, klik ‘Create Promotion’.

Baca juga: 6 Cara Membuat Feed Instagram Kamu Jadi Makin Menarik

Cara Membuat Iklan Story Instagram

Apabila kamu ingin iklan yang dibuat khusus ditampilkan di Instagram Story, kamu dapat mengikuti cara membuat iklan Story Instagram di bawah ini:

1. Siapkan konten yang akan dipromosikan, untuk Instagram Story, pilih gambar atau video dengan ukuran minimal 1080 x 1920 piksel atau rasio 16:9.

2. Unggah Instagram Story yang akan diiklankan.

3. Kemudian, pilih ‘Menu’ yang ada di sebelah kanan bawah.

buat instagram story ads

4. Setelah muncul beberapa menu pengaturan, klik ‘Promote’ atau ‘Promosi’ atau ‘Boost Story’.

buat instagram story ads

5. Tentukan CTA yang akan ditampilkan ke target audiens.

6. Pilih jenis target audiens.

7. Tentukan seberapa banyak budget yang akan dihabiskan untuk melakukan promosi.

8. Lakukan preview iklan terlebih dahulu.

9. Setelah itu, klik ‘Payment’ untuk menentukan cara pembayaran.

10. Terakhir, klik ‘Create Promotion’.

Baca juga: Panduan Instagram Insight Post dan Story Bagi Para Pemula

Sudah Paham Cara Buat Iklan Instagram dengan Mudah?

Bagaimana, mudah ‘kan memahami Instagram Ads hingga cara buat iklan Instagram? Namun, perlu diingat bahwa ada beberapa biaya yang perlu kamu keluarkan agar iklan yang dibuat dapat dipromosikan oleh Instagram seperti yang sudah Dewaweb jelaskan di atas.

Lebih lanjut, ada beragam media pula yang bisa kamu gunakan untuk mempromosikan brand dan produkmu di Instagram, sehingga kamu tak perlu takut target audiens merasa terganggu dengan iklan yang diunggah. Jangan lupa untuk mengikuti persyaratan dalam membuat iklan di Instagram yang sudah tertera di atas, ya.

Namun, akun media sosial dan e-commerce saja belum cukup, kamu juga perlu menggunakan website untuk meningkatkan kredibilitas dan mempermudah kamu untuk memperkenalkan brand-mu ke target audiens sehingga mereka bisa lebih mudah mengenal “siapa” dan “apa” tujuan bisnismu. Ingat, pastikan kamu memilih penyedia hosting yang aman, cepat, dan selalu bisa diandalkan, ya! Salam sukses online