11+ Cara Mendapatkan Uang dari Instagram, Pemula Wajib Coba!

11+ Cara Mendapatkan Uang dari Instagram, Pemula Wajib Coba!

Cara mendapatkan uang dari Instagram tentu saja menjadi topik yang menarik. Dengan 2 miliar pengguna aktif perbulannya (Monthly Active User/MAU), Instagram banyak dimanfaatkan untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah.

Pastinya akan menjadi sia-sia jika masifnya penggunaan Instagram ini tidak dimanfaatkan untuk mendapatkan uang dari internet. Selain itu, Instagram juga bisa dimanfaatkan sebagai salah satu dari banyaknya kerja sampingan online.

Berikut ini Dewaweb sudah rangkum beberapa cara yang dapat dicoba untuk dapat uang hanya dengan bermain Instagram. Ada beberapa cara yang dapat dicoba bagi kamu yang pemula, lho. Yuk simak!

Cara Dapat Uang dari Instagram

Mendapatkan uang dari Instagram dapat dilakukan dengan berbagai cara di antaranya menjadi selebgram, menjual produk di Instagram, menawarkan jasa admin, hingga ijut program afiliasi. Berikut ini beberapa cara lainnya:

1. Menjadi influencer/selebgram

Cara mendapat uang dari Instagram yang pertama yaitu dengan menjadi influencer atau selebgram. Untuk bisa sampai sana memang membutuhkan proses yang tidak sebentar, kecuali jika memang kamu sudah dikenali banyak orang sebelumnya.

Kamu perlu konsistensi yang tinggi untuk membangun personal branding hingga banyak orang mengenal kamu. Apabila followers sudah semakin banyak dan engagement juga semakin besar, maka perlahan kamu akan menerima tawaran sponsored post, bahkan hingga brand ambassador.

Namun syarat utama untuk menjadi influencer atau selebgram ini tentu saja memiliki banyak followers. Untuk mendapatkan uang di Instagram, kamu perlu sedikitnya 1.000 followers. Jadi, pastikan kamu sudah mengetahui bagaimana cara menambah followers IG.

Menurut Shopify, memiliki 1.000-10.000 followers sudah termasuk influencer, atau disebutnya nano influencer. Nano influencer sendiri bisa mendapatkan $10–$100 atau sekitar Rp157.042–1.570.425 per posting-an. Cukup menggiurkan, bukan?

Baca Juga: Cara Menjadi Selebgram, Pemula Wajib Tahu!

2. Menjadi content creator

Berbeda dengan influencer, content creator merupakan orang yang memanfaatkan Instagram untuk menunjukkan hasil karyanya. Itulah kenapa, mereka membutuhkan konsistensi juga dan kreativitas yang bagus.

Nah, apabila karya kamu sudah semakin banyak yang mengetahui, kamu bisa membuka open commision atau lama kelamaan brand akan melirik dan mengajak kerja sama. Sebagai content creator, kamu harus tahu cara membuat konten Instagram yang menarik, pandai menyeseuaikan jenis konten Instagram, serta menyajikan konten yang interaktif.

Baca Juga: 7 Contoh Konten Interaktif Instagram untuk Sukseskan Bisnis

3. Product reviewer

Kamu ingin mendapat uang dari endorsement tapi tidak mau jadi influencer dan tidak berbakat menjadi content creator? Kalau begitu, kamu bisa mencoba menjadi product reviewer. 

Cara mendapat uang dari Instagram ini menuntut kamu untuk bisa me-review sebuah produk, membahas kelebihan serta kekurangan yang dimiliki. Seorang product reviewer saat ini cukup dicari oleh kebanyakan orang karena sebelum membeli produk, konsumen akan mencari review-nya terlebih dulu.

Jika kamu bisa memberikan ulasan dengan baik, maka brand atau perusahaan pun tidak segan-segan untuk membayar kamu.

4. Menjual produk di IG

Cara mendapat uang dari Instagram berikutnya adalah dengan menjual produk di Instagram, saat ini banyak orang yang membangun bisnis mulai dari yang kecil hingga besar, kemudian mereka mempromosikannya di Instagram.

Karena Instagram merupakan salah satu platform pemasaran yang cukup bagus. Di sana kamu bisa meng-upload barang atau makanan yang kamu jual. Jangan lupa untuk berikan deskripsi produk yang menarik serta arahkan pembeli pada kontak kamu.

Selain itu, pada Instagram juga terdapat fitur Instagram Shop, kamu bisa memanfaatkan fitur tersebut untuk membantu menjual produk. Apabila kamu berhasil mendapatkan pembeli dari IG, maka kamu bisa mulai mendapat uang dari sana.

5. Membuka paid promote

Berikutnya, kamu bisa mendapat uang dari Instagram lewat paid promote. Paid promote merupakan layanan promosi berbayar di Instagram. Menariknya lagi, kamu tidak membutuhkan modal sepeserpun untuk bisa melakukan bisnis ini.

Namun, cara ini direkomendasikan untuk kamu yang sudah memiliki banyak followers. Nantinya, kamu tinggal menerima materi promosi dari brand, kemudian mempostingnya baik pada stories maupun feed Instagram.

Ada beberapa hal yang harus kamu lakukan agar bisnis paid promote kamu bisa dipercaya banyak brand, di antaranya seperti.

  • Menggunakan akun real.
  • Memberikan pelayanan yang memuaskan.
  • Tingkatkan engagement media sosial.
  • Selektif dalam memilih brand ketika bekerja sama.

6. Menawarkan jasa admin instagram

Tidak semua orang dapat mengelola Instagram dengan baik, padahal akun Instagram milik bisnis seharusnya dikelola dengan serius. Nah, solusinya adalah dengan menggunakan jasa admin Instagram.

Untuk kamu yang memiliki keahlian mengelola akun IG, tidak ada salahnya untuk membuka jasa tersebut. Kamu bisa menawarkan jasa admin ini pada UMKM dan bisnis.

Nah, untuk bisa mendapatkan uang dari mengelola akun IG milik perusahaan atau brand, kamu harus memperhatikan beberapa hal berikut.

  • Buat akun yang profesional.
  • Ikuti terus trend sosial media.
  • Tingkatkan engagement rate.
  • Kenali perusahaan yang sedang bekerja sama dengan kamu.

Saat menjadi admin, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui seperti apa itu engagement, insight Instagram, algoritma Instagram, hhingga berbagai fitur Instagram. Kamu juga harus tahu jadwal posting Instagram agar konten yang di-posting mendapat engagement lebih baik.

Baca Juga: 10 Cara Meningkatkan Engagement Instagram, Wajib Tahu!

7. Menjual barang preloved

Kamu memiliki pakaian layak pakai namun sudah tidak bisa digunakan, atau justru belum pernah dipakai? Daripada hanya menumpuk di lemari, lebih baik kamu jualkan lagi pada yang berminat.

Nah, bisnis ini biasa disebut preloved. Nantinya di Instagram, kamu harus memposting pakaian atau barang yang sudah tidak digunakan, kemudian berikan deskripsi produk sesuai apa adanya lalu cantumkan harganya.

Jika ada yang berminat membeli, maka kamu bisa mendapat uang dari Instagram hasil menjual barang preloved.

8. Manfaatkan fitur instagram ads

cara mendapat uang dari instagram - ig ads

Seperti yang kita tahu, saat ini Instagram sudah terintegrasi dengan Facebook, maka dari itu pada Instagram juga terdapat fitur Instagram ads. Nah, cara mendapatkan uang dari Instagram bisa kamu lakukan lewat fitur ini.

Kamu bisa memanfaatkan fitur ini untuk mengiklankan produk atau jasa yang kamu jual. Sehingga bisa diketahui lebih banyak orang. Meskipun ini berbayar, namun hasilnya akan sebanding dengan meningkatnya penjualan produk atau jasa kamu.

Mengapa bisa meningkat? Karena Instagram ads memiliki jangkauan audiens yang lebih spesifik tergantung yang kamu butuhkan.

Baca Juga: Panduan Instagram Ads: Cara Pasang dan Biayanya [Lengkap]

9. Membuka bisnis jasa titip (jastip)

Bisnis jastip pasti sudah tidak asing lagi di telinga kalian, jastip atau jasa titip merupakan bisnis yang melayani jasa titip barang. Mengapa harus titip? Karena barang yang diinginkan konsumen tidak terdapat di daerahnya.

Bisnis jastip bisa dilakukan dalam negeri saja atau hingga ke luar negeri. Sistemnya, kamu hanya perlu memotret produk, kemudian mengunggahnya ke akun IG jastip. Apabila ada yang minat, pembeli harus mentransfer harga sebesar total barang + biaya jastip yang kamu patok.

Dari situlah kamu bisa mendapatkan uang dari Instagram. Di sini kamu dan pembeli sama-sama untung, kamu tidak perlu memproduksi produk dan pembeli tidak perlu mengantri lama di toko.

10. Ikut program afiliasi

Ingin melakukan cara mendapat uang dari Instagram tapi tidak ada produk yang bisa dijual? Kalau begitu kamu bisa ikut program affiliate marketing. Afiliasi merupakan program yang dapat memberi kamu komisi atau uang ketika kamu berhasil membuat orang membeli sebuah produk.

Cara ini bisa dibilang tanpa modal, praktis, dan fleksibel. Kamu bisa mulai dari barang yang baru saja kamu beli, setelah itu review produk tersebut dan promosikan di Instagram. Setelah itu jangan lupa cantumkan link atau kode referralnya.

Apabila konsumen membeli lewat link tersebut, maka kamu akan mendapat komisi dari program itu. Ada banyak perusahaan yang menawarkan program ini, contohnya seperti perusahaan besar Shopee, Tokopedia, dan masih banyak yang lain.

Dewaweb memiliki program affiliate marketing yang dapat kamu ikuti dengan komisi yang sangat menarik, lho! Kamu bisa langsung dapat komisi Rp100 ribu. Tanpa modal dan tanpa resiko! Langsung cek di Dewaweb Affiliate Program.

11. Menjual filter instagram

Cara dapat uang dari Instagram berikutnya adalah dengan membuat filter Instagram kemudian menjualkannya. Seperti yang kita tahu, di Instagram sendiri terdapat banyak filter yang bisa dipakai.

Jika biasanya kamu menjadi pengguna filter, maka sekarang kamu bisa coba membuatnya. 

Cari tahu bagaimana cara membuat filter Instagram dengan berbagai tools yang ada, setelah itu jual pada followers atau pembeli yang menginginkan filter tersebut. Dari situ kamu bisa mendapat penghasilan, mudah dan praktis bukan?

Baca Juga: 30 Cara Mudah Menghasilkan Uang dari HP

12. Berburu giveaway

Berburu giveaway adalah cara dapat uang dari Instagram terakhir yang bisa kamu lakukan. Apabila seluruh cara di atas tidak bisa kamu lakukan, tidak ada salahnya untuk berburu giveaway.

Di Instagram ada banyak giveaway yang diselenggarakan oleh berbagai brand. Hadiahnya sendiri tidak main-main, mulai dari uang tunai hingga produk brand tersebut. 

Namun, perlu kamu ingat bahwa giveaway ini sifatnya keberuntungan. Jadi, tidak ada yang menjamin kamu akan mendapatkannya. Tapi, coba ikut giveaway sebanyak mungkin agar peluangnya semakin besar.

Siap Dapat Uang dari Instagram?

Itulah beberapa cara mendapatkan uang dari Instagram yang bisa kamu coba, bahkan jika kamu masih pemula sekalipun. Perlu diingat bahwa cara-cara di atas tidaklah instan. Kamu harus disiplin dan konsisten dalam menjalaninya.

Selain meraup cuan dari Instagram, kamu juga bisa mencoba mendapatkan uang dari berbagai platform lain:

Asset Blog Dewaweb
Aorinka Anendya

Gemar menulis tentang teknologi, bisnis, digital marketing, dan banyak topik lain. Sedang belajar untuk terus membuat tulisan berkualitas.