dewaweb-blog-dapat-uang-diinternet-dengan-jadi-selebgram

Pada artikel kali ini, kami memberikan sebuah panduan lengkap bagi Anda yang ingin jadi selebgram. Menjadi selebgram merupakan salah satu pilihan karir yang populer di kalangan anak muda sebagai cara mendapatkan uang dari internet. Penghasilan dalam jumlah fantastis dari para selebgram bahkan sampai memicu rencana kebijakan pemerintah yang ingin mengenakan tarif pajak khusus pada mereka yang berprofesi selebgram.

Era digital memang dikuasai oleh anak-anak muda yang kreatif dalam memanfaatkan kecanggihan dan kemudahan teknologi. Instagram termasuk media sosial yang banyak digemari untuk dijadikan medium mengekspresikan diri sekaligus mendapat penghasilan.

Mari kenali Instagram lebih dalam, sebelum Anda mendapat panduan cara menjadi selebgram sebagai pemula!

Sejarah Singkat Instagram dan Kemunculan Selebgram

Panduan Lengkap Instagram dari Dewaweb

Apa itu Instagram? Instagram adalah sebuah aplikasi berbagi foto yang memungkinkan Anda sebagai pengguna untuk ambil foto, terapkan filter digital pada foto tersebut, dan membagikannya ke orang-orang. Adapun fitur unik terkenal pada Instagram yaitu pemotongan foto menjadi bentuk persegi, sehingga hasil foto itu tampak seperti hasil kamera Kodak Instamatic atau Polaroid. Sekarang Instagram telah lebih membebaskan bentuk foto yang diunggah (tak harus persegi). Penggagas dari aplikasi ini adalah Kevin Systrom dan Mike Krieger. Nama Instagram sendiri berasal dari pengertian juga keseluruhan fungsi aplikasi tersebut. Kata “Insta” berasal dari istilah “instan”, seperti kamera polaroid yang pada zaman dahulu yang lebih dikenal dengan istilah “foto instan”.

Sejak Instagram mulai populer di kalangan pengguna internet, orang-orang banyak mengelola akun Instagramnya untuk menjadi ladang duit mereka. Beberapa di antara mereka bahkan menjadikannya profesi dan istilah selebgram muncul ke publik.

Bagaimana Seseorang bisa disebut Selebgram?

Seseorang dikenal dikatakan selebgram jika ia memiliki jumlah pengikut sangat banyak. Berapa batasannya? Menurut CEO dari Sociabuzz, Rade Tampubolon dalam wawancaranya bersama media Kompas, kriteria seorang pengguna Instagram bisa disebut selebgram adalah memiliki lebih dari 20.000 followers.

Berapa Penghasilan Selebgram?

Penghasilannya ya berbeda-beda, namun kisaran per posting Instagramnya mulai dari 20.000 Rupiah hingga 70-an Juta Rupiah.

Apa Alasan Menjadi Selebgram?

Anda tentunya mengetahui penghasilan besar dari profesi menarik ini. Pertama, profesi ini menyenangkan untuk dilakukan karena tidak selalu terikat kontrak kerja. Anda bisa lebih leluasa dan pegang kendali soal memilih endorsement, menentukan tarif dan lain-lain. Kedua, Anda tahu target pasar Anda cukup besar, dengan pengguna aktif Instagram di Indonesia sendiri yang sebesar 22 Juta pengguna . Itu masih belum termasuk pengguna aktif di seluruh dunia.

Fitur Instagram Terbaru Update 2018

Berikut ini adalah berbagai fitur baru yang ditambahkan Instagram bagi para pengguna (Silakan lakukan pembaruan Instagram di App Store/Play Store terlebih dahulu). Anda perlu mengetahuinya agar bisa memaksimalkan usaha Anda menjadi selebgram!

  • IGTV

Mirip seperti Youtube, yang menjadikan IGTV unik adalah platform ini dibangun secara spesifik untuk pengguna smartphone dengan tampilan layar vertikal/portrait. Di mana Anda bisa menemukannya? Ikon IGTV ada disamping ikon DM (Direct Message).

Untuk mengenal IGTV dengan lebih dalam, silakan baca artikel kami:

Mengenal IGTV: FItur Baru Instagram

  • Face Filter

Fitur satu ini ada di Insta Story. Sebenarnya mirip-mirip fungsinya seperti yang ada di aplikasi Snapchat. Filter ini bisa kasih efek visual ‘lucu’ saat kamera di smartphone Anda menghadap ke wajah. Zuckerberg si pembuat Facebook  juga pernah coba aplikasi ini ternyata. Lihat video singkatnya berikut ini!

  • Insta Rewind

Rewind dari Instagram ini fungsinya untuk memutar balik video saat dimainkan. Fitur ini tergabung ke Insta Story. Bedanya dengan fitur Boomerang adalah jika Boomerang mengulang-ulang gerakan saat rekaman, fitur Rewind ini akan memutar hasil rekaman gerak secara terbalik, dari bagian akhir ke bagian awal rekaman.

  • Follow Hashtag

Di Feed Instagram Anda sekarang bisa muncul postingan dari kumpulan foto satu hashtag tertentu yang Anda follow. Misal, Anda menyukai foto-foto interior design, lalu Anda search #interiordesign pada Explore dan akan muncul pilihan “Follow”. Jika Anda follow, berikutnya pada saat Anda akses Home akan ada feed dari pengguna Instagram lain yang pakai hashtag interior design itu.

  • Story Highlight

Fitur ini berkaitan dengan Insta Story. Anda sekarang bisa gabungkan beberapa Insta Story Anda ke satu Highlight dan tampilkan di halaman profil Anda. Orang-orang jadi bisa melihat Insta Story dalam satu tema sekaligus. Misal, Anda membuat Highlight “Travel Bali”, “Travel Jogja”, dan “Travel Bandung”. Nah terkait contoh, berarti Anda kelompokkan Insta Story jalan-jalan Anda sesuai kota tujuan.

  • Fitur Tambahan di Instagram versi Desktop

Jika dulu Anda bisa akses Instagram di desktop hanya secara terbatas, kini Anda sudah bisa akses hampir mirip seperti versi mobile. Anda bisa lihat Insta Story, lihat page Bookmark, dan lain-lain di desktop Anda.

  • 2 Factor Authentication untuk Keamanan

Jika Anda masih bingung dengan istilah di atas, kami akan menjelaskannya secara sederhana. Intinya, otenkasi 2 faktor ini merupakan tindakan menambah tingkat keamanan Instagram Anda. Demi keamanan aku, Anda sebenarnya wajib pakai fitur satu ini. Untuk mengaktifkannya, silakan ke Profil Anda > Menu > Two-Factor Authentication > Require Security Code dan ganti tombol yang ada dari warna abu-abu menjadi warna biru. Lalu Anda juga perlu menghubungkan nomor ponsel Anda karena melalui nomor tersebutlah kode akses Anda akan dikirimkan nantinya setiap kali mau login Instagram di perangkat.

Cara Menjadi Selebgram bagi Pemula

Nah, setelah Anda sudah mengenal Instagram dengan baik, mari baca panduan berikut!

  • Buatlah Akun Instagram Anda, Dapatkan 100 Followers Pertama

Cara membuat akun instagram, tentunya dengan mendaftar Instagram. Kemudian, Anda bisa mulai mencari followers. Anda bisa meminta teman-teman Anda untuk cek profil Anda dan mengikuti Anda. Tak hanya teman, jika memang Anda nyaman, silakan ajak juga anggota keluarga dan promosikan akun Instagram Anda di berbagai media sosial lain yang Anda punya. 100 adalah angka yang tak terlalu besar mengingat jumlah orang yang terhubung dengan Anda di dunia nyata saja mungkin sudah lebih banyak dari 100.

  • Buat Bio Unik dan Berkata Kunci

Anda memang cuma punya batas jumlah kata 150 karakter untuk menceritakan siapa Anda pada bio Instagram, namun Anda bisa mengasah kreativitas Anda dan membuat orang tertarik untuk follow Anda hanya dengan bio singkat tersebut. Bio ini tidak bisa disepelekan, ini adalah gerbang pertama audiens untuk mulai mengikuti Anda. Jangan lupa tambahkan emoji yang bisa menghidupkan sekumpulan teks bio Anda. Buatlah bio Anda menarik perhatian tapi sekaligus mengandung kata kunci yang terkait postingan Anda secara keseluruhan. Misalkan Anda ingin jadi selebgram yang berfokus pada konten jalan-jalan, maka tambahan kata “traveler” bisa jadi penjelas bagi orang-orang soal siapa Anda dan apa yang bakal Anda posting kebanyakan.

  • Kelola Hashtag Khas Anda Sendiri

Brand atau kampanye ternama biasanya sudah punya hashtag yang unik, dibuat sendiri. Contohnya Coca Cola dengan #BukaSemangatBaru. Nah, Anda juga bisa menarik perhatian orang-orang dan mengumpulkan mereka pada fanbase Anda dengan satu hashtag personal. Misalkan Anda seorang selebgram travel bernama Budi, Anda bisa pakai #jalanterusbudi. Lalu hashtag ini Anda cantumkan pada bio dan pada setiap postingan Anda.

  • Gunakan Hashtag Populer di Setiap Postingan

Masih soal hashtag, kali ini soal hashtag pada postingan Instagram Anda. Berikanlah hashtag yang berkaitan tapi dengan jumlah pencarian terbanyak. Caranya? Anda bisa pakai aplikasi yang mampu memberikan saran hashtag semacam Preview (dapat diunduh di Google Play Store) atau pakai cara manual saja. Cari di kolom Search pada laman Explore. Misal untuk traveling, Anda coba ketik terlebih dahulu kata “travel” nanti akan muncul beberapa keyword beserta jumlah postingan yang tergabung di dalam hashtag tersebut. Kata kunci/keyword dengan jumlah kumpulan post terbesar berkemungkinan besar banyak dicari orang. Maka gunakanlah keyword tersebut sebagai hashtag di postingan Anda. Jangan pasang cuma satu hashtag, pakai banyak hashtag.

  • Buat daftar Idola dan Kompetitor Selebgram

Ada banyak alasan mengapa Anda harus melakukan ini. Pertama, ini baik agar Anda bisa memahami profil idola maupun kompetitor. Anda bisa pelajari bagaimana mereka berinteraksi dengan followers mereka. Anda tak hanya bisa tiru, tapi juga memikirkan terobosan baru apa lagi yang bisa dilakukan untuk menambah komentar-likes-followers. Anda juga bisa berkomentar secara rajin di postingan mereka atau tag mereka di postingan Anda berbicara soal bagaimana idola Anda menginspirasi Anda. Jangan khawatir jika tak mendapat perhatian dari mereka, tak usah terlalu dipikirkan tapi ini adalah kesempatan/peluang bagus yang patut untuk dicoba. Siapa tahu Anda menjadi viral karena mereka berinteraksi dengan Anda. Anda juga bisa berkolaborasi dengan mereka jika memang Anda beruntung.

  • Buat Keserasian Tema Visual

Anda bisa pakai cara-cara yang sudah dilakukan oleh banyak selebgram terkenal, yaitu mengaplikasikan filter tertentu dengan konsisten untuk memberi daya tarik visual dan juga bisa jadi ciri khas Anda sendiri. Gunakan aplikasi filter instagram semacam VSCO, Snapseed, dan lain-lain. Aplikasi tersebut tersedia gratis. Contohnya seperti tampilan Instagram feed dari akun Instagram penulis , berikut:

Contoh Posting Tematik Instagram - Dewaweb

  • Berkisah dengan Menarik di Setiap Konten

Jika memang tujuan Anda adalah menjadikan Instagram sebagai cara mendapatkan uang, berarti Anda tak cuma unggah foto yang bagus tetapi juga menciptakan kisah atau deskripsi foto yang menarik untuk dibaca dan dikomentari. Jumlah likes juga tentunya akan bertambah sering pertambahan followers loyal Anda. Cobalah buat deskripsi yang inspiratif atau sekadar informatif namun membantu audiens Anda. Misal, Anda sedang traveling ke Bali, ceritakan bagaimana indahnya pulau Dewata dan seperti apa keramahan penduduk Bali. Sebagai contoh, Anda bahkan juga bisa membuat kumpulan foto restoran Bali dalam satu posting (fitur posting Instagram yang telah diperbarui), lalu berikan deskripsi “Ini tempat hangout dan lunch favorit yang instagramable! 1.Restoran A, 2. Restoran B,dst…”. Khalayak Instagram tak hanya menyukai visual yang cantik, tetapi juga kisah yang dibagikan kreator.

Dewaweb cashback 30%
  • Konsisten

Tentukan berapa banyak posting yang ingin Anda buat per hari atau minggu dan lakukan rencana tersebut secara konsisten. Jika Anda benar-benar serius ingin jadi terkenal di Instagram, Anda harus menargetkan untuk posting setidaknya 2-3 posting tiap hari. Tenang saja, tidak akan terlihat sebagai spam selama Anda memposting foto/video berkualitas tinggi (resolusi cukup baik). Instagram menyukai akun yang memposting konten secara konsisten. Jika Instagram menyukai akun Anda, Anda akan dimunculkan lebih sering di laman Explore dari orang-orang, para pengguna Instagram dari seluruh dunia dan ini memperbesar peluang Anda ditemukan serta diikuti.

  • Membuat Instagram Ads

Buatlah iklan soal akun Instagram Anda dengan Instagram Ads. Jadi, profil Anda akan dialihkan ke status akun bisnis. Anda bisa mengatur iklan Anda sendri, posting mana yang mau dipromosikan dll dengan mudah dari akun Anda sendiri. Untuk mengetahui bagaimana membuat ads di instagram, silakan baca panduan kami:

Cara Membuat Instagram Ads

Hal yang Sebaiknya Tak dilakukan untuk Jadi Selebgram

Cara Menjadi Selebgram Sukses - Panduan Dewaweb

Ada beberapa hal yang tidak disarankan untuk kamu lakukan pada Instagram jika ingin menjadi selebgram. Beberapa diantaranya bisa membuatmu diblokir Instagram jika kamu langgar. Apa saja? Simak poin-poin penting berikut ini!

  • Mengatur profil “Private ”. Tujuan Anda sebagai selebgram adalah menjangkau sebanyak-banyaknya orang. Jika Anda tidak mempublikasikan kontennya maka orang tidak akan tahu seperti apa Anda di Instagram dan kemungkinan besar tak tertarik untuk follow akun Anda.
  • Mengikuti banyak akun sekaligus secara random . Sebaiknya ini tidak dilakukan, apalagi jika Anda ingin pengikut Anda yang bersifat loyal followers.
  • Menggunakan jasa penambah followers Instagram . Kami sangat tidak menyarankan Anda untuk melakukan ini. Pengguna Instagram kini telah pintar memilih akun mana yang benar-benar mereka merasa ikuti, jika Anda dianggap fake account maka mereka mungkin saja memblokir dan melaporkan Anda pada Instagram. Lagipula kebanyakan jasa penambah followers Instagram tidak memberikan pengikut yang asli/hanya bot.
  • Mengunggah posting duplikat . Walaupun kadang-kadang Anda ingin re-post sesuatu, jangan terlalu sering melakukannya jika tak ingin di-banned oleh Instagram.
  • Menggunakan hashtag yang tidak relevan . Hal ini memang kerap dilakukan orang-orang tetapi Anda perlu tahu, rank Anda di Instagram akan turun dan ini mempersempit kemungkinan Anda muncul di laman “Explore”/”Jelajah” yang ada di Feed Instagram oran-orang. Jika kemungkinan Anda untuk ditemukan orang-orang menyempit, maka semakin kecil juga peluang Anda bertambah followers.

Tipe-tipe Selebgram

Berikut ini ada beberapa tipe-tipe selebgram yang bisa Anda kenali:

  • Pemimpin Opini

Pemimpin opini adalah para pengguna Instagram yang banyak membagikan pandangan hidupnya terhadap sesuatu. Biasanya pemimpin opini ini juga merupakan orang-orang yang ahli di bidang khusus, sehingga orang menaruh kepercayaan lebih terhadap mereka dan menerima paham/pandangan yang mereka sampaikan. Dibutuhkan wawasan untuk menjadi selebgram tipe Pemimpin Opini.

  • Pembuat Tren

Pembuat tren adalah orang-orang yang mengusung suatu ide baru dan mengeksekusinya menjadi produk atau kebiasaan tertentu yang unik. Khalayak menemukan ide tersebut menarik dan mulai membeli produk atau melakukan kebiasaan yang sama dengan selebgram tersebut. Dibutuhkan kreativitas untuk menjadi selebgram tipe Pembuat Tren.

  • Selebriti

Selebriti adalah orang-orang yang sudah terkenal sebagai public figure atau orang-orang dari kehidupan biasa namun memiliki pergaulan dan jaringan pertemanan yang luas. Biasanya khalayak menyukai kisah hidup personal mereka yang menarik/tidak biasa. Dibutuhkan kesiapan melepas privasi untuk menjadi selebgram tipe Selebriti.

Kisah Selebgram Indonesia

Tak hanya Awkarin, ternyata masih banyak sederet nama pengguna Instagram yang terkenal sebagai selebgram. Ayo simak kisah sukses mereka, siapa tahu bisa jadi inspirasi Anda!

Nabilagardena

Pengen Jadi Selebgram Sukses Seperti NabilaGardena? Baca Panduannya dari Dewaweb

Nabila membuat akun Instagram pada tahun 2012, pada saat ia masih duduk di bangku SMA. Dalam sebuah wawancara Kompas soal Selebgram , ia menyatakan pada saat itu social media Instagram sedang tren-trennya. Ia juga awalnya tidak berniat untuk menjadi selebgram, hanya konsisten saja ingin membagikan konten jalan-jalan ke berbagai restoran atau lokasi-lokasi yang punya visual menarik. Kemudian pada 2013, ia meraih jumlah pengikut sangat besar karena ketertarikan khalayak akan kesehariannya bersama kekasihnya. Pasalnya, Nabila sering unggah video lucu bersama kekasih. Barulah akunnya berkembang dan mulai banyak tawaran endorsement dari brand-brand lokal maupun global. Ia memulai dengan endorsement pakaian hingga akhirnya ke produk kecantikan. Ia secara mandiri mengelola konten dan akun Instagram. Ia tidak menyewa fotografer profesional, ia kadang memotret dirinya sendiri dengan bantuan alat seadanya dan mengedit sendiri hasil foto serta mengunggahnya ke Instagram.

Rachelvennya

Pengen Jadi Selebgram Sukses Seperti RachelVennya? Baca Panduannya dari Dewaweb

Awal menanjaknya karir Rachel sebagai selebgram adalah pada saat ia mengeksekusi idenya untuk membagikan pengalamannya melangsingkan badan. Ia mengisahkan bagaimana dirinya berhasil melangsingkan badan dengan jamu dari ibunya. Ia akhirnya berbisnis ramuan jamu tersebut di akunnya, obat tersebut juga diolah dalam bentuk pil. Barulah setelahnya, ia mulai aktif juga mempromosikan bisnis lain seperti kuliner dan tata busana. Hal yang paling menarik perhatian umum dan membuatnya kebanjiran pengikut adalah “pertunjukkan” gaya hidupnya yang bisa dibilang mewah serta kesehariannya bersama kekasih yang kini menjadi suaminya.

Devinaureel

Pengen Jadi Selebgram Sukses Seperti DevinaAurel? Baca Panduannya dari Dewaweb

Devina gemar membagikan foto-foto berjenis selfie pada akunnya di awal penggunaan Instagramnya. Kemudian ia juga kerap membagikan keahliannya merias diri, hingga akhirnya terpikir untuk berbagi konten komedi mengenai dirinya sendiri. Devina sejak saat itu banyak diikuti orang-orang pada Instagram dan mulai aktif juga berbagi konten video pada YouTube channel-nya. Ketenaran sulung dari dua bersaudara ini tak ternyata diketahui oleh seorang berpengaruh di dunia hiburan, Chand Parwez Servia dari Starvision Plus. Jadi, Devina dtawarkan untuk bergabung dalam produksi filml “Relationshit” di akhir tahun 2015 lalu. Davina di film itu berperan sebagai Ningsih.

Bagaimana? Apakah Anda sudah siap untuk menjadi selebgram berpenghasilan besar? Jika ya, Anda juga perlu tahu beberapa medium lain yang juga dapat Anda kelola seperti selebgram-selebgram di atas. Memiliki YouTube Channel dan membuat blog dengan domain sendiri juga tak kalah penting.

Untuk mendapat panduan mengelola YouTube Channel sendiri, silakan baca:

Cara Menghasilkan Uang dari YouTube

Untuk membuat blog berdomain pribadi, silakan baca:

Cara Membuat Website

Atau, Anda bisa menonton penjelasan dari YouTube Channel kami:

Simpulan

Itulah panduan lengkap menjadi selebgram yang bisa membantu Anda sukses di era digital. Kami tak hanya memberikan langkah-langkah praktis, tetapi juga mengedukasi Anda mengenai perkembangan Instagram dan fenomena kemunculan selebgram itu sendiri. Artikel edukatif dan informatif ini adalah salah satu bentuk komitmen kami sebagai provider hosting murah Indonesia yang berkualitas internasional. Kami menjalankan misi kami untuk membantu Anda sukses secara online. Kunjungi website utama kami di dewaweb.com untuk mengenal kami lebih dalam. Selamat mengembangkan usaha Anda ya, semoga berhasil!