Instagram Insight merupakan salah satu fitur yang ditawarkan oleh Instagram untuk mendukung kepentingan bisnis. Saat ini, sudah banyak pengguna Instagram yang mengubah profilnya dari akun pribadi atau personal account menjadi business account. Dengan mengubah akun Instagram menjadi business, kamu bisa memonitor strategi pemasaran dengan mudah. Berdasarkan jenis postingan feed maupun story, kamu bisa menjangkau orang-orang demi melakukan promosi bisnis.

Bagaimanakah Instagram Insight dapat membantu kamu menjalankan bisnis? Serta, bagaimana cara menggunakannya?

Bantu kamu menemukan strategi pemasaran bisnis

Dalam menjalankan bisnis melalui Instagram, tujuan utamamu tentu adalah memasarkan produk dan meningkatkan brand awareness. Supaya tujuanmu tercapai, tentu kamu harus mendapatkan laporan, sejauh apa strategi pemasaran yang kamu lakukan berhasil meraih banyak pengikut. Sama seperti menjalankan bisnis secara offline, kamu butuh adanya laporan penjualan untuk menganalisis pencapaianmu sebelumnya dan menentukan strategi penjualan berikutnya.

Pada Instagram, kamu bisa mengetahui hal ini dengan melihat bagian Instagram Insight. Instagram Insight akan memberikan laporan berupa grafik dan informasi tentang performa strategi marketing yang kamu jalankan dan bagaimana efeknya terhadap followers. Apakah ada followers yang tertarik untuk klik dan mengunjungi profilmu? Apakah ada followers baru yang bisa kamu tarik dari unggahan feed maupun story? Atau bahkan postinganmu mampu menjangkau lebih banyak orang di luar lingkaran followers?

Hal-hal seperti inilah yang akan kamu dapatkan dengan menggunakan Instagram Insight. Pada beberapa tab Insight di profil Instagram-mu, ada beberapa bagian yang menunjukkan Activity, Content, dan Audience.

  • Activity memungkinkanmu untuk melihat bagaimana interaksi yang dilakukan oleh followers; kunjungan profil dan klik situs web dan juga grafik tentang jumlah orang yang melihat postinganmu beserta impresi yang dilakukan.
  • Content membuatmu mudah menemukan jumlah postingan yang sudah kamu unggah dalam beberapa hari ke belakang, entah itu feed atau story, dan postingan yang dipromosikan.
  • Pada bagian Audience, dipaparkan lebih jauh tentang jumlah follower, kota dan negara asal mereka, usia, gender, dan berapa lama waktu yang rata-rata mereka gunakan untuk dihabiskan di Instagram. Ada juga informasi yang menunjukkan kapan hari terbaik untuk posting karena menjadi saat paling ramai followers mengunjungi Instagram.

Dari semua informasi yang ditampilkan oleh Instagram Insight, kamu tentu tahu kan, bagaimana memaksimalkan Instagram untuk bisnis sekaligus merencanakan strategi pemasaran berikutnya?

Panduan menggunakan Instagram Insight pada post dan story

  • Mengubah pengaturan akun menjadi business account

Sebelum mulai menggunakan Instagram Insight, terlebih dulu kamu harus mengubah akunmu dari personal ke business. Begini cara mudahnya:

  1. Login pada Instagram dan buka profilmu. Pada bagian pengaturan (tiga garis horizontal di pojok kanan atas profil IG) cari pilihan Setting atau Pengaturan di bagian paling bawah.
  2. Selanjutnya, cari pilihan Account atau Akun kemudian pilih Switch to Business Account (Ubah Menjadi Akun Bisnis). Ikuti beberapa langkah yang diminta Instagram untuk melengkapinya. Kamu juga bisa memilih untuk menghubungkan akun Instagram dengan Facebook.
  • Mulai mengakses fitur Insight pada Instagram

  1. Klik pilihan Insight, maka akan muncul beberapa pilihan menu utama; Activity, Content, dan
  2. Mari mulai dengan bagian Interactions pada menu Di sana kamu akan melihat grafik dan angka yang menunjukkan berapa jumlah orang yang melakukan profile visit akun Instagrammu. Bagian Interactions menghitung berapa aksi yang dilakukan orang ketika melihat konten yang kamu unggah.
  3. Kemudian ada Discovery yang menunjukkan berapa orang yang telah melihat konten yang kamu unggah dan darimana mereka menemukan konten kamu. Di bagian Reach kamu bisa melihat ada berapa akun yang berhasil dijangkau oleh akun Instagrammu. Pada bagian Impressions, menampilkan jumlah tayangan yang didapatkan oleh konten Instagrammu.
  4. Selanjutnya, kamu bisa beralih pada tab.  Yang pertama bisa kamu lihat pada tab ini adalah jumlah postingan yang kamu unggah dalam kurun waktu tertentu. Pada bagian Posts, coba klik bagian See All untuk melihat semua konten yang sudah di-publish.
  5. Setelah semua postingan kamu muncul, kamu akan tahu secara lebih detail, berapa akun yang berhasil dijangkau oleh post Untuk mendapat informasi yang lebih detail, kamu bisa klik postingan-postingan tersebut.
  6. Di bagian bawah Content, kamu juga akan menemukan Bagian ini berisi data kontenmu yang diunggah menggunakan fitur Instagram Story. Di bagian Reach kamu bisa tahu berapa jumlah akun yang melihat story-mu. Pada Impressions, didapat jumlah angka yang menunjukkan berapa kali story-mu dilihat. Lalu ada juga Exits yang menunjukkan akun yang melewati story atau skip. Pada Replies, kamu akan tahu jumlah balasan yang ditinggalkan.
  7. Pada bagian paling bawah tab Content, ada Promotions yang menunjukkan kegiatan promosimu melalui Instagram. Yang terakhir, ada tab Audience yang memberimu info seputar followers.  Di sini, kamu bisa tahu jenis kelamin, lokasi, usia, jam, dan hari mereka aktif di Instagram.
  • Mengakses Insight tiap postingan di Instagram

Pengguna business account juga bisa melihat Insight tiap postingan. Terutama konten yang berupa feed dengan melakukan klik di postingan.

  • Masuk pada profil Instagram kamu. Lihat feed yang sudah kamu posting. Pilih satu postingan yang ingin dilihat Insight-nya.
  • Saat postingan sudah terbuka, pilih View Insight di bagian bawah. Selanjutnya kamu bisa melihat berapa likes yang didapat. Ada pula komentar yang ditinggalkan, berapa akun yang membagikan postingan kamu hingga orang yang menyimpang post tersebut.

Memaksimalkan Instagram Insight keperluan bisnis

Setelah tahu bagaimana cara menggunakan Instagram Insight, mungkin sebagian dari kamu masih bingung, apa pentingnya menggunakan fitur ini. Mari simak penjelasan berikut ini:

  • Memahami kebutuhan pengikut dengan Instagram Insight

Berdasarkan engagement yang didapat dari konten Instagram penyesuaian lebih mudah dilakukan. Kondisi ini memudahkan kamu menciptakan konten-konten sejenis.

  • Kenal dengan baik siapa pelangganmu

Mengetahu detail tiap pengikutmu di Instagram, dapat memberikan gambaran konten seperti apa yang mereka inginkan dan butuhkan. Misalnya saja kamu bergerak di bidang online shop pakaian. Dari data Insight, diketahui bahwa pengikutmu kebanyakan adalah perempuan usia 17 sampai 30 tahun yang tinggal di Jakarta.

Artinya, produk pakaian harus sesuai dengan kriteria followers. Ini penting untuk diperhatikan penjualan bisa ditingkatkan.

  • Tahu strategi yang harus diterapkan

Data-data yang diberikan oleh Instagram Insight memudahkan proses evaluasi. Dengan begitu, kamu bisa memantau kinerja pemasaran melalui media sosial. Jika strategi yang direncanakan berhasil, maka kamu harus mempertahankannya. Namun bila strategi yang dijalankan tidak bekerja dengan baik, maka kamu harus cari cara lain, berbekal informasi yang sudah didapat.

Baca juga: Penyedia Jasa Layanan Hosting Terbaik di Indonesia

Ternyata, jika ditelusuri banyak juga manfaat yang diberikan oleh Instagram Insight. Yuk, maksimalkan fitur ini sebaik-baiknya untuk mendukung perkembangan bisnis kamu. Selamat mencoba dan semoga berhasil, ya!

Cloud Hosting Terbaik di Indonesia