Mau Jadi Selebgram? Ini 11 Cara Menjadi Selebgram IG Pemula!

Mau Jadi Selebgram? Ini 11 Cara Menjadi Selebgram IG Pemula!

Ada beberapa cara menjadi selebgram IG untuk pemula yang harus kamu tempuh agar bisa memonetisasi akun Instagram milikmu. Masifnya penggunaan Instagram, yakni mencapai 2 miliar pengguna tiap bulan, menjadikan Instagram sebagai platform terbaik untuk meraup pundi-pundi rupiah.

Selebgram memang menjadi salah satu profesi yang cukup diminati anak muda karena ada banyak keuntungan yang bisa didapat. Namun, untuk menjadi selebgram juga tidak bisa sembarangan. Maka dari itu simak beberapa cara agar bisa jadi selebgram IG berikut ini!

Baca Juga: 11+ Cara Mendapatkan Uang dari Instagram, Pemula Wajib Coba!

Keuntungan Menjadi Selebgram

Selebgram adalah sebuah akronim dari ‘selebriti’ dan ‘Instagram’. Selebgram merujuk pada seseorang yang memiliki popularitas di Instagram sehingga bisa melakukan promosi produk dan jasa melalui akunnya.

Adapun seseorang dapat dikatakan sebagai selebgram jika akunnya sudah memiliki sedikitnya 30 ribu followers. Jika pengikutmu masih sedikit namun ingin jadi selebgram, maka pastikan kamu sudah tahu cara meningkatkan followers IG. Hal ini karena followers adalah modal utama menjadi selebgram.

Beberapa keuntungan yang akan kamu dapat jika menjadi selebgram di antaranya:

  1. Popularitas – Seorang selebgram memiliki banyak pengikut dan penggemar di media sosial. Hal ini memberikan keuntungan di mana mereka dikenal secara luas dan diakui oleh banyak orang.
  2. Potensi bisnis – Selebgram sering kali menjadi influencer yang dapat digunakan oleh brand atau perusahaan untuk mempromosikan produk atau layanan mereka. Ini memberikan kesempatan untuk mendapatkan perjanjian endorsement yang menguntungkan.
  3. Pendapat lebih didengar – Selebgram memiliki pengaruh yang cukup besar untuk menyuarakan pendapat tentang isu-isu sosial. Mereka dapat menggunakan pengaruh mereka untuk menginspirasi orang lain atau menggalang dukungan untuk tujuan tertentu.
  4. Peluang karir baru – Selebgram yang sukses dapat membuka pintu untuk peluang karir baru di bidang hiburan atau media. Mereka dapat menjadi selebritas populer, presenter, atau bahkan mendapatkan tawaran dalam industri film atau musik.

Dengan berbagai keuntungan tadi tentunya kamu semakin tertarik untuk jadi selebgram pemula. Simak terus untuk mengetahui cara-caranya berikut ini.

Cara Jadi Selebgram untuk Pemula

Beberapa cara menjadi selebgram IG mulai dari memilih niche, melakukan personal branding, buat konten menarik, hingga berkolaborasi dengan selebgram lain. Simak selengkapnya berikut ini.

1. Pilih niche sesuai minatmu

Niche adalah sebuah topik khusus yang akan menjadi tema konten di Instagram-mu. Contoh topik seperti kuliner, fashion, kecantikan, hingga traveling. Sementara contoh niche (topik lebih mengkhusus) seperti kuliner jalanan (street food), mukbang makanan pedas, street fashion, dan sebagainya.

Penentuan niche ini penting karena nanti kamu akan memiliki target pasar yang lebih spesifik dan sempit. Walau begitu, kamu bisa lebih leluasa menguasai audiens karena pesaingnya cenderung sedikit. Pilihlah niche yang kamu minati. Hal ini akan membantumu agar lebih enjoy dalam membuat konten nantinya.

2. Tentukan target audiens

Niche yang sudah kamu pilih tadi haruslah sesuai dengan target audiens yang ingin kamu sasar. Jika tidak, maka besar kemungkinan kontenmu tidak banyak yang menyukai atau biasa disebut ‘flop‘.

Cara menentukan target audiens ini adalah mengelompokkan berdasarkan jenis kelamin, rentang usia, lokasi tempat tinggal, minat, dan sebagainya. Kamu bisa mencari tahu tentang survey terbaru. Misalnya dengan fakta bahwa kelompok terbanyak pengguna Instagram adalah usia 25-34 tahun, maka kamu bisa menyasar generasi millenial.

Setelah mengetahui target audiensmu, jangan lupa sesuaikan tampilan konten dan gaya bahasanya. Jika sasarannya adalah anak muda, gunakanlah bahasa sehari-hari atau bisa tambahkan bahasa yang sedang trend saat ini.

3. Lakukan personal branding

Personal branding adalah salah satu cara menjadi selebgram IG untuk pemula yang paling penting. Tanpa melakukan personal branding, mustahil kamu bisa ‘terlihat’ di antara banyaknya selebgram yang jauh lebih terkenal. Carilah keunikan yang bisa kamu manfaatkan untuk branding.

Tujuan dari personal branding ini adalah agar kamu terlihat berbeda sehingga banyak orang akan mengenalimu karena ciri khas yang kamu miliki. Namun perlu diingat, bangunlah personal branding yang baik. Jangan sampai kamu lebih dikenal karena sensasi daripada prestasi.

4. Atur profil Instagram dengan baik

Masuk ke langkah teknis, cara selanjutnya adalah mengatur profil Instagram kamu dengan baik. Ketika menjadi selebgram, profilmu akan dikunjungi banyak orang sehingga penting untuk memperhatikan tampilannya.

Berikut ini beberapa hal yang harus harus kamu perhatikan:

  • Memakai username Instagram yang mudah dibaca, diketik, dan diingat.
  • Menggunakan foto profil Instagram dengan fotomu sendiri.
  • Tuliskan bio Instagram yang menjelaskan tentang dirimu dan apa spesialisasimu.
  • Tambahkan kontak yang bisa dihubungi untuk keperluan bisnis.
  • Tambahkan tautan ke website, blog, YouTube milikmu jika ada.
  • Buat highlight dari story yang mengandung hal-hal penting.
  • Sematkan beberapa postingan yang menurutmu baik untuk citra dirimu.

cara menjadi selebgram ig pemula - atur profil instagram

Baca Juga: Cara Mudah Mengubah Font Bio di Instagram Jadi Makin Keren

5. Buat konten yang menarik

Cara menjadi selebgram IG untuk pemula selanjutnya adalah membuat konten yang menarik. Namun bukan hanya menarik, kontenmu juga harus sesuai dengan niche yang sudah kamu tentukan di awal tadi.

Berikan konten yang mengedukasi, menghibur, atau menginspirasi pengikutmu agar mereka tetap tertarik dengan akunmu. Sesuaikan tampilan dan gaya bahasa dengan target audiensmu. Tidak lupa, selalu gunakan foto HD saat mem-posting konten agar profesionalitasmu terjaga.

Selain membuat konten yang menarik, ketahui juga jenis konten Instagram yang cocok, seperti konten reels, IG Story, konten single image, carousel, dan sebagainya. Hal ini penting mengingat engagement rate tiap jenis konten berbeda-beda, seperti postingan foto 0.81%, postingan video 0.61%, dan carousel 1.08%.

Berikut ini beberapa tips saat membuat konten menarik:

  1. Selalu pakai caption Instagram – Caption yang lebih panjang mampu memberikan konteks, membentuk koneksi emosi, serta meningkatkan engagement. Caption dengan 75-150 kata diklaim mampu mendapatkan engagement rates tertinggi.
  2. Selalu pakai hashtag – Menurut Search Logistics, postingan yang menggunakan setidaknya 1 hashtag mendapatkan rata-rata 29% lebih banyak interaksi untuk akun di bawah 1.000 followers. Namun, terlalu banyak hashtag dapat menyebabkan postingan dianggap spam. Instagram membatasi 30 hashtag dalam satu postingan namun jumlah maksimal yang disarankan adalah 11 hashtag.
  3. Manfaatkan tagged location – Postingan dengan tagged locations mampu meraih 79% engagement lebih tinggi dibanding postingan tanpa hashtag.
  4. Rapikan feeds Instagram – Kamu bisa membuat feeds Instagram milikmu menjadi satu tema yang sama dan dengan warna palette senada agar lebih nyaman dilihat.

Baca Juga: 7 Cara Membuat Konten Instagram yang Menarik Serta Tipsnya

6. Bangun engagement dengan followers

Pengikutmu tentu akan lebih senang dan merasa dekat denganmu jika kamu sering melibatkan mereka dalam kontenmu. Dalam meningkatkan engagement Instagram, kamu dapat membuat konten interaktif agar followers merasa terlibat dan juga terjadi komunikasi dua arah. Jika mau, kamu juga bisa membalas beberapa komentar mereka sebagai bukti kedekatan kamu dengan pengikutmu.

Baca Juga: 7 Contoh Konten Interaktif Instagram untuk Sukseskan Bisnis

7. Konsisten dalam posting konten

Konsisten dalam posting konten adalah kunci utama untuk menjadi seorang selebgram yang sukses. Menjadi selebgram tidak hanya tentang memiliki penampilan yang menarik tetapi juga tentang kemampuan untuk terus menghadirkan konten yang menarik dan bermanfaat bagi para pengikut.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti membuat jadwal rutin untuk mengunggah konten sehingga pengikut tahu kapan harus menantikan update terbaru. Kemudian pahami algoritma Instagram agar kontenmu bisa dilihat lebih banyak orang. Terakhir, pastikan kamu mem-posting saat jam ramai (prime time) agar mendapat engagement lebih tinggi.

Baca Juga: Intip Jadwal Posting Instagram yang Membawa Engagement

8. Selektif pilih produk endorse

Ketika ada yang menawarkan produk endorse kepadamu, jangan buru-buru menerimanya. Pertimbangkanlah terlebih dahulu, apakah sudah sesuai dengan niche serta target audiensmu.

Selain itu, pastikan juga produk endorse tersebut aman, tidak ilegal, serta bermanfaat bagi orang lain. Jika dirasa produknya kurang meyakinkan, jangan ragu untuk menolaknya. Jangan pertaruhkan reputasimu dengan produk endorse yang tidak jelas.

9. Tetap jaga privasi

Sekalipun kamu sudah menjadi selebgram dengan ribuan followers, privasi milikmu harus tetap dijaga. Menjadi populer bukan berarti kamu tidak memiliki privasi sama sekali. Hal ini yang harus kamu sadari, bahwa jangan sampai informasi pribadi milikmu menjadi konsumsi publik.

Mengingat jejak digital tidak bisa dihapus, kamu juga harus berhati-hati saat membuat konten. Jangan sampai konten yang seharusnya membangun citramu justru jadi boomerang bagimu. Hindari membagikan konten yang mengandung informasi pribadi seperti alamat rumah atau nomor teleponmu.

10. Berkolaborasi dengan selebgram lain

Sebagai pemula, penting untuk bekerja sama dengan selebgram atau influencer lain karena dapat meningkatkan eksposur akunmu. Berkolaborasilah dengan selebgram lain yang memiliki followers lebih banyak sehingga akan memberikan peluang bagimu agar lebih terkenal.

11. Selalu jadi diri sendiri

Cara terakhir, tetaplah menjadi diri kamu sendiri. Konsistenlah dengan apa yang sudah kamu bangun dari awal. Sebaiknya tidak mengubah personal branding yang sudah kamu bentuk.

Jika tiba-tiba kamu mengubah branding-mu dari yang semula, maka jangan heran jika followers-mu bisa turun drastis. Jangan sampai pengikutmu mengungkapkan lebih menyukai dirimu yang dulu.

Siap Jadi Selebgram yang Sukses?

Semua cara menjadi selebgram IG untuk pemula sudah kamu ketahui. Sekarang, saatnya kamu mulai menerapkan cara-cara di atas agar bisa menjadi selebgram yang sukses. Jika kamu belum punya akun, kamu bisa daftar Instagram terlebih dahulu.

Perlu diingat, cara-cara di atas mustahil berhasil jika kamu tidak melakukannya secara konsisten dan disiplin. Jadi, jangan patah semangat jika belum membuahkan hasil. Tetap lakukan yang terbaik maka hasilnya akan mengikuti. Selamat mencoba dan semoga berhasil, ya!

Asset Blog Dewaweb
Dewaweb Team

Dewaweb Team menuliskan artikel dengan sepenuh hati. Topiknya mulai dari bisnis online, digital marketing, sampai website development. Yuk daftarkan email kamu ke newsletter Dewaweb di sebelah kanan untuk mendapatkan info terbaru dari Dewaweb!